___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Monday, February 23, 2009

SELAMAT DATANG KEMBALI Mr. BEAR

Minggu lalu dan minggu ini Ekonomi Orang Waras dan Investasi (EOWI) menerima banyak email.

Email pertama, sudah dipublish sebelumnya:

Saat ini kan harga emas sudah tinggi.. saya tergoda banget untuk melepasnya dan memasukkannya ke dalam deposito, karena akhir-akhir ini saya denger berita bahwa inflasi mulai melambat kira-kira bagaimana saran bapak?

Terus kalau sebagian saya masukkan ke dalam Reksadana, kira-kira prospeknya bagaimana?

Terima Kasih... dan mohon tanggapannya.....
LPU-Bali


Email kedua:
Halo Bung Imam Semar,Saya adalah salah satu penggemar berat blog anda. Hanya ada 2 blog ekonomi yang nongkrong di favorite list laptop saya, yaitu blog "janganserakah" dan "ekonomi orang waras".

Blog anda dan blog janganserakah.com milik bung edison sangat berbeda, tapi dua-duanya saya suka. Walaupun terkadang saya pribadi berpendapat sama sekali berbeda dengan kedua blog tersebut. Menurut saya secara garis besar, blog milik bung edison terlalu fanatik terhadap reksadana indeks, sedangkan blog anda terlalu fanatik terhadap emas. Karena bagi saya semua jenis investasi itu relatif, kadang prospektif dan kadang tidak. Termasuk saat ini, saya berpendapat bahwa harga emas sekarang sudah termasuk bubble dan suatu saat akan kembali ke kisaran $500/ troy once.

Kemudian satu lagi perbedaan kita adalah pandangan mengenai pemerintah. Sebagai informasi bung imam semar, saya sendiri adalah orang pemerintah, "antek-antek" negara.Terkadang saya sendiri pun tidak menyukai apa yang dilakukan oleh pemerintah. Dulu pada saat Pak Harto masih berkuasa, boleh dikatakan saya adalah musuh politik orde baru. Tapi bung imam semar, menurut saya kita tetap butuh pemerintah. Karena pemerintah lah yang memberikan kita perlindungan hukum. Anda bisa bayangkan seandainya anda tidak punya pemerintah, berarti anda tidak punya kewarganegaraan, siapa yang akan memberikan perlindungan hukum kepada anda? Kalau terjadi tindakan kriminal menimpa anda, anda akan mengadu pada siapa? Siapa yang melindungi keselamatan jiwa keluarga anda dari invasi bangsa asing kalau bukan pemerintah? Ingat bung, "homo homini lupus, bellum omnum contra omnes", manusia adalah srigala bagi manusia lain.. perang semua lawan semua. Kita butuh pemerintah, karena kita butuh sesuatu yang kuat untuk melindungi diri kita dari serangan pihak lain.

Okay.. anyway, itu bukan masalah. Walaupun terkadang kita berbeda pendapat, tapi saya tetap menyukai tulisan-tulisan anda. Saya tetap menunggu tulisan-tulisan anda berikutnya. Tetaplah berkarya, bung! Salam. - Yoga Pamitro


Komentar EOWI:
Pak Yoga, ijinkan EOWI menguji kesahihan pola berpikir anda. Di EOWI menguji sebuah gagasan adalah biasa. Gagasan selayaknya harus diuji kesahihannya.

Pertama, EOWI tidak fanatik terhadap emas. Kondisi sekarang membuat dua investasi yang menguntungkan, short saham dan long emas, karena saat ini adalah saat krisis ekonomi-moneter. Sebelum saham pertambangan dan energi rontok pernah membahas saham batu bara, ICO. Tetapi ketika memasuki masa bear, EOWI menganjurkan mengeshort saham ACI (batu bara).

Pada masa bear market dengan latar belakang credit deflation seperti sekarang ini, emas, cash dan short portfolio adalah bentuk investasi yang tepat. Bukan terbatas pada emas saja. EOWI pernah membahas portfolio short beberapa waktu lalu [link]. Makro ekonomi membuat posisi long pada saham tidak menarik.

Kedua, pandangan pak Yogi terhadap pemerintah, kemungkinan bias, karena anda adalah bagian dari pemerintah. Ini kita akan uji.

Pak Yogi mengatakan: Ingat bung, "homo homini lupus", manusia adalah srigala bagi manusia lain.

Tentu yang pak Yogi maksud dengan srigala adalah mahluk jahat dan berbahaya, bukan arti harfiahnya. Dengan demikian maksud ungkapan itu adalah: manusia adalah mahluk jahat dan berbahaya bagi manusia lain.

Maka anda menganjurkan: agar memberikan kekuasaan (pemerintahan) kepada srigala (mahluk jahat dan berbahaya/manusia). Itukah yang anda maksud? Jangan heran kalau pemerintah isinya srigala yang punya kekuasaan kerjanya menindas, menjahati dan mengganggu anda dan manusia lain (masyarakat).

Memberikan kekuasaan kepada srigala akan memukul balik kepada pemberi kekuasaan (masyarakat). Kekuasaan itu jangan sekali-kali diberikan kepada manusia (mahluk yang jahat dan berbahaya). Berikanlah pada malaikat atau jin (entah apa artinya). Pokoknya bukan manusia (mahluk yang jahat dan berbahaya).

EOWI suka pada faham anarchy – tanpa penguasa, libertarian, laissez faire (minimum intervention). EOWI tidak suka memberikan kekuasaan kepada srigala karena nantinya akan menjadi ancaman lebih besar bagi diri pemberi kekuasaan itu sendiri dan masyarakat. Biarlah srigala itu sebesar srigala, jangan dibuat besar dan dibuat kuat. Kalau perlu taringnya dicabut atau di-brain wash dulu supaya tidak berbahaya dan jahat. Itu logika yang benar.

Kalau ada tindakan kriminal menimpa kami (kecurian kambing misalnya), mau kemana kami mengadu? Apakah mau mengadu kepada srigala yang kuat dan ganas (aparat pemerintah)? Kalau mengadu kepada srigala kuat dan ganas (aparat pemerintah), bisa hilang kambing ditambah sapi. Itu logika yang benar. Bukankah itu pula yang terjadi?

Pembaca yang cerdas......, argumen logika kadang seperti menohok dan sakit bagi yang tidak terbiasa berlogika. Semakin anda sering membaca EOWI, semakin terbiasa dengan argumen seperti ini. Kami anjurkan untuk membaca Pluralisme, Kebebasan dan Paham-Paham Paradoks untuk melatih berlogika.


DOUBLE TOP BERAKSI – Mr Bear Kembali Beraksi
Berikut ini adalah jawaban kenapa EOWI tidak mau sangat bearish terhadap reksadana dan saham.

Masih ingat chart S&P500 di bawah ini (Chart-1) dari topik ‘DISCLAIMER’? [link]. Chart-1 ini dibuat pada pertengahan Juli 2008, dan 8 bulan kemudian bentuknya seperti Chart-2. Tidak terlalu buruk bukan? Chart-Chart berikutnya menunjukkan kemungkinan lanjutan aksi Mr. Bear dan targetnya secara teknikal.


Chart 1 – S&P 500 pada tanggal 16 July 2008 (klik Chart untuk memperbesar)



Chart 2 – S&P 500 pada tanggal 20 Februari 2009 (8 bulan kemudian)
(klik Chart untuk memperbesar)



Chart 3 (klik Chart untuk memperbesar)

Dengan target S&P 500 antara 400 – 500, berarti saham akan terkoreksi 50% lagi. Untuk Indeks Harga Saham Gabungan Jakarta, berarti 500 – 700. Kisaran ini melewati target 300 uang 2003 yang pernah diramalkan 5 tahun lalu di suatu seminar kopi darat KlubSaham.Com. Akan kah hal ini terjadi? Kita tunggu perkembangannya.


Chart 4 (klik Chart untuk memperbesar)

Apakah anda masih mau long di reksadana dan saham? (Catatan: Emas juga rentan koreksi jangka pendek dan menengah). EOWI mengambil jalur untuk melakukan short saham finansial Eropa, seperti UBS, Deutsch Bank (DB) dan Credit Swiss (CS) karena mereka terpapar kredit macet di Eropa Timur. Di samping itu juga short real estate komersial melalui ETF IYR, atau beberapa saham seperti SPG (Simon Group).


KOREKSI US DOLLAR
Dollar mengalami kesulitan untuk menanjak lebih jauh. Dalam beberapa bulan mendatang, tekanan terhadap dollar akan besar. Ini seiring dengan penguatan Euro akibat adanya krisis kredit di Eropa Timur yang melibatkan banyak Euro dan Swiss Frank. Chart di bawah ini menunjukkan secara teknikal akan kejatuhan US dollar.


Chart 5 (klik Chart untuk memperbesar)



Good luck…….

Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

No comments: