___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Sunday, March 29, 2009

PORTFOLIO UPDATE (MINGGU IV MARET 09)

SAHAM MINYAK YANG MULAI BEARISH
Suncor Energy (SU) sudah pada fase bearish (Chart-1). Target di support $17.


Chart 1 – (klik chart untuk memperbesar)

Sektor minyak dan energy baru mulai menunjukkan ke arah bearish. Ini ditunjukkan oleh saham Apache (Chart-2). Saham tanker minyak TDW, sudah nampak toppy dan siap turun.


Chart 2 (klik chart untuk memperbesar)


Chart 3 (klik chart untuk memperbesar)


EMAS DIPESIMPANGAN JALAN
Emas punya peluang 50%-50% untuk naik/turun dalam waktu dekat ini. Walaupun emas (GLD) duduk di atas support kuatnya 20DMA dan bottom trend line nya (Chart-4), tetapi indikator lain nampak tidak bagus. Kalau support ini tembus, maka support berikutnya adalah $850 (GLD = $85).

Saya keluar dengan mengantongi kerugian. Walaupun ada kemungkinan emas akan naik ke $1000, saya lebih baik tidak berbuat salah dari pada takut kehilangan peluang.


Chart 4 (klik chart untuk memperbesar)


SAHAM LAIN
POOL membentur resistancenya, overbought, toppy dan siap turun (Chart- 5).


Chart 5 (klik chart untuk memperbesar)

MCD membentur resistancenya dan membentuk bearish wedge (Chart-6).


Chart 6 (klik chart untuk memperbesar)


PNC nampak toppy dan siap turun (Chart-7). PNC punya trend yang sama dengan saham sektor finansial lainnya.


Chart 7 (klik chart untuk memperbesar)

Chart 7 (klik chart untuk memperbesar)


HOTT nampak hot karena berhasil membuat new-high. Saya akan memberi waktu 1-2 hari lagi untuk cut-loss posisi short disini.

Sekian dulu..., monitor investasi anda baik-baik

Jakarta 29 Maret 209.


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

8 comments:

kiki said...

good job for EOWI...

michael said...

Pak IS,

Malam ini sepertinya DJ akan hijau apakah kemaren sudah confirm bearish untuk double bottom atau cuma trap ya? thanks pak...

Imam Semar said...

@Michael
Dari price action selama 4 hari ini, kenaikan DJIA 100 poin malam ini masih belum menggeser posisi bear, masih bearish.

kiki said...

@michael
market bergerak naik turun dgn range dibawah 4% itu msh wajar...

kiki said...

apakan kamis ini market down? let's see tonight

Imam Semar said...

Masih belum ada perubahan arah. Arahnya masih turun, walaupun 2 hari terakhir naik.

hendri said...

Mas IS,

Saya beli April put option BAC. Future index utk malam ini keliatannya naik. Apakah saya hrs cut loss?

Citigroup bisa dibeli buat short term?

Imam Semar said...

@Hendri,

Saya pribadi kurang suka dengan short maturity option, karena harganya tergerus dengan cepat di-time premium nya. Saya menang sedang bereksperimen dengan short maturity ini. Kelihatannya bagus untuk hedging saja. Misalnya anda punya banyak short position. Kalau anda takut untuk short term angin berbeda arah, maka anda akan membeli short term expiry call sebagai hedging long expiry put.

Saya sedang berexperimen untuk menggunakan short term expiry option untuk spekulasi. Kelihatannya untuk saya tidak cocok.

Market akan men-test resistancenya, kalau tembus..., saya akan liquidasi semua short position. Selama resistancenya belum tembus, arahnya masih berpotensi ke bawah. Put/Call ratio masih in favor bearish.