___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Sunday, April 19, 2009

REVIEW SAHAM: HOT TOPIC

Tadi siang udaranya di Belfast enak sekali sudah 15 C sunny and warm, so kami nge-gym dan makan es krim morelli, italiano gelati. Suasana seperti ini mengingatkan saya pada sebuah saham, HOTT. Udara yang HOT, pakai baju yang Nampak HOT, semuanya HOT jadi perlu to cool off dengan ice cream. Dari Belfast kita akan membahas saham HOTT. Ini mungkin merupakan ulasan posisi short terakhir untuk beberapa bulan mendatang. Sebab kami cenderung untuk bersilat dengan jurus lembu sekilan atau banteng mengamuk dari pada cakar beruang.

Walaupun keadaan sales di sektor retail dalam beberapa minggu ini dibuktikan oleh rally nya saham-saham retail, menunjukkan optimsme, tetapi optimisme ini kemungkinan hanya sekedar optimisme tanpa realita. Perkiraan di sektor retail masih menunjukan kepesimisannya di tahun 2009, keadaan ini setidaknya akan berlanjut sampai kuartal ke 4 (lihat chart 1 yang di ambil dari link). Mantra yang diadopsi oleh konsumen Amerika tahun 2009: tidak belanja kalau tidak perlu apakah itu mobil, barang-barang elektronik rumah tangga atau furniture. Bulan Januari dan Februari retail sales diawali dengan sedikit kenaikan dan dilanjutkan bulan berikutnya dengan turun sebanyak 1.1% [link]. Penjualan mobil, barang-barang rumah tangga dan furniture mengalami penurunan drastis. Konsumen cenderung menjauhi barang-barang ‘mewah’ dan membeli barang bila membutuhkan. Belanja konsumen berkontribusi pada 70% dari total aktifitas ekonomi US. Bagi pengecer menurunnya belanja konsumen berarti penurunan sales dan mendorong untuk menurunkan harga barang.


Chart 1 (klik Chart untuk memperbesar)

Penurunan belanja konsumen dikarenakan meningginya angka pengangguran, saat ini 8.5% (ini angka resmi yang terus meningkat, kenyataannya bisa sampai 20%) dan banyak yang cenderung menabungkan uangnya sebagai persediaan kalau kehilangan pekerjaan. Dengan jatuhnya pasar modal membuat masyarakat merasa lebih miskin, walaupun minggu-minggu terakhir ini kita lihat rally di pasar modal, kenyataannya DOW index masih 40% dibawah level tahun lalu.

Saham HOTT – masih hot?
Penurunan penjualan umumnya terjadi pada retailer namun retailer pejual pakaian ABG seperti TJ Maxx dengan discount salenya, naik 2%, Aeropostale (3%), The Buckle (15%) and Hot Topic (7%) [link]. Harus diingat bahwa mengenai pola konsimsi di sektor pakaian remaja. Para orang-tua ABG tidak meng-upgrade konsumsi sandang anak remaja namun belanja karena alasan pertumbuhan fisik ABG.

Artikel EOWI pertengahan Maret 2009 mengupas saham retail, HOTT, kali ini dengan bantuan bola kristal mencoba mengukur derajat ke–hot-annya dalam suasana sales yang relatif ‘cold’.

HOTT mewakili dua retails: Hot Topic and Torrid. Hot Topic menjual sandang yang bertema musik dan sering di gunakan oleh para musisi untuk mengeluarkan produknya. Target konsumennya adalah kalangan muda (12-22 tahun), sejak di bukanya tahun 1989 Hot Topic tumbuh di 683 lokasi seluruh Amerika [link]. Sedangkan Torrid menjual sandang berupa baju dalam, sepatu dan asesories untuk wanita (15-29 tahun) yang berukuran plus plus. Torrid berdiri tahun 2001 dan tumbuh di 158 lokasi. Bisnis HOTT terbaru 2008 adalah ShockHound menjual produk Hot Topic online dan download MP3 musik.

Melihat sejarah, same-store sales* mengalami penurunan 2.4% dari Nopember 2006 sampai Nopember 2008. (*Same-store sales adalah istilah bisnis untuk menunjukan besarnya revenue dari penjualan retail pada interval waktu tertentu, misalnya revenue bulan x tahun ini dibanding bulan x tahun sebelumnya [link]. Same-store sales secara konsisten menurun dari 2004-2007 dari 3 ke 6%. Puncak kejayaannya pada 1999 dengan pertumbuhan 23%. Akhir tahun 2008 pendapatan Hot Topic menjadi menarik karena mendapat ijin/license untuk menggunakan tema Twilight (film romantik fantasi antara seorang gadis dan drakula, dirilis akhir Nopember 2008). Penjualan produk bertema Twilight meningkatkan pendapatan HOTT yang menunjukan pertumbuhan positif.

Dengan kenaikan sales 7.1% di bulan Maret perusahaan ini projeksikan pendapatannya sebanyak 54 cent per saham pada tahun ini dan 61 cent untuk tahun berikutnya. Angka ini kelihatannya sah sah saja namun harga saham saat ini lebih sedikit dari $11 atau 21 kali dari estimasi pendapatan. Investor pantasnya berhati-hati dengan kelipatan ini, saham akan mudah terpukul [link]. Dari kacamata EOWI, HOTT mempunyai kinerja bisnis yang rata-rata ke bawah, kurang pantas untuk bertransaksi pada angka yang diprojeksikan. Fund manager mungkin akan memilih berinvestasi dengan saham yang lebih murah dan bijaksana kalau melepas saham HOTT.

Chart 2 menunjukan trend saham HOTT selama periode 3 tahun. Awal tahun 2009 harga saham rata-rata diatas kurva moving average MA (50 dan 200 hari). Artikel lalu menggambarkan terjadinya topping di awal Maret yang ternyata palsu. Dan dilanjutkan dengan bullish trend sampai saat ini, harga saham menembus level tertinggi tahun lalu. Rally selama 1 bulan terakhir ini lebih banyak karena short squeeze dan bersimpati dengan pasar secara umum. Kondisi saham HOTT saat ini sudah sangat overbought dan rentan terhadap koreksi. Dengan 7 bulan rally, posisi HOTT sudah sangat jauh dari 200DMA nya. Dengan keadaan sales yang pesimis kemungkinan saja saham akan mengalami koreksi sewaktu-waktu, bersama dengan koreksi di bursa saham secara umum. Itu yang akan kita kejar.

Mungkin artikel tentang HOTT ini bisa menginspirasi pembaca:

Hot Topic Continues To Cook (HOTT, AFN, AEO)
The first concern revolves around its strong performance. The fact that it's coming in north of earnings estimates and turning in fabulous comp store sales numbers is great. Still, we have come to a point where many investors are now anticipating better-than-expected performances. If the company fails to live up to lofty expectations that are out there, the stock could get pummeled.

Also, the company is expected to earn 54 cents per share in the current year, and 61 cents a share next year. That's a decent expected growth rate. But remember that the stock trades north of $11, or at about 20.7 times the current-year estimate. If anything goes wrong, investors may start to pay more attention to this multiple and the stock could take a considerable hit.

Finally, because other retailers are struggling so much, we are likely to see a lot of spring and summer sales and that potentially could draw foot traffic away.




Chart 2 (klik Chart untuk memperbesar)

Menurut EOWI keadaan saham HOTT yang tidak ‘hot’ dalam keadaan sales yang ‘cold’, bukanlah kesempatan yang ‘cold’ buat para investor dan trader. Seperti bahasan lalu para spekulator bisa memanfaatkan koreksi dengan mengambil option put $10 Agustus (UHOTB) atau PUT $12.5 Agustus (UHOTV). Harga saat ini $1.35 - $1.50 per kontrak untuk UHOTB dan $2.2 untuk UHOTV. Kalau saham turun di bawah $5 sebelum Agustus nanti, maka nilai interinsik UHOTB adalah $5, berarti profit sebanyak 230% (betapa hot nya......). Perlu diingat bahwa EOWI tidak menanggung resiko segala actions para spekulator.

April 19, 2009, dari Belfast, kami sedang menikmati indahnya bunga daffodil dan cherry blossoms.


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

8 comments:

kiki said...

April 19, 2003, dari Belfast
salah tahun mr IS...
btw bung IS kerjanya apa? apakah anda murni seorang trader?

Imam Semar said...

Wow Kiki,
Saya baru kembali dari time travel..... :D,

We are traders and investors, whatever suit us, depend on time and conditions.

kiki said...

bung IS apa sy bole tanya keakuratan forecast.org?
trus sy turut berduka atas kasus bank2 di indonesia kmrn sy liat di TV ada ibu2 marah2 krn duitnya gak isa dicairkan >.<
semoga makin hari makin banyak org yg melek thd sistem moneter shg mrk dapat berhati2

imam semar said...

@Kiki,

Kalau datanya sih... dari BLS. Kalau forecastnya sama seperti forecast lainnya, ada keterbatasannya. Apa lagi di inflection area.

Ttg ibu-ibu atau pensiunan-pensiunan yang uangnya amblas, ada baiknya anda memperingatkan dan mengajarkan tentang resiko-resiko selama masa krisis, yang kami di EOWI pikir baru akan berakhir sekitar tahun 2012.

michael said...

pak IS,

apakah malam ini RJF akan terjun bebas?? koq earning nya lom keluar yah padahal harusnya kmrn after market?

thanks pak

Imam Semar said...

Kelihatannya diundur sampai 20 May 09.

http://finance.yahoo.com/q/ce?s=HOTT

Imam Semar said...

Sorry Mike,

Itu untuk HOTT. Untuk RJF earningnya jatuh 90% (tinggal 10% saja). Ini beritanya:

http://tampabay.bizjournals.com/tampabay/stories/2009/04/20/daily46.html?ana=yfcpc

Anonymous said...

@Mikey

sering play the same share/options and individual gains berlainan saya kira entry and exit very significant.

good luck! I like to see your Halo, Beyonce!

Astrid