___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Monday, July 6, 2009

MARKET UPDATE: 6 JULI 2009

Yang dinanti tersekarang baru muncul. Kami sudah lama menunggu suatu konfirmasi tanda berakhirnya atau mendekati akhir dari bear sucker market rally. Pada perdagangan hari Kamis 2 Juli 2009, tanda tersebut muncul, yaitu head and shoulders pada index S&P (Chart-1). Bahwa institusi tidak lagi mengkoleksi saham, sudah kami lihat sejak beberapa (2-3) minggu lalu. Dari chart di bawah, S&P bisa melakukan test level 800 atau kalau bearnya lebih kuat lagi maka level 675 akan ditest lagi.


Saya pikir tidak perlu tunggu level S&P = 880. Karena pola H&S nampak jelas. Memang ada kemungkian H&S sifatnya dangkal saja, misalnya rebounce di neckline nya. Saya pikir peluang ini kecil mengingat kondisi ekonomi yang tidak bagus.
Saat ini pasar sudah overbought, jadi ada kemungkinan rebounce dalam 1-3 hari mendatang, dan saat itulah saat yang baik untuk mengambil posisi short. Harus diingat bahwa trading hari terakhir minggu lalu, adalah menjelang long-weekends, jadi investor cenderung membuang barang. Jadi koreksi hari Kamis lalu terlalu dalam.


Chart-1 (Klik chart untuk memperbesar)

Short term agak overbought, kemungkinan dalam 1-3 hari akan ada rebound yang cepat. Itulah saat yang baik untuk masuk.

SRS juga menunjukkan head and shoulders (Chart-2). Pada perdagangan hari Kamis tanggal 2 Juli, SRS jatuh hampir 10%. Jadi kemungkinan rebound. Saat rebound adalah saat yang baik untuk ambil posisi.


Chart-2 (Klik chart untuk memperbesar)

POOL juga sudah menunjukkan pola bearish (Chart-3). Sama seperti SRS, pada saat rebounce adalah saat terbaik untuk mengambil posisi short. Saya suka option Oct put $15, karena bisa memberikan waktu yang cukup.


Chart-3 (Klik chart untuk memperbesar)

Walaupun kita masih ada RJF dalam list short karena alasan fundamental, tetapi kelihatannya RJF cenderung sideways. Padahal IYF (sektor finansial) membentuk bearish wedge. Saya agak ragu untuk melakukan short di RJF.
Untuk HOTT, saya melihat potensinya terlalu kecil untuk dishort.

Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

3 comments:

Imam Semar said...

FAZ dan FAS (3X bear/bull financial) akan melakukan reverse split. Dengan adanya reverse split permainan menjadi lebih enak untuk short. Saya akan pertimbangkan untuk masuk short di index ini

Ini beritanya: http://direxionshares.com/pdfs/PR_070609.pdf

kiki said...

sy msh nunggu konfirmasi tunggu bsk rabu kamis ato jumat untk pastinya

Imam Semar said...

Saya cenderung untuk nibble. Memang masih ada kemungkinan consolidation seperti trangle wedge terbentuk. Jadi nibble masih mungkin asal pakai strategy.