___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Sunday, March 15, 2009

SHORT SQUEEZE RALLY MARET 2009

Kami ucapkan selamat datang di blog Ekonomi Orang Waras dan Investasi (EOWI) ini kepada para juara, manusia-manusia yang terbaik, survivors. Majoritas dari pembaca EOWI tepatnya 82% adalah orang-orang yang dalam kariernya di atas rata-rata. Itu berdasarkan survey EOWI. Dalam menjawab pertanyaan: “Dimana posisi anda dalam hal kerier dibandingkan dengan kolega anda?”. Beginilah jawabnya.

Terbaik - the BEST: 24%
Lumayan di atas rata-rata: 39%
Sedikit di atas rata-rata: 19%
Rata-rata: 6%
Sedikit di bawah rata-rata: 4%
Selalu jadi pecundang: 7%

EOWI berharap dengan tulus pembaca yang 17% - pecundang dan mediocre, bisa meningkatkan intelektualnya dengan menjadi pelanggan EOWI dan menjadi manusia di atas rata-rata. Bagi yang sudah pada posisi di atas rata-rata, EOWI menasehatkan bahwa jangan sombong dan takabur. Karena kesombongan dan takabur adalah pintu menuju kegagalan.

Pasar modal mengalami rally. Indeks Dow rally +11% hanya dalam waktu 4 trading days. Dua saham dan option yang direkomendasikan EOWI, yaitu PQ dan call option dari XLF sudah untung di atas 100%. Tetapi kami ingatkan bahwa jangan sombong dan kehilangan kewaspadaan. Walaupun TV CNBC atau TV Bloomberg mengatakan bahwa bear market sudah selesai, titik nadir sudah tercapai, tetapi EOWI berpendapat bahwa bear market belum selesai. Biasanya big mama bear market akan selesai pada saat price earning ratio Dow dan S&P 500 mencapai 5 – 7. Saat ini masih sekitar 12 - 16. Earning perusahaan masih turun, pengangguran masih meningkat. Apakah ekonomi akan membaik? Pada artikel sebelumnya, diceritakan bahwa ekonomi US menciut -6.2%, Jepang ekonomi -12.7%. Eropa terancam kasus subprime dengan besaran 5 kali dari subprime di US. Jepang terancam bangkrut (ini cerita yang menarik untuk minggu depan). Apakah sebagai orang-orang waras percaya bahwa kekisruhan ekonomi hanya berlangsung 2 tahun? Oleh sebab itu rally kali ini sifatnya hanya sementara. Apakah hanya beberapa minggu saja, atau sampai beberapa bulan?

Kalau dilihat dari pola trading sebelum rally, maka pola trading pada bulan Januari – Maret 2009 ini belum ada apa-apanya dibanding dengan ‘sell-off’ pada bulan November 2008 (Lihat Chart-1). Sell-off yang menghasilkan ‘low’ di bulan November 2008 hanya menghasilkan rebound selama 1.5 bulan dan gain 22%. Kami memperkirakan rally ini paling banter seukuran dengan rally November – Desember 2008. Lebih besar probabilitynya adalah rally yang lebih singkat. Alasannya bahwa menjelang rally, atmosfir ‘fear’ dan putus asa yang ditandai oleh volatility (index VIX) tidak setinggi pada periode menjelang titik nadir bulan November 2008 (Chart-2).


Chart 1 (klik Chart untuk memperbesar)


Chart 2 (klik Chart untuk memperbesar)

Kemungkinan besar indeks Dow akan mencoba menembus level 7780 dan 8100. Level 7780 adalah resistance yang kuat. Di samping sebagai resistance Fibonacci 50%, level tersebut juga 50 day moving average.

Mengetahui target-target ini sebenarnya tidak banyak gunanya (tetapi ada). Mempunyai cara bermain yang manis semasa rally dan sell-off jauh lebih baik. Ada ungkapan: ‘Bears make money, bulls make profit, pigs get slaughtered’. Jadi jangan jadi pig selama bear market ini. Jadi pemain harus tetap waspada. Tentukan trailing stop, ambil modal pokok ketika telah mencapai 100% profit dan sisanya biarkan berlayar melanjutkan keuntungan yang lebih tinggi. Tetapi ketika rally sudah kehabisan tenaga, cepat-cepat keluar.

Untuk sektor perbankan US, rally biasanya tidak lebih dari 2 minggu berturut-turut. Bahkan seringnya hanya 1.5 minggu. Setelah itu lesu, tidak kuat menanjak (Chart-3). Tetapi angka 1.5 mnggu ini bukan angka yang mutlak. Jadi untuk amannya sebagian call option XLF yang kita punyai diselamatkan dulu. Bermainlah yang cantik.

Chart-3(klik Chart untuk memperbesar)

EOWI punya beberapa calon yang dipakai untuk posisi long karena fundamental saham-saham ini bagus. Saham-saham portfolio long EOWI adalah POT, APL, IAG, NOV, PQ, GPOR, ASTE, MCF, NBR, ABB. Pembaca bisa melakukan riset fundamental saham-saham ini.

POT dan NOV punya tempat tersendiri di EOWI, karena nampaknya kedua saham ini sudah pada level bottoming (Chart-4 dan Chart-5). Memainkannya lebih enak.


Chart 4 (klik Chart untuk memperbesar)

Untuk saham natural gas seperti MCF, GPOR, PQ, permainan harus digabungkan dengan sentimen yang masih negatif di sektor gas alam (Chart-6). Artinya kita masih menunggu pembalikan arah dari harga gas alam, kecuali kalau ada hal-hal yang khusus seperti PQ.



Chart 5 (klik Chart untuk memperbesar)


Chart 6 (klik Chart untuk memperbesar)

Sedang untuk short POOL, HOTT, PNC, UBS yang valuasinya jelek. Sebenarnya EOWI ingin melakukan short bank Eropa, tetapi sayangnya option bank-bank seperti DB, CS sangat tidak liquid. Kurang renyah dan resikonya tinggi.

Khusus untuk saham HOTT, sebenarnya sangat tidak hot. Bahkan sebenarnya ‘cold’. Bila investor tahu hal ini, maka mereka akan membuangnya. Tampaknya HOTT sedang mengalami proses topping alias tidak kuat menanjak lagi. EOWI akan mengambil option put $10 untuk bulan Agustus (UHOTB). Jumat lalu harganya $2.65 - $2.70 per kontrak. HOTT bisa rally karena bersimpati dengan saham-saham lain dan harga option put nya turun. Pada saat itulah secara bertahap put option itu diakumulasi. Kalau HOTT turun di bawah $5 sebelumbulan Agustus nanti, maka nilai interinsik UHOTB adalah $5, berarti keuntungan hampir 100%.



Chart 7 (klik Chart untuk memperbesar)


CATATAN TENTANG PQ
Seperti janji kami minggu lalu, bahwa kami akan menurunkan cerita tentang PetroQuest (PQ) dan alasan kenapa kami menyukai saham ini untuk dimainkan selama rally. PQmengalami tekanan jual karena adanya presepsi bahwa PQ mempunyai masalah liquiditas dan kemampuan untuk memenuhi kewajiban finansialnya kepada bank. Padahal PQ sampai saat ini masih memenuhi semua kewajibannya kepada bank. Dan walaupun dengan harga gas alam yang rendah sekalipun selama tahun 2009, PQ masih akan bisa memenuhi kewajibannya kepada bank.

Ukuran untuk menentukan sehat atau tidaknya suatu perusahaan dalam kaitannya dengan kewajibannya terhadap bank adalah EBITDAX (Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, Depletion, Amortization and Exploration Expenses) atau revenue dikurangi expenses. Untuk jumlah hutang yang dimiliki PQ, batasannya adalah 3 sampai 1. Dan posisi PQ saat ini adalah pada EBITDAX kurang lebih 1. Di ambang batas, tetapi tidak terlalu buruk.

Sebenarnya yang paling ditakuti pasar adalah kesediaan pasar uang untuk bisa memberikan kredit kepada PQ pada saat PQ sedang membutuhkan dana. Tetapi ketakutan ini tidak beralasan karena pada bulan Desember 2008 lalu PQ telah mengambil pinjaman sebesar $130 juta dan PQ mempunyai cash $24 juta. Dan selama ini PQ memperoleh cash dari operasi yang cukup bagus.

Sumber EOWI mengatakan bahwa pasar sebenarnya takut akan redetermination dari borrowing base dari PetroQuest’s credit line (entah apa artinya). Tetapi hal ini tidak perlu dikuatirkan karena PQ akan bisa memenuhi semua kewajibannya terhadap krediturnya. Dan ini akan jelas pada saat press release yang akan dikeluarkan PQ.

Sementara itu PQ dihajar habis oleh para short seller sehingga sahamnya jatuh babak belur. Dan yang paling parah terjadi pada tanggal 9 Maret 2009. Pada saat ini EOWI melihat kesempatan untuk masuk di PQ. Short selling berat akan menghasilkan short covering yang besarnya sama.

PQ CFO melakukan presentasi kepada publik pada tanggal 11 Maret 2009. Intinya PQ tidak akan lebih buruk dari pada apa yang telah dilaporkan di 10-K. Dan gas alam PQ juga sudah di-hedge terhadap penurunan harga lebih lanjut. Rebound telah terjadi dan hasilnya adalah keuntungan 100%. EOWI pikir bahwa resiko PQ masih tetap tinggi mengingat harga gas alam masih menurun. Oleh sebab itu EOWI selalu menganjurkan kepada pembacanya untuk punya strategi dalam bermain saham seperti PQ ini.

Sekian dulu, sampai minggu depan dengan cerita mengenai Jepang.

Jakarta 14 Maret 2009

Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

No comments: