___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Sunday, May 17, 2009

SUCKER RALLY II (MARKET UPDATES MAY 17, 2009)

MENGENAL AWAL BULL MARKET
Minggu lalu kita membahas sucker’s rally. Dan kali ini kita melihat kasus yang berkaitan dengan akhir bear market.

Bear market biasanya tidak berhenti dengan mendadak. Sudah menjadi watak spekulator untuk mencoba mendahului ekonomi. Mereka masuk dan memborong saham karena berharap ekonomi akan membaik dan bangkit. Kunci kata berharap, sama seperti beberapa pemberi komentar di artikel “Poligami Menurut Quran”, mereka berharap bahwa manusia sama sekali berbeda dengan hewan sehingga perlu diperlakukan berbeda. Berharap tidak harus sama dengan kenyataan. Pengharapan bahwa ekonomi akan membaik ini membuat pasar akan rally yang disebut sucker rally. Rally-rally ini bisa sangat menyakinkan karena kuat sekali dan bisa mencapai 30%-50%. Dan banyak pengikutnya. Tetapi kalau kemudian ternyata yang diharapkan tidak terwujud, maka investor kecewa dan buru-buru dan berlomba-lomba membuang sahamnya. Sebagian lagi masih tidak percaya apa yang terjadi, terus menunggu sambil melihat portfolionya tergerus dan akhirnya tidak tahan. Dan dia ikut melepas sahamnya. Saham semakin turun, bear market berlanjut.

Di Ekonomi Orang Waras dan Investasi (EOWI), kita harus membedakan antara harapan dan kenyataan. Di situs tetangga (http://www.marketoracle.co.uk/Article10481.html) ada penjelasan mengenai tanda-tanda awal dari bull market. Kalau pembaca ingin tahu lebih dalam, silahkan membacanya. Kami hanya akan menunjukkan 2 kasus dari banyak yang pernah terjadi.

Optimisme yang memicu rally dan kekecewaan ketika harapan tidak terwujud berlangsung silih berganti. Ini berlangsung berulang-ulang, penurunan saham diselingi dengan sucker rally. Menjelang akhir resesi/depresi, antara sucker rally dan koreksi menjadi agak rapat, karena antara berita yang membuat kekecewaan dan yang membuat harapan semakin berimbang. Sehingga memungkinkan terjadinya ‘bottom’ yang ditandai dengan mendatarnya 200 DMA selama beberapa bulan. Proses ‘bottoming' bisa berlangsung beberapa bulan atau bahkan tahun.

Dalam kasus depressi 1930, bursa Dow mengalami proses ‘bottoming’ selama 1 tahun (lihat Chart-1). Dalam kasus bear market tahun 70an, ‘bottoming' terjadi selama 10 tahun. Dan pada masa Enron Accounting Engineering bear market, ‘bottoming’ terjadi selama 3 – 4 bulan (Chart-2).


Chart 1 (Klik Chart untuk memperbesar)



Chart 2 (Klik Chart untuk memperbesar)

Kita tutup dulu pembicaraan mengenai sucker's rally dan awal dari bull market. Sejak awal EOWI tidak percaya bahwa rally saat ini adalah awal dari bull market. EOWI lebih percaya pada tesis ‘kiss the 200 DMA’ saja. Tetapi kami juga harus ingat bahwa pasar tidak didekte oleh kehendak EOWI. Apa yang kita lakukan di EOWI sekedar studi kasus. Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen, melainkan studi kasus. Antara satu kasus dengan kasus lain tidak sama, hanya mirip saja. Oleh sebab itu kehati-hatian tetap diperlukan.


MENGUKUR KEKUATAN BEAR vs BULL
Pasar mengalami koreksi selama minggu ini. Statistik mengatakan bahwa pada minggu dimana option habis masa berlakunya, pasar cenderung melawan dengan trend utamanya. Kalau selama 2 bulan ini pasar punya tren bullish, maka selama minggu berakhirnya masa berlakunya option, trennya bearish. Kalau asumsi kita demikian maka minggu-mingu kedepan kita akan mengharapkan bahwa rally akan berlanjut.

Kita lihat bagaimana survey pasar. Survey AAII mengatakan bahwa investasi oleh investor ritel hampir tidak berubah dari posisi minggu lalu, 44% bull dan 35% bear. Sedang Investors Intelligence ChartCraft’s survey menunjukkan 41% bull and 33.7% bear. Juga tidak banyak berubah dari minggu lalu. Pemain ritel untuk option pada hari senen lalu sampai Kamis membeli call option dua kali lebih banyak dari put. Ini membuat indeks ISE naik ke level 180. Level ini adalah level puncaknya pasar, market tops (Chart-3). Paling tidak selama bear market ini level 180 bisa dianggap sebagai top. Bisa saja kriteria ini berubah kalau saat ini pasar sudah memasuki periode bull market.



Chart 3 (Klik Chart untuk memperbesar)

Data intelegen dari EOWI menunjukkan bahwa jumlah investor institusi bear semakin banyak dan investor institusi bull semakin berkurang. Tetapi, secara umum masih bisa dikatakan bahwa investor institusi masih bertindak sebagai net-buyer. Kalau tren ini berlangsung terus, maka minggu depan investor institusi bisa menjadi net-seller. Tetapi, untuk sementara ini, kita masih menunggu sampai investor institusi menjadi net seller. Secara bertahap strategi EOWI masuk sebagai shorter. Jika investor institusi sudah menjadi net seller, strategi di EOWI menjadi short seller penuh.


VIX DIPERSIMPANGAN JALAN
Salah satu sebab EOWI mempertimbangkan untuk menggunakan leveraged ETF (ultra short atau ultra long, atau bear 3X atau bull 3X fund). Ini disebabkan karena premi volatilitas dari option tergerus seiring dengan menurunnya volatilitas. Indeks VIX sejak bulan Oktober 2008, mengalami penurunan (Chart-4). Tetapi saat ini, setelah 6 bulan, nampaknya VIX membentur support, yang kemungkinannya kuat, paling tidak lebih kuat dari kemampuan penurunan VIX. Alasan kami ialah, setelah 6 bulan masa bear bagi VIX, adalah wajar jika membuat asumsi bahwa perlu adanya koreksi terhadap tren yang sudah berlangsung selama 6 bulan itu. Beberapa indikator juga sudah menyatakan bahwa VIX sudah oversold dan siap naik lagi (lihat Chart-4).

Jika asumsi ini benar bahwa VIX akan naik maka harga option bisa dikatakan murah. Murah dalam arti bahwa ada pengharapan kenaikan premi untuk volatilitas. Itulah sebabnya minggu ini saya berpikir untuk memainkan option lagi (put). Tentu saja dengan bertahap dan put option. Sebelum VIX keluar dari pola konsolidasi segi tiganya, maka masih belum ada konfirmasi. Asumsi kita bahwa VIX akan menembus ke atas. Dan jika VIX menembus ke atas, selalu diassosiasikan dengan koreksi bursa saham – bear kembali berkuasa. Kita tunggu saja pada minggu-minggu mendatang.


Chart 4 (Klik Chart untuk memperbesar)

PARADE CHART

(Klik Chart untuk memperbesar)


(Klik Chart untuk memperbesar)



(Klik Chart untuk memperbesar)


(Klik Chart untuk memperbesar)

Sekian market Update untuk minggu ini. Jaga kesehatan, tabungan dan investasi anda baik-baik.

Jakarta 17 May 2009


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

31 comments:

Anonymous said...

Pak IS,

Melihat chart OIH yang bapak tampilkan..apakah konsolidasi sudah kokoh dan siap meroket atau kiss DMA 200 and terjun??

Mohon petunjuk pak..thanks

Michael

Anonymous said...

terkadang optimisme juga dapat mengubah kenyataan lho

imam semar said...

Kalau anda melihat kembali artikel EOWI tentang oil contango, maka kesimpulannya bahwa oil akan jatuh.

Saya sedang menghitung berapa kapasitas tanker yang ada dan sampai kapan penuh. Dengan kelebihan produksi 2 juta bbl/hari, kita tinggal mengunggu waktu kapan semua tanker terisi penuh.

Saya akan pasang posisi short pada saatnya.

Imam Semar said...

Ada yang ngiler untuk main di call option FAZ atau put option FAS. Mana ya g lebih menguntungkan yah?

Banking analyst Meredith Whitney minggu lalu mengatakan bahwa saham bank sangat over value. Ini bisa memicu sell off.

Kalau saya lihat put FAS lebih bagus dari call FAZ. Walaupun saya sudah punya call faz $5 jan. Mungkin mau masuk put fas.

Ada yg mau komentar??

Anonymous said...

yosep,
to IS

bukan berharap,tp berpikir dan bertingkah berbeda dengan hewan

saya rasa anda termasuk waras dalam hal ekonomi,yg tidak hanya mengikuti euphoria dan emosi semata,tp melalui perhitungan yang dirasa tepat,dan sikap itulah yg menunjukan kemanusiaan anda

untuk ekonomi,saya setuju dengan anda

menurut saya
euphoria dan obat penenang tampaknya mulai kehilangan efek
saya pikir DJIA bisa balik lagi ke 6000 - 7000

Rev said...

kenapa hari ini IHSG malah meroket ya? :D
aneh memang market kita ini.

Anonymous said...

yosep,

to rev

mungkin karena uang dari luar negeri yang masuk ke bursa kayanya

karena pasar Indonesia yg menjanjikan atau karena pasar Luar negeri yang hancur?

Finance 101 said...

pak is,

sepertinya yang terjadi adalah dow tembus 10,000

anda terlalu pesimis, sudah jelas market rally kenapa harus menunggu jatuh ? lebih baik menikmati kenaikannya, trend jangan dilawan

imam semar said...

@Finance 101

Saya tidak melawan arus. Menurut catatan data saya investor institusi kemarin sudah mendekati net seller. Malam ini mungkin sebagai net buyer. Pada saat mereka menjadi net seller, saya akan mulai full bear. Tetapi belum sekarang. Ini trading.

Sebetulnya sektor real estate lebih punya potensi untuk di short.

Finance 101 said...

sektor real estate hanya karena masalah fannie mae ?

saya pikir mereka tidak sebodoh itu untuk langsung mempailitkan fannie mae

selain itu korelasinya saat ini adalah apa pun beritanya, bursa tetap naik, coba lihat bursa indonesia, naiknya luar biasa

demikian juga dengan penguatan rupiah yang sampai di kisaran 10,400

apakah anda menyiratkan bahwa dalam waktu dekat rupiah akan jebol diatas 13,000 dan ihsg akan jatuh dibawah 1,000 dengan asumsi bila dow jatuh akan diikuti efek domino bursa bursa lainnya ?

Imam Semar said...

@Finance 101,

Sektor real-estate commercial sekarang menghadapi kesulitan pendanaan. Itu yang menjadi dasar sikap bearish saya. Itu saya jelaskan pada artikel Sucker Rally I bagian FUNDAMENTAL REAL-ESTATE KOMERSIAL.

Tentang Rp turun lagi, saat ini adalah counter rally, yang bisa mengecoh orang. Itu opini saya. Karena ekonomi Indonesia masih berbasis eksport. Tanpa pemasukkan dollar (dari eksport), kita akan mengalami kesulitan mempertahankan Rp, karena hutang komersial Indo banyak yang dalam bentuk $.

imam semar said...

By the way....,

tadi malam walaupun Dow naik 2% lebih, tetapi volumenya tidak seimbang dengan kenaikkan yang begitu tinggi. Ini masih sejalan data saya yang menunjukkan bahwa investor institusi berangsur-angsur pindah ke kubu bear. Sore nanti saya lihat lagi, data investor institusi ini... apa masih sama trend nya.

kiki said...

utk minggu ini bursa AS masih naik... smp berapa jauh naiknya kita lihat saja tp ini sdh overbought... silakan spekulasi buy dgn tight stop klo berani but if want to sell tgg konfirmasi yg pasti baru lakukan sell

Anonymous said...

salut utk bung IS ... banyak belajar dr anda.

kita hrs prepare the worst ... mungkin minggu depan.

@rev, normal kok ihsg rebound skrg. kebetulan sdh sy tulis dr akhir minggu lalu di KSC. prediksi bakal editansil ;)

ps/ msh neubie, tolong dikoreksi bila salah
jbbaru

Anonymous said...

Sayangnya mas IS ini ga mengamati/bukan pemain di BEI....krn mungkin teori2nya tidak cocok diterapkan di market indonesia.


Bahkan BUMI aja ditawar murah sekali oleh mas IS.

http://ekonomiorangwarasdaninvestasi.blogspot.com/2008/10/topik-kali-ini-pengantar-market-update.html

imam semar berkata

"BUMI, yaitu ke bumi. Rp 100 pun saya akan berpikir dua kali "

BUMI, yaitu ke bumi. Rp 100 pun saya akan berpikir dua kali "

BUMI, yaitu ke bumi. Rp 100 pun saya akan berpikir dua kali "

Tetapi ternyata sekarang sudah terbang ke 2000 an.

Finance said...

Bos, kayanya Dow jones udah doble top tuh, siap buat ngeshort bos....

imam semar said...

Finance,

secara teknikal, sektor financial dan REIT sudah terbentuk tren turun. Tetapi baru lower high, dan belum lower low. Saya baru akan full steam kalau investor institusi sudah net seller. Itu baru digebuk habis-habisan. Karena pengalaman yang lalu, kalau mau mendahului investor institusi, sering kena false signal dan harus cut loss.

Sabar sedikit. Mungkin jumat ini konfirmasinya.

kiki said...

iya bener sing sabar... konfirmasi down belun keliatan baru tanda2nya saja klu dah psti baru in...
btw bung IS bole tau situs buat liat investor institusi...

Anonymous said...

hari ini emas naik, dollar turun tajam

mas is seingat saya pernah bilang indeks us dollar bisa naik, pertanyaannya bagaimana dollar terhadap rupiah

rupiah bisa kah ke atas 11,000 atau malah akan menuju angka 9,000 ?

Finance said...

Setuju bos, sayang peluru ane udah abis, yah akhirnya cuma ngeliatin doang, tinggal nunggu ntar mlm kayanya,
good luck bos....

Anonymous said...

posh boy
@Anonymous

menurut saya $ berpotensi naik kalau krisis berlanjut,$ dianggap currency yg paling aman di dunia sekarang,kecuali standar reserved currency bukan $ lagi

kayaknya emas bisa capai 1000 lagi deh kali ini
dow juga udh masuk ke tren bear kayaknya

halim said...

kalau begitu, besok pagi pagi kita short abis ihsg dan borong dollar

semoga ihsg bisa dibawah 1000 lagi dan dollar diatas 15,000

mas IS ditunggu komentar dan penjelasannya...thanks

kiki said...

sabar....mrkt minggu ini akan ditutup dgn kebingungan di pasar... konfirmasi pstinya selasa minggu depan bisa UP BIG or DOWN BIG ^^ mohon petunjuk...

imam semar said...

So far so good. Bear semakin kuat. Tetapi tunggu sampai Dow menembus support 8200 dengan menyakinkan,- volume cukup.

imam semar said...

Quote:
BUMI, yaitu ke bumi. Rp 100 pun saya akan berpikir dua kali "

BUMI, yaitu ke bumi. Rp 100 pun saya akan berpikir dua kali "

Tetapi ternyata sekarang sudah terbang ke 2000
,

BEJ banyak bandarnya. PTRA pun bisa naik 500%. FISK naik 200%-300% sebelum dipailitkan.

Saya tidak bilang bahwa BUMI akan pailit, tetapi di BEJ fundamental tidak main. Kalau anda masuk di BUMI $ 2- 5 milyar. Saya jamin BUMI akan mandeg jadi saham batu atau malah turun sampai anda cut loss.

imam semar said...

Koreksi: Rp 2 - 5 milyar

imam semar said...

HOTT jatuh di level $7.5....,

Yang ambil option put reco EOWI, sudah coan 100%..... :D.

Saya pikir masih bisa jatuh sampai $5.

Masih ada selera ambil SRS?

Saya spukulasi yang agak berani di call optionnya atau put URE

kiki said...

WOW konsfirmasi down dah keliatan but still next week for sure... happy long week end...

Anonymous said...

sori nih, out of topic banget.. ini ada artikel tentang eko patrio, siapa tahu bisa jadi inspirasi Pak IS utk menulis artikel republik sinetron yang berikut. hihi.. :)

http://www.kapanlagi.com/h/eko-patrio-jadi-wakil-rakyat-adalah-pekerjaan-sampingan.html

halim said...

gila, dollar turun terus, parah bgt, tapi dow nya tetap kuat blom tembus 8000

Anonymous said...

Pak IS,

Apakah trading minus di DOW tadi malam sudah konfirmasi downtrend atau masih perlu menunggu minggu depan lagi?

thanks..
michael