___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Sunday, June 7, 2009

GM = GOVERNMENT MOTORS

TINGKAT PENGANGGURAN US
Kata ‘green shoot’ – pucuk-pucuk hijau, yang diperkenalkan oleh Ben Bernanke, dipopulerkan oleh CNBC dan tv cheergroup. Dipihak lain, Richard Russell, analis kawakan (tua) yang mengalami banyak bear dan bull market, mengatakan bear market masih berlangsung. Artinya green shoot itu bisa jadi kuning lagi dan mengering. Ini juga sejalan dengan ekonom Nouriel Rubini.

Data ekonomi US untuk bulan May tidak lah bagus. Tingkat pengangguran versi BPS (Biro statistik US) adalah 9.4% atau 14.5 juta orang. Ini lebih tinggi dari perkiraan EOWI (Ekonomi Orang Waras dan Investasi) yang dibuat pada bulan November 2008 lalu (Chart 1). Dan pada akhir tahun 2009, menurut perkiraan EOWI angka mengangguran ini mencapai 11.2%, lebih tinggi dari asumsi the Fed stress test bank-bank US yang dicanangkan Geitner (mentri keuangan US) yang hanya 10.3% di akhir 2011 itu. Bukan tidak mungkin asumsi stress test lebih lunak dari kenyataan nanti.

Chart 1

Angka pengangguran yang 9.4% itu tidak termasuk orang-orang yang sudah capek dan bosan mencari kerja dan orang-orang yang kerja part-time. Kalau semua itu dijumlahkan maka total adalah 16.4% atau sekitar 25 juta orang.

Ada berita bahwa 1 dari 9 orang di US makan dari kupon pembagian makanan. Itu bukan tanda ekonomi yang baik. Dengan jumlah penganggur resmi sebesar 14.5 juta orang atau 9.4% atau kalau menurut definisi awam 16.4% atau 25 juta orang (dari US populasi 250 juta atau dari 152 tenaga kerja), kita tidak perlu heran terhadap angka-angka di atas.

One in nine Americans on food stamps, USDA says
Wed Jun 3, 5:38 pm ET
WASHINGTON (Reuters) – One in nine Americans are using federal food stamps to help buy groceries as the country's deep recession forced another 591,000 people onto the federal anti-hunger program at latest count.

Enrollment jumped 2 percent to 33.2 million people in March, the fourth consecutive month that rolls hit a record, said the Agriculture Department. The average monthly benefit was $113.87 per person.

"It's tough out there for struggling families and will be for many months to come," Jim Weill, president of the Food Research and Action Center, said.

"It's very likely that the numbers will continue to grow in the coming months as a turnaround in unemployment and wage declines typically lags behind the recovery of the broader economy," he said.


Katanya percepatan laju tingkat pengangguran menurun, dari 539,000 bulan lalu ke 345,000 bulan ini. Tetapi angka ini bukan asli, karena ada net 65,000 lapangan kerja dibuka pemerintah. Membengkakan pegawai negri? Budget negara hanya akan habis dipakai untuk membayar gaji pegawai, yang biasanya tugas dan kewajibannya tidak jelas serta tidak produktif. Saya agak bingung dengan angka-angka ini karena setahu saya banyak negara-negara bagian, seperti California, Minnesota, mengalami budget defisit sehingga harus melepas para pegawainya. Entah matematik apa yang digunakan dalam statistik ini.


GOVERNMENT MOTORS DAN SHITTY-GROUP
GM sudah bangkrut. Dari dulu EOWI telah mengatakan bahwa GM adalah “too big to bail” bukan “too big to fail”. Puluhan milyar uang pajak (US) masuk dan busuk disana. Nama GM sudah tidak lagi General Motors, tetapi Government Motors karena sebagian besar sahamnya dimiliki oleh pemerintah. Entah berapa lama GM bisa bertahan. Yang namanya perusahaan pemerintah jarang yang bisa kompetitif. Pengusaha bisa menjadi politikus. Tetapi tidak sebaliknya. Birokrat tidak bisa menjadi pengusaha yang kompetitif.

Segment Humvee dibeli oleh Sichuan Tengzhong Heavy Industrial Machinery Co seharga tidak lebih dari $100 juta. Aneh juga, karena Tengzhoung bukan pabrik mobil. Kata teman saya yang warga negara Cina, orang Cina kalau mau pamer harus pakai mobil Amerika. Karena itu, Hummer kemungkinan akan laku di Cina. Ada kesalahan logika disini. Ketika Humvee sudah dibeli Cina, maka bukan lagi mobil Amerika, tetapi mobil Cina!!

Citigroup menjadi Shitty group dan dicampakkan dari Indeks Dow Industrial bersama dengan GM dan digantikan oleh Sisco dan Travelers yang dulunya merupakan bagian Citigroup yang di’spin-off’.


EKONOMI DUNIA
Ekonomi dunia juga tidak sebagus ekonomi US. GDP Jerman –11.5% dibanding US –6.2% (lihat Tabel di bawah). Eropa secara umum lebih buruk dari US.



Russia, - 8%, Lithuania -13.6%, Hongkong –16.1% dan Jepang –15.2% . Ini yang terburuk bagi Jepang sejak tahun 1955. Kita bisa saja mencari data-data GDP dari negara lain, misalnya Singapore –14.6%, Thailand –7.1. Bandingkan kontraksi GDP negara-negara di atas dengan kontraksi GDP Indonesia ketika krisis moneter 1998 lalu yang hanya 13.5%. Krisis moneter dunia saat ini sama seperti krisis Asia tahun 1998 dengan skala dunia. Apakah krisis ini bisa teratasi hanya dalam 1 tahun? Bagaimana mungkin bursa saham marak, komoditi juga marak? Berapa lama harga minyak tertekan ketika krisis Asia lalu? Tidak heran ada pembaca EOWI mengatakan bahwa ada yang tidak beres dengan rally di bursa saham dan komoditi.


MENCARI JAWABANNYA
Orang selalu mencari jawaban yang menjadi dasar suatu kejadian. Banyak hal sebenarnya tidak ada jawabannya. Misalnya aksioma, adalah suatu dalil yang harus diterima, tanpa bukti dan landasan yang menjadi sebabnya. Dulu istri saya sering mau mengganti sesuatu, misalnya kulkas 6 tahun lalu. Dan alasannya bahwa dia perlu kulkas baru. Padahal kulkas yang lama masih bagus dan masih bekerja dengan baik. Saya tahu bahwa dia ingin kulkas baru karena ingin menyelaraskan warna kulkas dengan warna microwave, piring, gelas, mangkoknya yang berwarna biru dan kami bawa dari Inggris (pindahan setelah hidup disana untuk beberapa tahun). Saya buktikan bahwa kami tidak perlu kulkas baru, tetapi dia tetap memaksa. Dia kemudian mengatakan bahwa ibu saya perlu kulkas, dan kulkas kami yang ada di dapur dia berikan kepada ibu saya. Ini membuat saya tidak berkutik dan harus membiarkan dia membeli kulkas baru. Dan ketika kulkas baru datang, warnanya biru!! Sama seperti warna piring, sendok, peralatan makan dan dapur. Sekarang istri saya tidak lagi menggunakan kata “perlu”, tetapi “kepingin” (ingin). Kata “kepingin” mengandung makna yang sangat emosionil dan tidak bisa dicari alasannya. Misalnya: “saya kepingin TV plasma baru”. Kalimat ini tidak ada kaitannya dengan ‘butuh’. Keinginan manusia bisa tidak terbatas dan tidak bisa didebat.

Pasar modal mengalami rally. Dan ini sangat emosionil dan tidak rasionil. Tidak bijaksana melawan hal yang emosionil. Beberapa kali saham menunjukkan kondisi overbought dan seakan-akan koreksi sudah dekat, tetapi kemudian, saham rally kembali. Paling tidak, saya sudah 3 kali gagal memperkirakan koreksi. Bisa saja akan gagal lagi.

Ada beberapa perkembangan pasar yang menarik. Saya tidak tahu bagaimana akhirnya. Pertama mengenai emas, selama seminggu ini seakan tidak mau melanjutkan rally (Chart 1). Bahkan untuk saham-saham emas HUI, koreksi sudah berlangsung (Chart 2). Saham-saham emas dipaksa kembali ke dalam koridor perdagangannya setelah menembus resistancenya dan keluar dari dari koridor perdagangannya. Kalau hal ini berlanjut maka target bawahnya untuk HUI adalah sekitar 320. Saat itu saya berniat membeli call option untuk Januari 2010 seperti pada ulasan yang lalu.

Saya memang berharap akan adanya koreksi ini, karena secara siklus tahunan, rally yang besar baru akan mulai terjadi pada bulan Agustus-September dan berakhir pada bulan Februari-Maret tahun berikutnya. Ini berkaitan dengan festival Dipali di India dan tahun baru Imlek. Untuk emas adanya support yang kuat antara harga penutupan hari Jumat ($ 954/oz) sampai 920. Seandainya level ini bisa tembus maka support berikutnya ada di 880 - 870.


Chart 3

Setelah sempat menyentuh supportnya, US dollar sudah 3 hari ini mengalami rebound, penguatan yang cukup berarti dan menembus resistancenya. Apakah ini seekor (bukan sebuah) dead cat bounce? Sebelum terbukti, asumsi saja bukan. Toh banyak negara lain yang lebih buruk kondisi ekonominya, Eropa misalnya?
Ada kontrarian indikator berkaitan dengan penguatan US$. Minggu lalu mentri keuangan Geitner ditertawakan oleh mahasiswa-mahasiswa Cina. Adat timur yang biasanya menghormati tamunya, nampaknya tidak dihiraukan oleh mahasiswa Cina. Mentertawakan tamunya bukan sikat yang hormat. Ada ungkapan, berhati-hatilah dengan hal yang jelas-jelas nyata. US dollar di mata banyak orang jelas-jelas nyata akan turun nilainya. Orang-orang ini lupa, bahwa banyak negara juga mengalami krisis keuangan yang lebih parah dari US. Dan banyak juga diantara mereka melakukan monetesasi hutang dan tindakan-tindakan reflasionari. Jadi bukan hanya US dollar yang akan jatuh, tetapi banyak mata uang fiat. Tertawanya para mahasiswa Cina, sebenarnya bisa menjadi indikator kontrarian. Mahasiswa seakan melecahkan US$. Sesuatu yang nampak jelas oleh para orang awam, bisa jadi menyimpan hal yang berbalikan dan jauh lebih kompleks.
Investor juga akan berpikir bahwa emas akan ter-appresiasi karena tindakan reflasionary. Harus diingat bahwa proses appresiasi emas ini tidak berjalan secara langsung linear. Kadang harus zig-zag, mundur selangkah dan maju 5 langkah. Saat ini saya pikir sudah saatnya US mengalami penguatan (Chart-4). Dan biasanya emas juga akan terdesak melemah. Dan sejak 1.5 tahun ini, penguatan US$ beriringan dengan koreksi dibursa saham. Dan sebaliknya, pelemahan US$ diassosiasikan dengan penguatan bursa saham (Chart 5). Ini diassosiasikan dengan keluar-masuknya dana dari/ke bursa dan lari ke/dari cash dan bond. Kalau anda lihat bond selama ini juga mengalami pelemahan dengan naiknya yield 10 yr Treasury dan 30 yr Treasury bond, dan ini siap berbalik arah. Apakah US$ akan menguat dan bursa saham melemah dan bond menguat? Kita tunggu saja.


Chart 4

Berkaitan dengan harapan di atas, kita juga melihat bahwa indeks Dow Industrial juga sudah menyentuh 200 DMA (day moving average) yang dianggap sebagai resistance yang kuat (Chart 6). Di level 9000, Dow juga akan dihambat oleh resistance yang lain.

Ada indikator lainnya, yaitu CPC, put-to-call ratio. Penurunan CPC dikaitkan dengan berkurangnya selera investor untuk membeli option put dibanding dengan option call. Itu yang terjadi selama 3 bulan terakhir ini. Artinya investor yang mengantisipasi saham akan jeblok semakin susut. Tetapi sejak April lalu, terjadi bottoming CPC (Chart 7). Artinya penurunan peminat put option sudah pada titik nadir. Bahkan untuk CPC sudah lepas dari pola menurunnya, dan siap-siap akan naik lagi. Apakah awal dari bearish mood? Indikator CPC ini adalah indikator tidak langsung dan mungkin perlu waktu yang lebih lama. Jadi harus sabar (dan bisa salah).

Kita bisa membuat cerita apa saja untuk skenario yang bearish. Seperti adanya tekanan dari investor terhadap para fund manager untuk menunjukkan portfolio yang positif pada laporan tengah tahunnya. Oleh sebab itu sampai tengah tahun ini bursa harus positif. Kemudian untuk bulan-bulan berikutnya sampai Oktober, bursa dibiarkan lepas lagi, sampai rally akhir tahun. Di akhir tahun bursa ditutup posistif untuk 2009. Cerita-cerita bisa saja dibuat. Tetapi semua itu lebih dekat pada angan-angan dari pada teori. Kita biarkan saja pasar menentukannya. Pasar akan tetap bullish sampai arahnya berbalik. Itu saja.



Chart-7

Sebelum menutup artikel ini saya ada ide di option untuk dimainkan. Pertama adalah saham Monster MWW. Kalau investor masih percaya akan adanya pemulihan ekonomi maka MWW akan bisa bangkit. Banyak orang cari kerja lewat MWW. Kebetulan sahamnya baru saja menembus resistancenya. Kita akan bermain di volatilitasnya saja. Sehingga reconya adalah MWWIC September $15 call option. Harganya Jumat lalu $0.95 - $1.05, cukup murah.

Untuk menutup artikel ini saya mau menantang anda: “Ada yang berani ngeshort sektor emas? Bukankah sedang mengalami koreksi?”

Aaaaah IS maniak short......

Sekian dulu, jaga kesehatan anda baik-baik. Juga tabungan dan investasi anda. Minggu depan saya ke Singapore, mau main-main dan belanja dulu. Kalau sempat EOWI akan tetap menurunkan artikel mingguannya.

Jakarta 6 Juni 2009


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

9 comments:

Zulqarnain said...

Pertamax!! :)
thanks pak IS..tulisannya, sangat 2 menarik melihat ternyata banyak negara2 maju GDPnya minus > 10%
Kalau koreksi dlam mungkin akan terjadi, pertanyaannya adalah kapan?
apa saja tanda2nya?..bagaimana dgn anaisa pak IS tentang big boys penggoreng commodity?..bgmn kondisi dan kabar terakhjir mereka?
oya pak tentang emas, bagaimana ini..apakah akan terus naik?, dgr2 IMF akan menjual emasnya sesuai rekomendasi G20..apakah benar..
Ditunggu analisa emasnya pak
sekali lagi terima kasih

imam semar said...

Sore ini index USD menguat 0.6%...., apakah run for safety sudah dimulai?

Anonymous said...

menurut saya ngeshort emas sekarang kayaknya ngak hot. emas lagi koreksi mungkin ke $930-920 dan mungkin hanya sideways di $940-950, dan saya pesimis emas bisa nanjak ke 1200 - let alone $1300 dan effect pasar lebih dominant.

dengan situasi market saat ini manipulasi apa aja bisa terjadi - ?

have fun di s'pore. kami IA pindahan ke London akhir July.

Astrid

kiki said...

for next quarter / next 3 months
if up SP500 will go to 990-1050
if down it will go to 810-860
moderator in vacation forum jd sepi... >.<

imam semar said...

Walaupun sedang on vacation, sebenarnya bisa saja bikin market update. Tetapi market sama sekali membosankan. Bear masih lemah dan bull juga.

Pada saat ini saya pikir belum waktunya untuk heavy bet on long atau short. Saya lebih suka kalau market sudah beraksi.

Walaupun demikian, mungkin ada baiknya melihat Cina market. Kelihatannya aman untuk posisi long.

Imam Semar said...

Future malam ini cukup dalam minusnya -88. Apakah dalam 2 hari ini akan ada konfirmasi short?

Kita tunggu saja.

Saya kok sudah gatal dengan POOL, RJF, SRS......

Anonymous said...

Pak IS,

sepertinya bakal lama nih bull nya /sideways..

Michael

imam semar said...

@Mike,
Kita lihat malam ini....., mungkin sudah ada konfirmasi.

Anonymous said...

pak is,

amunisi sudah siap short pool hehehe

michael