___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Tuesday, June 23, 2009

S&P Down Trend Sudah Terbentuk?

Kelihatannya S&P down trend sudah terbentuk. Tetapi jangan kuatir. Kemungkinan akan ada rebound untuk mengambil posisi short. Chart berikut ini dari sentimentrader.com yang menunjukkan short term overbought. Saat yang terbaik untuk mengambil posisi short adalah pada saat rebounce. Nanti malam saya akan lengkapi posting ini dengan data-data lain. Stay tuned & get ready.



(Klik Chart untuk memperbesar)


(Klik Chart untuk memperbesar)

Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

14 comments:

Anonymous said...

Guru IS.

Salam rock 'n roll!

Apa yg pernah kita bahas tentang skenario pasar modal walopun di artikel Ritchie Blackmore, menjadi kenyataan. Bear market rally sudah usai. Welcome back Lady Bear!

Seedan-edannya spekulator, tetep akan menggunakan logika kewarasannya untuk maen "DUIT". Wong segala indikator ekonomi masih bonyok kok. Jadi bear rally kemaren cuma mau cari duit panas krn modal dan investasi dah pada ancur-ancuran saat sell-off Oct & Nov 2008.

Artinya krisis ini secara sehat akan pulih setelah melewati proses dan waktu kurun 1 - 2 thnan lagi.

Kasihan bursa lokal. Para investor sangka dah fully recovering, ternyata hot money dah pada kabur dari bursa.

Tinggal manyun.com.

Pertanyaan untuk Guru IS:
Sedalam apa kira2 GSPC & JKSE?
750 & 1400 dulu?
Sharing aja...

Ditunggu pembahasan panjanglebarnya.

Ima

imam semar said...

@Ima,

Krisis sekarang ini, secara ukuran, penyebab dan kondisi/struktur ekonomi belum pernah terjadi sebelumnya. Jadi sulit diprediksi sampai seberapa jauh market akan mengalami koreksi.

Hari ini misalnya, pengumuman bahwa eksport Jepang turun 40% y-o-y. Indonesia saya pikir juga kena segitu. Bisa dibayangkan betapa parahnya. Indonesia, Malaysia, Singapore, dan beberapa negara eksportir masih bisa bertahan karena mereka - orang-orang - masih punya tabungan. Ketika tabungan mulai menyurut...., dampaknya akan terasa.

Kita ikuti saja lah.

Daniel said...

Ke mana duit menghilang sebenarnya? Kok bisa ada bear market ya Pak?

kiki said...

steady IR...
pak IS request bahas krisis politik Iran dan N.Korea...?
hal ini mengingatkan setelah crisis th 29 muncul rival sistim terbuka spt jerman italy rusia n jepun

Rully said...

Pa IS
Gimana Emas nya kapan harus masuk?
Emas nya koq udah mau terbang

Trims Rully

imam semar said...

@ Rully,

Kalau anda bermain jangka panjang untuk hedging tabungan anda dan menunggu gold mania, coba baca lagi teknik-teknik di http://ekonomiorangwarasdaninvestasi.blogspot.com/2008/10/depressi-1929-bakrie-group-dan-emas-ii.html

Tetapi kalau untuk medium term, harus sabar. Kita masih ada waktu beberapa bulan.

kiki said...

apakah market SnP berhasil tembus 880? ataukah batal?

Zulqarnain said...

Dimana2 tulisan para pengamat mengatakan resesi dan krisis sudah hampir berakhir.
Nggak di dalam negeri atau di luar negeri.
Saya baru baca, katanya tingkat tabungan massyarakat AS mencapai titik tertinggi sejak 1950. Kondisi ini malah di khawatirkan para pakar.
pak IS, mungkinkan ada gempa susulan seperti Oktober - Nopember 2008 kemarin?

kiki said...

kelihatannya para bear harus bersabar sy sendiri baru komit sell klo tembus 880 secara signifikan sebelum itu sy belum mau ambil posisi sell

@zul... hati2 berita selalu terdistorsi market digerakan oleh unlimited perceptions

Imam Semar said...

Iya, Kamis lalu trend turun batal lagi. Harus sabar. Saya mau main short kalau kondisi memungkinkan pada S&P = 950. Maen short term saja.

Saya tidak yakin resesi berakhir tahun ini. Mr. Muddle Through, John Mauldin sekarang jadi Mr. Depression. Beberapa analis yang tadinya sangat condong pada inflasi, sekarang berubah menjadi mr. Deflation....

imam semar said...

Short sektor minyak, dan yang paling sensitif adalah energy unconventional seperti tar-sand. Saya mau ngeshort SU, dengan put option. Sekarang ada di 30 dan supportnya ada di 28, 26 dan 22.

Anonymous said...

pak IS,

jadi confirm masuk SU di 28?
thanks

Mike

imam semar said...

Saya coba masuk di $3.50 untuk SU Dec 09 Put $28. Kalau dapat syukur kalau tidak, ya nggak apa-apa. Sudah terlalu delak dengan support, jadi bisa rebound. Atau tembus....

kiki said...

yak...market kembali menurun... apakah tembus 880?