___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Wednesday, August 12, 2009

BRIC ARE BREAKING A PART

Banyak orang memuji dan mengagumi BRIC (Brazil, Russia, India, China). Banyak yang berharap bahwa BRIC bisa meredam parahnya kejatuhan ekonomi global. Pertanyaan Ekonomi Orang Waras dan Investasi ialah: bisakah BRIC diharapkan? Ataukah satu persatu BRIC akan broken down. Paling tidak saat ini Russia jatuh babak belur.


Aug. 11 Bloomberg) -- Russia’s economy contracted the most on record last quarter as rising unemployment sapped consumer demand, bank lending stalled and the government failed to approve a stimulus package until just two months ago.


Gross domestic product contracted an annual 10.9 percent in the second quarter, the
Federal Statistics Service said today, citing preliminary data. The median estimate in a Bloomberg survey of seven economists was for output to shrink 10.2 percent. The service’s data go as far back as 1995.

Russia’s economic decline is worsening after output contracted 9.8 percent in the first quarter, ending 10 years of expansion that averaged close to 7 percent. The worst global financial crisis since the Great Depression undermined demand for Russia’s oil, natural gas and metals. Industrial production plunged as companies depleted stocks and struggled to raise funds during the credit crunch. ...........

The ruble weakened for a fifth day versus dollar, its longest losing streak since February, slipping 1.4 percent to 32.2419 per dollar in Moscow, the lowest level since July 13. The currency lost 1.4 percent against the euro to 45.7151. Those movements left the ruble at 38.2879 against the central bank’s target currency basket..........

Kalau dilihat kontraksi ekonomi Russia yang 10.9%, adalah mendekati Indonesia pada saat krismon 1998 yang minus 13.7%. Dibandingkan dengan US, ibaratnya kalau US kena KO di ring tinju, Russia nampak babak belur seperti seperti maling sandal tertangkap di pasar dan digebuki orang se pasar.

Ekonomi US memang sakit, tetapi banyak yang lainnya yang lebih parah. Kita akan tunggu kapan bubble di Cina akan pecah dan bank besar Cina tersungkur. Selama setahun ini bubble terbentuk di Cina. Harga properti naik 60% selama 6 bulan ini. Stock market naik 78%. Tetapi eksportnya mandeg. Bubble kah? Dan kapan pecahnya?

Kita tunggu saja..........

Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

5 comments:

Lucas said...

sy pribadi kurang percaya thd BRIC booming... hanya utk singgah sementara ekonomi barat runtuh (safe heaven) but yg jd pertanyaan smp kapan ini berlangsung? 2012? 2016? ato ...?

breaking news
FOMC 2:15 teng teng... steady IR (i guess)

Anonymous said...

@Lucas,
FOMC teng teng..... Usd rolercoaster.... arahnya kemana ya pak? ada yang bilang trade what you see, not what you feel. wah, stop loss kena terus tuh. Pak IS ada comment? masih berani short Eur/usd?

gigi

Lucas said...

@yg diatas...klo anda bingung mending tenangkan pikiran dlu... trading is a game of mind...
syng skali sy kurang mengikuti forex but for market SP
short term 1005
medium term 960
long term 940
ketiga harga itu yg sy watch utk saat ini
its just my personal opinion

Anonymous said...

Pa IS selamet sore

Kalau Bubble di Cina pecah.
Tolong diberikan juga saham apa aja yang enak di Short.

Trims

Indra

Imam Semar said...

Indra,

pakai saja ultra short fund China FXP....