___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Sunday, April 3, 2011

Komentar Pada Teknik-Teknik Penipuan

Kisah Penipu, Penipu Ulung Politikus dan Cut Zahara Fonna kita selingi dulu dengan cerita yang masih ada kaitannya dengan penipuan, tetapi di luar alur cerita Penipu, Penipu Ulung Politikus dan Cut Zahara Fonna. Kita mulai dulu dengan sebuah kasus investasi yang sangat umum terjadi diantara kita, antar sesama teman, atau saudara.

Sepanjang hidup saya, ada beberapa kasus yang saya temui yang terjadi diantara orang-orang terdekat kita. Kasus berikut ini adalah kasus diantara sekian banyak yang saya temui. Sepupu saya banyak yang menjadi pengusaha wiraswasta. Ada yang sukses, ada yang sangat sukses dan ada yang jatuh bangun. Mungkin darah pedagang Arab Yaman masih kental dalam diri mereka. Banyak juga yang menjadi pegawai, tetapi kadang-kadang berusaha wiraswasta. Diantara yang kurang sukses, adalah yang bergerak di bidang katering. Masakannya termasuk enak. Dan ordernya termasuk berkesinambungan. Hanya saja dia tidak bisa mengelola keuangannya. Kapitalnya sering kemakan kebutuhan sehari-harinya. Dengan kata lain, bahwa pengeluaran pribadinya lebih besar dari keuntungannya. Dia yang tidak bisa punya uang di tangan. Dan punya kecenderungan untuk menghabiskannya untuk hal-hal yang sebenarnya tidak essensial.

Beberapa kali saudara-saudaranya melakukan kerja-sama dengan memberinya modal kerja. Tetapi secara bertahap modal kerja itu habis. Dan pemberi modal kerja harus gigit jari.

Apakah ini bisa disebut penipuan? Saya mengatakan hanyalah suatu penggelapan saja atau ingkar janji saja. Dan karena dengan saudara atau teman dekat, biasanya kasus seperti ini tidak masuk ke polisi. Hanya akan menguap begitu saja.

Walaupun banyak saudara yang terbentur dengan kerabat saya yang punya usaha katering ini, ternyata adik saya bisa menjinakkannya. Mereka sudah menjalankan kerja-sama selama 2 tahun lebih sekarang. Dan modal kerja yang dipasok adik saya masih utuh. Adapun kiat adik saya ialah bahwa semua masalah keuangan ditangan adik saya. Kerabat saya yang mencari order, dan jika sudah memperolehnya, ia akan mengontak adik saya dan membuat rencana bersama. Belanja bahan-bahan yang dibutuhkan dilakukan adik saya dan penagihan juga oleh adik saya. Setelah projeknya selesai, maka keuntungan dibagi sesuai dengan perjanjian. Jadi praktis kerabat saya itu tidak pernah beurusan dengan uang. Dan sampai sekarang kerja samanya dengan adik saya masih berlangsung terus.

Beberapa pembaca EOWI merujuk sejumlah situ internet yang menawarkan usaha dan investasi. Kali ini EOWI mencoba untuk mengangkatnya dan menganjurkan pembaca untuk melakukan pengecekan serta memberikan opini mengenai tawaran-tawaran usaha ini.

Kita mulai saja.



TVI EXPRESS (http://indotviexpress.wordpress.com)

Situs yang pertama adalah. Saya anjurkan anda untuk mengunjunginya dan memperlajarinya. Berikut ini adalah cuplikan dari Home-Page nya.

Selamat datang di Travel Ventures International Raksasa Baru di Industri Direct Selling.

Dalam beberapa menit kedepan anda akan menemukan sebuah sistim revolusioner, tidak hanya mengubah cara anda memandang kemakmuran, tetapi juga memperluas wawasan anda tentang bisnis wiraswasta berbasis rumah yang telah mencetak sukses luar biasa di seluruh dunia.

Saksikan bagaimana distributor-distributor TVI Express dari berbagi belahan dunia dengan bermacam-macam latar belakang telah menghasilkan beribu-ribu US Dollar perbulan bahkan per-minggu, hanya dengan menggunakan sebuah sistim simpel dan efektif yang telah merubah muka seluruh industri.

Tujuan kami adalah untuk memperkenalkan Anda kepada suatu sistem yang sudah teruji dan telah mampu mengubah kehidupan jutaan orang diseluruh Dunia.

MELALUI TVI EXPRESS RIBUAN ORANG DIDUNIA TELAH MENGASILKAN JUTAAN DOLLAR DARI RUMAH MEREKA

Ketika Anda melihat presentasi ini, Anda akan melihat ada solusi. Jika Anda memiliki KEMAUAN dan TEKAD yang kuat untuk melakukan perubahan, kami yakin TVI Express mampu mewujudkan hidup anda seperti kehidupan yang ada pada impian anda.

Anda tidak akan pernah menemukan kesempatan yang lebih baik untuk saat ini selain TVI Express. TVI Express akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat membebaskan diri dari masalah “KLASIK” keuangan yang menjenuhkan dan menciptakan penghasilan jutaan US Dollar dari rumah Anda sendiri. TVI Express telah menyiapkan SYSTEM MARKETING OTOMATIS sebagai kendaraan bisnis yang akan menghantarkan anda pada kehidupan yang berkualitas.

Dari pembukaannya yang seperti ini kita dapat menduga TVI Express adalah sebuah multi-level-marketing, MLM, sama seperti AMWAY-Networks 21. Jargon-jargon dan ungkapan-ungkapan yang digunakan sama dengan yang digunakan di AMWAY-Networks 21. Saya anjurkan anda untuk membuka satu persatu dan membaca laman-laman yang ada. Serta mendownload “Business Plan”nya.

TVI Express menjadi jelas wujud MLMnya pada saat anda membaca struktur piramidanya, seperti yang tertera di bawah ini. Terus terang saja, saya hanya melongok sekilasan saja. Tetapi untuk pembaca, saya anjurkan untuk menelitinya lebih lanjut untuk mengenal lebih dalam. Taktik dan methoda presentasinya mirip dengan AMWAY-networks 21.



Perbedaan antara AMWAY dan TVI hanya pada produknya saja. AMWAY lebih terfokus pada barang-barang konsumsi sedang TVI pada travel & leasure.

TVI Express ini tidak membutuhkan ijin serta bentuk badan hukum karena tidak melibatkan pengumpulan uang. Bisnisnya adalah direct marketing seperti MLM lainnya.

Saya membuka diskusi untuk TVI ini. Silahkan posting komentar anda.


PROFIT BAROKAH (http://www.profitbarokah.net)

Situs berikutnya adalah http://www.profitbarokah.net. Usaha ini bertempat di Tasikmalaya, berbentuk koperasi dan legal. Dengan kata lain Profit Barokah bukan MLM.

Berikut ini adalah cuplikan dari situsnya:

Profit Barokah Permanen adalah paket investasi yang kedudukan modalnya permanen aktif selama minimal 3 bulan. Pembagian profit tetap dilakukan setiap minggu. Modal tetap akan di simpan di unit link usaha selama 3 bulan. Jika masa aktif telah jatuh tempo (3 bulan sejak aktivasi)maka modal dapat di offkan/di kembalikan atau di perpanjang sesuai permintaan member. 3 hari sebelum masa aktif habis akan dilakukan koordinasi antara kedua belah pihak.



PB

INVESTASI

PROFIT MINGGUAN

TOTAL DALAM SEBULAN

STATUS

PB1

200.000

25.000

100.000

READY

PB2

600.000

75.000

300.000

READY

PB3

1.400.000

175.000

700.000

READY


Bagi anda yang merekrut anggota di bawah referral anda maka anda berhak mendapatkan bonus Rp 5.000,-/HU. Ini adalah bonus kemitraan langsung jadi upline anda tidak akan mendapatkan bonus. (EOWI: Ini kemungkinan bonus keagenan jika membawa nasabah baru. Perhatikan profit mingguan dan profit dalam sebulan yang mencapai 50% per bulan!).

PERHATIAN…!!!!! Pastikan No. REK dan Nama Pemilik Rek ditulis dengan Benar. Kami tidak bertangung jawab apabila terjadi kesalahan dalam pengisian data. Jika ada complain silahkan kirim sms ke no. admin. Dalam waktu 1x24 Jam kami akan meresponnya.


Program Profit Barokah tidak menggunakan system MLM atau jaringan Matrix. Bonus Reward kami lakukan pengolahan data secara manual kepada jaringan sponsor anda. Ada beberapa fitur program di dalam system ini yang tidak kami berlakukan. Namun kami berusaha menghargai setiap usaha anda. Bonus reward tidak di berlakukan apabila iD anda telah terhenti. Jadi tidak ada akumulasi ID yang telah anda daftarkan sejak pertama. Jika ada Id yang non aktiv maka jumlah downlane anda berkurang. Kami tetapkan ini sebagai system yang kami jalankan untuk kondisi pemerataan. Jika dalam 1 bulan semua ID dalam jaringan anda aktiv dan sesuai dengan jumlah yang di tetapkan untuk meraih bonus reward maka anda akan mendapatkan bonus tersebut.

LINGKUP USAHA:

· Valuta asing

· Perdagangan koin Dinar emas (Member M-DINAR acount 6281312451411)

· Agrobisnis (unit peternakan unggas(bebek dan ayam kampung) di Ds.Babakan Peundeuy,sarengkol.Cisayong ,Tasikmalaya)

· Produk Farmasi (Toko obat AFIAT,Jl.Raya Cisayong no 14, Pagendingan. Tasikmalaya)

· Home industri (produksi makanan dan minuman)

· Retail

· Jasa (Biro iklan, warnet, toko online, pulsa dll)

· Internet marketing

Yang tidak kalah menariknya adalah paket lainnya yaitu PBi-GOLD. Term & Conditionnya memang tidak sebaik PB1, PB2 dan PB3, tetapi cukup lumayan. Profit sharing 10% per bulan cukup besar jika yang dimaksud adalah 10% dari nilai investasi.

MEMBER PBi-GOLD (PRIORITAS)

1. Kontrak kerjasama antara 1hingga 3 tahun Sesuai keinginan dan kesepakatan kedua belah pihak.

2. Kedua belah pihak terikat kedalam perjanjian kerjasama hingga batas waktu kontrak.

3. Mendapatkan surat perjanjian kerjasama di atas materai dan wajib di tandatangani oleh kedua belah pihak.

4. Investasi mulai dari 10 juta , 15 juta, 20 juta hingga 25 juta rupiah.

5. Profit sharing 10% setiap bulan. Dibayar setiap jatuh tempo setiap bulannya.

6. Setiap bulan keempat (ke-4) mendapatkan bonus emas murni 10 gram setiap kelipatan investasi 10 juta. Dan 5 gram untuk kelipatan 5 juta rupiah.

7. Mendapatkan kartu keanggotaan permanen sebagai investor prioritas.

8. Bagi member muslim ada program umrah dan setiap member akan mendapatkan agenda umrah yang telah di susun secara berkala oleh pengelola

9. untuk putaran awal Member prioritas di batasi hanya 300 orang.

Tawarannya tergolong too good to be true. Mungkin saja benar, tetapi mungkin juga tidak. Kalau anda mau berinvestasi ke PROFIT BAROKAH apa yang pertama-tama anda lakukan? Kalau saya...., laporan keuangan yang diauditnya auditor independen perlu dibaca.



GOLDEN TRADER INTERNATIONAL – GTI (http://goldentradersinternational.com)

Golden Trader International nampaknya tidak termasuk dalam kelas yang sama dengan kedua bentuk bisnis di atas. Kalau dilihat keterangan yang ada di laman http://goldentradersinternational.com/our.concept.php, nampak bahwa GTI adalah toko emas dengan hedging. Artinya mereka mau membeli kembali emas dari pelanggan di harga yang sama dengan harga ketika mereka menjualnya ke pelanggan. Dengan kata lain pelanggan tidak akan pernah bisa rugi.

Itu adalah perjanjiannya yang tertulis di websitenya. Tetapi pelaksanaannya, entahlah. Peluang ingkar janji selalu ada. Kalau harga emas menjadi bubble dan banyak orang beli di level itu, kemudian jatuh sebanyak 50%, GTI akan menelan kerugian sebesar 50%.

Ada komentar?

Ada pembaca EOWI mengangkat topik investasi uang kuno (koin). Dulu ketika dekade tahun 1970an, semasa mania emas dan perak, sering dijumpai banyak advertensi korang yang mencari uang perak jaman Belanda. Dulu uang-uang perak seperti ini banyak beredar. Nenek saya pun punya banyak. Sekarang nampaknya hilang. Mungkin dulu dilebur untuk dijadikan perak batangan.

Saya melihat emas/perak disini sebagai logam mulia, bukan sebagai barang antik. Yang saya takut memperlakukan emas/perak koin sebagai barang antik adalah jika kasus mereka ini menjadi seperti prangko. Katanya prangko harganya mahal kalau disimpan terus. Tetapi saya tidak tahu dimana pasarnya.

Dan ada satu situs lagi yang diangkat oleh pembaca EOWI yaitu kebun-emas (http://kebunemas.com/?id=Mika). Yang paling diuntungkan oleh kebunemas adalah pemiliknya, karena pemasukannya adalah dari seminar-seminar......., he he he he he...., silahkan melongok sendiri......

Sekian dulu.......



Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

4 comments:

Anonymous said...

Sungguh topik yang menarik...Sejatinya investasi selalu dapat di ukur dengan KEWARASAN BERPIKIR..Salam

suami said...

profit-barokah.com closed

Antusias peserta untuk mengikuti agenda program ini begitu tinggi. Ini terlihat dari jumlah pendaftar yang begitu banyak. Hal ini di sebabkan pula oleh pembatasan jumlah peserta permanen yang akan kami tetapkan. Seminggu terakhir kami melakukan inventory jumlah peserta dan jumlah modal peserta. Di luar dugaan kami ternyata banyak peserta yang memiliki atau menyimpan dana di program permanen dalam jumlah yang besar. 40 % peserta memiliki modal lebih dari 40 juta rupiah. Bahkan ada yang memiliki modal hingga 300 juta. Akumulasi jumlah modal ini tentunya bersumber dari akun-akun grup yang di masukan ke dalam 1 rek. Untuk kondisi ini kami terus melakukan proses identifikasi akun member.

Jumlah member PB saat ini 6500 orang (aktif) dengan jumlah id aktif 13599 id tentunya sudah melebihi dari target sumber daya yang kami agendakan.

kamipun terus melakukan pemantauan di unit. Kekuatan unit harus kami pertimbangkan dalam mengolah dana dari jumlah peserta yang ada.

Anonymous said...

kira-kira berapa lama sampai profitbarokah, dan lain lain bangkrut dan gulung tikar oleh taktik penipuan semacam ini ?

Oya, ada taktik Bualan juga bung IS : Ingat si Ahmad Zaeni Suparta dari Tasikmalaya ? dia membual punya emas colateral 3 x lipat APBN Indonesia = 3 ribu trilyun, kenyataan banyak yang ditipu oleh dia termasuk SPG,Hotel bahkan saung angklung Udjo Ngalagena.

Membual adalah taktik penipuan juga kan bung IS ?

Imam Semar said...

Bagi yang mau tahu tentang Ahmad Zaini Suparta pemilik Rp 18000 trilliun, bisa membacanya di Kompas.Com tahun 2008:
http://nasional.kompas.com/read/2008/05/30/07213050/siapa.ahmad.zaini.suparta.

Perhatikan: janjinya sama persis seperti politikus: Mau mensejahterakan rakyat.

Saya sendiri tidak tahu modus operandi penipuannya. Kemungkinan dia hanya waham saja. Kisahnya terhenti sampai ia menjadi terkenal dan didatangi banyak orang yang meminta bantuan. Tentu saja bantuannya tidak pernah ada.