___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Sunday, March 29, 2009

AM SIONG & MENUNGGU BULL BERIKUTNYA

PRAHARA DI DUNIA KANG OUW SAHAM
Dua minggu lalu para tetua, pangcu, KlubSaham.Com (KSC) berkumpul untuk membicarakan mengenai kondisi bursa saham, kemungkinan membuat seminar mengenai ekonomi dan bursa dan masa depan situs KlubSaham.com. Dari sekitar 20 anggota pangcu, hanya 6 yang hadir yaitu Profit Taker –(pangkat di KSC tetua), ki Semar –(pangkat di KSC moderator); Mangga Gedong (pengamat) mewakili istrinya Sweetie; Binngung (marker adicted), Skywalker (Jedi Knight) dan DHPutra yang menyamar. Tetua KSC selebihnya sibuk karena sudah punya posisi di kantor dan sudah tidak melakukan trading lagi, atau sudah hancur modalnya. TC Inv (market maker, bandar) yang biasanya selalu hadir, sekarang tidak bisa karena mau menghadiri kremasi kong-cauw dari taukenya. Apapun latar belakangnya, banyak dari mereka ini mengalami am siong alias luka dalam terkena pukulan cakar beruang –ciang jiauw jiung - dalam prahara Toa-hong 2007 – 2009 melawan para pendekar jiung mo hiap di bawah pimpinan Hek Jiung Ong yang membuat kekacauan di dunia kang ouw saham. Banyak dari mereka – para pendekar aliran putih, akhirnya memutuskan untuk naik gunung untuk meninggalkan dunia kang ouw saham dan menjadi lolap, walaupun prahara di dunia kang ouw saham masih berlangsung.

Tetua Profit Taker (nama cyber) yang berjuluk Kui-bo, naik gunung kemudian menikah dengan seorang yang dengan tekun telah mengobati lukanya. Tetua mang Dua Biji a.k.a. mang Greenspan (nama cyber), juga am siong ketika melakukan pibu di benua selatan. Pibu memperebutkan Oxiana. Waktu itu ki Semar ikut menonton dan memberi nasehat untuk menggunakan jurus lembu sekilan dan cakar beruang. Tetapi mang Dua Biji tetap bertahan dengan jurus banteng ngamuk dan banteng merah Ang Guo. Tetua No-Kia (nama cyber) juga am siong, kemudian naik gunung dan menekuni usaha simpoa nya. Banyak lagi cerita rekan-rekan yang mengalami am siong. Cukup tragis.

Banyak kesalahan para pendekar, selama prahara 2007-2008 masih terpaku untuk menggunakan jurus Ang Guo – banteng merah. Tentu saja tidak cocok, dan setelah beberapa kali terkena pukulan ciang jiauw jiung maka habis lah sin-kang nya terkuras dan mengalami pang tua buk sai, sebagai tanda am siong yang parah.

Sekitar 5 tahun lalu, ki Semar pergi naik gunung untuk mempedalam ilmu lembu sekilan dan cakar beruangnya. Ini khusus untuk menghadapi prahara 2007-2010 yang berdasarkan wangsit diterimanya dari atas. Disamping itu ada beberapa falsafah untuk menghadapi prahara yang dimulai dari tahun 2007 ini:

“Lebih baik kehilangan kesempatan dari pada membuat kesalahan.”

Para jiung mo hiap sering merubah taktik dengan pek-poh guo (langkah ratusan banteng – lari – market rally). Sehingga banyak para pendekar aliran putih berpikir keadaan sudah berubah dan bantuan dari guo hiap (pendekar banteng) sudah datang. Kemudian terjebak dalam bull-trap.

Sudah ah, ceritanya. To to ci kau na si u em tito.

Dalam pertemuan tetua KSC terebut dibahas mengenai kemungkinan KSC membuat seminar untuk membahas bear market rally berikutnya. Forum berpendapat bahwa panitia tidak akan bisa mencari sponsor. Sponsor hampir dapat dipastikan tidak ada karena lesunya bursa. Oleh sebab itu Ekonomi Orang Waras dan Investasi (EOWI) ingin tahu seberapa banyak peminat seminar swadana ini. Silahkan mengisi jajak pendapat di atas.


MENUNGGU MAJOR URSA MARKET RALLY
Bear market rally terus berlangsung tiga minggu (13 trading days) sampai hari kamis 26 Maret 2009. Hari Jumatnya terjadi koreksi.

Tidak banyak yang memperhatikan bahwa rally yang sudah berlangsung ini bermula dari level angka setan 666 di indeks S&P500. Angka ini nampaknya menjadi level psikologis angka setan 666 (Chart-1).

Saya sudah beberapa lama menunggu datangnya bear market rally yang cukup berarti yang berlangsung dalam bilangan bulan. Ini dikarenakan oleh besarnya koreksi yang lebih dari 50% (dari puncak sampai bottom tiga minggu lalu). Rally seperti ini bisa membawa indeks Dow ke level 9,000 sampai 10,000. Artinya 50% retracement antara titik tertinggi dan titik terendah. Apakah rally saat ini adalah rally yang dimaksud? Mungkin saja, tetapi menurut pendapat saya bukan. Rally yang sekarang ini peluangnya sangat besar segera berakhir walaupun fund manager seperti Marc Faber mengatakan bahwa rally ini masih bisa berlangsung sampai akhir April 2009.

Untuk bisa memunculkan big bear market rally menurut saya memerlukan beberapa kondisi yang merontokkan para investor yang bermental lemah, seperti double bottom atau head and shoulder yang berlangsung seperti roller coster. Dengan kata lain, saya berharap bahwa akan ada koreksi yang cepat dan tajam dan mentest support setan S&P di 666 untuk skenario double bottom.

Kemungkinan lain adalah terbentuknya head & shoulders. Tetapi ini nampaknya kurang tinggi probability nya. Skenario Head & Shoulder memerlukan rally sebesar 20% lagi, yang menurut saya agak sulit mengingat saat ini kondisi sudah sangat overbought.

Apapun skenarionya, saya akan sangat berhati-hati dengan rally sekarang dan berikutnya.


Chart 1 (klik untuk memperbesar)


RALLY SIAP BERAKHIR?
Di minggu terakhir ini market rally berlangsung dengan mengabaikan berita ekonomi US yang buruk seperti GDP yang negatif dan meningkatnya angka pengangguran yang mengalami percepatan – akselerasi. Yang dilihat hanya mengenai rencana mentri keuangan US Tim Geithner untuk membeli asset beracun. Asset-asset ini akan dihargai secara mark to market. Peraturan ini akan disyahkan oleh Financial Accounting Standards Board melalui vote pada tanggal 2 April 2009 ini.

FASB Moves Toward Giving Banks More Flexibility on Fair-Value [link]
By Ian Katz

March 16 (Bloomberg) -- The Financial Accounting Standards Board, pressured by lawmakers to change the fair-value rule blamed for worsening the financial crisis, proposed permitting companies to use “significant judgment” in valuing assets.

Companies would be able to apply the revised rule to their first-quarter financial statements, FASB Chairman Robert Herz said today during a meeting at the U.S. accounting rulemaker’s Norwalk, Connecticut, headquarters. The board is set to vote on the proposal April 2, after a 15-day public comment period.


Saya tidak tahu apakah akan terjadi ‘buy on rumor sell on news’ atau ‘buy on rumor, sell before news’? Saya punya alasan untuk mengatakan ‘sell before news’ karena banyak tanda-tanda yang mendukung skenario itu. Kita lihat saja.

Ada parameter yang menurut pendapat saya bisa dijadikan sebagai leading indikator untuk market sell-off, yaitu CPC (CBOE Options Total Put/Call Ratio). Pada saat trader mengantisipasi akan adanya market sell-off dan membeli put option sehingga harga put option naik dan menjual call option, sehingga ratio ini (PCP) akan naik. Angka 0.8 secara statistik bisa diambil sebagai batas bullish/bearish (Chart-2).

Pada saat ini PCP sudah di atas 0.8 dan naik. Ini peringatan bagi bull bahwa bear akan berpesta. Perkiraan saya 95% probability sell-off akan terjadi sebelum tanggal 2 April 2009 dan 98% sebelum tanggal 6 April 2009.


Chart 2 (klik untuk memperbesar)


Indikator lain NYADV (volume saham-saham yang naik), juga sudah menunjukkan overbought (Chart-3) dan menunjukan gejala penurunan. NYADV bisa dianggap sebagai incidence atau leading indicator bagi saham. Full sochastic juga sudah pada level overbought selama seminggu.


Chart 3 (klik untuk memperbesar)


Secara keseluruhan indikator pasar sudah siap untuk berganti arah. Saya sendiri saat ini masih ada 60% dana di pinggir arena akan masuk penuh minggu-minggu ini. Walaupun demikian....., ada rumus penting dalam mengarungi bear market yaitu : “Lebih baik kehilangan kesempatan dari pada membuat kesalahan.” Sehingga, kita tidak perlu tergesa-gesa.

JKSE SUDAH OVERBOUGHT

JKSE kelihannta sudah overbought dan siap turun. Sudah terlalu banyak saham di atas 50DMA (Chart-4) dan untuk bear market seperti sekarang ini akan sulit bertahan pada kondisi seperti ini. Apakah saat ini membentuk double tops dan siap terjun di bawah 1000? Hanya waktu yang akan membuktikannya.


Chart-4 (klik chart untuk memperbesar)


Sekian dulu, jaga kesehatan, tabungan dan investasi anda baik-baik.

Jakarta 29 Maret 2009



Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

3 comments:

Zulqarnain Setio Pramono said...

pak IS..
untuk market DJI dan SP500 dgn bearish yg disusul bear market relly yg berikutnya..
apakah akan berdampak juga pada bursa saham dalam negeri?..karena saat DJI membentuk low baru di 6000an kemarin..IDX cuma turun sedikit saja..tidak ke posisi low di 1100an seperti akhir okt dan nop.
Apakah ini karena indeks dalam negeri sudah terkoreksi lebih tajam terlebih dahulu?
Ataukah karena asing sudah tidak sebanyak dulu untuk bertraksaksi?
Mohon pendapat anda...
Matur suwun

Imam Semar said...

@Zul,

Kalau saya lihat breadth dari IHSG, maka dalam 1-4 hari ini akan ketahuan bahwa rally sudah selesai.

Seberapa jauh koreksinya, saya tidak tahu. Kita lihat sajalah. Kasihan juga yang beberapa hari ini masuk ke market dan membuat volume naik sampai Rp 2 T, padahal market sudah toppy.

michael said...

Dear Pak IS,

Akhirnya saraf baja menuai hasilnya pak hehe =p

60% sisa kekuatan sudah masuk pak?

BTW, untuk seminar klubsaham.com, pak IS datang sebagai pembicara tidak pak?