___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Thursday, July 30, 2009

EMAS SIAP RALLY TAHUNANNYA?

Sudah beberapa minggu ini saya menunggu koreksi di sektor emas dan logam mulia. Dan dalam dua hari ini sudah berjalan. Saat untuk masuk sudah dekat. Jari saya sudah berada dipicu, siap menariknya. Berikut ini sedikit chartnya dan moga-moga akhir minggu ini saya akan membuat ulasannya.
Seperti biasanya, rally akan dimulai pada bulan Agustus atau September dan berakhir pada bulan Feb - Mar 2010. Pada saat itu, diharapkan emas akan mencapai finish-line minimal di $1300/oz. Bukan tidak mungkin di $2000/oz kalau spekulan lebih bersemangat. Ada banyak alasan untuk mendukung the high side. Antara lain leveraged tradable fund, seperti ultra-silver fund, ultra-gold fund. Dengan munculnya wahana seperti ini akan lebih memarakkan pasar emas.
Rally kali ini akan menarik, karena spekulan baru keluar dari rasa ketakutannya terhadap credit squeeze, dengan adanya dana baru digelontorkan the Fed, spekulan akan bermain lebih berani. Apa lagi sasaran mereka adalah konsumer-konsumer naif dari India. Seperti diketahui, tradisi di India menuntut permintaan emas yang tinggi untuk perayaan-perayaan di bulan Desember. Musim kawin di India. Kebiasaan ini demikian mudah bisa diprediksi, sehingga srigala-srigala spekulan akan mudah memangsa para calon pengantin yang diwajibkan memakai emas dalam upacara perkawinan. Harga emas akan dilambungkan. Dan para calon pengantin harus membelinya dengan harga mencekik, kalau mereka tidak membelinya jauh-jauh hari.





Good luck sucker pengantin India!!! Kita habiskan saja dengan ultra-gold fund!!! Siapa suruh kawin di bulan Desember? Dan pakai banyak emas lagi!!
Berikut ini beberapa chart sektor logam mulia dan tembaga. Kenapa tembaga? Itu karena suka-suka saya.








Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

5 comments:

hime said...

pak IS,
kira2 best price utk mulai beli di harga berapa y?

soalnya butuh hey buat mahar kqkqkqkq daripada beli pas desember bisa2 sy yg tercekik

Imam Semar said...

Saya masih tunggu tekanan jual mereda dan terbentuknya support yang bisa dipakai sebagai launching pad untuk level berikutnya.

Ada beberapa support yang bisa menahan tekanan jual, yaitu

920
910
900 (psikologi)
880

Kita lihat saja yang mana dia akan tertahan. Kalau tertahan di 920, maka formasi H&S masih berlaku dan kemungkinan 'explosive rally' akan terjadi. Kalau di bawah 910 maka formasi H&S batal.

Dalam rupiah, harga di sekitar 300 ribu per gram cukup bagus.

Itu saja.

genie said...

Pak IS,
Baru sehari koreksi emas sudah ngacir lagi, koreksinya sebentar amat yah

Musashi said...

Boss IS,
Ini nggak nyambung. Tolong dianalisis dong perkara BUMI gelar Convertible Bond yg menyebabkan harga sahamnya naik tajam. Saya nggak paham apa itu Convertibel Bond. Apa kenaikan harga sahamnya wajar itu? Apa nanti tidak terjadi pengenceran saham diam2? Terima kasih.

Imam Semar said...

@Mussasi,
Covertible bond bisa merupakan pengenceran. Dalam hal credit crunch, bisa juga sebagai penolong untuk memperpanjang umur perusahaan sampai masa credit crisis berakhir. Yang terakhir inilah yang menjadi kasus BUMI. Di samping itu sekarang ada bubble baru.