___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Tuesday, August 4, 2009

AKHIRNYA US$ MENEMBUS SUPPORT KUATNYA DI 78

US dollar akhirnya jatuh di bawah support kuatnya. Indeks US$ menembus level 78 (Chart-1) dengan menyakinkan dan tanpa keragu-raguan lagi. Ini berarti kemungkinan menuju 71 semakin besar. Bursa saham akan masih punya tenaga untuk lari dalam beberapa bulan mendatang.

Chart-1 (klik chart untuk memperbesar)

Perak, tadi malam juga rally (Chart-2). Tembaga juga rally. Liquiditas akhirnya mendongkrak sektor-sektor ini. Saya masih tidak melihat, sektor apa yang akan mem-bubble 1-4 tahun mendatang. Bagai mana bentuk bubblenya? Berapa lama siklusnya?

Perak menembus 50 DMAnya. Perak nampak lebih aggresif larinya dibandingkan dengan emas. Karena perak punya unsur setengah komoditi sedang emas 100% unsur uang. Koridor trading perak mungkin akan mempunyai sudut yang lebih tajam di minggu-minggu mendatang dan akhirnya parabolik. Saya melihat perak bisa mencapai $24 - $30 per oz di akhir siklus ini, di bulan Februari 2010.



Chart-2 (klik chart untuk memperbesar)

Pelemahan US$ juga membuat rally di bahan komoditi lainnya. Tembaga masih terus berlari (Chart3). Apakah komoditi akan menjadi bubble?


Chart-3 (klik chart untuk memperbesar)

Bubble mendatang bisa terjadi di bursa saham dan komoditi. Pemulihan ekonomi yang akan terjadi di US (dan Eropa) kemungkinan adalah Less-Job Recovery bukan Jobless Recovery. Pemulihan ekonomi disertai pengurangan lapangan kerja. Spekulasi akan bermunculan dan akan membuat bubble baru. Minggu depan kalau kami ada waktu, kita akan membahas Less-Job Recovery.

Good luck,



Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

12 comments:

Blue said...

In a little more than nine-months, the pendulum of investor sentiment has swung from the extreme of terrifying panic and fear, to the opposite side of the emotional spectrum, - hope and unbridled greed. Ha.ha.ha. Just be careful

Imam Semar said...

Yup agree.....,
Pada saat US$ indeks di 70 - 71 dan Dow di 10,000 - 11,000 hati-hati. Pada poin ini DOW indeks menunjukkan big H&S formation. Kalau formasi H&S terwujud, maka DOW akan ke 3000.

Jadi masih 10%-20% lagi......

Imam Semar said...

Silver menembus resistance nya di $14.50

Aman untuk tambah lagi......

Anonymous said...

Pa IS, Selamet sore

Pa Kalau mau masuk Silver CALL sebaiknya Yg mana Ya ?
Saya lihat di AGQ Dec CALL, ASK dan BID nya lebar sekali.

Trims, Indra

Imam Semar said...

@Indra,
Apakah AGQ tidak cukup leveragenya? Hati-hati, ketamakan bisa memukul balik. AGQ sudah leveraged.

kiki said...

every one is bullish... >.<
watch
S1 SnP 970-975
S2 SnP 935-940
n see what hapen next ^^

sekedar berbagi ide, keputusan ada ditangan anda...
baca disclaimer nya bung IS

NB :
selama ini TA selalu menganalisis harga (sumbu Y) sedikit yg membahas waktu (sumbu X)
klo bole sy req kpd bung IS ato siapa sj, tolong ks sy link ato tulis di blog anda thx b4

Imam Semar said...

@Kiki,

Memang ada analisa sumbu X, seperti analisa cycle, dan Gann. Kadang mau saya masukkan. Saya sendiri kurang percaya, karena sering off. Seperti Kress cycle 2 tahunan, katanya botoming di Oct 2008. Tetapi kalau dilihat, stock market bottom di Mart 09. Off by 5 months.

Kalau anda mau menulis disini akan saya kasih access. Tolong kasih email anda....

Thanks

kiki said...

wah mmg benar time analysis mmg blum ada yg mendekati akurat...

mksd sy, bung IS bahas di EOWI atau kpd yg lain utk post di blog mrk lalu kasi web adressnya ke sy.

sy sendiri msh awam ttg time...

Daniel said...

Pak, prediksi Bapak untuk USD index untuk 2-3 bulan ke depan kira2 di berapa ya?

Menurut Bapak, kalau kita buy euro di level 1.435 sekarang aman gak?

Apakah cukup aman berasumsi USD cenderung melemah sekarang, dan akan menuju 1.500 dalam 2-3 bulan ke depan?

Terima kasih.

Imam Semar said...

Saya kok cenderung contrarian. Kalau anda lihat di http://ekonomiorangwarasdaninvestasi.blogspot.com/2009/08/review-pasar-us-dollar-akan-menguat.html
US dollar punya potensi menguat. Saya tidak tahu kapan wave [v] nya berakhir. Bisa di 77, bisa di 76 atau bisa juga di 72 (angka2 itu adalah supportnya). Jika wave [v] berakhir, maka akan terjadi pembalikan arah yang kencang dan bisa membuat panik.

Berdasarkan ilmu kira-kira, lamunan orang nganggur, penguatan itu bisa di bulan Sept 09 atau Oct 09 atau Jan 2010. Tapi ini hanya lamunan.

Saya sendiri mau kumpulin US$. Bahkan sebagian emas mau saya US$-kan.

Salam

art ksc said...

usd hari jumat rally terhadap most major currencies

whats next ? need your view

Daniel said...

Wah, berarti Pak IS cenderung ngeshort Euro cs ya?

Target Bapak untuk Oktober USD-Euro akan di level mana ya?