___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Thursday, September 24, 2009

RALLY EMAS SEPT 09 – MAR 10 TERANCAM GAGAL

(COMMITMENT OF TRADER)

Topik kali ini menyangkut pertempuran antara spekulator dan Commercial Traders (CT) di arena emas. Salah satu indikator yang Ekonomi Orang Waras dan Investasi (EOWI) gunakan untuk menganalisa arah gerakan emas adalah Commitment Of Trade (COT). Data COT menunjukkan posisi para pemain di sektor emas yang dibagi-bagi menjadi: Commercial Traders (CT), Big Speculators (BS) dan Small Speculators (SS). CT kebanyakan adalah pemilik barang (emas atau perak) dengan kata lain para produser, pemilik tambang yang melakukan lindung nilai di pasar COMEX (Commodity Exchange). Suatu hal mengenai CT ialah: mereka punya barang dan bisa mengguyur pasar, kalau mau.

Seperti kita ketahui bahwa umumnya setiap tahun emas rally antara bulan Sept/Aug sampai Feb/Mar tahun berikutnya. Untuk tahun ini, rally logam mulia Sept 09 – Mar 10, punya peluang gagal, terutama kalau dilihat dari kacamata US dollar, bukan Rupiah. Mengenai emas vs mata uang lain (Euro, Pound, dsb) kita akan bahas di akhir minggu, insha Allah kalau saya sempat.


YANG BOHONG
Saya menulis artikel ini karena gatal. Saya tidak bisa melihat ada orang bohong. Tadi pagi saya menbaca di Kitco.Com mengenai opini pada produser emas tentang harga emas yang akan terus naik tahun ini. Tentu saja hal ini bertentangan dengan apa yang mereka lakukan. Dalam artikel yang berjudul: Gold Rally has Legs: Mining Industry Leaders Agree disebutkan:

Record high gold prices are here to stay, according to several of the world’s most prominent gold mining industry executives.

This was their emphatic proclamation at the Denver Gold Group’s prestigious annual conference at the Grand Hyatt Hotel in Denver. And as if on cue, gold’s performance gave plenty of credence to their bullish remarks. Having easily breached the psychologically all-important $1,000 an ounce mark the week prior to the conference, gold’s spot price continued to gather momentum. Which, of course, delighted attendees at the world’s most important annual congregation of gold mining and investment industry movers and shakers.

Among the power players who spoke enthusiastically about gold’s future was Aaron Regent. He is the CEO of the world’s largest gold miner, Barrick Gold which is on-track to produce 7.2-7.6 million ounces this year. In his popular presentation, he said the yellow metal will become increasingly attractive as a “safe haven” investment. Especially against a backdrop of a sluggish global economic recovery, the world’s runaway money supply, and looming inflationary forces.

........... Meanwhile, former Goldcorp CEO Rob McEwen was far more explicit about what he expects gold will do next during his presentation as the CEO of US Gold. His high-flying gold exploration/development company is making impressive headway in its hunt for significant gold deposits in Nevada and world-class silver discoveries in Mexico.

“Gold is going a lot higher. By the end of 2010, we will see $2,000 an ounce gold. And by the time that the gold cycle is over we’ll see $5,000 an ounce,” he declared.........


Saya pikir CEO Goldcorp Rob McEwen bohong, karena ada perbedaan omongan dia dengan data di lapangan.


COMMITMENT OF TRADE (COT)
Data COT menunjukkan posisi para pemain di pasar COMEX. Yang menarik dari COT ini adalah, bisa dijadikan sebagai leading indikator kemana arah larinya emas/perak. Kalau CT punya banyak posisi short, maka hal ini merupakan leading indikator untuk turunnya harga emas. Secara total antara short dan long harus sama. Untuk setiap penjual harus ada pembeli.

Karena CT biasanya juga produser, maka mereka punya kekuatan lebih dalam hal pasokan emas. Oleh sebab itu mereka biasanya mendominasi pasar. Sebagai contoh adalah untuk tahun 2005, rally emas tertahan di bulan November 2005. Harga emas turun 10%, sebelum rally berlanjut lebih kencang dari pertengahan Desember 2005 sampai bulan Maret 2006 untuk naik 20% (lihat Chart-1). Catatan, untuk data COT saya gunakan COT dari perak, bukan emas. Ini sekedar untuk membuat kontras perbedaan antara periode long & short bagi CT.


Chart 1 (klik chart untuk memperbesar)

Posisi short para CT juga terlihat pada akhir rally tahunan emas Sept 07 – Mar 08. Pada akhir rally yaitu bulan Maret 2008, CT melakukan shorting dalam jumlah yang besar (Chart-2). Pembaca bisa mengecek perjalanan harga emas selama tahun 2007-2008 sendiri dan membandingkan dengan data COT di bawah.


Chart 2 (klik chart untuk memperbesar)

Bagaimana peta COT untuk saat ini? Chart-3 menunjukkan kenaikan yang mencolok posisi net short dari CT. Oleh sebab itu...., hati-hati.

Saya tidak tahu apakah koreksi kali ini hanya dangkal seperti yang terjadi di tahun 2005 pada bulan November (Chart-1) dan selanjutnya pada bulan November 2009 rally emas akan berlanjut sampai bulan Maret 2010. Atau koreksi yang cukup dalam dan mementahkan semuanya?

Opini saya cenderung pada yang terakhir. Memang hal ini belum pernah (jarang) terjadi bahwa rally mandeg di bulan September-Oktober. Untuk tahun 2009, emas sudah naik dari level $681/oz ke $1025/oz atau 51%. Sudah cukup banyak. Secara jangka panjang, emas sudah overbought. Lagi pula, level $1000/oz sudah beberapa kali ditest, bila harga emas terlalu lama berada disekitar itu tanpa ada resolusi, para spekulator menjadi bosan dan kemudian melepas posisinya. Di saat itu tingkat kepercayaan spekulator anjlog dan koreksi tajam dan dalam bisa terjadi.


Chart 3 (klik chart untuk memperbesar)

Emas akan di level $2000/oz di tahun 2010 seperti kata Rob McEwen dari Goldcorp? Kalau dilihat dari posisi short yang tinggi yang dimiliki oleh para Commercial Traders (CT) yang notabene adalah produser emas, maka Rob McEwen telah bohong. Kenapa mereka melakukan short kalau harga emas mau naik??? Kecuali sebaliknya, yaitu mereka sebenarnya percaya bahwa harga emas akan turun.


Jakarta 24 September 2009




Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

8 comments:

Kurniawan said...

Pak Imam,

Apakah harga emas turun ada kaitannya dengan isu imf mau jual 403 ton emas. Maksud saya kalo imf jual emas apakah tercatat juga di COT chart ?

Jadi sebetulnya kesempatan bagus untuk beli emas ya.. karena usd melemah dan harga emas turun di bawah 1000 lagi...

Imam Semar said...

@Pak Kur,

Harga emas turun bukan karena IMF mau jual 403 ton emas. Kalau masih mau belum punya kekuatan untuk menekan harga. Kalau sedang dalam proses melepas emasnya.... maka harga emas baru akan tertekan.

Masing-masing orang melihat kejadian turunnya emas (naiknya US$) sebagai suatu kesempatan. Untuk saya...., sekarang emas sudah/sedang dijual dan untuk dibelikan US$.

Orang lain mungkin berbeda.....

Memang US$ atau rupiah dalam jangka panjang akan turun nilainya...., tetapi kadang-kadang menguat. Dan kali ini US$ akan menguat. Itu sebabnya saya beli US$.

Bucks said...

Pak Imam, apakah Bapak percaya dengan berita bahwa harga emas dimanipulasi oleh golongan tertentu? Bahwa harga emas di bursa berjangka sebenarnya di bawah harga wajar fisiknya?

Perusahaan pertambangan emas di US, karena alasan tertentu, selama bertahun-tahun melakukan shortselling melebihi kewajaran atas perintah golongan tertentu, semuanya untuk mempertinggi nilai dolar agar persepsi orang terhadap kekuatan dolar menjadi lebih baik.

Imam Semar said...

@Buck,

Quote:
1. Perusahaan pertambangan emas di US, karena alasan tertentu, selama bertahun-tahun melakukan shortselling melebihi kewajaran atas perintah golongan tertentu,

2.semuanya untuk mempertinggi nilai dolar agar persepsi orang terhadap kekuatan dolar menjadi lebih baik.


1. Pertama benar, karena selama 20 tahun emas masuk masa bear market (1982 - 1999) setelah 10 tahun bull market (1971 - 1982).

Barrick terkenal melakukan hedge untuk future productionnya dan menggadaikan produksinya di masa lalu, karena trend emas memang turun. Sekarang mereka sudah tidak lagi.

2. Memepertinggi nilai dollar? Tidak juga. Emas 20 thn terakhir memang masuk fase sekular bear market.

3. Anda yang menyuruh? Tentu... CEOnya...

4. Bukan hanya produsennya, sentral bank juga menjuali cadangan emasnya. Terakhir sebelum sekular bull market dimulai thn 1999, Bank of England menjual di harga $ 230/oz. Ooop goblognya.

Bucks said...

Saya masih belum paham Pak, apakah Barrick cs mengshorting emas karena emas memang memasuki bear market atau bear market terjadi karena Barrick cs melakukan shortselling..

Yang mana sebab, yang mana akibat..??

Imam Semar said...

@ Pak Kur,

Mengenai IMF gold sales, IMF tidak melakukannya sendiri (kecuali mungkin kalau private placement). Biasanya mereka menggunakan agen. Saya minggu lalu baru melepas perak saya ke LME (London Metal Exchange), melalui agen saya di Australia. Jadi tidak saya lakukan sendiri. IMF juga akan melakukan hal yang sama.

@Bucks,
Shorting para commercial traders di COMEX melalui COT, sifatnya seasonal, bukan program jangka panjang. Ini kita bisa lihat selama thn 2000-2009, ada waktu-waktunya (setiap tahun) CT mempunyai posisi short yang tinggi, seperti contoh pada artikel di atas, adalah untuk tahun 2005 dan 2008. Saya bisa saja memberikan contoh untuk tahun-tahun lain, tetapi akan membuang-buang waktu.

Saya tidak yakin saat ini sudah memasuki masa gold secular bear market. Kita belum memasuki lagi fase mania. Secular bear market, biasanya didahului oleh fase mania. Ini belum terjadi. Kalau secular gold bull market yang dimulai dari thn 2000 ini lengkap, maka kita masih bisa sampai thn 2015. Kalau lengkap fase-fasenya.

Imam Semar said...

@Buck,

Catatan, fase mania akan melempar harga emas ke 2-3 ekor kambing per 3.5 gram emas.

Sampai sekarang hanya 1 ekor kambing per 3 gram emas. Emas masih murah, paling-paling sama dengan harga wajarnya.

Kurniawan said...

Pak Imam,

Saya sih cenderung beli emas untuk proteksi bukan sbg trader. Tiap tahun saya beli emas.

Menurut Pak Imam, apakah emas dalam rupiah akan turun lagi di oktober atau tahun depan.

Apakah trend emas masih bulish ato sudah cenderung bearish ?