___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Sunday, May 31, 2009

BERMAIN DI SIDEWAY MARKET

Pasar bisa bermain sideway selama beberapa bulan. Antara Oktober 2008 sampai awal Januari 2009, pasar saham bergerak relatif mendatar. Terkadang membosankan. Tetapi bisa juga menguntungkan jika kita pandai memainkannya.

Saat ini pasar saham NYSE juga sudah sebulan tidak kemana-mana (Chart-1). Indeks S&P500 hanya bergerak antara 880 – 930. Kalau mengikuti tahun sebelumnya, kondisi seperti ini bisa berlangsung selama 3 bulan. Membosankan.


Chart 1 (klik chart untuk memperbesar)

Saat ini ‘big boys’ punya posisi seimbang antara yang berada di kubu bull dan bear. Sejak 1 bulan ini antara tekanan jual dan beli saling mendekat dan selama 1 minggu ini tekanan jual dan tekanan beli dari big boys sudah hampir seimbang. Berapa lama hal ini akan terus berlangsung. Entahlah. Yang pasti kalau saya lihat data tahun 2008, 3 bulan bukan mustahil. Market bisa bergerak mendatar dalam range tertentu. Kita tunggu saja. Tetapi sementara kita menunggu, kita juga mau bermain. Berikut ini ada beberapa pandangan mengenai peluang short yang bisa dimainkan.


TENGGELAM DI KOLAM RENANG
Beberapa waktu lalu CNBC menayangkan acara mengenai foreclosure rumah-rumah di US. Menyedihkan. Beberapa keluarga harus keluar dari rumah yang disita dan hanya diberi waktu 20 menit saja. Kasihan.

Dalam program tersebut ditayangkan rumah-rumah yang dikosongkan. Kebanyakan rumah-rumah tersebut mempunyai kolam renang (yang sudah tidak terurus tentunya). Rumah-rumah di Florida, California, Arizona dan Las Vegas (Nevada), banyak yang mempunyai kolam renang. Di Florida saja, pada tahun 2006 (puncak real-estate boom), dibangun 45,000 kolam renang. Dan sekarang hanya 5,000. Bisa dikatakan bahwa pasar kolam renang sudah turun 90%. Ini jumlah yang banyak.


Kolam renang yang jadi sarang nyamuk (klik chart untuk memperbesar)


Kolam renang yang jadi sarang nyamuk (klik chart untuk memperbesar)

Untuk pasar perawatan kolam renang juga mengalami penurunan. Dengan adanya foreclosure, jumlah kolang renang yang dipakai dan dirawat menurun. Disamping itu juga bagi rumah yang masih berpenghuni, krisis keuangan saat ini akan membuat penghuninya berhemat. Kebutuhan sekunder seperti kolam renang, mungkin akan dikesampingkan. Dengan kata lain kolam renang akan ditutup dan tidak dipakai.


Short POOL, Potensi Keuntungan 200%.
Tahun lalu, EOWI (Ekonomi Orang Waras dan Investasi) membahas mengenai POOL. Bahkan POOL adalah salah satu favorit short EOWI. Ada beberapa hal fundamental lain yang negatif dari POOL yang membuat EOWI suka melakukan short pada POOL.

Ada stock option dengan strike price $4.30 yang dibagikan kepada management POOL yang akan habis masa berlakunya. Pemengang stock option di jajaran management akan meng-exercise stock option ini. Pada harga saat ini $18, nilainya setara dengan $8.6 juta. Apakah para pemegang option ini akan mengkonversikan ke stock atau mau ambil uangnya, hasilnya sama saja, yaitu akan ada pengenceran kekayaan pemegang saham yang sekarang.

Management POOL sangat optimis mengenai sales di bulan-bulan mendatang. Ini dilihat dari pertemuan dengan pemegang saham. Tentunya EOWI yang punya karakter negatif, tidak melihat masa depan sales di sektor kolam renang bisa meningkat. Optimisme ini tercermin dalam aktiva neraca keuangan POOL yang disebut goodwill. Atau aktiva tak berwujud yang merepresentasikan jumlah yang lebih besar dari nilai buku yang dibayar oleh suatu perusahaan untuk mendapatkan perusahaan lain. Secara teoritis, merupakan nilai sekarang dari kelebihan laba suatu perusahaan di masa yang akan datang dalam suatu industri. Untuk perusahaan software misalnya, goodwill yang besar masih bisa terima karena mereka tidak perlu membuat investasi (software bukan benda). Lain halnya dengan kolam renang dan peralatannya. Ini barang nyata (tangible) yang perlu dibeli. POOL perlu modal untuk membeli barang-barang sehingga nantinya bisa dijual dan menghasilkan uang. Kemunginan besar goodwill ini akhirnya tidak terwujud menjadi real-cash. Hal inilah yang kemungkinan belum diperhitungkan oleh banyak analis. Banyak mutual fund masih berpikir bahwa POOL masih mempunyai nilai tinggi karena mereka masih berpandangan seakan krisis sekarang ini sama dengan krisis moneter biasa dimana sektor real estate bukan pusat episentrumnya. Ketika laporan keuangan POOL mendatang keluar, mutual fund yang memegang POOL akan sadar bahwa neraca keuangan POOL tidak seindah gambarnya dan kemudian mereka akan melepas posisi mereka. Oleh sebab itu posisi kontrarian di POOL bisa menguntungkan.


Teknikal POOL
POOL membentur resistence jangka panjangnya setelah rally selama 3 bulan ini dan mengalami kesulitan menembusnya (Chart-2). Bearish wedge, pola segitiga, terlihat dan nampaknya siap untuk turun (Chart-3). Support bawahnya ada di $17. Andaikata support ini bisa tembus, maka support berikutnya adalah $15.

Kami pikir POOL bisa jatuh ke $ 9 - $ 11. Sehingga dengan option put $15 akan punya nilai interinsik $ 5.


Chart 2 (klik chart untuk memperbesar)


Chart 3 (klik chart untuk memperbesar)

Kami pikir koreksi market mendatang akan sampai bulan Oktober 2009. Di samping itu, secara seasonal, September adalah bulannya bear. Kita akan menunggang seasonal September bear. Oleh sebab itu pilihan kami adalah POOL put $15 dengan expiry date October 2009 (QCLVC). Saat ini adalah saat yang tepat untuk mengambil option ini. Jumat lalu harganya sekitar $1.45 - $1.50. Mungkin Senen depan bisa dapat $1.4 atau $1.30.

Disclosure: EOWI mempunyai QCLVC di harga $1.47


SEKTOR REAL-ESTATE
Disclosure: EOWI mempunyai SRS di harga $21.

Salah satu saham yang dipegang EOWI adalah SRS, ultrashort real-estate. EOWI akan menambah jumlahnya pada perdagangan hari Senen 1 Juni 2009 besok. Alasannya sebagai berikut.

Sektor real estate telah keluar dari trend naiknya (Chart-4), dan sekarang bergerak IYR (Real Estate iShares) di antara $31 - $34. Hari jumat tanggal 29 Mei 2009 lalu IYR membentur resistancenya. EOWI percaya bahwa ini tidak akan tembus.


Chart 4 (klik chart untuk memperbesar)

Dengan volume yang terus menurun, akan berpeluang untuk terjadi perubahan. Dan perubahan itu kemungkinan bearish. Pada kondisi yang demikian, pengambil posisi short, resikonya kecil. Pertama, jika ternyata kemudian sektor ini tiba-tiba bullish dan IYR naik di atas $34, katakanlah $35, maka kerugiannya hanya sebanding dengan $1 (realisasinya tergantung kendaraan apa yang dipakai, SRS atau put option). Tetapi jika kemudian IYR turun ke $31, maka keuntungannya sebanding dengan $3. Jadi nampak antara resiko dan peluang untung, lebih besar peluang untung.

EOWI akan menambah posisi SRS dan membuka SRS $20 call option expiry date Juli (SAKGD). Untuk SAKGD harganya $3.40 - $3.50. Ini untuk permainan volatilitas saja. Jika harga SRS naik ke $ 24 (IYR = $31) dalam minggu-minggu mendatang maka nilai interinsik SAKGD hanya $4. Jadi keuntungan hanya pada premium waktu dan premium volatilitas. Oleh sebab itu, untuk SAKGD tidak boleh dipegang terlalu lama.

Jangan lupa stop loss pada IYR di atas $34. Saya akan pasang $35 sebagai stop loss level.


HOTT YANG KEPANASAN
Pembaca EOWI masih ingat review saham HOTT. Ini hasilnya (Chart-5). Investor HOTT mengalami kekecewaan demi kekecewaan melihat laporan keuangan dan kinerja keuangan HOTT. HOTT jatuh dari puncaknya di $13.87 ke $6.85. Kami pikir masih bisa jatuh lagi. Bagi anda yang mengambil Aug put option HOTT seperti yang diresepkan EOWI saat ini sudah mengantongi keuntungan 100%.


Chart 5 (klik chart untuk memperbesar)

HOTT jatuh tersungkur sebanyak 2 kali. Pertama menembus supportnya $8.70 dan kedua $ 7.70. Ke dua-duanya dengan volume tinggi. Jadi EOWI masih mengharapkan kejatuhan berikutnya. Support berikutnya adalah $7, $6, $5 dan $4. Pertanyaannya apakah sampai Agustus nanti bisa tercapai $4?

Kami tidak meresepkan untuk mengejar HOTT. Saat ini kami hanya meresepkan hold.

Disclosure: EOWI memiliki HOTT $10 put option dengan expiry date Aug 09.


SEKTOR FINANSIAL DI PERSIMPANGAN JALAN
Sektor ini secara teknikal juga menarik untuk diterjuni. Pertama sektor finansial ini sudah keluar dari trend naik utamanya (Chart-6). Peluang terbesarnya adalah sideways atau turun. Kedua, pola tredingnya adalah segitiga bearish wedge yang terus menyempit. Dan ketiga adalah volume perdagangannya terus menurun. Ketiga ciri tersebut merupakan tanda bahwa IYF akan jatuh ke bawah support $40 nya. Tetapi ini agak terlalu aggresif. Konservatif hanya mentargetkan jatuh ke $40 saja.


Chart 6 (klik chart untuk memperbesar)

Saat ini IYF berada $43.60, sedikit di atas resistancenya. Kami tidak yakin bisa naik terus. Kemungkinan akan kembali ke supportnya di $40. Jadi kita bisa bermain di sekitar $40 - $43.6 atau kurang sedikit dari 10%. Bermain dengan super leverage FAZ (Bear Fund 3X) atau FAS (Bull Fund 3X) option akan menggandakan ruang permainan sampai 50%.

FAZ call option $5 Oct 2009 (FAYJA) atau FAZ call option $5 Jan 2010 (FAYA) bisa dipakai untuk bermain di sektor finansial ini. FAZ sendiri sudah bottoming di $4.70 dan berfluktuasi ke $6 selama sebulan ini. Jadi untuk option jangka panjang seperti FAYA, premi-waktu nya tidak akan tergerus terlalu banyak jika dipakai untuk bermain selama sebulan. Sehingga jika dikaitkan dengan FAZ atau IYF, FAYA dan FAYJA bisa berfluktuasi sampai 70%. Harga FAYA pada penutupan lalu adalah $1.80 $1.95 sedang FAYJA $1.50 - $1.65.

Disclosure: EOWI punya FAYA dan akan menambah holding FAYA.


SHORT SEKTOR MINYAK DAN CINA?
Kami di EOWI kemarin saling berdiskusi mengenai potensi short lainnya. Ada beberapa ide untuk melakukan short di sektor minyak dan komoditi. Saya agak meragukan bahwa hal ini adalah yang bagus. Ambil contoh saja RIG (Transocean), lihat Chart-7. Seperti sektor minyak lainnya (Chart-8), RIG mengalami periode bullish sejak Januari lalu. Trennya jelas sekali. Kemudian RIG juga menembus 200 DMA. Ada resistance di $87, artinya masih punya potensi naik 10%. Kemudian ada gap di $90 - $95. Ini sama sekali bukan posisi yang baik untuk short.


Chart 7 (klik chart untuk memperbesar)

Secara umum sektor minyak bukan sektor yang bagus untuk dishort. Sektor minyak mengalami konsolidasi selama 4 bulan lebih (Nov 08 – Mar 09), dengan trading range OIH $65 - $85 sebelum berubah menjadi bullish (Char-8). Bentuk ini typical textbook, masa konsolidasi dan awal dari bull (cyclical?). Dalam kondisi seperti ini EOWI punya strategi adalah ‘buy on dip’. Jangan melawan tren, dengan kata lain, jangan melakukan short pada saham yang sedang menanjak. Tunggu sampai ada lower high dan lower low, sebagai tanda pergantian arah.


Chart 8 (klik chart untuk memperbesar)

Saya melihat di situs tetangga suatu anjuran untuk menshort bursa Cina berdasarkan hitungan wave dari Elliot Wave (Chart 9 dan 10). Argumennya ialah bahwa saat ini SSEC sudah menyentuh 200 wkEMA yang dianggap sebagai resistance yang kuat. Saya menragukan hal ini karena SSEC masih dalam trend naik (Chart-11). Melakukan short SSEC sama saja dengan bunuh diri. Saya akan menunggu tahap konsolidasi dulu atau menunggu adanya tanda-tanda pembalikan arah.


Chart 9 (klik chart untuk memperbesar)


Chart 10 (klik chart untuk memperbesar)


Chart 11 (klik chart untuk memperbesar)

Disclosure: EOWI tidak mempunyai posisi di sektor minyak atau Cina.

Sekian dulu, jaga kesehatan, tabungan dan investasi anda baik-baik. Sampai nanti.

Jakarta 31 Mei 09.


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

31 comments:

Anonymous said...

kok emasnya ga di bahas sekalian bro???

Imam Semar said...

Nanti saja kalau sudah saatnya, Agustus.

kiki said...

bung IS bgm pendapat anda ttg
Manipulation: How Markets Really Work - by Stephen Lendman...
dulu pas pertama kali kenal dunia market financial sy dikasi tahu itu permainan org2 dalam... tp sy juga baca2 klo tdk ada seorang pun yg dapat memanipulasi market bahkan pemeritah & central bank...

Surawan Tri Atmaja said...

Emas dibahas Agustus ? Gak ada peluang lebih cepat Om ?

Imam Semar said...

Future Market sangat bullish siang ini. Kalau nanti malam S&P ditutup di atas 930, artinya cut loss. Bull berkuasa lagi.

Good luck...

Anonymous said...

Dear Pak IS,

Kenapa bisa bull abis2an yah?? parah..

Michael

imam semar said...

Kalau saya lihat futurenya, Nasdaq , S&P dan Dow, sektor finansial sudah tembus resistance. Dan yang lebih penting lagi, big boys sudah beli kembali, cukup besar posisinya. Saya akan batalkan rencana.

Dalam 2 hari mendatang saya mau lihat keadaan. S&P bisa lari ke 950 - 1100.

Oleh sebab itu posisi mungkin harus balik badan. Short HOTT, SRS harus diliquidasi. Dan POOL.... akan lihat-lihat dulu.

imam semar said...

Mike & Kiki,

Saat ini liquiditas sangat tinggi. Banyak investor yang berlomba-lomba masuk pasar karena takut ketinggalan. Berita bangkrutnya GM tidak membuat bearish.

Big boys kalau saya lihat istirahat sebentar ketika market mendekati resistancenya seperti 1 bulan ini, tetapi ketika resistencenya mau/sudah tembus mereka beramai-ramai masuk lagi.

Saya akan kosongkan posisi short. Sampai nanti kalau big boys benar-benar bullish, saya masuk long.

Ini perlu waktu 2-3 hari. Kita lihat saja.

imam semar said...

Oh lupa..., yang saya maksud dengan big boys adalah para investment bankers (yang saat ini didukung pemerintah)...., dikasih TARP dsb dari uang rakyat.

Anonymous said...

Pak IS,

Apakah bullish begini artinya resesi sudah berakhir ya?? koq bisa ya??

Atau ini hanya sucker rally yang benar2 alot? please advise..

imam semar said...

Anony,

Kemungkinan yang ada adalah stagflasi. Ekonomi stagnan dengan inflasi tinggi.

Dengan glontoran dana, maka terjadi banjir liquiditas. Uang inilah yang dipakai untuk spekulasi. Seperti Indonesia dari tahun 1999 - 2001. Ekonomi nggak kemana-mana tetapi saham naik turun, dan akhirnya nyungsep di tahun 2002 - 2003.

Well....., sekarang kita cari kemana uang ini akan mengalir.

Hanya saja saya baca apa yang dikatakan Richard Russell, bahwa menurut dia, saat ini masih bear market rally. Russell adalah salah satu analis yang tertua, berpengalaman dan mengalami berbagai macam siklus. Jadi kita harus menghargai opininya.....,

Saat ini semua resistance sudah tembus dengan sangat meyakinkan. Saya sudah lepas semua posisi bear. Dan mungkin dalam beberapa hari ini balik badan kalau kondisi mendukung untuk masuk long di APL, ABB dan CDE.

Zulqarnain said...

pak IS, IHSG sudah tembus 2000, meski di penutupan 1998,58.
Dow & SP500 sampai komen ini sudah naik 2,28% (8693) dan 2,25% (942)..
agak aneh juga ya..di saat semua bilang bangkrut, kenaikan ekonomi minus, kenapa masih juga lari kencang
Apa masih belum terlambat kalau masuk sekarang?
Fenomena apa ini pak?
thanks

Anonymous said...

Dear Pak IS,

Kalau begitu stagflasi, harus amanin cash biar aman ke mana ya? Apakah emas atau deposito (tp sepertinya deposito kurang meyakinkan)?

Michael

imam semar said...

Zul,
Bagi trader tidak ada kata terlambat. Memang sebelum-sebelumnya saya banyak menggunakan TA conventional, yang kurang canggih menghadapi market seperti sekarang. Berkali-kali market menunjukkan akan adanya koreksi, ternyata signal palsu.

Tetapi hal ini mungkin sudah bisa diatas sekarang. Sudah 1.5 bulan ini saya punya access untuk mengamati big boys. Saya akan memposisikan trading seirama dengan mereka. 3 minggu lalu trendnya adalah bear bertambah dan bull berkurang di camp big boys. Itu sebabnya ada kecenderungan market akan terkoreksi. Ternyata Jumat malam angin berubah. Tidak banyak tetapi kemudian di future mengalami percepatan. Dan terbukti malam ini bull memukul. Untungnya saya sejak pembukaan trading sudah buang posisi short.

@Mike,
Saya masih ragu akan terjadinya stagflasi. Karena, konsumen US yang sudah tenggelam dalam hutang, apakah masih mampu mengkonsumsi? Ini bukan tahun 1970an, dimana konsumen US masih punya tabungan. Saat ini konsumen US posisinya lain sama sekali. Sedangkan konsumen negara lain masih belum bisa menggantikannya. Pertanyaan siapa yang mau beli? Belum bisa terjawab.

Bunga di dunia akan naik, itu peluangnya 99%. Tahun ini dan tahun depan ada $30 triliun bond pemerintah (di dunia) akan keluar. Saya tidak tahu apakah the Fed dan bank-bank sentral bisa mengendalikannya. Suku bunga bank di Indonesia saja sudah tidak mau ikut suku bunga BI. Surat hutang pemerintah RI, juga bunganya di atas 10%. So.... ciri inflasi.

Kalau stagflasi, cash bukan pilihan. Banyangkan pemerintah yang kurang dapat pemasukan dari pajak akan mengeluarkan surat hutang, maka terjadi monetesasi debt. Banjir uang. Oleh sebab itu cash itu jelek. Itu juga yang memicu rally saham dan emas saat ini.

Anyway, saya sudah tidak mengharapkan adanya koreksi. Sekarang mau mengamati prilaku the big boys dan ikuti saja permainan mereka.

Good luck.

kiki said...

sy msh liat market in sideway up its seems like Q1 Q2 th 2006 posisi short sy telah terliquidasi kemarin jumat

Anonymous said...

Dear Pak Kiki,

Kalau cash mau diamankan kemana ya sebaiknya? deposito seperti yang dikatakan tidak aman..

Apakah emas atau properti ya?? thanks..

michael

Blue said...

Now is the calm before the storm. This is the eye of the hurricane

“Put a portion of your assets in precious metals and precious metals related investments”.

Technical :
Gold looks to be nearing the end of this very large reverse head and shoulders pattern which is bullish. I have a feeling we could see gold trade in the upper levels of this chart until August which is generally a very strong time for gold bullion prices. At that time we may see gold surge past $1000 and rally towards the $1200-$1300

Fundamental :
All the fundamentals are in place for a big run in gold.
The Fed is printing a lot of money very quickly, but we haven’t seen much of an impact yet. Inflation huge wave is coming.

Strategy :
Hit and Run. Follow market trend. Short term stock trading. Convert the profit into gold. Discipline.

Anonymous said...

Dear Blue,

Do u suggest to hold physical or paper gold?

News are IMF to sell their gold in near future, will it put pressure on gold price? thanks

kiki said...

@mike...
USD down
oil/gold up
stock flat
most people selling their $ and buy oil/gold and stock market mereka lupakan utk sementara waktu
but its my opinion for reality hrs dilakukan check up

Anonymous said...

Dear Pak Kiki,

Thanks buat sarannya. Kalau boleh tau pak Kiki portfolio sekarang lebih berat ke mana? Gold/oil kah?

Mike

kiki said...

still stock...

Anonymous said...

halo semua, gua mau nanya sesuatu, gak terlalu berhubungan dengan judul posting ini boleh gak??

Kalau kita beli saham, di monitor kan kelihatan kita beli, ada simbol sekuritas yang kita pakai, dan jumlah lot yang kita beli. Yg pasti cukup transparan.

Tapi kalau kita trading, misalnya forex, kita beli USD, atau kita beli Euro, di monitor gak kelihatan apa-apanya.

Yang tercatat di komputer kita hanya transaksi apa yang kita pasang, seberapa banyak pun kita beli / jual, sebenarnya gak pengaruh ke angka di monitor itu! Sebab kita bukan sedang transaksi di pasar yang kita sedang tatap di monitor, tetapi bertransaksi dengan trading house yang kita join.

Apakah tidak salah kalau dikatakan trading forex itu = taruhan antara si investor dengan trading housenya? yang satu jadi pemain, yang satu jadi bandar?

(Jack)

Anonymous said...

buset,emas anjlok gara2 rupiah menguat,bagaimana mnrt IS,apakah harus di jual?

Anonymous said...

pak IS,

Bagaimana situasi arena terakhir?

Tolong inform ya kalo sudah boleh masuk POOL..

thanks pak..

mike

imam semar said...

Anony & Surawan,

Emas memang diharapkan turun dulu sebelum rally mulai Aug-Oct 09 sampai Feb-Mar 2010. Ini siklus tahunan.

Ketika menulis http://ekonomiorangwarasdaninvestasi.blogspot.com/2009/04/emas-siap-siap-beli.html

saya pikir koreksi emas bisa tejadi lebih cepat. Disitu dikatakan hanya siap-siap. Ternyata emas masih punya kekuatan sampai beberapa minggu.

Target $850, sebelum di revisi. Dalam rupiah bisa ke Rp 300 ribu per gram. Saat yang baik bukan untuk membeli di Rp 300 ribu?

Mike,
POOL kelihatannya ikut market yang sudah mendekati masa-masa akhir rally (yang masih alot). Jadi saya belum berani masuk. Premi optionya bisa kena gerus di time premium.

Anonymous said...

@All
@US market

kelihatannnya gold sedang koreksi -saya rasa akan turun ke $930 an sebelum nanjak lagi, dan then seperti pak IS katankan akan melorot di August. pak IS ngak ambil put option - memang harus di baby sit sih ...

Oil sekarang keliatannya masuk koreksi tapi masih ngeden - krn pengaruh pasar bullish.

Pasar minggu kemarin $US agak menguat - tapi ngak menyakinkan dan oil ngak terpengaruh.

well well ... very nerve racking !!

pak IS oil naik namun gas masih murah mungkin its good opportunity.

US banks sucked!

$SRS free falls to $17 -- tunggu pasar reda.... then good buy..

Astrid

Anonymous said...

@Mike

kalau mau beli POOL option -.QLVC sekarang sekitar $1.20 - 1.30relatively cheap underlying stock $18

KALAU saya - lihat aja $SPX, kalau udah kurang dari 880 kelihatanya buying sign. tapi by the time mungkin option nya udah agak naik.

happy trading. Astrid

Anonymous said...

@APL, CDE

kayaknya APL $7.5 masuk koreksi ke sekitar 6.6$ - worse case $6.0, CDE juga masuk koreksi ke $14.80?. tunggu aja beberapa hari lagi.

duanya-2 my favorite stocks:
my little money machine.

Hi Micheal .. long for APL GO TEAM!
bisa 100%+ akhir tahun ya ngak pak IS?

Astrid

Anonymous said...

Dear Astrid,

Thanks for ur detailing..

APL bergerak di gas bukan ya?
Kalau iya, 100% si sangat memungkinkan..

How about CDE? saya lihat baru IPO ya?

Saya masuk UNG pas support di $13.50..

Gold saya rasa sebelum koreksi akan naik ke $1000 dulu baru di sell off..intinya sih ujung2 nya harus turunnn heheh..

Enjoy the ride..

Mike

Anonymous said...

@ tarp funds 7 June

pantesnya minggu depan pasar masih bullish wrt TARP fund, dan koreksi stocks bisa bisa jadi alot

see news:
http://seekingalpha.com/article/141774-why-is-administration-more-amenable-to-banks-paying-back-tarp-funds

@Mike
CDE (mining gold/silver) and APL (gas and liquidised) ini cuma nambah comments nya pak IS

enjoy greener list!!

Astrid

Anonymous said...

@mikey @ $UNG

kelihatannya UNG masih sideways mungkin will check in 2weeks.

Astrid