___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Sunday, March 22, 2009

Peluang Short di Akhir Oil Contango

Singkat saja......, jangan lupa baca disclaimer yah. Kalau main, pakai duit anda sendiri. Saya tidak bertanggung jawab.



Perbedaan antara harga spot dan future minyak pada bulan Februari cukup menyolok (harga future lebih mahal lebih dari $9). Fenomena ini disebut contango. Pada bulan Januari, besarnya contango lebih parah dari bulan Februari. Beda harga antara penghantaran Februari dan November-Desember mencapai $15. Sayangnya saya tidak 2 bulan lalu tidak mengcopy trading record nya sehingga tidak bisa ditunukkan disini.

Contango ini akan menimbulkan insentif untuk menimbun minyak di tanker untuk di jual di future (di kemudian hari). Hal ini dikonfirmasi dengan naiknya harga sewa tanker dicerminkan oleh Baltic Dry Index (BDI). Indeks BDI selama 2-3 bulan ini naik hampir 100%. Jika nantinya kemudian terjadi penyeimbangan, maksudnya harga spot mendekati harga future. Maka hilanglah insentif untuk menimbun.




Apalagi kalau harganya sama. Oleh sebab itu, minyak mentah yang disimpan/dispekulasikan di dalam tanker akan dilepas. Dan..... harga minyak akan jatuh.


Bagaimana dengan chart ini.....? (klik chart untuk memperbesar)



(klik chart untuk memperbesar)

USO ETF, proxy untuk minyak mentah. Paling lama 1.5 bulan overbought. Sekarang masih 3 minggu. Dan untuk oversold mencapai titik nadirnya perlu waktu 1.5 - 2 minggu. Jadi kalau mau ambil put option, harus mempunyai masa berlaku 3 bulan atau lebih.


(klik chart untuk memperbesar)

Suncor Energy (SU) sudah tidak tahan untuk turun. Suncor adalah penghasil oil-sand yang break-even magin nya ada di harga minyak $45. Jadi kalau harga minyak jatuh di bawah $45, maka Suncor pada posisi rugi.

Put option dengan masa berlaku 3 bulan patut dipertimbangkan......., saya tertarik dengan SU June put $25 (.SURE). Harganya saat ini sekitar $3.60 - $3.70, saya pikir entry point yang bagus. Kalau harga SU jatuh di level $17.50 sebelum Jumat ke III bulan Juni 2009, maka nilai interinsik option .SURE itu adalah $7.50, sehingga potensi keuntungan adalah 105%. Tetapi kalau SU di hari itu bertengger di atas $25 maka option .SURE hangus. Itu resiko. Dan...... biasanya secara siklus, menjelang musim panas harga minyak cenderung naik, karena refinery akan membeli minyak untuk memprodusi bensin dan BBM yang akan dipakai untuk 'summery drive'. Itu siklus tahunan. Bagaimana dengan deflasi dan 'unwinding oil contango'? Kita lihat saja, pengaruh mana yang dominan.
Jangan lupa baca disclaimer!!!

Nanti kita lanjutkan dengan posisi long di sektor perak (emasnya orang miskin)........., sering-sering tengok EOWI.

Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

21 comments:

michael said...

pak IS,

spertinya untuk short SU / USO agak tinggi ya risknya pak?

terutama USO karena ada perhitungan futures ny..

Saya long USO pada saat minyak USD 42 sekitar 2 bulan lalu, masih floating loss padahal minyak sudah di USD 52 kemaren jumat hehehe

Imam Semar said...

@Michael,
Risikonya untuk shorting di sektor minyak memang agak tinggi..., tetapi hal ini sudah saya perhitungkan. Yang saya gunakan bukan USO tetapi SU. Tepatnya, option .SURE karena .SURE penurunan akan dibantu oleh koreksi S&P dan DOW.

Benteng lain adalah trailing stop.

michael said...

Pak IS,

Kalau trailing stop biasa di pasang brp persen ya pak? pas beli langsung pasang trailing ya pak? thanks

michael said...

wah future DJ nae banyak nih..

apakah hari ini masih boleh masuk short SU, POOL?

posisi MCD ditahan saja kah pak?

Imam Semar said...

@Michael,

Stop loss lebih banyak saya gunakan yaitu jika sahamnya menembus support (posisi long) atau sahamnya menembus resistance (posisi short).

Saya tidak terlalu heran kalau malam nanti malah ditutup merah....

Kata ipar saya...., main option perlu syaraf baja....., tepatnya tidak punya emosi dan perasaan.

kiki said...

slmt obama adm sedang memancing sentiment market dengan iming2 billion of $ "funny money injected to funny company"

let's see what happen next
sy berpendapat resist di 800 for SP

Imam Semar said...

Rally yang terbesar di sektor finansial, membentur resistancenya. Out dari sektor finansial dulu, cut loss kalau lepas dari tembus resistance. PNC tembus resistance. Tunggu 1-2 hari lagi kalau ada angin balik dan sektor ini memantul turun.

MCD, HOTT masih di resistance nya. Perhatikan apakan akan mantul ke bawah atau tembus.

SU turun, sesuai dengan skenario.

Emas turun, harusnya naik karena inflation expectation. Out dari emas dulu.

POOL di resistance nya. Kesempatan masuk? Lebih baik tunggu konfirmasi turun dari candlesticks.

kiki said...

kelihatannya obama adm berhasil memancing sentiment market ^^

The human brain is not a perfect reader of reality, and it occasionally uses shortcuts to interpret the world more quickly and efficiently

It is a misconception that the brain reconstructs reality

Imam Semar said...

MCD short mulai menunjukkan gigi.
SU short untung banyak.
Tambah posisi short minyak di APA.
PNC short kelelep tapi balik arah.
HOTT masih bertahan.
Mau masuk di short POOL.

Masih lihat-lihat apa sudah bisa meningkatkan posisi short lebih banyak. Saat ini hanya 20% dari kemampuan.

Imam Semar said...

Catatan: Pasar overbought, tetapi belum 100% bisa dipastikan topnya.

michael said...

pak IS,

yang nyangkut di PNC di tahan aja terus atau siap2 cut loss?

sisa peluru bagusnya masuk POOL, APA atau tambah posisi di SU ya pak?

thanks ya pak..

kiki said...

keliatannya malem ini sudah muncul tanda2 nya... but better nunggu ampe besok...

Imam Semar said...

@Kiki,

Masih bangun jam segini? Saya tidur jam 7.30 dan terbangun jam 1.00 pagi.

Kalau sektor minyak sudah confirm menurun. SU, APA short sudah untung. Mau masuk di SLB dan coba cari Tanker stock yang optionya liquid. Tanker stock mungkin agak lagging terhadap minyak. Jadi bagus untuk yang masuk terlambat.

Imam Semar said...

@Michael,

PNC sudah balik arah, bearish.

POOL option nya tidak terlalu liquid, saya batalkan untuk masuk. Kalau mau long term (8 bulan) masih okey. Tetapi saya takutnya ada medium term bull market rally yang bisa membawa Dow ke 9,000 - 10,000. Long term leap (option) tidak saya sukai saat ini. Setelah medium term bear market rally, long term option (leap) baru saya sukai.

Jadi di sektor minyak saja ngeshort nya.

kiki said...

@ Mr IS... iy sy tdrnya subuh...

nah lo! last hour trading rally! its fake or not? let see today... but sy berpendapat itu fake...

michael said...

Dear Pak IS,

Mksdnya bbrp minggu ini akan terjadi bullish market? atau bearish dulu baru akan bullish?

Mau lepas posisi short PNC,UBS and HOTT kalau ada kemungkinan bullish sampai ke 9000!

kiki said...

sy pilih posisi stand out...

Imam Semar said...

Kalau saya lihat beberapa hari ini antara bull dan bear sama kuatnya. Ini terlihat pada candle, kalau hari ini merah, besoknya putih, atau beberapa hari harami.

Di pihak lain semua indikator menunjukkan sangat overbought. Jadi perkiraan saya paling lama adalah 1 minggu lagi berubah arah ke arah bear.

Berikutnya kalau koreksi bisa membentuk higher low atau double bottom di S&P 500 = 666, kita bisa berharap adanya rally panjang. Rally panjang biasanya harus didahului oleh double bottom atau inverted head & shoulder.

kiki said...

watch 800 SP500
resist or support (vica versa)^^

michael said...

@kiki,

S&P 500 sudah 832?

kiki said...

@ michael....
iy mksd sy coba liat pergerakan dalam seminggu yg lalu ^^