___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Thursday, August 27, 2009

PONZI SCHEME: BUSINES5MILYAR.COM

Teman saya mengirimkan sebuah email yang berupa ajakan berbisnis. Setelah saya lihat ternyata sebuah Ponzi Scheme - sistem penipuan piramid. Kalau anda mau melihat situsnya, silahkan klik http://www.bisnis5milyar.com/. (Lihat Gambar-1).



Gambar-1 (klik gambar untuk memperbesar)

Dalam situs itu diterangkan bahwa kalau setiap member bisa merecruit rata-rata 10 member baru, maka setelah anda memperoleh 5 level down-line, maka anda akan memperoleh Rp 5 milyar. Dari masing-masing down-line anda memperoleh bayaran yang telah ditentukan(Gambar-2).



Gambar-2 (klik gambar untuk memperbesar)

Karena ini merupakan system piramid maka suatu saat sistem akan kehabisan calon member. Bisnis5milyar.com menerangkan bahwa mereka tidak akan kekurangan member karena setiap hari banyak orang yang browsing internet (Gambar-2). Untuk membuktikannya mari kita berhitung.

Kita bisa asumsikan bahwa semua penduduk Indonesia yang 260 juta, bayi, anak-anak, kakek-kakek, nenek-nenek, gembel, gelandangan, petani, nelayan, penduduk pedalaman Irian, semua ikut. Untuk ini, anda cuma perlu 9.41 level jika rata-rata recruit adalah 10 orang. Kalau 20 orang maka maksimum levelnya adalah 7.47 (lihat Gambar-3). Pada Gambar-3 dicantumkan beberapa skenario termasuk jumlah pengikut total adalah 12.5% dari penduduk Indonesia. Kesimpulannya bahwa untuk kehabisan calon anggota tidak perlu jauh dari yang dicontohkan di situs itu, yaitu 5 level (untuk menghasilkan Rp 5 milyar). Kalau anda mau ikut, sekarang ini sudah sampai level keberapa? Dan tinggal berapa lagi yang masih tersisa sebagai potensi.


Gambar-3 (klik gambar untuk memperbesar)

Kalau anda mau ikut, yang pertama-tama anda tanyakan adalah: apakah ini halal. Kalau anda tidak perduli halal atau haram, pertanyaan berikutnya ialah: anda ini sudah masuk dilevel berapa?


Jakarta 27 Agustus 2009



Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

6 comments:

Aditya said...

Skema "bisnis/investasi" beginian sudah BUANYAK sekali beredar di Indonesia. Ada yang melalui internet, ada juga yang ditawarkan langsung face to face. Kedoknya pun macam-macam, mulai dari yang terang-terangan, berkedok investasi, berkedok MLM, dll.

Bung IS baru tahu ada skema kek ginian?

Herannya pemerintah kita koq santai-santai aja sama PEnyakit masyaraKAT ini!

http://waspada-investasi.bapepam.go.id/

http://www.apli.or.id/

Imam Semar said...

@Adit,
Saya sebenarnya sudah melihat lama juga mengenai Ponzi Scheme di internet Indonesia. Hanya saja belum ada teman-teman saya yang tertarik. Setelah ada teman saya yang masuk dan mulai membujuk teman-teman yang lain, saya jadi tergugah untuk menulis hal ini. Tujuannya supaya mereka bisa menghitung, apakah benar jumlah potensi calon anggota sedemikian banyaknya sehingga level piramid yang terbentuk bisa besar sekali. Ternyata hanya 9.

Semoga mereka tidak terperangkap.

Rina said...

Di bisnis ini yang paling pasti dapat 5 milyar adalah webmasternya. Dari uang pendaftaran yang Rp.180.000, Rp.50.000 langsung masuk ke webmaster. Bayangkan bila hanya 100.000 orang saja yang "tertipu", maka dia sudah mendapatkan 5 milyar kan

Anonymous said...

bumg IS bagaimana dengan analisa market saat ini? deflasi/inflasi, bull/bear? apakah ada analisa idiot wave terbaru dr negeri tetangga?

gigi

Daniel said...

Bung IS,

Gimana pendapat Bapak tentang rumor devaluasi dolar di September/Oktober ini?

Apakah berita itu layak dipercaya?

Anonymous said...

Bung IS usd devaluasi itu usd melemah ya?