___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Friday, May 7, 2010

EMAS, DOLLAR DALAM ELLIOT WAVE PRESPEKTIF

Tadi malam papa Bear P3 datang menengok bursa. Indeks Dow sempat menyentuh -9.2%. Apakah beliau akan berpesta? Itu cerita untuk week-end. Sekarang EOWI akan cerita hal yang lain. Teori Idiot wave.


US DOLLAR
Saya memperhatikan perkembangan hitungan/pelabelan Elliot wave (EW) dari dollar dari beberapa minggu lalu sampai tadi malam. Berikut ini adalah chart yang pernah diterbitkan di EOWI.

Chart pertama dibuat tanggal 23 April 2010. Pelabelan w4 sebagai koreksi pola segi-tiga (a, b, c, d dan akan dilanjutkan dengan e) adalah yang yang paling umum terjadi. Sehingga saya, dan juga banyak analis akan memilih pelabelan ini, kalau tidak ada perkembangan lain. Tetapi apa yang terjadi?


Chart-1 USD tanggal 23 April 2010

Ketika yang seharusnya w-d (Chart-1) ternyata kemudian bisa melewati w-b (Chart-1) maka pelabelan dan intepretasi harus ditukar menjadi Chart-2 (3-May-2010). Skenario seperti ini adalah yang lebih sering terjadi dibandingkan dengan skenario lainnya. Oleh sebab itu saya memilih skenario ini. Ternyata inipun ternyata salah. Lihat Chart-3 yang diambil pada tanggal 5 May 2010.

Pada Chart-3 ini, interpretasi ternyata pretasi yang terbaik untuk rally dollar yang dimulai sejak awal Desaember 2009 adalah impulse wave, mungkin banyaknya 9, 13 atau 17. Korektif wave w-2 (hitam) baru akan muncul ketika impulse wave ini selesai yang banyaknya bisa 9, 13 atau 17. Kita lihat saja perkembangannya nanti.

Jadi teknik EW bukanlah teknik yang pasti. Kita hanya bisa memberi label untuk skenario yang paling sering terjadi. Kalau salah, harus dibetulkan lagi.


Chart-2 USD tanggal 3 May 2010



Chart-3 USD tanggal 5 May 2010
Catatan: Pada saat ini dollar rupiah berada pada posisi Rp 9200an. Padahal tahun lalu ketika indeks USD di levek 85 seperti sekarang ini, kurs dollar mencapai level Rp 11,000. Apakah rupiah akan segera melemah terhadap dollar? Pertimbangkan hal ini.

EMAS, BULL ATAU BEAR?
Chart-4 adalah chart emas yang saya buat tanggal 23 April 2010. Pelabelannya saya buat untuk chart tanggal 29 April 2010 (Chart-5). Pola trading emas masih akan di dalam segitiga bearnya (bearish wedge) dengan target topnya 1180 - 1185. Ini skenario yang paling umum. Tetapi apa yang terjadi kemudian?


Chart-4 Emas tanggal 23 April 2010


Chart-5 Emas tanggal 29 April 2010

Sampai tanggal 5 May 2010, saya amati lagi, dan ada skenario lain yang bisa terjadi, yaitu, w-5 belum selesai dan terjadi the final blow-off, harga emas akan menembus batas atas dari wedgenya – di atas 1180 – 1185. Kalau hal ini terjadi, berapakah harga maksimum yang bisa dicapai emas?

Dalam kaidah EW, w-3 tidak boleh menjadi wave yang terpendek. Jadi maksimum w-3 sama panjangnya dengan w-5. Kalau w-1 = 100 poin, w-3 84.5 poin maka level yang bisa dicapai w-5 maksimum adalah 1209 (84.5 poin).


Chart-5 Emas tanggal 6 May 2010

Tadi malam tanggal 6 May 2010, harga emas mengalami blow-off dan sempat ke 1211.5. Telah melewati target maksimum w-5. Apakah tadi malam itu akhir dari w-5 yang merupakan exhaustion buy-off???

Mungkin saja. Mungkin juga EW labelingnya harus dilihat kembali. Waktu yang akan membuktikannya.

Apakah emas menjadi safe-heaven selama papa bear P3 berkuasa....., ketika uncle bear P1 berkuasa, emas jeblok. Walaupun fundamental mengatakan bahwa emas akan menjadi safe-heaven dalam kondisi krisis keuangan....., nampaknya tahun 2007-2008 menunjukkan lain.

Market update: Kemungkinan P3 di bursa saham sudah datang...., volatilitas sangat tinggi. Tadi malam Dow sempat jatuh ke 9869.62 (minus 9.2%). Ini tanda-tanda P3 papa bear. Saya akan mencari entry point untuk masuk short dalam waktu dekat ini.

Sekian dulu,..... jaga investasi anda baik-baik. Big Papa Bear P3 sudah datang.


Jakarta 6 May 2010


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

10 comments:

smid said...

pak is,

jadi safe heaven kali ini usd atau emas??strateginya apa tetap collect usd?

regards,

smid

Warcaster said...

Pa, emas 1205. hitungan anda maknyus kali ini.
Regards,
Drik - Bdg

Anonymous said...

Ternyata Imam Semar gampang banget ketipunya.

The beating pulse of capitalism had a heart attack today, as the Dow Jones plunged, then soared again, in what's being called the biggest bungee jump in Wall Street history.

Here's why:

The Dow - that's America’s top 30 stocks - fell by almost 1000 points and in just a matter of minutes.

Then just as suddenly it shot almost all the way back up again.

Was there a doctor in the house?

No - apparently just a broker with a fat finger.

He hit the keys to dump $16 billion worth of stock, when he only meant to sell $16 million.

It's called "Fat Finger Syndrome", and it startled a market that was already feeling very twitchy.

Anonymous said...

@anonymous: sdah tahu berita itu mas...
tp apakah anda percaya secara harafiah memang itu yang terjadi? saya rasa kita harus pikir lagi...
jawabannya dapat kita lihat malam ini. Dengan non farm payroll yg keluar bagus dan kejadian "salah ketik" kemarin, harusnya malam ini bisa signifikan positif.

Tyo

Anonymous said...

Dua hari salah ketik?????

Wiro S.

Anonymous said...

Dua hari salah ketik???

Wiro S.

Anonymous said...

tiap hari salah ketik massss.....

Anonymous said...

tiap hari salah ketik masssss......

Anonymous said...

Pak IS:
Pak,Mohon dong jangan diplesetkan teori Elliot Wave dengan penamaan lain.
Karena menurut saya:
1.Teori itu paling tidak sudah terbukti membantu banyak trader di masa lalu termasuk saya, :)
ex simple: DJI pada th 2008 juga membentuk Elliot Wave
2.Saya rasa kalau Elliot masih hidup dan mendengarkan teorinya diplesetkan seperti ini, bisa kebakaran jenggot.
Kita ini semua manusia yg bisa buat kesalahan,dan menurut saya tidak perlu menjelekkan pendapat seseorang.Mari kita sama2 menghargai sama halnya saya menghargai analisa anda selama ini. Terlepas benar tidaknya

Matur Nuwun
Tyo

Anonymous said...

Hahahaha, para maniak short masih aja cari alasan.