___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Sunday, December 13, 2015

DUNIA DI TAHUN 2016 (Bagian I)


Mungkin terlalu awal untuk menurunkan artikel ini. Ada dorongan yang demikian kuat untuk menerbitkan artikel yang membahas tahun 2016, atau ramalan untuk tahun 2016. Pasalnya, beberapa poin sudah memasuki target EOWI yang dibahas secara panjang lebar di dalam laman Gejolak 2014 – 2020.
Seperti biasanya kita mulai pembukaan cerita dengan sebuah kutipan dari Bible atau Quran. Pengetahuan EOWI tentang agama tidak banyak. Tetapi boleh diadu dengan pendeta atau kyai atau mufassir. Karena hapalan EOWI untuk Bible dan Quran tidak banyak (catatan: kami memang tidak hapal, melainkan lebih sering pakai google dan search engine. “Tanya ke google itu semboyan kami”), maka kami akan mengambil kutipan dari artikel sebelumnya. Sebut saja “kutipan daur ulang“.
Hukum yang datang dari Tuhan yang sejati, tidak ada loopholenya. Tuhannya orang Yahudi dan Kristen mengatakan:
“….dengan berkeringat engkau akan mencari makananmu ....”  (Kejadian/Genesis 3:19).
Dia serius mengatakan hal ini. Oleh sebab itu mungkin Dia marah ketika dalam prakteknya mengganti ucapanNya menjadi:
“… dengan berhutang  engkau akan mencari makananmu...., bayarnya nanti.”
Sepertinya manusia telah mengolok-olok Nya. Memutar-balikkan aturan: “… dengan berhutang  engkau akan mencari makananmu, mobil SUV, rumah, TV, liburan keluar negri,  ....dan...... bayarnya nanti.”
Mungkin Tuhannya orang Kristen dan Yahudi marah diperolok-olokan seperti itu. Maka setelah makan dari hasil hutang, bukan keringat, Tuhan tidak memberinya pekerjaan, alias diPHK. Jadi mau apa sekarang? Apalagi hutangnya bukan sekedar untuk makan tetapi untuk beli SUV, rumah, .....dan sederet lagi.
Itu tinjauan spritual hasil penafsiran sontoloyo ala Imam Semar yang tentang apa yang sedang terjadi. Penafsiran non-spiritualnya bisa dilihat di laman Gejolak 2014 – 2020.
Tahun 2016 adalah tahun yang sangat penting ditinjau dari sudut kredibilitas EOWI dalam soal ramal-meramal. Ada pembaca EOWI yang menganjurkan untuk mengganti kata ramal-meramal menjadi nubuat. Tetapi hal seperti ini tidak akan meningkatkan kredibilitas EOWI. Yang bisa membuat kredibilitas EOWI meningkat hanyalah akurasi ramalannya.
Beginilah dunia di tahun 2016 menurut EOWI:
  1. Harga minyak menjelang tahun 2016 besar kemungkinan sudah memasuki area target ramalan EOWI, yaitu di bawah $30 per bbl (tepatnya dibawah $30.28). Tahun 2016, harga minyak akan mengukuhkan lagi ramalan EOWI mengenai di sekitar angka $30an per bbl.
  2. Dan ini akan berdampak pada bangkrutnya perusahaan energi non-konvensional dan perusahaan minyak non-konvensional, yang selanjutnya menjalar ke pasar hutang mereka. Credit line untuk sektor ini akan putus dan junk bondnya akan terpuruk.
  3. Harga emas akan di bawah $1000 per oz dan menuju target EOWI $ 600 - $700
  4. Bubble pasar saham Cina yang sedang rebound, akan kembali ke tren bearish sebagai tren utamanya, yaitu turun.
  5. Dan turunnya (crash) pasar saham Cina ini akan memaksa bank sentral Cina untuk mendevaluasi yuan. Masuknya yuan ke dalam SDR, tidak serta merta membuat yuan punya garansi stabil.
  6. Dan devaluasi yuan ini akan memicu negara-negara emerging market untuk melakukan hal yang sama. Di saat US dollar sedang rally, devaluasi yuan akan mempercepat US dollar memasuki target EOWI Rp 17,000. Target ini peluangnya cukup besar untuk terjadi di tahun 2016.
  7. Krisis politik di Timur Tengah akan menjalar ke Timur Dekat dan Eropa. Kekacauan politik dunia secara umum akan meningkat. Serangan teror, kekerasan yang berbalasan semakin meningkat. Apakah ini akan memicu tumbangnya beberapa pemerintahan seperti yang terjadi pada periode 2009 – 2011 dimana Kaddafy ditumbangkan, dan kali ini menimpa Saudi Arabia, Kuwait, atau negara-negara Timur Tengahnya? Mungkin tidak pada tahun 2016.
Tahun 2016 ini perang masih tidak/belum terpolarisasi menjadi 2 kutub. Group Russia, group barat (USA), Iran, ISIS, saling baku hantam.
Tahun 2016, tekanan deflasi akan semakin kuat dan penurunan harga-harga bahan komoditi akan mengalami akselerasi. Appresiasi US dollar juga akan mengalami percepatan. Dan ketegangan geopolitik akan meningkat.

HARGA MINYAK MEMASUKI TARGET EOWI DAN DAMPAKNYA
Pada laman Gejolak 2014 – 2020, EOWI meramalkan bahwa minyak akan jatuh sampai di sekitar $30/bbl. Akan menembus di bawah $30.28/bbl. Ramalan ini sudah kami buat jauh-jauh hari ketika harga minyak masih di level $120/bbl. Dan banyak yang tidak percaya.
Menjelang akhir tahun 2015, di minggu pertama Desember 2015, harga minyak (West Texas Intermediate) menembus ke bawah $40/bbl, untuk yang kedua kalinya sejak tahun 2009, sampai sejauh $36.64/bbl. Sebelumnya yaitu pada bulan Agustus 2015 juga pernah menembus ke bawah $40/bbl dan berhasil rebound keluar kembali ke level $40an.
Kemungkinan untuk tahun 2016, harga minyak akan menghabiskan waktunya cukup lama di level $30an/bbl.
Sama seperti minyak, komoditi secara umum akan mengalami masa bearish yang panjang dan membuat orang tersadar dan mengambil tindakan defensif, seperti kasusnya pada minyak. Ulasan mengenai komoditi cukup diwakili oleh minyak, kecuali untuk hal-hal yang spesifik.
Jatuhnya harga minyak/komoditi di level ini membuat pesimis akan sektor ini. Credit-line akan tertutup untuk sektor ini. Banyak perusahaan minyak dan energi non-konvensional akan gagal bayar hutangnya seperti yang pernah dibahas di Gejolak 2014 – 2020: Tergelincir Minyak Yang Licin I, II dan III.
Saya anjurkan agar pembaca untuk membaca tulisan EOWI setahun lalu itu. Disitu diceritakan secara rinci mengenai penyebab kejatuhan harga minyak dan merupakan tinjauan dari berbagai sisi dan juga implikasinya. Banyak prediksi EOWI yang terbukti.
Beginilah prediksi EOWI yang ditulis pada bulan Desember 2014: Dan Wave C akan menembus level $30.28/bbl (Wave A). Bukan tidak mungkin ke level $20an/bbl sebelum membuat rebound yang berarti. Level $20/bbl bukan tidak mungkin, sejarah menunjukkan pecahnya bubble minyak di tahun 1980, harga minyak jatuh ke level $6/bbl (dari $38), dimana $6/bbl adalah 2 kali titik terendah sebelumnya di tahun 1970.

Prediksi EOWI pada tulisan di bulan Desember 2014

Hampir selama setahun menunggu akhirnya minyak memasuki level target EOWI, di sekitar $30/bbl
Penyebabnya tidak akan dibahas secara detail. Pembaca bisa melihatnya sendiri pada tiga (3) artikel yang ditulis setahun lalu. Jangan sekali-kali mengatakan bahwa EOWI tidak pernah memperingatkan.

Penurunan Harga Terus Berlanjut
Secara ringkas, penyebabnya turunnya harga minyak ini adalah bahwa, konsumen Eropa dan Amerika sebagai pasar dari produk Cina mengurangi konsumsi. Dampaknya ke Energi dan bahan komoditi. Kejatuhan harga minyak diperparah oleh perang dan sifat sosialisme negara-negara penghasil minyak. Mereka butuh uang dan sumber satu-satunya adalah dengan menjual sebanyak2nya minyak. Alasan bahwa mereka takut kehilangan pangsa pasar, hanyalah dalih. US sendiri melepas cadangan minyak strategisnya yang jumlahnya 700 juta bbls untuk mengurangi defisit.
Saudi yang selama ini mendukung ISIS, membuka front di Yaman dan membiayai subsidi rakyatnya, tidak akan mengurangi produksi minyaknya untuk pembiayaan.
Di dalam negrinya, situasi politik tidak begitu stabil. Tahun 2015 ini, ada 151 hukuman mati di Saudi. Setiap 2 hari sekali ada hukuman mati. Angka ini adalah yang tertinggi selama 20 tahun. Rekor sebelumnya adalah tahun 1995 dimana 195 orang dihukum mati  Memang kebanyakan terhukum mati ini (termasuk beberapa orang Indonesia), adalah karena kasus kriminal, tetapi ada sekitar 55 kasus terkait dengan kasus politik dan teror. Sheikh Nimr Baqir al-Nimr kyai Shiah yang dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan “anti teror”. Penghukuman mati Sheikh Nimr Baqir al-Nimr diikuti oleh penangkapan keponakannya Juga keponakannya bernama Ali Mohammed Baqir al-Nimr dan 2 aktivis Shiah remaja Dawood Hussein al-Marhoon and Abdullah Hasan al-Zaher. Mereka ditunggu sampai dewasa dan dijatuhi hukuman mati, mayatnya akan disalib, digantung serta dipertontonkan di publik. (Catatan: Kalau anda menganggap bahwa ISIS sadis dalam pelaksanaan hukuman mati, sekedar tahu saja bahwa Saudi Arabia melebihi ISIS).
Nigeria yang berhadapan dengan Boko Haram. Mereka perlu uang.
Iran dan Russia mendukung Assad Syria. Venezuela yang sosialis, semuanya perlu uang. Inilah yang disebut “minyak untuk politik”. Jika perang di Timur-Tengah semakin berkobar, harga minyak akan semakin tertekan. Minyak untuk mengobarkan perang. Jangan berharap akan adanya secular bull market di sektor minyak dalam waktu dekat ini. Mungkin harus menunggu selama 15 tahun. Kenapa 15 tahun? Jawabannya ada di 3 artikel yang EOWI tulis setahun lalu.
Kejatuhan harga minyak dan tekanan politik merupakan loop feed-back yang tidak stabil dan bisa tidak terkontrol. Banyak negara petro-dollar sudah mengalami defisit pada neraca pendapatan-belanja negaranya. Situasinya bukan seperti dekade 1970 dimana perang terjadi antara negara penghasil minyak (Arab dibantu Russia) melawan Israel yang dibantu oleh negara-negara barat. Minyak dijadikan senjata dan terjadilah embargo minyak oleh negara-negara Arab kepada negara-negara Barat. Kasusnya dan situasinya sekarang berbeda. Arab melawan Arab. Minyak harus diproduksi untuk beli senjata dan membiayai perang. Semakin banyak minyak diproduksi, semakin jatuh harganya dan selanjutnya semakin lebar defisitnya. Kesengsaraan rakyat meluas dan akhirnya....., akan memicu gejolak di dalam negri seperti Libya tahun 2009. Dan negara tidak bisa mempertahankan keutuhannya.
Kasus seperti Libya bisa melanda negara-negara Arab penghasil minyak lainnya. Tetapi waktunya bukan tahun 2016 nanti. Perlu waktu untuk sampai ke sana.

Energi Non-Konvensional Terancam
Kejatuhan harga minyak akan mengancam beberapa sektor ekonomi secara langsung:
v     Energi terbarukan: biodiesel, alkohol, solar energy, energi angin dan sejenisnya.
v     Cadangan minyak non-konvensional: tar-sand, Coal Bed Methane (CBM) dan shale oil/gas (3F).
v     Perusahaan eksplorasi minyak/gas
Kelompok yang pertama adalah bidang untuk sok-sok-an saja. Cari sensasi. Karena sektor energi terbarukan memperoleh subsidi dan kemudahan-kemudahan. Ketika sumber subsidinya lenyap, maka sistemnya runtuh.
Bulan Desember ini Abengoa menutup pabrik ethanol (alkohol) dekat Wichita, USA dan menyatakan bangkrut karena terlalu banyak hutang. Freeport, sektor bisnis minyak dan gas buminya merugi besar dan menyeret sektor bisnis pertambangan.
Kelompok yang kedua adalah sektor minyak/gas non-konvensional seperti tar-sand, Coal Bed Methane (CBM) dan shale oil/gas (3F). Mereka ini bisa hidup, break-even di harga minyak sekitar $60/bbl. Dengan hutang yang menumpuk dan harga minyak di sekitar $30/bbl. Mereka ini tidak hanya akan mati, tetapi akan menyeret banyak krediturnya. Tahun 2016 diperkirakan banyak bond dari sektor 3F dan minyak/gas non-konvensional yang gagal bayar. Setidaknya harganya jatuh dan bunganya melejit.
Mau diapakan lagi. Bukankah kategori bond mereka ini termasuk junk bond alias bond sampah.
Kelompok yang ketiga adalah perusahaan-perusahaan eksplorasi minyak. Beruntunglah bagi perusahaan eksplorasi yang berhasil menemukan cadangan minyak/gas dan berhasil menjual konsesinya pada waktu yang tepat. Tetapi bagi yang tidak sempat menjual temuannya saat ini, jangan harap bisa menemukan pembeli yang berani memberi penawaran yang bagus. Harga yang bagus untuk masa kini, tidak bagus untuk masa lalu. Artinya, kemungkinan tawarannya tidak bisa menutupi yang terlah dikeluarkan. Dan yang paling buruk adalah perusahaan yang tidak menemukan apa-apa. Mereka menyisakan hutang.
Sektor minyak juga akan menghantam kontraktor-kontraktor PSC (producion sharing company) yang kontraknya kurang bagus. Di Indonesia, banyak kontraktor bagi hasil (PSC) yang melakukan farm-out, menjual blok konsesinya, karena blok-blok tersebut dianggap tidak menguntungkan atau perusahaan tersebut sedang mengalami kesulitan cash.
Kesulitan cash? Opo tumon?

Junk Bond Terancam
Pada artikel tahun lalu Gejolak2014 – 2020: Tergelincir Minyak Yang Licin III, disebutkan bahwa:
Jadi total-jendral ada $500 milyar hutang di sektor fracking shale oil/gas. Angka ini cukup freaking big (besar) jika dilihat sektor ini adalah sektor yang lemah dan banyak ancamannya. Kita akan bahas ancamannya. Ingat namanya saja sudah junk-bond. Kata itu sudah bisa menggambarkannya dengan jelas.
Dengan harga minyak di kisaran $30/bbl, gagal bayar terhadap hutang-hutang perusahaan minyak/gas non-konvensional (termasuk shale oil/gas), eksplorasi yang tidak berhasil mengakumulasi free-cash, akan terancam. Credit line ke sektor ini akan putus. Surat obligasi dari sektor ini menjadi sangat beresiko. Dibandingkan dengan subprime yang besarnya hanya $335 milyar, sektor minyak kali ini 1.5 kali lebih besar.
Problemnya adalah....., krisis junk-bond sektor minyak ini menjalar ke sektor-sektor lain dan menjadi krisis junk-bond global.
EOWI perkirakan tahun 2016 adalah tahun kejatuhan junk-bond dan bond-bond yang kualitas kreditnya medium (BBB) kemungkinan juga terkena imbasnya.
Berikut ini chart dari JNK, ETF untuk junk bond......, uuup meluncur ke bawah. Dan ini akan berlanjut di tahun 2016.


Junk Bond ETF yang melorot

Bukan Hanya Minyak
Minyak bukan satu-satunya komoditi yang sedang jatuh. Logam juga mengalami masa surut. Lihat Nickel. Harganya sudah memasuki kisaran secular bear market yang lalu pada dekade 1990.

Harga nickel memasuki kisaran harga selama bear market 1990an.
Tembaga juga mengalami hal yang sama tetapi koreksinya belum sedalam nickel. Tahun 2016 sampai 2017, harga tembaga berpeluang mencapai kisaran $0.70 - $1.5.


Harga tembaga juga mendekati dasarnya.

Komoditi andalan Indonesia lainnya, yaitu timah juga bearish. Harga timah yang sekitar $6.55/lb masih setengah jalan menuju titik terendahnya $2 - $3/lb. Mungkin tahun depan akan tercapai.

Timah, di tengah perjalanan menuju bottomnya.
Rasanya tidak perlu membahas semua bahan komoditi satu-per-satu. Setidaknya, minyak, dan tiga logam dasar sudah mewakili gambaran secara keseluruhan.

Mata Uang Negara Penghasil Komoditi Terancam (Dollar ke Rp 17,000)
Sebagai konsekwensi deflasi, di tahun 2016 tekanan terhadap mata uang negara-negara berbasis komoditi akan semakin kuat dengan jatuhnya harga minyak di level $30/bbl dan harga bahan komoditi lainnya.
Dan dampaknya ekonomi negara2 berbasis minyak dan komoditi akan terpukul. Demikian juga mata uangnya, dan surat2 obligasinya
Negara-negara yang berbasis komoditi hanyalah ekornya. Kepalanya adalah Cina yang berbasis ekspor barang-barang jadi. Negara komoditi disebut ekor, karena perekonomian negara-negara ini marak/muram karena permintaan bahan baku dari Cina untuk mesin-mesin produksinya meningkat/menurun. Ketika konsumen dunia sudah kekenyangan hutang dan harus menekan konsumsinya, maka pebrik-pabrik di Cina mengalami perlambatan.
Perlambatan ekonomi di Cina berarti akan ada aliran dana keluar. Dalam 1.5 tahun terakhir dari bulan Juni 2013 sampai September 2015, cadangan devisa Cina turun $ 482 milyar (dari $4,011 milyar ke $3,529 milyar) atau $ 32 milyar per bulan untuk  memenuhi kebutuhan capital outflow.
Walaupun yuan telah masuk ke dalam SDRnya IMF, tidak serta merta menjadi kuat. Tekanan terhadap yuan semakin kuat dengan melemahnya ekonomi Cina. Berlawanan dengan pendapat umum yang percaya bahwa yuan akan menguat kerena menjadi mata uang internasional, EOWI berpendapat bahwa yuan akan terdepresiasi. Proses depresiasinya bisa mendadak bisa juga secara gradual, perlahan-lahan.
Jika yuan terdepresiasi, maka rupiah akan mengikutinya. Cina bisa berjalan tidak sendirian. Saudi Arabia, Russia, ...dan banyak lagi termasuk Indonesia mengalami capital outflow. Hal yang semacam ini sangat menekan mata uang negara-negara ini. Rumor mengatakan bahwa Saudi Arabia akan menanggalkan peg riyal terhadap US dollar, karena sudah merasa kewalahan mempertahakannya. Dan bukan tidak mungkin rupiah akan mencapai level Rp 17,000 per US dollarnya di tahun 2016. Setidaknya Rp 15,500 punya peluang yang besar.

Rupiah: Akankah trennya berubah menjadi kenaikan parabolik di tahun 2016?

Sekian dulu.....sampai nanti di bagian II.
Sementara menunggu bagian ke II, alangkah baiknya jika pembaca EOWI yang setia memperkenalkan EOWI kepada rekan, kerabat dan handai taulan melalui artikel EOWI ini (klik untuk mengarah ke lamannya):

Kami yakin pembaca EOWI yang setia punya penuh kewarasan, serta kasih kepada kerabat/teman dekat, sehingga mereka bisa survive dengan uang PHK mereka ketika mengarungi Gejolak 2014 – 2020. Kami hanya meramalkan hal-hal yang berlawanan dengan persepsi umum. Kami menjadi cheer leader emas di awal 2000an,...dan kemudian emas menlejit 5 kali lipat dalam 7 tahun. Ketika orang persepsi bahwa bahwa dollar akan nyungsep, kami meramalkan sebaliknya...dan kemudian menjadi kenyataan. Kami meramalkan yuan akan jatuh pada hal persepsi umum adalah sebaliknya......., masih ditunggu kenyataannya. Kami mewanti-wanti akan kebekuan di sektor property....dan sekarang menjadi kenyataan. Perkenalkanlah kami kepada rekan, kerabat dan handai taulan agar mereka mengetahui keberadaan EOWI. Kami tidak minta uang anda dan tidak punya agenda lain, kecuali membuat pembacanya lebih berpengetahuan serta mawas-diri terhadap gejolak ekonomi dan politik.


Jakarta 12 Desember 2015
 

Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

68 comments:

Anonymous said...

Wow Pak Is, saya mendoakan semoga Pak Is mendapatkan pahala dari Yang Maha Kuasa atas sharing pengetahuan dan peringatan terhadap keadaan ekonomi ini. Krn dgn blog pak Is ini setidaknya pak Is sdh membantu banyak org utk bersiap menghadapi krisis. Karena sebenarnya ini adalah pilihan pribadi, bisa saja Pak Is memilih diam dan tdk peduli thd sesama hanya menyiapkan diri sendiri dgn pengetahuan sendiri, tapi itu tdk Pak Is lakukan. Saya akui memang banyak yg diprediksi blog ini dari beberapa thn lalu terbukti benar. Semoga kebaikan pak Is ini jg menjadi aset investasi buat di akherat kelak. Jadi selamat dunia akhirat ya Pak hehe

Salam, Alabama

Heru said...

Pak IS,

Tolong dijelaskan bagaimana mungkin emas turun ke 600-700 kalo ongkos produksinya saja lebih dari itu?

Oyah, bicara ttg 2016, tlg dijelaskan juga Pak bagaimana pengaruh dari MEA.

Thanks,
Heru

Imam Semar said...

Heru...,

Pertanyaan anda sama dengan: :"Bagaimana mungkin harga minyak $35.59/bbl (harga detik ini), kalau ongkos produksinya $60/bbl (oil shale dan tar-sand serta marginal field)."

Ini masalah supply dan demand. Jangan dikaitkan dengan ongkos produksi. Lambat laun lapangan-lapangan minyak yang ongkos produksinya tinggi, melebihi harga jual maka akan bangkrut sehingga terjadi keseimbangan baru di supply-demand.

Ini juga berlaku untuk emas. Tambang2 yang untuk mengambilnya harus keluar keringat darah akan bangkrut sehingga nantinya antara supply dan demand terjadi keseimbangan, dengan keseimbangan harga yang baru.

Tentang MEA, pengaruhnya tidak sebesar tekanan deflasi. Ini opini EOWI saat ini. Bisa berubah setelah EOWI melakukan kajian yang menyeluruh.

Salaam,

IS

Anonymous said...

https://en.wikipedia.org/wiki/George_Soros#Currency_speculation

In 1999, economist Paul Krugman was critical of Soros's effect on financial markets.

"[N]obody who has read a business magazine in the last few years can be unaware that these days there really are investors who not only move money in anticipation of a currency crisis, but actually do their best to trigger that crisis for fun and profit. These new actors on the scene do not yet have a standard name; my proposed term is 'Soroi'."

Anonymous said...

Salam Pak IS, pemerintah kelihatannya telah mempajaki rakyatnya
luar biasa besarnya untuk BBM, harga minyak dunia yang sekarang bercokol di angka $35/ barrel, semestinya BBM turun menjadi Rp 4.000/ liter.Bagaimana tanggapan Pak Is tentang hal ini? Saya setuju dengan ungkapan Pak IS tentang ketidakbijaksanaan pemerintah.

Anonymous said...

Bung IS, mhn diceritakan, deflasi itu mengenai produk apa saja? saya pikir krn tekanan deflasi itu jg lambat laun akan menciptakan "lubang" di supply produk2 manufaktur.. kl dr pglmn krisis2 terdahulu bagaimana ceritanya?.. kl u komoditas seperti minyak, sawit dkk, sepertinya tidak akan sampai tercipta "lubang yg dalam" dlm jangka waktu lama krn sifatnya yg terus menerus diproduksi, dieksplore & dikonsumsi..

Anonymous said...

Trima kasih share ilmunya Pak. Tapi untuk masalah agama,hmmm... bertanya pada mbah google memang memberikan pengetahuan agama, tapi tidak kepahaman agama Pak IS. di tempat saya banyak orang yang kalau debat agama bisa mengalahkan kyai tapi sholat saja bolong bolong, bahkan ada yang tidak sama sekali.

kumbayamylord said...

Setuju sekali...

Anonymous said...

Pak Is

Saya pembaca setia blog ini, ulasan ekonominya bagus2, cuman ulasan agamanya mohon dikurangi sedikit lah, seperlunya aja atau tidak usah sama sekali biar focus ke masalah ekonomi hehehe

Anonymous said...

FYI..

Ongkos produksi minyak mentah saudi 10-17 U$/brrl

m.detik.com/finance/read/2015/02/02/104838/2820676/1034/meski-harga-minyak-us--20-barel-arab-saudi-masih-untung


Rig count turun dr 1600 ke 500 an

pak IS..ada kah faktor2 yg bisa membuat minyak kembali bullish?

Apa sebenarnya yang sedang terjadi di perekonomian kita karena sekarang usaha makin susah dan susah?

Salam U$

Anonymous said...

Dari bloomberg..
http://www.bloomberg.com/news/articles/2015-12-14/rupiah-leads-losses-in-asia-as-indonesian-bonds-drop-before-fed

Bhineka said...

Trima kasih share ilmunya Pak. Tapi untuk masalah agama,hmmm... bertanya pada mbah google memang memberikan pengetahuan agama, tapi tidak kepahaman agama Pak IS. di tempat saya banyak orang yang kalau debat agama bisa mengalahkan kyai tapi sholat saja bolong bolong, bahkan ada yang tidak sama sekali.


@Anonymous
Tapi mohon diketahui juga pak banyak orang Beragama, beriman, bertuhan dan Shalat 5 waktu yang seharusnya waras justru banyak tidak waras.

Pelaku Terorist Bom Bunuh Diri yang mengatas namakan Islam dan Bawa-bawa nama Allah apa itu bisa disebut waras ? tidak jarang terrorist ini shalatnya lengkap 5 waktu lho.
Pelaku perang salib yang doanya khusuk, bahkan di pedangnya diberi ukiran Tuhan Yesus, tetapi membantai wanita dan anak-anak muslim di Yerusalem apa bisa dibilang waras juga ?

Kesimpulan, orang beriman dan beragama belum tentu WARAS.

Anonymous said...

Mas IS, China pasti akan mendevaluasi mata uangnya karena kalo ngga akan terkerek naik seiring naiknya nilai USD.
Kecuali kalau RMB sudah tidak dipatok terhadap USD.

Imam Semar said...

Baru saja dicetitakan bond non-investment grade, termasuk BBB bakal jatuh....ternyata benar.

http://www.bloomberg.com/news/articles/2015-12-14/rupiah-leads-losses-in-asia-as-indonesian-bonds-drop-before-fed

Ongkos produksi minyak saudi boleh $1, tetapi kalau tidak ada perminraan, sedangkan supply nya bsnyak...., harga bakal jatuh.

Imam Semar said...

Yg perlu diperhatikan untuk saudi atau negara minyak manapun kalau budget negaranya bergantung pada minyak, maka penurunan harga minyak bisa membuat budget pemerintahnya terganggu. Untuk saudi di bawah $70.

Anonymous said...

Orang yang ngaku2 beriman bilang orang kafir pasti orang munafik
Orang yang ngaku2 waras bilang orang lain ga waras pasti orang gila

Kebenanran hakiki tak oerlu pengakuan diri, pengakuan diri hanyala bentuk kesombongan dan kebohongan.

Anonymous said...

Kapan dirilis artikel paska krisis broo..??

GOLD FOR MONEY VALUES said...

To Om Semar.,...
1. Ane termasuk yang mengikuti blog pak IS dari dulu.. its very incredible,, amazing... analisanya hampir mendekati fakta yang terjadi saat ini dan saat yang akan datang. seharusnya ada Fakultas Ekonomi yang memberi gelar double Dr. honoris causa buat pak IS atas 2 desertasi yang menjadi fakta ekonomi dikemudian hari yg membuat para DR ahli ekonomi macam orang bodo yang kasih komentar di TV-TV..
2. Ada pertanyaann buat pak IS,,
a. Pak is sudah memprediksi dengan analisa yang luar biasa,,, lantas pertanyaan selanjutnya apa solusi terbaik dari pak is? untuk rakyat kecil? bahkan pemerintah?
b. Tidak semua Dr ekonomi mengerti akar permasalahan kenapa dan apa yang sedang terjadi, apakah pak IS tidak berminat untuk bergabung dengan memberi nasehat kepada penentu kebijakan ekonomi pemerintah? apakah terlalu banyak mafia atau Dr yang sok pintar ekonomi???
c. Bagaimana bisa pada masa deflasi emas turun nilainya terhadap dollar? padahal dollar selalu dicetak terus menerus tanpa jaminan emas? Apalagi pemerintah defisit anggaran (perlu uang)? pasti bank central bakal cetak uang terus menerus?
d. Sy mendengar, klo menghadapi situasi krisis deflasionary cara terbaik adalah sedekah yang sebanyak banyaknya agar aktifitas ekonomi berdenyut? betul tidak pak Is..

Demikian kami sampaikan, buat pak IS jaga baik baik simpanan dollar pak Is.. dan sebaik sebaik simpanan adalah simpanan sedekah ya pak Is...

Anonymous said...

Alo om kalo US dollar too strong apa gak ada efek ke perekonomian mereka, dilihat dari ekspor dan defisit perdagangan?
Sknenario ini pastinya udah jd perhatian pemerintah mereka. Lalu apa kira2 antisipasinya? Tidak ada atau memang sengaja dibiarkan saja?
Negara mana saja yg lebih siap atau terkaparnya tdk parah2 amat mengantisipasi krisis deflasi ke depannya. Tolong analisanya om..

TD

Anonymous said...

Imam Semar tidak akan bisa memberikan solusi untuk pemerintah, karena Imam Semar justru ingin menghapuskan atau menghilangkan pemerintah.

Imam Semar tidak akan bisa memberikan solusi untuk rakyat kecil, karena Imam Semar tidak pernah jadi rakyat kecil, dari kecil lahir-lahir sudah jadi anak orang kaya, sekolah di luar negeri, kerjanya pun di sektor yang sangat basah. Paling-paling solusinya ya justru silahkan ikut menghilang saja, karena rakyat kecil tidak akan punya modal untuk beli dollar untuk long term seperti rakyat EOWI,

Bibit said...

Pak IS,

Apakah emas tahun depan akan naik tinggi sebagai akibat semakin rusaknya tataran ekonomi dunia? Di US akan banyak credit default dari perusahaan minyak berbasis fracking.

Anonymous said...

Saya rasa utk rakyat yg menabung susah payah sedikit demi sedikit selama lebih dari 10 thn buat bekal hari tua, dan masih akan terus menabung tiap bulannya dan misalnya sdh terkumpul 300-400 jt rupiah, bisa dikatakan rakyat kecil lah...mereka2 ini tdk termasuk org kaya apalagi kaya raya. Tdk ada salahnya kalau mereka menyelamatkan nilai uang mrk dgn mengkonversi ke dollar bukan utk spekulasi atau ambil untung, hanya sekedar agar nilainya tdk turun. Disini letak kedermawanan Pak Is membantu sesama dengan memberi pendapat ttg prediksi ekonomi beliau di blog ini terlepas dari pembacanya mau ngikut atau tidak ya hak pribadi yg baca. Soal Pak Is mungkin..sekali lagi mungkiinn ( saya tdk kenal beliau secara pribadi, hanya sbg pembaca setia blog ini) org kaya dan latar belakang beliau berada, toh tdk ada salahnya jadi org kaya...apalagi sdh kaya baik hati pula jadi cakep deehh org2 seperti Pak Is ini hahaha inner beauty nya memancar haha

Satu hal lagi, saya cenderung fokus pada apa yg sudah dilakukan seseorang, sumbangsihnya kepada sesama baik skala kecil atau besar daripada mencari2 dan fokus pada apa yg belum diperbuat oleh seseorang, yah walaupun utk kasus2 tertentu memang perlu jg krn ini yg dinamakan kelalaian ( blm/tdk melakukan sesuatu yg akibatnya merugikan org lain). Setidaknya blog ini sdh memberi pilihan cara berpikir menghadapi krisis. Setuju atau tdk terserah yg baca. Utk ke arah pemerintah, lha saya asumsikan dari membaca blog ini Pak Is tdk terjun ke politik, tdk ikut mencalonkan diri di pilkada dan bukan PNS berarti krg tepat kalau beliau diharapkan utk melakukan tugas2nya birokrat pemerintah dan politik. Kalau mau bertanya ttg pelaksanaan tugas pemerintah ya sebaiknya ditanyakan ke para wakil rakyat di DPR/MPR atau pejabat2 pemerintah.. Lha mereka kan menerjunkan diri ke bidang itu berarti sdh tau dong tanggung jawab dan tugasnya apa. Kalo ternyata menyalahgunakan wewenang atau gagal ya tanggung jawab dunia akhirat nanti. Ibaratnya kalo seseorg tdk melamar kerja sebagai wartawan ya dia tdk akan dan tdk perlu melakukan tugas wartawan. Alasan tdk terjun ke pekerjaan atau bidang tertentu ya yg bersangkutan yg tau, kebebasan pribadi lah.
-baracuda-

Anonymous said...

Untuk point d : apa mungkin sedekahnya itu artinya PAJAK yah? Semogaaa bukan ..jadi krisis deflasi , pajak digenjot buat ekonomi berdenyutttt ... Awwww sakit hati ini dueehh...pajak digenjot, benefitnyaa?

Jay-Z said...

Ganteng, pak IS!
Saya selalu setia pada anda!

Yaa seperti biasa,
Kawan2 yang saya share selalu mencibir,
Dan sekarang baru pada tau kalau wanti2 saya tentang tulisan pak IS ni benar.

Haha.
Gapapalah, walau sering mengingatkan lalu dicibir dan selalu terbukti benar, tapi tetap tidak ada yang pecaya,,
Yang penting diri sendiri selamat dulu.

Hehe

GOLD FOR MONEY VALUES said...

Rupiah NYUNGSEPPPPP ke posisi 14.121 per dollar

Anonymous said...

Saya rasa Pak IS tw setiap pemerintahan ada orang pintar , merekrut lulusan luar negeri dan memakai penasehat luar ngeri bahkan anak pejabat dan pengusaha dikirim belajar keluar ngeri. Rakyat kecil cenderung berpikir praktis jika ng pny tabungan berarti balik kampung halaman jadi petani walau lahan kecil. Jadi pemerintah seringkali selalu gagal memahami cara berpikir praktis ini

Anonymous said...

BI aksi ambil untung (intervensi).. RP kembali di bawah 14ribu.. di tengah berita defisit neraca perdagangan RI pertama di 2015..

Berdasarkan data Bloomberg, Badan Pusat Statistik melaporkan aktivitas perdagangan internasional Indonesia sepanjang November menghasilkan defisit US$350 juta, defisit pertama tahun ini, setelah membukukan surplus US$1.019,00 pada Oktober.
Nilai ekspor Indonesia sepanjang November merosot 17,58% dibandingkan tahun lalu, sedangkan nilai impor turun 18,03%.
Neraca perdagangan Indonesia mencatatkan defisit di saat mayoritas ekonom memproyeksikan surplus. Median proyeksi ekonom yang disurvei Bloomberg memperkirakan surplus November senilai US$900 juta.

Gov said...

Hati2 para spekulan dollar,belajarlah dari kasus september lalu menjelang rapat fed rupiah tertekan ke 14.800 setelah kep fed rupiah kembali ke nilai fundamentalnya 13,300, tinggal 1 hari menjelang rapat fed rupiah tidak mendekati nilai 14.800 namun hanya sempat di 14.1xx kemarin dan hari ini justru menguat tipis menjadi 14.030.

Bi masih mempunyai amunisi $100m untuk intervensi,regulasi kebijakan jokowi sudah siap dijalankan tahun depan.

negara2 mulai menggodog menerbitkan yuan bond, korsel dan kanada telah mendapat persetujuan dr pboc untuk menerbitkan yuan bond. Dengan hadirnya yuan mata uang neg ek no 2 dunia di sdr membuat dollar akan mengalami koreksi

Rupiah masih berpotensi bermanuver kembali terhadap dollar,bersiaplah.

Mengenai minyak dunia,Arab memang secara sengaja menjatuhkan harga minyak untuk menghancurkan produksi shale oil dr amerika sebagai pemain baru.

Arab adalah negara yang sangat kaya raya sebagai pemain lama dan terbesar dalam sektor minyak, kekayaannya sudah menggunung-gunung saat harga minyak melebihi $100/bbl dimana cost produksinya hanya $10/brl selama beberapa dekade, dalam dunia bisnis pemain besar akan memakan pemain baru dengan menghancurkan harga,pada akhirnya pemain dengan sumber daya terbesarlah yang akan menang..

Mamamia lezatozzz said...

Sampai tahun 2019 jangan sebut2 pak is lagi,tp sebut saja pak i$,okey..??
Hehehe just for joking

asuransi said...

Kita lihat besok 16 dec pengumuman the fed :)

p45 said...

@gov (adre bkn?)

Semua org jg inget "septeber begini (nunjuk tembok), mulai oktober-november begini (nunjuk atep)"...halooo...UMKM terkapar semua sampai skrg.
Deja vu...

Devisa bakal dikekep abis2an ma agus, kecuali darmin & bambang dah guling2 atau gebugin agus bareng2. Kpn BI rate diturunin?

Kebijakan? Klo RI satu pingin cpt dia jg hrs cpt, perpres, pp, perment, dll musti cepet. Geser dr APBN ke APBN-P aja bru 30%, mau berkhayal lbh..optimis hrs realistis..aplikasi di lapangan tdk semudah di atas kertas.

Yuan, gak ngaruh2 amat lah, toh kita dah perjanjian swap currency tetep defisit, sama aja cman beda beras premium ke beras raskin. Apakah beras raskin siap dgn pasokanya, dia sendiri lg kembang kempis.

Minyak, kpn BBM & TDL penyesuaian ngikutin harga minyak dunia?

Nih aku ksh kerjaan, layering jln nasional 103km, anggaran biaya Rp33M, successful fee mungkin bs cincay ma brokernya hehehe...klo situ msh relawan, sono mungkin dah mantan relawan...
(Sallam gigit jari)

p45 said...

Nambahin dikit ya...

Tuhan pencipta semua mahluk, termasuk setan. Dan tidak ada daya atau kuasa mahluk selain dr Tuhan.
Krn smua mahluk cuma wayangnya Tuhan, semua terserah si dalang (Tuhan).

Pertanyaannya, krn setan diciptakan oleh Tuhan, diberi daya & kuasa oleh Tuhan, dan setan hanya wayangnya Tuhan, apa bedaya setan dg Tuhan?

Kalo melihatNya maha baik, tentu tau yg maha sebaliknya jg sama.

Anonymous said...

@gov dkk
Kejadian harga2 domestik untuk minyak, listrik dkk, kembali membuktikan "sesuatu", kl selama ini terjadi ketimpangan distribusi dlm hubungan negara (pemerintah) & rakyatnya.. semenjak negara (pemerintah) berpola pikir & tindak seperti "pengusaha/swasta".. semuanya dihitung untung ruginya, dulu ketika harga minyak mahal, pertamina/pemerintah rame2 memperlihatkan "ketidakrelaan" jualan minyak domestiknya tidak mengikuti harga internasional, sampai pakai alasan premium/solar byk diselundupkan (dikemas sbg subsidi salah sasaran dkk).. skg ketika sudah "berdarah2" dari ekspor minyak yg merugi, konsumen domestiknya yg tetap disuruh "berkorban" menyubsidi (harga minyak domestik dibikin tetap tinggi, untuk menutupi kerugian ekspor migas).. kl pertamax 95 di malaysia skg harganya hanya setara rp.5.900 mengapa tidak ada yg menyelundupkannya ke indonesia ya? kan analoginya sama dgn alasan yg dipakai pemerintah setiap kali menaikkan bbm dulu2.. tambah lagi gaji aparatur negara, pejabat dkk jd prioritas terakhir untuk dipotong.. jadi pertanyaannya, siapa yg menyusu siapa? negara ini punya siapa? siapa yg dpt keuntungan lebih & siapa yg dapat kerugian lebih dari keberadaan pemerintahan yg (tetap) spt itu?

@p45
komen saudara yg terakhir itu, yg mempertanyakan Tuhan vs setan, rasanya jg bisa dianalogikan Tuhan vs manusia & setan vs manusia.. dlm ketiga hubungan itu, Tuhan, setan dan manusia, hanya Tuhan yg Maha Esa/Berkehendak, monopolistis, hidup ini berjalan apa kata Tuhan.. kl tidak cocok dgn keputusan/kehendakNYA, Tuhan sudah berfirman.. ya (minggatlah) cari aja kehidupan di dunia lain, jgn lg nongkrong/numpang di bumiKU.. sama analoginya dgn, ada org yg numpang di rumah kita, sdh kita kasih semua fasilitas, dari makan, tempat tidur, kamar mandi dkk gratis hanya minta spy ngakui kita sbg pengampunya, tapi kemudian malah "ngelunjak" mempertanyakan keabsahan kekuasaan kita di rumah kita tsb.. pastinya ditegur, dikurangi jatah fasilitasnya atau paling enak ya disuruh aj minggat, lebih cepat lebih baik.. :)

Gov said...

Umkm tidak semua terkapar, ada yg tumbuh menjadi skala nasional bahkan menjadi eksportir.ada yg sulit ada yang tumbuh pesat.

Devisa dipakai untuk anggaran2 penting,bi rate tidak diturunkan karena untuk menahan kekuatan rupiah. Sebagai apekulan dollar Anda tentu mengharapkan rupiah turun, tp saya jamin hidup anda akan makin susah jika rupiah tidak dijaga nilainya.

Yuan akan berdampak bagi negara2 yang berhubungan lgs dengan cina, sebagai poros ek no 2 cina mempunyai banyak kerjasama dengan berbagai negara di dunia,tentunya yuan akan memegang peran dlm kerjasama tersebut. Akan ada penyesuaian dalam reseve curency tahun depan, penyesuaian itu akan berdampak pada penggunaan dolar.

Neraca defisir karena eksport turun, import naik, import naik karena pembelian mesin dan peralatan listrik yg akan dioergunakan untuk mendukung oertumbuhan ek indonesia. dan jika ditotal dr jan-nov neraca masih surplus.

Akan ada penyesuaian di tahun 2016.

Tak perlu gigit jari, move on, salam ayo kerja

Anonymous said...

yang mulia pak Imam Semar (lgi demam nyebut yang mulia :p, tpi saya yakin semua pelindung kepala masih akan muat utk Pak IS)aliran kapital saat ini mayoritas dialirkan kemana? jika hanya balik kandang, apa hanya memang ongkang2 kaki saja dikandang, atw dimainkan di satu sektor yg ngak bisa dipahami olh orang awam?
sebaiknya utk kami2 wong cilik (latah) yg memiliki resource terbatas lebih baik di alokasikan disektor apa? maksud saya sektor riil apa? krn kami masih mau kerja disektor riil. ditunggu jawaban edannya? Salam.

Renddy

p45 said...

Hooh ya....setan ngelujak gak diusir yah...malah umurnya dipanjangin ampe kiamat...

Gov said...

Sudah terlalu lama kita dimanjakan dengan subsidi konsumtif di sektor bbm, subsidi yg lebih banyak mensubsidi golongan rakyat mampu dan tidak ada gunanya, hanya mendorong pertunbuhan kendaraan dimana2,polusi, kemacetan,kecelakaan..

Diaamping itu pem memiliki stock minyak dengan harga yang lebih tinggi drpd pergerakan harga minyak dunia saat ini, jika rakyat menuntut sesuai dengan harga internasional maka pem kembali mensubsidi, hal itu tidak ada gunanya buat kepentingan rakyat banyak hanya buat gol tertentu.

Lebih bermanfaat untuk pembangunan infrastrukyur, mass transport, tol laut.

Justru memang sudah saatnya indonesia dipimpin oleh org yg memang jago hitung untung rugi, seperti jokowi dan ahok. Jokowi menghitung lebih untung peralihan subsidi konsumtif ke pembangnan infra yg mendorong pertumbuhan indonesia kedepan,Lihat pejabat yang ditolak oleh ahok karena mengajukan kenaikan uang makan dinas dr 500 ke 2,5jt, kalo pemimpin tdk pandai hitung untung rugi,siap2 dikibulin anak buahnya.

Negara adalah milik umum, semua diuntungkan, yang rugi adalah yang menentangnya, jika anda anggap pejabat tertentu lebih banyak ambil untung, skrg pem lebih rajin menagih yg bukan menjadi haknya, di akhiratpun sudah dihitung kewajibanya jika sudah waktunya diadili.

Anonymous said...

Yang mulia monopoly orang2 disenayan bray. Om IS sepertinya gak mau dipanggil seperti itu :p

Anonymous said...

Hamba-Nnya.

Saya menjelaskan dari Nubuatan Alkitab dimana Tuhan berfirman dan bernubuat lewat Nabi-nabiNya dan orang yang dikasihNya.

INGAT! Sebelum Yesus lahir (bermanifestasi sebagai manusia) Nabi terakhir datang ke dunia adalah Yohannes pembabtis, Yohannes lah yang berseru-seru kepada kaumnya (bangsa Israel) pada saat itu:

- Siapkan jalan bagi Tuhan
- Luruskan lah yang berlekuk-lekuk
- Anak Manusia akan datang dan berada ditengah-tengah-Mu
Pesan ini datang menjelang Yesus lahir ke dunia.

Menjelang Yesus naik ke Sorga setelah mati mengenakan tubuh kemulian, ada seorang Rasul (Murid Yesus) yang bernama Yohannes (namanya sama dengan Yohannes Pembabtis). Kebetulan namanya sama, tetapi orangnya berbeda dan masanya berbeda. Alkitab mencatat bahwa Yohannes adalah murid kesayangan Yesus diantara ke-12 murid2-Nya.

Dan kepada Yohannes inilah Tuhan Yesus bernubuat (vision) tentang apa yang terjadi menjelang Kedatangan Mesias dan kesudahan dunia pada akhir zaman.

Ketika Yesus berbicara kepada murid-muridNya bahwa diantara kalian (murid-2Nya, jika saya berkata dia (Yohanes) tidak akan mati sebelum melihat tentang akhir dunia. Murid-2Nya bingung ketika itu, mereka berpikir ada seseorang diantara mereka tidak akan mati sebelum melihat apa yang terjadi pada akhir zaman. Tapi, apa mungkin Yohannes hidup lebih dari 2000 tahun?!. Padahal maksud perkataan Yesus adalah kepada rasul Yohanes lah Tuhan menyingkapkan (menubuatkan) apa yang akan terjadi menjelang akhir dunia ini sebelum Yohanes meninggal dan saat itu umurnya sudah sangat ujur.

Sdr/i bisa buka kitab Wahyu bagi non-Nasrani (tidak usah sungkan-sungkan) karena Bible universal buat semua orang karena Tuhan yang kami sembah adalah Tuhan yang mengasihi orang yang merindukan dan mencari DIA dengan hati yang tulus.

Inilah pesan Yesus kepada Yohannes menjelang akhir zaman (secara berurutan/sistematis):

Materai#1: Kuda Putih > Munculnya Osama Bin Laden sebagai tokoh/ pemimpin terorist
Materai#2: Kuda Merah > Global terorist
Materai#3: Kuda kuda hitam > Global economy collapse (2014~ 2016). Puncaknya di tahun 2016.
Materai#4: Kuda Hijau > Pandemic infection (ebola)(2014-2016)
Materai#5: Di dunia: Perjanjian damai ditanda-tangani. Orang-orang yang mati teraniaya oleh karna iman kepada Kristus Yesus, mereka berseru-seru kepada Tuhan, berapa lama lagi yah Tuhan, Engkau tidak membalaskan darah orang-orang kudus.

Materai#6: Badai meteor-1 akan jatuh di atas bumi. Ini terkait dengan penelitian yang dilakukan Gill P. Broussard tentang planet-7X akan memasuki solar system pada bulan Desember 2015 mestinya akan terlihat pada langit malam. Prediksi akan crossing pada lintasan bumi pada bulan pertengahan Maret 2016 (Passover).
Coba Anda searching internet berita terkait planet-7X (planet X atau Nibiru) sedang ramai dibicarakan.

NOTE: Pada saat materai ke-6 dibuka, maka saat itu juga Anak Manusia yaitu Yehoshua Hamashiach yang dikenal sebagai Tuhan Yesus Kristus dan Isa Almasih yang ditulis dlm Quran akan muncul di atas awan, dan semua orang di muka bumi akan menyaksikan PERISTIWA MENGAGUMKAN INI.

Materai#7: Seven Thunders yaitu 7 murka Tuhan terhadap dunia ini.

Pertanyaannya adalah kita saat ini sudah berada pada materai keberapa?

Kita sedang berada pada pembukaan materai yang ke-3 yaitu pada puncak KEJATUHAN EKONOMI GLOBAL.

Berjaga-jaga & berdoalah senantiasa, agar pada saat Kedatangan TUHAN (Yehoshua Hamashiach) tidak seperti waktu kedatangan pencuri bagi Sdr dan saya.

Salam,
Hamba-Nya

Anonymous said...

Bahasan anda sangat tidak berdasar, anda juga pernah demgan yakin mengatakan kiamat bloodmoon tp tidak terbukti kebenaranya, sekarang akhir jaman model baru bukaan kesekian..

Materai 1 di kitb wahyu adalah mesias palsu bukan terorist osama yang menyebarkan teror

Kalo skrg materai ke3 seperti kata anda, materai 4 ebola sudah ditemukan vaksinya da sudah berlalu.

Materai 6 anda katakan planetx bln des 2015 tp skrg masih materai ke3, urutanya kacau, logikanya kacau.

Jangan memakai agama anda untuk dijadikan lelucon, mungkin saya sarankan anda untuk cek ke psikiater, ada gejala ocd pd diri anda, bukan obsesif corbuzier diet, tp obsesif
Compulsif disorder gamgguan yang melakukan hal yg sama terus menerus dan mencemaskannya hal yang sama terus menerus.

Anonymous said...

Bahasan anda sangat tidak berdasar, anda juga pernah demgan yakin mengatakan kiamat bloodmoon tp tidak terbukti kebenaranya, sekarang akhir jaman model baru bukaan kesekian..

Materai 1 di kitb wahyu adalah mesias palsu bukan terorist osama yang menyebarkan teror

Kalo skrg materai ke3 seperti kata anda, materai 4 ebola sudah ditemukan vaksinya da sudah berlalu.

Materai 6 anda katakan planetx bln des 2015 tp skrg masih materai ke3, urutanya kacau, logikanya kacau.

Jangan memakai agama anda untuk dijadikan lelucon, mungkin saya sarankan anda untuk cek ke psikiater, ada gejala ocd pd diri anda, bukan obsesif corbuzier diet, tp obsesif
Compulsif disorder gamgguan yang melakukan hal yg sama terus menerus dan mencemaskannya hal yang sama terus menerus. Berobatlah

Anonymous said...

Oalah ndre,kamu itu dibodohi pem atau kaki tangan pemerintah sih..???
Tau gak subsidi bbm itu di cabut trus dialirin kemana,tingkat kebocorannya berapa?,yang senang itu ya pemerintah dan kroni kroninya bisa buat proyek yg kebanyakan gak perlu dan gak penting dan cuma ajang korupsi dan pencitraan saja
Yg susah ya rakyat..bodoh kamu ini,makan tuh pencitraannya jokowi dijamin lama lama muak sendiri

Anonymous said...

Bank Sentral Amerika Serikat atau Federal Reserve menaikkan suku bunga acuan 0,25% basis poin yang tercatat sebagai kenaikan pertama sejak 2006.

Kebijakan menaikkan suku bunga dari hampir 0% ini ditempuh atas beberapa pertimbangan termasuk peningkatan jumlah belanja rumah tangga dan peningkatan investasi.

Pengambilan keputusan dilakukan oleh sebuah komite Bank Sentral dengan suara bulat.

"Komite menilai telah ada perbaikan besar terkait situasi pasar lapangan kerja tahun ini, dan cukup yakin inflasi akan naik, dalam jangka menengah, ke level 2% sebagaimana yang ditetapkan," demikian bunyi pernyataan Bank Sentral pada Rabu (16/12).

Dikatakannya bahwa bank akan terus memantau inflasi dan lapangan kerja untuk menentukan apakah suku bunga perlu dinaikkan lagi.

Gubernur Federal Reserve, Janet Yellen, mengatakan komite ini yakin perekonomian AS akan "terus menguat" tetapi masih "ada ruang untuk perbaikan".

Tak lama setelah pengumuman, bank-bank besar di negara itu menaikkan suku bunga dasar kredit dari 3,25% menjadi 3,50%.

Anonymous said...

Yang comment pada ngak waras semua...berdebat berasa paling jago baik ilmu agama sama ilmu ekonomi...padahal mah blm tentu tiap hari ngomong ama Tuhan...belum tentu juga pada ngamanin posisi cashnya...padahal IS selalu mengajarkan jangan kebanyakan teori...kalo mau teori jadi pejabat aja...:D

Anonymous said...

Ada orang idupnya susah, sakit hati, cari kambing hahahaha..
kalo ngomong pake bukti mas jgn pake dengkul, ada bukti aja bisa berkelit.

Anonymous said...

Ini yang bikin blog banyak menyadur teori-teori, makanya isi conentnya teori2, disini serba teori riilnya ga ada, penulis juga ga riil pake nama samaran, org yg ga jelas backgroundnya jgn terlalu dipikirin namanya juga just for fun, semua disini cari fun aja intinya bukan cari keuntungan riil

Imam Semar said...

New low untuk gold

Anonymous said...

@p45.. eh, setan ga pernah ngelunjak ke Tuhan pak.. dy hy kehilangan "akal" krn bisa dikalahkan oleh Nabi Adam (waktu dikompetisikan oleh Tuhan), pikirnya.. ini anak kemarin sore kok bisa aj ngalahin iblis yg sdh sgt berprestasi (byk loh piagam penghargaan topnya si iblis dari Tuhan sebelumnya).. malah ada yg mengatakan kl iblis itu makhlukNYA yg juara soal ketaatan/kinerja pengabdian kepada Tuhan sebelum Nabi Adam diciptakanNYA.. namanya hidup, ya barangkali kemudian Tuhan "berkeinginan" ngetest2 terus makhlukNYA, termasuk kpd Iblis, jadilah dia kemudian ditest dgn keberadaan Nabi Adam.. lah kok justru itu yg bikin si iblis terjerumus jd tidak taat lagi.. (mirip dgn kehidupan manusia yah.. senior2 biasanya memang "kesulitan" ngeredam "bawaan" egonya buat ngakuin kebenaran terutama kl kebenaran itu berasal dari "yunior"nya, ga peduli pejabat/profesor/doktor/dosen/guru/kyai/ustadz.. semuanya berkecenderungan yg sama (tenggelam oleh ego kesenioritasnnya, jadi kebawa sok paling tahu, sok paling bisa.. terkecuali yg hatinya memang ikhlas "berserah diri" hanya kpd Tuhannya.. bukan berserah diri ke sesama makhluk lho yaa..)..

@gov dkk
tapi anda ngakuin ga? kl justru ketika subsidi2 "terukur & merata" kyk subsidi harga BBM dkk itu masih dikucurkan, geliat ekonomi lebih terasa?? ekonomi tahun2 di mana subsidi dipelihara justru lebih bagus secara kenyataannya daripada ketika subsidi rame2 dicabut.. selama yg menggerakkan ekonomi RI itu swasta, tidak relevan rasanya anda membenturkan pelonggaran subsidi vs pencabutan subsidi.. skg dgn subsidi "yg tidak terukur & merata" seperti menaikkan gaji pejabat, pns dkk, swasta ga dapat lagi, baru kerasa kan kl ekonomi cdrg melambat/mandek.. sebarin duit APBN itu seluas2nya ke rakyatnya biar dia yg jual beli, yg usaha/bangun & yg berinvestasi... pemerintah & aparatnya tidur aj lah (karena semakin sedikit dia cawe2, semakin sedikit kemudaratan dari birokrasi yg berbelit2 high cost economy)...
coba anda share dari PDB, sejak Indonesia merdeka, berapa perbandingan produktivitas negara riil (pemerintah, bumn2 dkk) vs swasta..

Anonymous said...

googleweblight.com/?lite_url=http://www.bca.co.id/id/kurs-sukubunga/kurs_counter_bca/kurs_counter_bca_landing.jsp&ei=NtUDC4Rv&lc=en-ID&geid=9&s=1&m=576&ts=1450398657&sig=ALL1Aj41ar5YvExrcgsjPflGDcmQYpLM2Q


Kurs USD jumat 14.010-14.030

Suku bunga the fed naik. Mengapa rupiah justru menguat?

Apakah ada udang lobster di balik batu bung IS?

Anonymous said...

Kondisi perekonomian Indonesia saat ini dinilai tidak jauh berbeda jika dibandingkan pada zaman Vereenigde Oost-indische Compagnie (VOC) Belanda. Pada kala itu, Indonesia bergantung pada sektor primer, seperti pertanian rakyat, perkebunan, pertambangan dan perikanan untuk penerimaan negara dari sisi ekspor. Kini, Indonesia pun masih mengandalkan sektor tersebut untuk menunjang ekspor.

Hal ini diungkapkan oleh Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Anwar Nasution saat acara Outlook BUMN 2016 di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (17/12/2015).

"‎Ekonomi kita enggak beda dengan jaman VOC. Tergantung pada perkebunan, perikanan rakyat. Kalau cuma menghasilkan sawit, tapi bikin CPO diolah di sana enggak bisa kaya," tegasnya.

Anwar yang pernah menjabat mantan deputi gubernur Bank Indonesia (BI) menambahkan, dengan kondisi ekonomi Indonesia tidak jauh beda dengan zaman VOC, membuat perekonomian Indonesia sangat mudah terkena gejolak pada perekonomian global.

Gejolak eksternal tersebut sangat mempengaruhi kondisi perekonomian Indonesia karena porsi pendapatan nasional baik dari penerimaan ekspor maupun penerimaan negara lainnya masih bergantung pada komoditas ekspor tersebut.

Lanjut Anwar menjelaskan, ekonomi Indonesia saat ini tengah menghadapi tiga gejolak perekonomian global. Pertama, penurunan jumlah permintaan dan tingkat harga komoditi primer sejak 2010, baik hasil perkebunan maupun pertambangan.

"Ini merupakan akibat dari kemerosotan ekonomi China dan India yang merupakan pangsa pasar utama ekspor bahan mentah kita," sambungnya.

Gejolak kedua adalah ketidakpastian berakhirnya kebijakan moneter terutama di Amerika Serikat, Uni Eropa, Inggris, dan Jepang.

"Selain itu, adanya bencana alam el nino yang menyebabkan kebakaran hutan di seluruh wilayah Indonesia. Akibatnya bahan makanan banyak yang impor karena gagal panen," tukasnya.

Anonymous said...

Presiden Direktur PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) Theo Lekatompessy menilai, proyek tol laut Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya sekadar bungkus, belum ada isi yang signifikan.

Menurutnya, belum ada proyek nyata dari proses pembangunan tol laut dari Sabang sampai Merauke tersebut, misalnya penambahan pelabuhan yang besar.

"Tol laut bungkusnya bagus tapi proyeknya tidak ada, yang pasti tol laut jalan seberapa tergantung pelabuhan besar, jadi terus terang bungkus saja," ujarnya di Jakarta, Rabu (16/12/2015).

Menurutnya, perusahaan yang bergerak di bidang transportasi kapal laut pengangkut barang seperti Humpuss membutuhkan banyak pelabuhan agar bisa menunjang kinerja.

"Bukan urusan saya akan ada tambahan berapa pelabuhan tapi pelabuhan terpelihara, saya pakai, pelabuhan besar butuh kapal masuk-keluar," kata Theo.

Selain itu, dengan akan bergulirnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun depan membuat kapal asing masuk lebih banyak lagi.

"Dengan MEA akan banyak kapal asing masuk yang berukuran besar. Kita kalah tapi tetap butuh kapal tunda dan kapal kecil untuk menarik kapal besar ke pelabuhan," tuturnya.

Dia menambahkan, industri komoditas dalam negeri saat ini masih belum siap menghadapi kompetisi perdagangan seperti MEA, sehingga masih banyak impor dan kapal asing yang menguasai. "Industri tidak bagus masih banyak impor, kapal pandu butuh lebih banyak," pungkas Theo.


Mohon maklum pak, duit buat bangun2nya udh dipotong sama JK.. lha wong buat operasional harian aj APBN udh kembang kempis.. entah tahun depan, kyknya sih APBN bisa tambah suram, demi target tahun ini setoran pajak banyak yg dipaksakan model "ijon" tahun ini, bisnis swasta jg sudah pada "kegencet/berdarah2" semua finansialnya dari 2013/2014.. yo wis lah, smpyn nikmati aj..

SinKron said...

Saya sudah ikutin nih blog sejak 2 tahun lalu. semakin lama saya baca semakin senang dan jatuh cinta saya sama bung is, saya kenalkan blog ini ke banyak teman saya, kalau bung is wanita mungkin saya kejar dan saya akan jadikan istri saya. hahahaha....
walaupun agak terlambat saya termasuk sudah mulai beli dollar di kisaran harga 11.000, saya beli sedikit2 pelan2, palingan 1000-3000 dollar per bulan tergantung rejeki. saat ini ga terasa sudah 14.000 per dollar.


Saya sendiri pelaku usaha aktif dan Pasif.


Salah satu usaha pasif saya adalah Franchise Minimarket, saya memiliki beberapa minimarket ini, semua tau Franchise minimarket ini sebenarnya adalah model penipuan gaya baru. Tetapi yang ditipu tidak akan merasa ditipu, karena selama keuntungannya ada dan lumayan, maka saya akan menutup mata dari segala tipu muslihat mereka mempermainkan franchiseenya.
Tetapi sejak pertengahan tahun 2014 mulai terasa kehancuran sektor minimarket ini, omzet saya menurun 20-40% sejak Novenmber 2014 dan insya allah sampe sekarang belum kembali naik lagi seperti dulu-dulu entah apa sebabnya, ijin-ijin dipersulit, pajak disikat, kalau cuman punya 1-2 unit siap2 aja kegencet pajak 1%nya.
saya bahkan pernah sok marah2 sama team manajemen mereka dan mereka pun mengganti kepala cabang yang handle Minimarket saya, penggantiannya kacab ini sama sekali tidak membuahkan hasil malah saya kadang merasa kasihan dan bersalah sama kepala cabang yang dahulu. sekarang saya memilih diam, memangnya lagi sepi, mau diapa2in juga tetep sepi. Semua manajemen Minimarket pun mengatakan Semua minimarket mengalami penurunan omzet antara 10-50% merata diseluruh Indonesia.


selain Usaha pasif saya juga memiliki usaha aktif salah satunya adalah usaha toko sembako, usaha saya termasuk besar, dan banyak orang yang sering iri kepada saya karena usaha saya tidak pernah sepi dan usaha sepanjang masa katanya karena bebas krisis.
mungkin yang lihat sekilas merasa usaha saya ini tidak pernah sepi dan tahan krisis tapi sadarkan kalian sejak pertengahan 2014 usaha sembako ini sudah menelan 50% saingan saya bankrut karena ga tahan perang harga sama toko lainnya. dan keuntungan real saya berkurang 40-60% daripada tahun-tahun sebelumnya sejak 2014.
Saya menjual barang saya genjot ke harga terendah demi mempertahankan omzet, no profit no problem yang penting saya survive. akibat kebijakan saya ini sekitar separuh pesaing saya memilih menutup bisnisnya. atau ganti bermain di komoditas yang masih hijau pasarnya, entah selamanya entah sementara tak ada yang tau.


Kalau ada yang bilang bisnis mereka tetep rame bahkan berkembang pesat dimasa sekarang ini kadang saya penasaran, emang anda bisnis apa yah ? pake ajimat apa ? atau doa sama siapa ? atau apa rahasianya ? saya beneran pengen tau. hahahahaha.....salam damai saudara sekalian...

Anonymous said...

Emang dr jaman voc sampai skrg indo kaya hasil alamnya,malah dr jmn voc smp skrg ttp ekspor hasil alam itu nilai plus, beneran kaya.

Tu direktur hits sentimen soalnya kalo ada tol laut lahan pekerjaannya yg strategis bakalan diambil banyak sama kapal dinas dr pem. Ya dilihat saja, yg penting bungkusnya bagus hanya masalah waktu dibuka dan menikmati isinya yg bagus. Salam dua jari, salam idr sakti hahaha

Anonymous said...

Sama seperti kasus september lalu, setelah putusan fed idr balik arah menguat. Karena 2 faktor, pemimpin masa yg berkarakter dan pintar jokowi dan ahok, dan fundamental indonesia yg sebenarnya.

Gov said...

Tidak, subsidi hanya khusus untuk yg tidak mampu, subsidi bbm sangat bodoh, memberi subsidi untuk golongan mampu dan hangus tidak berdampak apapun, jika ini ditruskan selamanya indo tidak akan maju.

Perekonomian susah bkn karena subsidi dicabut, tp lebih banyak faktor external.

Sekali lagi, subsidi hanya intuk orang tidak mampu dan tidak mandiri.

Tanpa subsidi dan MEA sebentar lagi akan melahirkan 2 tipe sdm, sdm yg benar2 berkualitas dan mandiri krn mampu beradaptasi dengan kesulitan dan tantangan berat, dan sdm kualitas rendah tidak bisa beradaptasi, dan cenderung stress, sdm ini akan disubsidi di panti2 negara.

Yang tidak disubsidi adalah sdm mampu dan berkualitas.

Pem memang butuh perbaikan massal, namun jika anda menilai pem tidak perlu ada,tdk perlu ikut2, anda akan masuk ke jaman hukum rimba yang lebih parah lagi. Masalah itu diowrbaiki bukan dihilangkan.

Beruntung masih ada jokowi dan ahok di pem yg sedang sakit ini, sistem birokrasi satu pintu, ebudgeting adalah usaha mereka memperbaiki birokrasi yg bobrok, semua perlu waktu dan tenaga, mereka tdk bs bergerak tanpa dukungan.

Anonymous said...

Bisnis rokok..

Ga ada mati nya...yg mati yg ngerokok

*peace*

Anonymous said...

sudah kelihatan benar kl blog ini dimasukin blogger2 plat merah.. yg memang kerjaannya membela juragannya.. hei.. cb lihat di arus bawah, pelan tapi pasti semakin banyak yg sudah kehilangan respek ke kedua orang itu lho (bagi yg duduk di kursi empuk, lihat aj survei2 indeks kepuasan masyarakat).. yah, macam2 sih alasannya, tapi jumlah mereka juga massif.. yg ga bisa dininabobokkan dgn dongeng2 takhayul teoritis ala pejabat orla orba.. sy sih berharap mereka segera bergerak, jadi biar ada perubahan lagi.. soal subsidi untuk orang miskin itu memang biarkan urusan pemerintah yg memang berkepentingan untuk itu, jadi buat orang kaya? ya subsidilah diri anda sendiri dgn jalan macam2.. salah satunya seperti yg dilakukan bung IS (efisiensi & pintar2lah mengatur soal investasi, pajak dkk).. pemerintah boleh berpikiran tindakannya yg terbaik (meski dengan membebani rakyatnya), rakyatnya pun boleh (meski dengan "membebani" pemerintah).. adil, normal & semoga beruntung.. :D

Anonymous said...

yg sy agak heran itu, mengapa dgn yuan jd SDR & digadang2 dapat menggantikan USD untuk transaksi dgn indonesia itu, para pejabat jadi senang? padahal itu jadi jalan masuknya china untuk lebih leluasa mengekspor produk2nya ke indonesia dan itu sudah terbukti dgn defisit pertamanya di bulan nopember kemarin (saya yakin lebih besar prosentasenya barang2 konsumtif drpd barang modal/mesin2) artinya sekarang konsumsi indonesia yg dibiayai utang dari china.. sementara jualan komoditas indonesia ke china, pastinya masih tersendat karena industri manufaktur china terimbas lemahnya permintaan dari mitra dagang terbesarnya AS & EU dan murahnya harga & banyaknya pemasok, heran saja dgn "dongeng2 jebmen" pejabat2 kita ke rakyatnya seperti yg sudah2.. jadi mungkinkah th 2016 indonesia mau bangkit di tengah keterpurukan negara2 lain sesama penghasil komoditas/bahan baku & negara penghasil barang jadi? silakan direnungkan sambil lalu saja..

Anonymous said...

Bung IS, coba dibahas lebih dlm soal anomali di pasar uang.. sejak RP melemah drastis medio juli - september dan menguat drastis setelahnya kemarin, sy jadi cdrg kurang percaya dgn analisis pengamat2 yg katanya pakar itu.. mereka jg seperti dalang yg "ngarang2" cerita pewayangan aj.. mesti tetap ndalang karena sdh kadung tampil di panggung.. lihat saja, the fed menaikkan bunga pun kecil pengaruhnya dibanding pengaruh dari devaluasi yuan agustus kemarin (gampang ketebak).. seberapa besar keterkaitan RP dgn sistem finansial dunia sih?

Gov said...

Kisah anda saya ibaratnya demgan sebuah analogi singkat, anda naik di sebuah kapal besar, ketika ada badai, anda berusha menyelamatkan diri sendiri dengan membuat kapal kecil menggunakan kayu dari kapal yang anda naiki, anda justru melubangi kapal besar anda, pada akhirnya anda sendiri yang merasakan badai itu.

Makin banyak orang seperti anda yang menukarkan rupiah dengan dollar, makin rendah daya beli masyarakat karena dampak penurunan rupiah mempengaruhi segala aspek, termasuk bisnis retail anda. Anda menuai apa yang anda tabur.

Rahasianya cuma 1, org yg sukses karena mereka memiliki mindset yang benar, cari orang2 sukses disekitar anda, di kehidupan riil jgn di dinia maya,belajar dan contoh apa yg mereka lakukan.

Anonymous said...

Madesu..
http://www.bloomberg.com/news/articles/2015-12-20/rupiah-set-to-reclaim-worst-asian-currency-mantle-from-ringgit

Anonymous said...

rupiah menguat di level 13700an, prediksi bung IS meleset kali ini nampaknya

Lestari Fbbb said...

Meleset pak IS

waras tenan said...

FED rate naik,rupiah malah menguat bagaimana ini penjelasan dan analisanya pak IS?

Anonymous said...

Bung IS, yg bermain2 dgn kurs tukar kmrn2 siapa ya? hedgefund? setelah the fed menaikkan suku bunga, kelihatannya ada upaya Pem & BI all out untuk membuat rapor bagus di akhir tahun seperti biasanya di tahun2 lalu (pencitraan sesaat).. nanti kita lihat januari - maret, ketika amunisi mesti dihemat, uang semakin susah dicari.. barulah bisa lebih yakin fundamental RP thd USD/Yuan dkk. Emang agak mengherankan di tengah2 berita2 ekonomi RI yg memburuk.. pendapatan APBN per kemarin baru capai 76% dari target, belanja pun sudah 84% dari target.. apa yang nampak di sekeliling kita? adakah geliat ekonomi terasa lebih bagus, stagnan atw malah menguatkan hibernasi?.. orang bijak byk yg bilang saatnya memancing di kala air kembali surut.. belanja online ramai karena para marketplace rame2 mendiskon (mungkin sebagian besar berupa produk dumping dari china)?..

jangan mendahului KuasaNya said...

Salam Pak IS,
saya mau tanya , cara melihat total jendral $500 milyar utang sektor minyak dimana yah?


Terima Kasih

Van Gogh said...


Russia's Kudrin Pessimistic About Oil Prices -- Market Talk

21 January 2016, 11:44



0944 GMT Prices for oil, Russia's key exports, may fall as low as $16 per barrel, former Finance Minister Alexei Kudrin says, state-run RIA news agency reports. Mr. Kudrin, a prominent economist in the last decade, says crude prices haven't reached bottom yet but crude futures are unlikely to stay at low levels for long. The selloff is a shock for Russia's economy and ordinary Russians. USD/RUB spiked to a record high of 86 rubles on Thursday, heading away from levels of 30-35 rubles per dollar that Russians got used to live with before Moscow's annexation of Crimea in March 2014. (andrey.ostroukh@wsj.com)

Contact us in London. +44-20-7842-9464
markettalk@wsj.com


(END) Dow Jones Newswires

January 21, 2016 04:44 ET (09:44 GMT)

Copyright (c) 2016 Dow Jones & Company, Inc.

Aris Setymin said...

Kabar Baik, Setiap Satu. Nama saya Aris Setymin Dari Indonesia tapi aku tinggal di Prahova Rumania, aku cepat-cepat ingin menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman kredit Legit dan nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput untuk rahmat, saya pernah menjadi miskin wanita tapi dia telah berubah saya untuk orang kaya sekarang, karena saya sekarang dapat membanggakan dari hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan.

Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet, saya ditipu oleh perusahaan pinjaman lain untuk membayar jumlah total Rp98,700,500, saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi aku memutuskan untuk menghubungi seorang wanita yang baru saja pinjaman diterima secara online, kita membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang wanita bernama CYNTHIA JOHNSON yang merupakan CEO dari Cynthia Johnson Pinjaman Perusahaan.

Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman ($520,000.00USD) dengan tingkat bunga rendah dari 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan agunan untuk transfer pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat lisensi kesepakatan dari mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam dan 20 menit pinjaman disetorkan ke rekening bank saya.

Jadi saya ingin saran siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk cepat menghubungi dia melalui: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini dan saya berdoa agar Tuhan memberkati dia dan keluarganya untuk hal-hal baik yang telah dilakukan di hidupku. Anda juga dapat menghubungi saya di arissetymin@gmail.com untuk info lebih lanjut. dan di sini adalah email dari teman saya: ladymia383@gmail.com yang memperkenalkan saya kepada Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia.