___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Saturday, August 8, 2009

AKAN MENGUATKAN DOLLAR?

AKAN MENGUATKAN DOLLAR?
Dollar pada perdagangan hari Jumat, 7 Agustus 2009 naik tajam. Indeks dollar naik 1.25%, menembus resistancenya di 77.5. Minggu lalu Ekonomi Orang Waras dan Investasi mewanti-wanti akan adanya kenaikan dollar (Chart-1). Minggu ini bayangannya semakin jelas. Sampai saat ini terbentuk bullish wedge dan positive divergence. Kemungkinan US$ indeks akan bermain dikisaran 76 - 78.5. Bukan tidak mungkin wave [v] nya ada di 76.

Suatu hal yang membuat saya agak nervous ialah bahwa banyak berita yang mengatakan bahwa US$ akan anjlok. Memang secara fundamental US$ tidak kuat. Tetapi, mata uang negara lain, Uni Eropa misalnya, juga demikian, bahkan lebih parah. Dollar indeks yang komponen utamanya Euro secara fundamental berimbang dangan US dollar. Jadi sulit untuk mengatakan bahwa US dollar akan jatuh.


Chart 1 (Klik untuk memperbesar)



Chart 2 (Klik untuk memperbesar)

Berita ini sudah cukup luas, sampai-sampai istri saya bilang untuk menghindari US dollar. Kadang opini istri saya, bisa saya gunakan sebagai indikator kontrarian. Artinya jika orang awam saja sudah tahu, maka kebalikannya lah yang akan terjadi.

Untuk mengetahui lebih afdol tentang gossip bahwa US dollar akan crash di bulan September dan Oktober, anda bisa mencarinya dengan google. Memang kalau saya lihat semuanya ini berasal dari tulisan Christopher Laird, orang yang membantahnya. (lihat USD Situation, September October Rumors).

Menurut EOWI, Secara teknikal sebenarnya justru kebalikannya. Antara lain ialah:
-Ada divergen positif
-Ada bullish wedge
-Hitungan Idiot Wave
(lihat Chart-2 dan 1)

Dari tanda-tanda itu, US dollar kemungkinan akan mengalami penguatan jangka menengah (hitungan bulan). Oleh sebab untuk berjaga-jaga, saya merencanakan untuk memindahkan sebagian tabungan rupiah saya dalam ke rekening dollar. Potensinya cukup lumayan. Kalau hitungan Idiot wave jangka menengah di Chart-1 benar, bisa dikira-kira sampai berapa wave (5), jika saat ini kita ada di wave (2). Kita tunggu bagaimana kejadian selanjutnya. Ini akan memakan waktu penantian yang berminggu-minggu bahkan bulan. Perlu dicatat bahwa saya hanya mentafsirkan Elliot Idiot Wave jika nampak mudah. Penafsiran-penafsiran yang rumit tidak saya sukai. Jadi penafsiran yang ada di atas adalah penafsiran yang nampak jelas. Apakah penafsiran ini benar? Kita nantikan saja.


EMAS DAN PERAK MASIH PADA JALURNYA
Emas masih dalam fasa konsolidasinya. Harganya masih terkurung dalam segi-tiga bullsih wedge (Chart-3). Untuk terkoreksi sampai $925/oz dalam waktu dekat ini masih mungkin, tanpa merubah pola konsolidasinya.

Buat saya perkembangan selanjutnya mengenai pola pergerakan harga emas akan menarik sekali kalau dikaitkan dengan skenario US dollar yang kita bahas sebelumnya. Pergerakan harga emas seringnya, 90%, berlawan arah dengan pergerakan US dollar. Untuk itu sebagai hedging, saya akan pecah menjadi dua. Artinya saya cenderung untuk long dikeduanya, baik US dollar dan emas. Jika sudah ada konfirmasi, baru pindah ke tempat yang lebih bullish di antara keduanya. Kalau ternyata keduanya bullish, emas/perak akan lebih bulish dari pada dollar, karena akan memperoleh leverage baik dari sudut dollarnya atau dari sudut logam mulianya.


Chart 3 (Klik untuk memperbesar)

Perak (Chart-4) maju terus mungkin membentuk siklus 3 bulanan dimana puncaknya akan terjadi di minggu ke 4 Agustus. Akhir Agustus – September kemungkinan menjadi bulan bear kecil untuk perak sampai akhir Oktober, kemudian rally parabolik sampai bulan Februari 2010.
Skenario ini bisa terjadi kalau US dollar tidak rally tajam. Jika US dollar rally, maka rally perak bisa terganggu, karena perak adalah setengah komoditi dan setengah logam mulia.

Untuk jangka pendek, perak bisa terkoreksi sampai $14. Kalau ini terjadi, saya rencana menambah posisi AGQ.


Chart 4 (Klik untuk memperbesar)

Dalam waktu dekat ini EOWI ingin membuat analisa tentang ekonomi dunia. Perkembangan akhir-akhir ini nampak menarik. Pertanyaan apakah ekonomi dunia menuju pemulihan? Kita akan lihat dari sudut konsumsi bahan komoditi.

Ganti topik saja. Saya kebetulan lewat Pondok Indah hari ini. Saat ini papan advertensi ‘rumah dijual’ nampak bertambah. Apakah pengamatan saya benar. Kalau benar, kenapa ya?

Sampai nanti. Jaga kesehatan, tabungan dan investasi anda baik-baik.......
Jakarta 8 Agustus 2009


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

6 comments:

kiki said...
This comment has been removed by the author.
kiki said...

slmt pagi bung IS...dan kawan2 bloger lainnya...
iya ini USD... klo sy bole bersuara USD break up 79-79.5 (resist) bru sy bisa katakan up, lebih akuratnya lg klo sampai 80.5-81 break dan bertahan

td sy del ada salah tulis

Imam Semar said...

@ Kiki,
Betul, sekarang masih mentok di resistan nya.

Imam Semar said...

Saya kok menjadi agak ragu terhadap emas. Walaupun saat ini banyak analis yang bullish terhadap emas, nyatanya masih dalam masa konsolidasi yang berkepanjangan.

Daniel said...

Pak IS, apakah ada kemungkinan bursa saham & USD jatuh bersamaan?

Imam Semar said...

@ Daniel,

Bisa saja US$ dan bursa saham (US)bullish secara bersamaan. Kondisi ini terjadi kalau banyak investor asing yang masuk ke bursa US. Mereka membeli US$ untuk membeli saham. Atau sebaliknya, keluar dari bursa US dan melepas US$ untuk kembali ke mata uang negaranya masing-masing.

Tetapi saat ini adalah proses deleveraging. Artinya orang melepas sahamnya dan membeli US$ untuk bayar hutang atau/dan membeli US gov bond sebagai safe heaven.