___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Sunday, June 21, 2009

MARKET UPDATE, JUNI MINGGU KE III, 2009

Market Update di Ekonomi Orang Waras dan Investasi (EOWI) kali ini akan membahas teknikal saja untuk beberapa sektor. Tentang fundamental kalau ada kesempatan, akan kami lakukan dalam hari-hari mendatang. Ada beberapa perkembangan dalam fundamental ekonomi yang akan mempengaruhi ekonomi dimasa mendatang. Pertama adalah melonjaknya yield long term US treasury bond. Ini akan mempengaruhi suku bunga pinjaman (termasuk suku bunga pinjaman kredit perumahan). Kedua pemerintah US minggu-minggu depan akan melelang lagi surat hutang dalam jumlah yang besar. Ketiga data-data dari the Fed yang mengkonfirmasikan bahwa deflasi sedang berlangsung.

Pada dasarnya pasar saham masih dalam posisi bear market rally. Ini dibuktikan dengan adanya non-confirmation. Minggu sebelumnya Dow Industrial membuat new high 8800 sedangkan indeks Transportation gagal membuat new high (Chart 1). Disamping itu semangat membeli para big-boys menurut stocktiming.com semakin menurun (Chart 2). Dari beberapa situs lain dikatakan bahwa tekanan jual semakin meningkat, yang bertentangan dengan stocktiming.com. Menurunnya animo beli tidak sama dengan meningkatnya tekanan jual.


Chart 1 (Klik chart untuk memperbesar)

Ada yang menarik pada Chart 2 ini. Pertama, secara konsisten aktifitas akumulasi saham menurun (biru). Dan aktifitas jual (merah) membentuk higher highs dan higher lows. Walaupun saat ini perbedaan antara tekanan jual dan beli masih tidak banyak, tetapi kalau tren tekanan jual berlanjut (meningkat) maka hasilnya adalah kejatuhan bursa. Ini yang sebenarnya kita tunggu. Tetapi saat ini saham masih bullish atau sedang melakukan konsolidasi.

Chart 2 (Klik chart untuk memperbesar)

Animo melakukan short masih rendah (Chart 3), tetapi sudah keluar dari tren menurunnya. Jadi untuk bisa melihat saham terkoreksi, kita masih harus menunggu CPC naik lagi sampai cukup tinggi.

Chart 3 (Klik chart untuk memperbesar)

Sektor finansial nampak sedang pada fase konsolidasi (Chart 4). Sebelum IYF lepas dari $40, kita tidak bisa mengatakan bahwa fase koreksi dimulai. Jadi kita harus menunggu sampai tembus $40. Tetapi bagi yang punya nyali, bisa melakukan short finansial pada saat IYF di level $45 - $46.


Chart 4 (Klik chart untuk memperbesar)

Sektor real-estate masih dalam koridor menanjak walaupun banyak negative divergence (Chart 5). Suatu saat negative divergence ini akan ada resolusinya dan sektor ini akan terkoreksi. Tetapi, sebelum itu terjadi, maka tren nya tetap naik.

Kemungkinan minggu-minggu depan sektor real-estate akan naik dan bisa ke level $36-$37 (dari ($33). Karena saat ini big-boys saat ini tidak punya nafsu membeli, maka sebaiknya kita juga. Karena jika sewaktu-waktu tekanan jual naik, kita bisa terperangkap. Saya lebih suka mengambil posisi short di resistance nya dari pada mengambil long di supportnya. Jadi siap-siap ambil posisi short di IYR = $ 36 - $37, 1-2 minggu ke depan. Tidak perlu terburu-buru. Ini kita asumsikan bahwa pasar tidak akan mengalami koreksi minggu depan dan menembus resistancenya. Tembus resistance berarti koreksi akan dimulai lagi.


Chart 5 (Klik chart untuk memperbesar)

Target short EOWI yang pernah dibahas sebelumnya yaitu POOL (reference link) bergerak dalam koridor trading yang datar (Chart 6) antara level $18.5 - $16.9. Level $18.5 adalah level yang bagus untuk masuk posisi short. Tetapi jika support $16.8 bisa ditembus, maka POOL akan mengetest level terendah di bulan Maret ($11).

Chart 6 (Klik chart untuk memperbesar)

Emas nampaknya saat membeli semakin mendekat. Beberapa waktu lalu, EOWI pernah membahas trading option saham emas GDX [link], waktu untuk masuk semakin mendekat.

Emas membentuk inverted head & shoulders, punya potensi untuk melakukan rally yang kuat. Rally tahun 2009 ini diharapkan cukup kuat untuk mencapai level $1,300/oz. Tetapi sebelum itu, emas harus menembus $1000 dahulu. Waktunya entah kapan. Yang pasti saat ini emas sudah dekat dengan level supportnya. Jika emas bisa bertahan di atas level supportnya, maka peluang untuk menembus resistance dan neckline $1,000 menjadi lebih besar.

ETF saham emas GDX berhasil turun dan menembus support I (Chart 8). Saat ini sedang menuju support II. Peluang untuk bisa menembus support II kecil. Oleh sebab itu level $34 - $35 adalah level yang bagus untuk masuk posisi long dengan call option. Seperti yang telah dibahas pada artikel bulan April 2009 lalu [link ] , call option yang dimaksud adalah call option $30 Jan 2010 (KFWAD).


Chart 7 (Klik chart untuk memperbesar)


Chart 8 (Klik chart untuk memperbesar)

Sampai disini dulu. Jaga kesehatan, investasi dan tabungan anda baik-baik.
Singapore, 21 Juni 2009.

Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

3 comments:

Daniel said...

Pak IS,
Apakah kurs USD-RP sudah berbalik arah menjadi bullish lagi?

Kemarin2 sudah turun ke 10.000, tapi hari ini sudah hampir 10.500 lagi.... Bagaimana prospek rupiah menurut Bapak?

Imam Semar said...

Oom Daniel

USD memang rebound setelah membentur supportnya di UUP (ETF USD) = 240, lihat pembahasan di http://ekonomiorangwarasdaninvestasi.blogspot.com/2009/05/sucker-rally-yang-lot.html

Emas ikut turun karenanya..., walaupun agak lama juga play-out nya (getaran dampaknya), minyak dan saham secara keseluruhan akan terseret.

Silahkan baca lagi http://ekonomiorangwarasdaninvestasi.blogspot.com/2009/05/sucker-rally-yang-lot.html

Saya katakan bahwa kelihatannya penguatan USD memerlukan waktu yang agak lama untuk menyeret yang lain jatuh.

kiki said...

kelihatannya SnP mendekati 880