___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Saturday, September 26, 2009

EMAS DALAM BEBERAPA MATA UANG

Kami di Ekonomi Orang Waras dan Investasi melihat bahwa saat ini rally tahunan logam mulia (emas dan perak) berada dipersimpangan jalan. Tidak hanya logam mulia, tetapi juga beberapa bahan komoditi seperti minyak. Emas yang sudah naik cukup banyak dari terrendahnya di akhir tahun 2008 $681 ke $ 1030/oz (51%), mungkin sudah kelelahan dan mungkin harus istirahat dulu. Rally emas/perak terhadap US dollar, bisa dianggap sebagai kembalinya spekulan yang mengendarai US dollar carry trade dan Yen carry trade (pinjam dana dalam US dollar dan Yen untuk berspekulasi). Oleh sebab itu walaupun emas/perak rally cukup banyak dalam US dollar, tetapi dalam rupiah atau Aussie atau Loonie dollar malah turun (kita akan lihat nanti) dari titik puncaknya dan saat ini masih jauh dari harga rekor. Seperti dalam rupiah emas mencapai rekor Rp 390 ribu per gram. Sedang saat ini masih di Rp 330 ribu per gram. Baru dalam 3-4 minggu terakhir ini emas dalam mata uang ini (Aus$, Rupiah, Can$, Pound) menunjukkan kenaikkan.

Dollar Canada adalah mata uang komoditi. Canada adalah negara penghasil komoditi dan bahan tambang. Naik turunnya mata uang Canada seiring dengan naik turunnya harga bahan tambang. Dalam rally emas tahun lalu (Sept 08 – Mar 09), harga emas naik dari 60%. Chart-1 menunjukkan perbandingan harga emas dan Can$ indeks.



Chart 1

Pada periode koreksi Mar 09 – Aug 09, harga emas (dalam Can$) jatuh sampai 25%. Baru setelah September 09 ini emas menunjukkan kenaikan 10% dari titik nadirnya. Dibandingkan dengan kenaikan dalam US$ dari $681/oz ke $1030/oz (51% dari titik nadirnya). Secara teknikal emas dalam Can$ masih bisa naik lagi. Kurva MACD menunjukkan ada pembalikan arah dan RSI (Relative Strength) menunjukkan penguatan di atas 50, berarti bagus.

Terhadap British pound dan dollar Australia, harga emas punya cerita yang sama dengan Canadian dollar (Chart-2 dan Chart-3). Dalam rupiah, harga emas mengikuti pola seperti dalam Can$, Aus$ dan £.



Chart 2




Chart 3



Dalam Euro, rally tahunan harga emas agak lamban startnya (Chart-4). Saat ini harga masih mendatar dan nampaknya masih berusaha naik. RSI masih di bawah 50.


Chart 4

Yen saya ambil sebagai ‘deflating currency’ ke II setelah US$. Chart-5 menunjukkan perbandingan harga emas dan indeks Yen. Polanya hampir sama dengan pola harga emas terhadap US$.



Chart 5

Tahun 2009-2010 akan menjadi tahun yang menarik bagi emas. Mau naik? Atau mau turun. Dan sebagai disclosure (pernyataan keterbukaan), yang biasanya diwajibkan secara moral bagi seorang analis: kami di EOWI mengurangi holding emas, bahkan untuk perak sudah kami liquidasi semua untuk pindah ke US$.

Sebagai catatan akhir: secular bull market emas masih utuh. Harga tidak naik secara lurus. Kadang naik cepat, kadang mendatar, kadang turun. Tetapi secara keseluruhan, dalam secular bull market, harga cenderung naik. Secular bull market biasanya diakhiri dengan fase mania, yang diikuti oleh semua lapisan masyarakat. Kalau harga 3.5 gram emas bisa membeli kambing 3-5 ekor, maka fase mania sedang berlangsung. Apakah sekarang sudah masuk fase mania? Silahkan cek sendiri di pasar kambing.


Jakarta 26 September 2009.



Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

11 comments:

Anonymous said...

pak is , saya baru di dalam market. yang dimaksud sekular bull market itu siklus apa? terima kasih.

Imam Semar said...

Ada yang mau bantu newbee?

Daniel said...

Pak Imam, untuk short term (1 minggu ke depan), untuk nasehat spekulasi, apakah shorting mata uang euro atau aussie bagus?

Minggu ini Pound dihajar habis-habisan, minggu depan bagusnya shorting lagi atau Pound bisa rebound ya?

Makasih ya....

Imam Semar said...

@ Daniel,

Kami berpantang untuk memberi rekomendasi, yang pasti disclaimer kami adalah: holding emas sudah dikurangi, perak sudah nol dan 50% capital dalam US$cash. Mungkin akan naik ke 75%. Sisanya posisi short dan emas.

Anonymous said...

Pak IS,

Ditulis bahwa: AUD, loonie dollar adalah commodity-based currency, artinya
kalau USD menguat terhadap commodity, USD juga menguat terhadap AUD and loonie dollar dong ya?

Brgds,

Mike

Imam Semar said...

@Mike,

kalau anda lihat tulisan 2 minggu terakhir, arahnya kesitu.

Anonymous said...

Dear Pak IS,

Saya tadinya berpikir tulisan 2 minggu lalu ga jadi soalnya AUD n EUR naek terus..

Tapi dari data COT terakhir sepertinya SnP 500 masih bullish pak...apa bisa membatalkan penguatan dolar ya?

Mike

Imam Semar said...

@ Anony,

Secular bear/bull market artinya bear/bull market yang lama sekali, panjangnya bisa di atas 10 tahun sampai 20 tahun.

Artz said...

Bung IS, skrg harga kambing brpan ya per ekor maklum gak pernah beli kambing :D

Anonymous said...

pak IS, mau tanya cyclycal bull market antara berapa tahun? dan saat ini S&P500 dalam siklus secular/cyclycal bull/bear market? thank you

miki

Anonymous said...

MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN
MOHON MAAF LAHIR BATIN

Bung IS, mungkin ga kalau itu cuma intervensi the Fed aja coz emas cuma turun pas market Amerika.
Atau kalau emang para pemain US$ carry trade melikuidasi posisinya mungkin ga, bakal akan masuk kembali. Dan mata uang Swiss Franc juga menunjukkan penguatan.