___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Sunday, March 15, 2009

Update XLF, Dollar dan Emas

Sekedar Update posisi long XLF. Mungkin dalam waktu 1-2 hari lagi XLF akan membentur resistance berikutnya. Dan 90% change tidak akan berhasil menembusnya.



(Klik Chart untuk memperbesar)

Support emas di $900 menunjukkan kekuatannya. Kami pikir level $900 dan sekitarnya akan ditest kembali dan emas punya peluang rally ke arah $1000. Demikian juga dengan perak, punya peluang rally. GLD call option jangka pendek mungkin bagus untuk dimainkan.

(Klik Chart untuk memperbesar)


(Klik Chart untuk memperbesar)

Di pihak lain US$ rally kelihatannya sudah kehabisan bensin. Antara US$ dan emas sering berlawanan arah. Jadi pelemahan US$ memperkuat peluang penguatan emas dan perak.


(Klik Chart untuk memperbesar)

MCD.., Bull dengan sisa-sisa tenaganya...... akan berakhir terjerembab. Put $52.5 April, mungkin bagus untuk dimainkan. Jangan pegang lebih dari 2 minggu, karena premium waktunya akan cepat tergerus. Ini permainan jangka pendek, dan beresiko hangus.




Sampai nanti.......



Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

19 comments:

michael said...

Dear Pak IS,

Sehubungan dengan gejala topping yang di sebutkan untuk posisi long, apakah sudah saatnya keluar dari semua posisi long pak? soalnya saya mempunyai posisi long untuk stock PQ 2 dolar dan NBR 9 dolar (cukup bottom harganya).

Apa triggernya untuk cabut dari posisi long malam ini soalnya saya belum cabut kemarin malam karena sampai jam 10.30 market masih bullish hehe..

Btw pak IS uda lepas semua posisi long kah? thanks again pak IS

Imam Semar said...

Posisi long masih belum dilepas semua. Yang sudah untung 100% dilepas 50%, modalnya diambil.

PQ juga saya mau lepas 50% karena sudah untung 100%. Selebihnya masih lihat-lihat sampai tgl 20 Maret, pada saat option expire date. Mungkin dari sekarang sampai saat itu, secara bertahap akan saya lepas posisi long, dan masuk ke posisi short. MCD kelihatannya bisa dishort.

Secara umum tadi malam ada pembalikan arah. Inverted hammer dengan ekor yang panjang dan volume yang besar, artinya seller mulai dominan. Seller yang riding the rally, berdasarkan pola trading sudah mulai jualan. Yang kita tidak tahu adalah sampai kapan seller kehabisan barang dan digantikan short-covering buy.

michael said...

dear pak IS,

bukanny kalau short covering buy, market akan bullish?

Imam Semar said...

Yang kita tidak tahu adalah sampai kapan seller kehabisan barang dan digantikan short-covering buy.

Pada saat ini market cenderung berimbang antara seller - buyer. Tetapi lebih cenderung ke arah seller. Sehingga 60% chance cenderung turun. - Topping short term ditandai dengan shooting star doji.

Unknown said...

Pak IS,


dalam tulisan bapak, disebutkan gold akan menuju ke 850, sementara di tulisan ini menunjukkan support di 900, apakah support kuatnya di 900 atau support kuatnya di 850?
Kalo liat chart kayaknya kemungkinan ke 850 ada, tapi kalo liat kondisi real/ fundamental kok kayaknya ga mungkin ya ke 850, ke 900 udah cukup baik de.
Gimana menurut bapak?

Unknown said...

Pak IS,

berdasar tulisan bapak terdahulu emas akan menuju 850 dalam periode maret agustus, sementara dalam tulisan ini bapak sampaikan support di 900.
kalo melihat chart sih ada kemungkinan menuju 850, tapi kalo lihat kondisi real dimana orang2 mulai memburu emas, kok kayaknya kecil kemungkinan menuju 850, menyentuh 900 aja udah bagus.
bagaimana menurut bapak?

michael said...

Dear Pak IS,

saya kemaren pagi pas sebelum penutupan sudah kurangi 1/2 dari kapasitas long saya..

Untuk masuk short hari ini yang rekomen options apa ya pak?
HOTT saya sudah masuk tp floating loss karena bullish kmrn hehhee =p

thanks a lot pak..

Imam Semar said...

@Andi,

Support terdekat saat ini di sekitar 900. Kalau $900 bisa ditembus maka berikutnya di 850 yang cukup kuat.

Imam Semar said...

Tambahan short-term short MDC. MCD bull kemarin melawan dengan sisa tenaganya, oleh sebab itu akan babak belur di minggu depan. Saya mau beli Put $50 April. Saat diharga 1.65 per kontrak.

Jangan pegang lama-lama 1-2 minggu saja dan lepas, tanpa perduli untung atau rugi. Exipry datenya sangat pendek. Jadi premium waktunya cepat ter-erosi.

Jangan banyak-banyak karena posisi ini sangat spekulatif. Bisa hangus semua!!!

Imam Semar said...

Ralat Put $52.5 April di harga 1.65.....

michael said...

pak IS,

sudah masuk short MCD and HOTT, yang lain apa lagi pak rekomen untuk short hari ini yah? thanks pak..

michael said...

pak IS,

hari ini kah the d-day dimana short squeeze berakhir dan di mulai dengan beruang kutub hehehhe

Imam Semar said...

@ Michael,

Itu yang saya harapkan. Tetapi untuk McD, saya agak kuatir apakah McD bisa mencapai target saya $48 dalam waktu 3 minggu ke depan. Kalau tidak yakin akan diroll-over atau ditukar dgn yang expiry datenya lebih lama atau dengan PUT $55 (in the money).

Kita lihat saja.

Emas rally galak bener. Yang punya short-term call option pasti sudah untung. EOWI punya GLD call $90 April yang sudah untung 100%.

Semoga anda sekalian beruntung.

michael said...

sep deh pak IS cuan terus heheh

saya masuk MCD yang Juni pak PUT 52,5.

Sayang sekali GLD saya tdk sempat masuk..

Untuk short UBS, PNC dan HOTT masih di portfolio ga pak?

Kalau malam ini masuk di UBS n PNC apakah ms feasible pak?

Thanks..

Imam Semar said...

@Michael

Saya sudah masuk di PUT PNC (Jun) dan HOTT (May dan Aug). Pelan-pelan masuknya.

PNC & UBS kena multiple resistance. Sulit naik.

Jadi kalo mau ambil PUT agak aman.

Lucas said...

@ michael.... boss org bandung ya?
pak IS ternyata maen opt to... kirain maen spot saham2 lokal hoho

Imam Semar said...

-McD anjlok, short kembali pada posisi untung....
-PNC short sudah untung besar....
-HOTT short mulai menunjukkan hasil
-GLD long mau ambil untung sebagian

Sudah gatal mau ambil short di sektor minyak (NOV). Contango di pasar minyak akan membuat minyak sewaktu-waktu jatuh. Tinggal tunggu waktunya untuk menarik trigger. Minggu depan?

michael said...

Pak IS,

Mantap ni posisi short uda pada mulai panen hehe..

Tinggal UBS ni yang belum panen..ama si HOTT yang tidak HOT lagi =D

PQ, APL, ASTE, NBR masih ada posisi ga pak IS?

Ditunggu artikel2 segar dan piawai pak IS minggu ini hehe

@kiki

orang Jakarte pak, pak Kiki orang Bandung kah?

Imam Semar said...

@Michael
Semua posisi long EOWI sudah diliquidasi kecuali Call April GLD. Saya akan mempertimbangkan untuk roll-over atau liquidasi.

Tambahan potensi posisi short adalah SU (Suncor oil). Punya potensi jatuh ke $17. Harapan saya ada 'unwinding oil contango'. Kami akan jelaskan besok....., kalau sempat.