___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Tuesday, May 4, 2010

MASIH BELUM BERANI BILANG: BEAR SUDAH DATANG

Walaupun minggu lalu saham Wall St sempat membuat new high (Chart-1) di 11258 pada indeks Dow Industrial, tetapi kemudian mengalami aksi jual yang agak brutal. Saya tidak melihat aksi jual ini ini akan berlanjut seperti tahun 2007-2008 dalam waktu-waktu dekat ini (hitungan minggu). Walaupun indeks Dow Industrial sudah pernah memasuki daerah retracement Fibonacci 2/3 dan 8/13 (Chart-2), pada minor wave koreksi kemarin tidak menunjukkan adanya konfirmasi bahwa P2 sudah selesai. Saya tidak akan mencantumkan hitungan Elliot Wave untuk minor wave. Lagipula, pada minggu sebelumnya Leading Economic Indicator menunjukkan angka yang positif. Investor masih akan berharap ekonomi akan membaik. Hal ini juga didukung oleh keluarnya angka GDP US untuk kwartal-1 2010 tumbuh 3.2%. Angka-angka ini akan tarik menarik dengan berita buruk dari Eropa, Yunani, Spanyol, Inggris dan Italy.


Chart 1

Mungkin saja P2 sudah selesai dan sekarang adalah P3, tetapi saya akan menunggu konfirmasi dulu. Paling tidak indeks Dow Industrial harus menembus 107300 dulu (Chart-2), baru bisa mengatakan bahwa bear sudah datang. Kali ini saya akan lebih berhati-hati lagi. Koreksi kali ini mungkin bisa cukup dalam, tetapi selama belum menembus 107300, saya tidak berani mengatakan bahwa bear sudah datang.


Chart 2

Kemungkinan koreksi dan meningkatnya volatilitas minggu lalu adalah suatu awal dari koreksi besar. Chart-3 di bawah saya ambil dari Investor Intellegent. Aksi beli yang tinggi menunjukkan klimaks. Dan klimaks kali ini, jauh lebih besar dari klimaks yang sebelumnya.


Chart 3

Bisa jadi bahwa level 11258 yang dicapai minggu lalu adalah akhir dari P2, tetapi untuk memastikannya, saya akan tunggu sampai indeks Dow menembus 107300 dulu. Artinya level buying klimaks bisa lebih tinggi lagi. Itu yang mau dikonfirmasi.

Suatu hal yang menarik terjadi minggu lalu, yaitu emas dan US dollar secara bersamaan mengalami penguatan. Biasanya antara emas dan dollar adalah berlawanan arah. Emas membentuk diagonal bearish wedge (Chart-4). Minor wave-5 kemungkinan akan impulsif dengan target 1180 – 1185, kemudian akan mengalami koreksi. Target koreksi ini harus dibawah wave 2 (1090). Chart-4 ini saya buat tanggal 29 April – akhir perdagangan hari Rabu. Dan tadi malam, hari Senin, emas sudah memasuki target. Dalam 1-2 hari ini diharapkan akan mengalami koreksi.


Chart 4

Kemungkinan kita akan melihat US dollar dan emas turun secara bersamaan. Chart-5 menunjukkan hitungan EW indeks US dollar. Indeks USD menjalani pola wave 5-3. Koreksi wave C of (2) kemungkinan sedang berlangsung. Dan targetnya 78.5 – 79.5. Bila target ini tercapai, maka dollar akan rally lagi, W-(3).


Chart-5

Sekian dulu, jaga kesehatan dan tabungan anda baik-baik.


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

15 comments:

Anonymous said...

Untuk konfirmasi bear besar tunggu kl pecah di 10730.Dengan terbentuknya wave 5 DJI (dari 6470,11 sampai 11257,93). Kemungkinan ada koreksi awal sampai ke level 11100, baru kemudian dilanjutkan ke 10830-50.
Yang terjadi sekarang ini adalah perang antara sentimen pasar yang negatif dengan pengatur angka Indeks DJI dr Fed. Kita tahu bahwa Fed sudah melakukan ini kurang lebih sejak 1,5 th lalu. Seperti kemarin pun saat dji +150 an, tidak berdasarkan berita fundamental yang bagus. Sekarang tergantung dari siapa yang lebih kuat.Gabungan teknikal yg sudah bagus (Fibo + Elliot wave) dan sentimen negatif pasar, ataukah mereka yg mengatur penguatan DJI???
Well, kita tunggu saja Pak IS :)

Tyo

Lucas said...

setuju ...wait till touch support 10700 and resist di 11050 lalu break down 10700....baru bisa dikatakan bear...bila bermain long term support 10550 hrs break down...

kalau skrg pasar ibarat air keruh...

Anonymous said...

Tambahan lagi pak IS:
Baru saja saya melihat grafik2 anda,saya ingin sedikit berdiskusi mengenai teori Elliot yang anda gunakan di Gold dan US.
Kalau saya memakai teori Elliot, maka
Utk Gold:
sekarang ini masih wave 3,(wave 4 dan 5 belum ada) berdasarkan persyaratannya(Kutipan :Wave 3 must be longer than wave 2 by price, and Wave 3 must never be the shortest by price when compared to waves 1 and 5.)
jadi bisa saya simpulkan bahwa gold masih wave 3,dan di dalam wave 3nya sendiri membentuk 1,2, dan 3 sekarang (Hal ini berdasarkan gambar elliot anda, kalau saya pribadi dalam time frame yang lebih besar ini adalah wave 5 yang menuju min wave 3 sebelumnya yaitu 1265)

Utk US:
Memang kadang terjadi wave 5 yang pendek atau bahkan gagal dan hanya menyamai hi wave 3, tapi yang pasti koreksi yang terjadi (abc), b tidak boleh lebih tinggi ketimbang wave 5 itu sendiri.

Sekali lagi saya hanya mengemukakan pendapat yang sesuai teknikalnya saja, dan bukan bermaksud untuk menyalahkan.

Matur nuwun
Tyo

Imam Semar said...

@ Tyo,

Memang betul wave 3 selalu terbesar, kecuali dalam kasus ending diagonal (bearish wedge). Pada kasus ini Wave-1 biasanya terpanjang. Coba anda lihat disini:

http://www.elliottwave.net/educational/basictenets/basics2.htm

Imam Semar said...

@Tyo,

Kalau anda punya chart alternatif untuk emas, bisa dikirim ka saya, nanti kita diskusikan.

Salam,

Lucas said...

confirmed lv 1200 SP500 resist... apakah awal dr bear sudah dimulai?
kita lihat saja perkembangannya 1-2 minggu kedepan ...

Markus said...

Apa gak ada kemungkinan sideway selama 1 tahunan dulu Pak? Kok selalu harus bull atau bear sih?

Anonymous said...

Pak IS, tanggal 27 april s&p gap down. saya kira sudah konfirmasi bear.
mohon petunjuk. makasih

mike

Imam Semar said...

Saya pikir emas sudah siap untuk koreksi sekitar 15%an.

Ada yang berani ngeshort dengan.... DZZ?

Imam Semar said...

Cina juga sudah bearish.....

Anonymous said...

om IS, malam ini kalo tembus 10700 posting artikel lagi ya. tx

Anonymous said...

saya udah masuk dpk. sekrg lagi mempertimbangkan buy call opt nya. menurut bung IS gmana?

Lucas said...

hahahah... -4% outstanding

Kurniawan said...

Pak IS,

Emas lagi bullish tuh, dah tembus di atas 1200/oz...
Bukankah sharusnya emas sebagai save heaven kalo bad ekonomi???

Anonymous said...

Emas sempat tembus 1211,05.
Selamat datang wave 5!
Saya juga tidak menyangka bakal turun sedrastis ini dalam beberapa hari saja.
Sepertinya memang pergerakan VIX yg mencapai 31% terbesar sejak oktober 2008, dapat dijadikan acuan adanya fluktuasi besar.
Kutipan:
the CBOE Vix volatility index .VIX, Wall Street's barometer of investor fear, jumped about 31 percent, its biggest one-day move since October 2008.

Tyo