___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Friday, June 26, 2009

Michael Jackson Meninggal

King of Pop Michael Jackson meninggal dunia pada umur 50 tahun karena gagal jantung. Michael yang populer dari akhir dekade 60an melalui the Jackson Five sampai tahun 90an, termasuk penyanyi yang bisa bertahan lama. Tahun 90an pamornya turun, lagunya tidak ada yang menjadi top hit lagi, dan hanya populer melalui pemberitaan saja.





Michael termasuk penyanyi yang bisa bertahan lama karena kemampuannya mengikuti selera dan mood masyarakat. Dia berhasil mengekploitir mood masyarakat dan menjadikan seninya menjadi sebagai bagian dari kultur seperti break dance.


Pada awal-awal kariernya bersama Jackson five, lagu-lagunya seperti "Ben", "I'll be there", merupakan lagu-lagu yang populer karena searah dengan mood masyarakat yang berada pada awal dari periode pemberontakan, yaitu masa flower generation - pemberontakan terhadap ketidak bijakan pemerintah US di Vietnam dan akhir dari masa optimisme yang penuh dengan keceriaan (lihat lagu-lagu the beatles di tahun awal dan pertengahan dekade 60an). Mood pemberontakan pada masa The Jackson Fine muncul itu masih tidak terlalu keras (lihat juga warna lagu-lagu John Lennon, Imagine dan Mother atau George Harrison My Sweet Lord). Warna musik Michael gagal mengikuti mood masyarakat ketika ekonomi semakin dipengaruhi oleh inflasi dekade 70an, dan mood kemarahan semakin kuat yang dicirikan oleh populernya hard rock dan heavy metal.


Di awal dekade 80an, Michael memperkenalkan sesuatu yang baru, yaitu break dance. Break dance adalah suatu kultur baru dipopulerkan Michael melalui kultur baru video clips yang mengkombinasikan tarian & nyanyian. Teknologi video sebagai teknologi yang relatif baru, dimanfaatkan oleh Michael. Dekade ini adalah dekade peralihan antara dekade yang pesismisme dan kemarahan ke dekade yang dinamis dan penuh dengan optimisme dan keceriaan. Keberhasilan Michael tidak luput juga karena gerak tariannya yang dinamis sesuai dengan mood masyarakat pada masa itu. Lihat penyanyi-penyanyi yang mulai populer pada masa itu. Cyndi Lauper, Madona yang menggantikan Deep Purple, Black Sabbath. Memang Van Haler, Metalica, Spultura masih bertahan, tetapi tidak bisa menyaingi jenis-jenis lagu yang ceria.


Kultur baru yang dicoba untuk dipopulerkan Michael adalah merubah wajah. Michael Jackson merubah wajahnya dengan operasi plastik, tetapi apa yang dilakukannya tidak menjadi trend.


Tahun 90an, Michael Jackson gagal untuk mencerna mood masyarakat yang penuh dengan optimisme. Michael gagal bersaing dengan type musik yang dinamis berwarna ceria go-go seperti New Kids on the Block, Westlife, Spice Girls, dsb.


Catatan: Sampai saat ini saya belum melihat adanya warna musik yang mencerminkan mood masyarakat yang marah, pesimis dan putus asa. Apakah kejatuhan bursa dan krisis ekonomi saat ini masih belum tercermin dalam lagu-lagu populer? Atau krisis kali ini tidak berumur panjang? Entahlah.


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

1 comment:

Winarto said...

Kabar angin aja nih.. Ada yg bilang MJ sebenarnya gak meninggal.

Menurut "ahli," MJ lebih berharga kalau mati daripada hidup, makanya dibuatkan berita mengenai MJ meninggal.

:) ??????