___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Monday, May 17, 2010

Alarm Menyala!!

Apa berita dikoran yang paling hot akhir-akhir ini?

- Program bantuan kepada Yunani disepakati, tetapi sehari kemudian Euro jatuh lagi
- Prancis mau keluar dari Euro dan Euro akan kolaps
- Jerman setengah hati menolong Yunani
- Emas safe-haven

Kejadian ini sama dengan kejadian ketika US dollar akan mencapai bottomnya. Hanya saja topiknya adalah US dollar, bukan Euro. Waktu itu masih memerlukan 2 bulan untuk US dollar melakukan bottoming out dan menyelesaikan W-5 downnya. Akhirnya US dollar rebound.

Pendapat saya, dengan populasi bull hanya 2%, Euro sedang dalam proses bottoming out (Chart-1) menyelesaikan w-5 nya. Nampaknya w-5 adalah tipe extended w-5.Saya tidak tahu seberapa jauh w-5 akan mengalami extension. Kalau sebagian saja dari bear (10% -30%) hijrah ke kubu bull, sudah akan cukup untuk membalikkan arah pergerakan Euro. Saya tidak akan mengambil posisi long dengan leverage. Mungkin masih harus menunggu sampai ada tanda-tanda pembalikan arah dulu.



Chart 1

Sebaliknya dengan US dollar, rally impulsive 9 waves (intepretasi saya) diakhiri dengan w-9 yang bentuknya semi-parabolik. Paling tidak begitulah nampaknya pada saat ini (Chart-2). Rasanya untuk bisa melanjutkan rally dan membentuk 13 wave impulse agak kecil kemungkinannya. Impulse 13 wave jarang sekali terjadi. Dengan demikian saya cenderung untuk mengatakan bahwa US dollar akan terkoreksi (jangka pendek), sebelum melanjutkan rallynya kembali.


Chart 2


HIPER-INFLASI?
Kalau anda mengunjungi situs-situs emas, maka akan anda jumpai banyak yang mengatakan bahwa hiper-inflasi sedang berlangsung. Dan emas merupakan lindung nilai untuk kondisi hiper-inflasi.

Saya tidak bisa menerima pendapat ini karena sampai saat ini saya tidak melihat tanda-tandanya. Kalau hiper-inflasi berlangsung maka suku bunga treasury bond (TB) akan naik. Investor akan meminta bunga yang lebih tinggi untuk mengimbangi penggerusan nilai US dollar. Dan suku bunga 30 TB sama atau malah sedikit lebih rendah dari 3 tahun lalu (Chart-3).



Chart 3

Disamping itu money supply M3 yang dihitung kembali oleh situs NowandFutures.com sedang mengalami kontraksi sebesar –9% per tahun (Char-4). Jangankan hiper-inflasi US dollar, tanda-tanda inflasi US dollarpun tidak nampak.


Chart 4


Oleh sebab itu saya berani melakukan shorting emas dan perak jika kondisinya memungkinkan.

Sejak beberapa waktu lalu (seminggu lalu) saya mulai melakukan shorting terhadap emas melalui DLL. Sudah seminggu ini emas mengalami kesulitan untuk naik (Chart-5 untuk ETF GLD) setelah berhasil menembus ke atas bearish wedgenya. Pola gerakan harga emas sejak bulan Maret 2010 lalu, menunjukkan pola bearish wedge, sehingga akhirnya akan kembali menunjukkan pola bearnya, bukan bull. Disamping itu sentimen bullish di sektor emas sudah menyala menunjukkan level 98% bull. Ini rekor tertinggi. Padahal kekuatan relatifnya (RSI) masih di bawah Januari 2010 high.

Saya pikir minggu ini kita sudah bisa melihat harga emas akan terkoreksi, sekalipun kampanye lindung nilai terhadap hiper-inflasi dikobarkan. Kubu inflasi akan tertawa melihat komentar saya ini. Tetapi dalam 12 bulan lagi, mungkin sayalah yang teesenyum.


Chart 5

Perak lebih volatile dibandingkan dengan emas. Shorting perak dengan ZSL adalah bentuk shorting yang aggressive. Bagi yang berani, silahkan mencoba. Secara teknikal perak juga sudah siap untuk jatuh. Alarm sentimen bullish nya sudah menyala di level yang tinggi. Sentimennya sudah terlalu bullish (95% bull). Dan biasanya ini adalah puncak dari sentimen bull dan siap untuk tererosi menjadi bear. Perhatikan, perak mengalami kesulitan untuk menembus high bulan Desember 2009.



Chart 6

Kalau anda perhatikan, artikel EOWI akhir-akhir ini singkat-singkat saja. Ceritanya beberapa waktu lalu, ada seorang rekan menganjurkan kepada saya untuk menulis buku. Karena dia melihat artikel-artikel di EOWI bisa dipoles dan dijadikan buku. Sayangnya untuk memoles ternyata membutuhkan banyak waktu. Data-data harus diorganisir dan dirapikan. Kemudian, bahasa harus diperbaiki, dan banyak lagi. Judulnya “Penipu, Penipu Ulung, Politikus dan Cut Zahara Fona”. Isinya masalah inflasi/deflasi, pajak dan deception yang dilakukan oleh pemerintah. Tebalnya saya targetkan 350-400 halaman dengan grafik dan gambar. Kalau draftnya sudah jadi, saya mungkin akan mencari teman yang bisa me-review. Kemudian mencari publisher yang berani menerbitkan. Saya katakan “yang berani”, karena letak hiburannya ada pada sarkasme nya. Dan sarkasme terhadap politikus bisa membahayakan. Akhirnya, kalau tidak ada yang berani menerbitkannya, akan saya muat di EOWI saja.......

Sekian dulu. Sampai lain kali. Malam ini Leading economic indicator akan keluar. Insha Allah akan saya posting kan.


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

16 comments:

wilsonindra said...

Bung Imam, saya mendukung anda untuk menerbitkan buku dari bahan2 yang anda tulis di EOWI. Saya doakan semoga terlaksana niat anda untuk menerbitkan sebuah buku.

salam sejahtera,

Wilson Indra

Anonymous said...

hmmmmm.....kita liat aja nanti...

Anonymous said...

Paling-paling si semar salah lagi nih :D

ronym said...

Ada benarnya kalau emas mungkin akan terjadi bear bukannya bull
Namun jika melihat dari sejarah ?
5 tahun lalu... 10 tahun lalu ... 20 tahun lalu sampai 30 tahun lalu.
Kesimpulannya sederhana
Selama harga bakso, mie ayam, beras dan benda-benda riil lainnya naik, termasuk ongkos bis yang dulu cuma Rp 1,- ( tahun 1963 ).
...
You get it ?
Ongkos bis ( di jakarta ) sudah naik 3000 kali lipat lebih ( 300.000 % ) sejak 1963...
...
It's very simple
That is real inflation
Not the price is up...
But the money have been decline in purchasing power.
...
The question is
If there is a hill...
where is the cliff.
We have seen the cliff
Atau kita terlena dengan pemandangan yang indah dari pembangunan dan modernisasi... sampai-sampai tak terasa jurang ekonomi siap memerosokkan kita.
...
Kapan ?
Saat kita terperosok dalam jurang itu... baru kita sadar...
Ternyata itu jurang...

Anonymous said...

@Ronym,

Naik bis sekarang Rp3000 kah?

Thanks....

Lucas said...

important price 1140/45 SPX wacth this point

Anonymous said...

Gila malam ini, emas dihajar 30 poin (hampir 3%

Blue said...

Mas IS dan rekan sejawat :

DOW ambruk 3.6% dan saya dapat berita seperti berikutini :

Robert Prechter, president of Elliott Wave International said :

"We should be in for [another] week or two of pretty serious selling," Prechter says. "They'll be bounces along the way...but I think this should last a long time. We should be on schedule for a very, very long bear market period."

The best place for most people to be is in cash" and equivalents, he says. "You want maximum liquidity until this thing blows over."

Imam Semar said...

Saya sudah ngeshort aggresive emas, lebih-lebih perak.

Dalam 1-2 hari ini mungkin ada rebound, mungkin waktunya pendek tetapi menakutkan (tajam). Disitu kalau mau masuk short aggressive seperti triple dan double bear fund dari sektor bank, real estate, dan emerging market seperti Indonesia.... :D

Imam Semar said...

Ooh ada yang lupa. Malam ini adalah jumat ke 3. Expiry option. Biasanya akan ada short squeeze. Kalau terjadi..., maka kesempatan masuk posisi short.

Blue said...

Jual semua saham
Jual semua emas
Pegang US Dollar

Jika semau commodities crash termasuk emas, baru kita koleksi pelan pelan emas tsb

All just my opinions.

Strategy bagus kah ?
Mohon pendapat mas IS dan rekan2 sejawat

Imam Semar said...

@Blue,
Saya sejalan dengan anda. Hanya disamping yang safe - US dollar - juga aggressive short. Ini untuk yang jantungnya kuat saja.....

Anonymous said...

semoga buku EOWInya bisa menjelaskan kita dng baik...

ekonawa said...

@ rynom :

keknya ada peluang ongkos bis bakal kembali k jaman jadul nih :)



http://www.tempointeraktif.com/hg/perbankan_keuangan/2010/05/04/brk,20100504-245534,id.html

Anonymous said...

kalau sampe bi 'menggunting' 3 digit nol dapat dipastikan indo akan jadi zimbabwe yang kedua!!!

masih lebih baik mencetak uang 200000 selembar ketimbang membuang angka nolnya yang hanya akan menyebabkan kepanikan yang luar biasa!

Anonymous said...

mana .... emas naik terus kok di short