___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Saturday, May 9, 2009

SUCKER RALLY - I

Rally masih berlangsung. Kami menyebutnya sucker rally, karena rally ini akan menghisap investor yang naive dengan illusi bahwa ekonomi sudah akan pulih dan harus buru-buru masuk ke pasar. Makin kencang rallynya, bagai magnet, akan menarik makin banyak investor ke pasar. Tetapi kemudian tiba-tiba angin berbalik dan bursa kembali bearish dan banyak yang tidak percaya. Portfolio rusak lagi dan akhir banyak yang pasrah.

Anda tahu bagaimana ciri-ciri orang yang putus asa? Pertama dia sudah malas untuk melihat portfolionya lagi. Takut melihat berapa nilai yang tersisa. Kedua, kalau ke masjid atau ke gereja, doanya panjang sekali. Sayangnya Tuhan tidak suka didekte. Doa bisa dikabulkan, bisa juga tidak. Sesuka hati Tuhan. Saham bisa terus menurun. Dan pada level yang lebih buruk lagi, karena sudah tidak tahan stress mental, mereka berusaha\ melupakan semuanya, dan berhasil - lupa.

Apakah anda pernah mengalaminya? Kalau pernah, kami anjurkan supaya jangan sampai terulang.

EOWI yakin bahwa rally saat ini adalah sucker rally bukan awal dari bull market. Keyakinan kami, sebagaimana kami beragama, didukung oleh data, analog dan statistik. Hal ini akan kami bahas dalam artikel minggu depan.

Kali ini kita akan meng-update tulisan minggu lalu yaitu “Kiss 200 DMA”. Di samping itu kami akan ambilkan suatu intepretasi Elliot Wave (EW) dari situ tetangga. Ini untuk meluaskan wawasan. Nampaknya alternatif-alternatif EW yang ada mendukung opini EOWI.

Perkiraan kami, kita akan mengalami ‘the final down leg’. Dan kami punya rencana untuk membuat suatu grand finale. Artikel minggu ini akan diakhiri dengan strategi grand finale bear market 2007 – 2009.


KISS 200 DMA SEMAKIN DEKAT
Indeks S&P tinggal 25 point untuk mencium 200DMA nya (Chart-1). Di atas 200DMA ada resistance yang lebih kuat lagi di 975. S&P kemungkinan akan masuk ke level 940 – 975, untuk melakukan hug & kiss good bye. Sedangkan indeks Nasdaq sudah mau pamit (Chart-2) untuk turun ke jalan lagi. Indeks Nasdaq (NDX) datang terlalu cepat mencium 200DMA nya dibandingkan dengan indeks-indeks lain seperti indeks Bank, BKX (Chart-3). Jadi bisa saja akan terjadi negative divergence antara NDX dengan indeks-indeks lainnya dalam hari-hari mendatang. Kemungkinan besar, pasar masih bullish 1-2 minggu lagi. Hal ini perlu dicermati. Naikkan trailing stop, dan siap-siap keluar.


Chart 1 (Klik chart untuk memperbesar)


Chart 2 (Klik chart untuk memperbesar)

Chart 3 (Klik chart untuk memperbesar)


IDIOT WAVE DARI SITUS TETANGGA
Kami menemukan intepretasi Elliot Wave (EW) dari situ Afraid to trade.com (ATTDC). EOWI sering menyebutnya sebagai Idiot Wave karena metode EW biasanya tidak punya intepretasi tunggal. Anda bisa mengintepretasikan macam-macam. Terlepas dari itu semua, ada juga manfaatnya.

Berikut ini chart-chartnya. Ada tiga (3) intepretasi yang disuguhkan, Bullish (Chart-1), Moderat (Chart-2) dan Bearish (Chart-3).

Kasus Bullsih, mengasumsikan bahwa krisis sudah berakhir dan bursa saham kembali pada bullish sejak titik nadir di bulan Maret 2009. Sucker rally saat ini, adalah wave-1 (W-1) yang baru di awal bull market. W-1 ini akan berakhir pada level sedikit di bawah 1000. ATTD meragukan kesahihan intepretasi ini, karena wave-5 (W5) terlalu pendek. Bagi EOWI, alternatif kasus Bullish juga melanggar prinsip ‘mendatarnya 200DMA’ menjelang pergantian dari bear market ke bull market. Oleh sebab itu EOWI tidak percaya pada kasus Bullish. Untuk intepretasi kasus Bullish, koreksi wave-2 yang akan datang akan cetek saja, sampai kisaran antara 800 – 900.


Chart 4 (Klik chart untuk memperbesar)

Intepretasi ke 2 adalah kasus moderat (Chart-5). Untuk kasus ini, sucker rally saat ini diintepretasikan sebagai wave C yang akan naik melampaui wave A, January high. Wave C ini bersamaan dengan up wave-4, koreksi terhadap bear market. Kemudian setelah mencapai level 950-975 akan dilanjutkan dengan down-leg wave-5, untuk mengetest level terendah bulan Maret. Target W-5 bisa sampai 600.

Kami suka intepretasi ini karena memberikan ruang bagi konsolidasi wave ABC yang akan membawa 200DMA mendekati 50DMA dan harga sahamnya. Kemudian 200 DMA akan datar beberapa bulan untuk kemudian memulai cyclical bull market. Cerita ini akan dibahas di artikel minggu depan.

Perhatikan juga bahwa target sucker rally saat ini adalah 950 – 975, yang kebetulan level target EOWI.


Chart 5 (Klik chart untuk memperbesar)

Intepretasi berikutnya adalah intepretasi Bearish (Chart-6). Saya tidak melihat banyak perbedaan dengan intepretasi Moderate ini dalam kaitannya dengan target bawahnya. Akhirnya indeks S&P akan menuju 600. Itu saja.



Chart 6 (Klik chart untuk memperbesar)

Dari ke tiga chart di atas, skenario dan intepretasi yang paling mungkin adalah untuk kasus Moderate dan Bearish. Walaupun demikian, ke tiga skenario itu tidak merubah target ‘kiss 200 DMA’, tetapi merubah tingkat koreksi berikutnya. Apapun skenarionya, bear harus siap di level S&P 930 – 1000. Dan pada saatnya posisi bearish harus diambil.

Dan bull harus berhati-hati resistance sudah dekat dan market sudah sangat overbought yang levelnya memecahkan rekord puluhan tahun lalu. Tetapi dari volume yang diperdagangkan dan kekuatan naiknya saham di NYSE kelihatannya pasar masih sangat kuat. Jadi masih belum perlu buru-buru keluar. Bisa saja intepretasi Idiot Wave salah dan pasar terus rally sampai tahun depan. Namanya juga Idiot Wave. Tetapi saat ini bukan saatnya masuk juga. Mungkin saat ini tepatnya harus dipakai untuk mengamati trailing stop dengan cermat.

Sebelum saya akhiri cerita tentang sucker rally, ada chart dari situs tetangga yang bisa dipakai untuk mengukur, sampai dimana rally saat ini dibandingkan dengan rally semasa depressi 30an. Menarik juga, karena rally yang terpanjang adalah hampir 160 hari dan berhasil menggaet 50% gain. Sampai saat ini pasar NYSE hanya berhasil menggaet 37% selama 2 bulan. Rally kali ini memang punya kecepatan yang tinggi.





FUNDAMENTAL REAL-ESTATE KOMERSIAL
Real Estate komersial posisinya unik. Sektor ini karena struktur pajak, maka 90% dari keuntungannya yang diperoleh dari sewa properti komersial dibayarkan sebagai deviden. Dalam masa normal, hal ini tidak jadi masalah karena pendapatan dari sewa ruang relatif stabil dan tidak berfluktuasi banyak. Dengan demikian cash flow bisa terjamin walaupun sebagian besar keuntungan dibagikan sebagai dividen. Dengan berkurangnya penyewa dan seretnya kredit, maka cash flow bisa terganggu. Sebabnya perusahaan real estate komersial tidak punya banyak free cash.

Tentu saja hal ini membuat hidupnya perusahaan menjadi rentan terhadap kesediaan kreditur memberikan penjadwalan hutangnya. Sayangnya saat ini bank lebih cenderung memperkuat balance sheetnya. Pinjaman dan uang dari pemerintah dan the Fed untuk penyelamatan bank, hanya digunakan untuk membenahi balance sheetnya. Oleh sebab itu peluang real-estate mengalami gagal bayar hutang-hutangnya cukup tinggi. Itu skenario terburuk.

Sekarang bagaimana kalau the Fed dengan segala upaya melakukan penyelamatan. Itu tidak menjadi masalah. Lihatlah AIG, Citigroup, GM, Freddie dan Fannie, semua dapat bail out, tetapi sahamnya hancur. Kenapa? Karena sahamnya terkena dilusi (pengenceran). Preferred stock akhirnya akan menjadi common stock yang membuat jumlah saham bertambah dan mengalami pengenceran. Itu targetnya.

Sektor ini sakit, banyak hutang yang akan/sudah jatuh tempo. Yang sudah jatuh tempo ditempatkan di ‘Special Servicing’, seperti yang diberitakan oleh CRENEWS.COM

CMBS Loans in Special Servicing Hit $24Bln
Tuesday, 05 May 2009
The volume of securitized loans in special servicing shot up by $3.8 billion in April, hitting $24 billion, or 3.14 percent of the entire CMBS universe, according to Realpoint. April marked the third straight month in which more than $2 billion of loans were transferred to special servicers, in a sign of continued market weakness.

Cepat atau lambat CMBS (Commercial Mortgage Backed Securities) harus dibayar. Kalau tidak ada uang artinya uangnya harus dicari, apakah itu melalui right issue atau mengeluarkan preferred stock. Dan akhirnya common stock akan terdilusi. (Catatan: di situs itu banyak berita tentang mencarian dana dan penjualan asset).

Bagaimana kita memainkan sektor real-estate komersial ini. Harga option relatif mahal saat ini. Premium volatility nya tinggi. Oleh sebab itu kita harus menghindari penggunaan option. Untuk melakukan short, bisa dilakukan dengan ETF short atau ultra short. Short real estate ETF adalah SRPIX sedang untuk ultra short adalah SRS. Ultra short maksudnya adalah, jika sektor real-estate jatuh 1% maka SRS naik 2%.

Target saya adalah antara 100%-150%, kalau seandainya real-estate turun kembali ke level terrendahnya di bulan Maret 2009 lalu. Tetapi sebelum masuk, ada beberapa hal yang perlu disampaikan.

Bermain dengan ultra short harus berhati-hati karena leveragenya tinggi. Kenaikan 1% di sektor real-estate, bisa membuat SRS jatuh lebih dari 2%. Tetapi kalau sektor real-estate turun 1%, maka SRS naik 2%. Memang antara kenaikkan dan penurunan nilai SRS atau short fund yang mempunyai leverage tinggi tidak seimbang. Short fund ber-leverage arahnya akan menuju nol. Jadi kalau mau masuk harus benar-benar yakin bahwa koreksi sudah dimulai. Lebih baik terlambat sedikit dari pada harus kena trailing stop loss. Dan sekarang belum waktunya masuk di sektor ini.


BEAR FUND 3X – EOWI GRAND FINALE
Kadang kala saya berpikir bagaimana mengakhiri siklus bear ini dengan elegan yaitu dengan memperoleh keuntungan yang besar. Pendek kata bisa membuat grand finale.
Bermain dengan option resikonya semakin tinggi karena premiumnya tinggi dan volatilitas sahampun sudah menurun dan sedang menurun. Sehingga premi volatilitas cenderun menurun. Disitu harga option tergerus. Akhirnya terpikirkan juga untuk menggunakan leveraged ETF. Berikut ini akan kita bahas sedikit. Saya menganjurkan anda untuk melihat-lihat yang lain.
Sektor finansial sahamnya mempunyai beta (volatilitas) yang tinggi. Rally dari Maret 2009 sampai hari ini, untuk XLF (ETF sektor financial) telah menghasilkan gain sebesar lebih dari 100%. Ini salah satu tanda bear market rally. Saham yang dicari dan dimainkan adalah saham yang bisa diajak bermain roller-coaster. Bermain di sektor ini bisa bikin bangkrut dan bisa bikin kaya. Sangat spekulatif. Apalagi kalau bermainnya dengan leverage. Tentang leverage, option saat ini sudah agak terlalu mahal dan secara perhitungan untung-rugi-resiko, tidak terlalu bagus. Oleh sebab itu lebih baik pakai bear fund, untuk koreksi dan long fund untuk rally.

Sektor finansial mempunyai ETF dengan super leverage. FAZ untuk financial bear 3X dan FAS financial long 3X. ETF ini mengikuti sektor finansial XLF. Ketika XLF turun 1% maka FAZ naik 3% dan FAS turun 3%. Sangat membantu meningkatkan adrenalin.

Ada lagi ETF sektor finansial yang tidak terlalu besar leveragenya. Mereka itu ultra short financial juga ada yaitu SKF lawannya ultra (long) financial, UYG. Terhadap XLF, kalau XLF naik 1% maka SKF turun 2% (lebih sedikit) dan UYG naik 2%.

Saat ini banyak ETF dengan leverage yang bisa digunakan untuk trading. Saya tidak tahu mekanismenya. Yang pasti dengan adanya alat-alat trading dengan leverage tinggi ini maka volatilitas semakin tinggi. Kemungkinan pengelola fund ini menggunakan trading terprogram yang otomatis. Jual/belinya dilakukan dengan program. Jadi kalau rally yang kuat dan lama seperti sekarang ini atau jatuhnya saham yang curam dan cepat, mungkin salah satunya dikarenakan oleh trading terprogram.

Di bawah ini adalah daftar beberapa ETF yang mempunyai leverage 2X dan 3X.

UPW-Long Utilities 2X
SDP- Short Utilities 2X
REW-Short Tech 2X
ROM-Long Tech 2X
USD-Long Semiconductor 2X
SSG-Short Semiconductor 2X
DIG-Long Oil and Gas industry 2X
DUG-Short Oil and Gas industry 2X
SRS-Short Real Estate 2X
URE-Long Real Estate 2X
SIJ-Short Industrials 2X
UXI-Long Industrials 2X
RXD-Short Healthcare 2X
RXL- Long Healthcare 2X
SKF-Short Financial 2X
UYG-Long Financial 2X
SCC-Short Consumer Service 2X
UCC-Long Consumer Service 2X
SZK-Short Consumer Goods 2X
UGE-Long Consumer Goods 2X
SMN-Short Basic Material 2X
UYM-Long Basic Material 2X

DDM- Long Dow 30 2X
DXD- Short Dow 30 2X
MVV- Long MC 400 2X
MZZ- Short MC 400 2X
QLD- Long Qs 2X
QID- Short Qs 2X
SSO- Long S&P 500 2X
SDS- Short S&P 500 2X

BGU – Long Large Cap (Russell 1K) 3X
BGZ – Short Large Cap (Russell 1K) 3X
TNA – Long Small Cap (Russell 2K) 3X
TZA – Short Small Cap (Russell 2K) 3X
ERX – Long Energy (Russell 1K Energy) 3X
ERY) – Short Energy (Russell 1K Energy) 3X

FXP – Short China 2X

Menurut saya (belum dibuktikan), bermain dengan leverage harus dilakukan dengan disiplin dan mempunyai metode. Setiap akan masuk, harus sudah yakin mengenai arah trend. Masuk pada saat trend sudah terbentuk, tetapi tidak dalam kondisi overbought. Dengan demikian akan mengurangi stop & cut loss yang jumlahnya besar (akibat leverage). Kesempatan untung terlepas sedikit tidak apa-apa dan lebih baik, dari pada terpapar resiko cut-loss tidak perlu.

Sekian dulu, sampai nanti tentang emas dan mengenali akhir dari bear market. Jaga kesehatan dan tabungan anda baik-baik.


Jakarta 9 May 2009.

Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

33 comments:

Anonymous said...

Mas Is

Saya tertarik dgn Call $5 Jan 2010 FAZ yg sekarang di sekitar $2.05 Kalo nanti benar2 terjadi crash di Sep/Oct dan FAZ ke $50 (tertinggi di Mar sekitar $100) maka profitnya akan jadi luar biasa!

Apa ada ETF gold/gold companies yg juga 2/3x?

Hendri

Imam Semar said...

Wow,

Anda betul-betul spekulan tulen. Mungkin anda bisa dapat FAYAA (Call $5 Jan 2010) di harga lebih murah beberapa hari lagi.

Anonymous said...

Mas Is

Vomue FAZ yg terjadi 2 hari ini sangat besar, sekitar 400-500 jt saham per hari. Apakah ini tanda2 bahwa FAZ sdh bottom? Mas Is akan ambil posisi tsb?

Hendri

Imam Semar said...

Kalau mau lihat bukan FAZ nya tetapi XLF.

Kemungkinan FAYAA masih bisa turun cukup lumayan kalau XLF turun 5% lagi. Bisa dihitung berapa fair valuenya.

Kalau XLF turun 5%, maka FAZ turun 15% ($ 0.60 - 0.80). Kemunginkan FAYAA turun 30 - 50 sen. Itu lumayan 30% - 40%.

Kecuali anda sudah siap untuk kehilangan duit itu :D

Imam Semar said...

@Hendri,

Saya belum melihat tanda-tanda bull melemah di banyak sektor kecuali nasdaq. Jadi, kalau saya jadi anda, maka akan sabar menunggu sampai ada reversal.

Imam Semar said...

@Hendri,

Coba hitung lagi targetnya. Kalau sektor keuangan turun 50% maka FAZ cuma bisa naik 150%, jadi dari $4.5 ke $11.5, bukan ke $50.

Anonymous said...

Terima kasih atas penjelasanya. Saya banyak belajar dari blog Mas Is. Many Thanks!

michael said...

Pak IS,

Bisa aja nihh gambar beruang kutub nya haha..mantaps!

Btw HOTT kalau mau masuk short masih bagus ga pak? Kmrn ga smpt pantau tau2 udah turun tinggal 9 dolaran..

Thanks..

Anonymous said...

Pak IS, gimana kalau buat hedgefund orang waras.

Kami nanam uang ke fund ini aja deh, Pak IS yang mainin.

Tiap 6 bulan bagi dividen. :)

Anonymous said...

@anonymoous, @Mike

blog ini bilang kalau main harus pake uang sendiri, kelihatannya pak IS belum ada niat jadi hedge fund manager..
who knows permintaan makin banyak..

banyak stocks yg naik turun drastis di sucky rally - based on zero fundamental improvement i.e. retails shares - low public spending tapi kalau bisa play smart enjoy $$! otherwise minggir dulu..

Astrid

Anonymous said...

PS: portofolio minggu ini swing on oil/commodities and tech: $BQI, $CDE, $MSFT

Astrid

imam semar said...

@Mike,

Untuk masuk ke HOTT sudah tidak bagus. HOTT dan RJF adalah short fundamental. Artinya EOWI tahu mengenai fundamental keduanya.

Demikian juga dengan SRS, itu juga short fundamental. Tunggu kalau nanti T-Bond terus jatuh (bunganya naik), maka pemegang mortgage, pinjaman komersial, Alt-A dan ARM bakal kelabakan. Karena bunga pinjaman akan naik.

SRS adalah project jangka panjang. US gov't mungkin akan menggoreng naik(sedikit) untuk menurunkan yield T-Bond. Tetapi kedepan suku bunga pinjaman kemungkinan naik.

Saya melihat banyak negative divergen di bursa Cina. Pada saatnya akan kita short. Saya pikir tidak lama lagi.

Imam Semar said...

Kalau malam ini REIT turun, ada kemungkinan sudah bisa masuk SRS.

Anonymous said...

Dear Pak IS,

Mksdny kalau fundamental RJF and HOTT jelek, kenapa sebaiknya tidak di short?

Mohon pencerahanya pak..

Malam ini REIT turun dikit yah...

Michael

Imam Semar said...

Ada yang punya nyali ngeshort Energy. Kelihatannya sudah capek naik. Candle chart XLE menunjukkan banyak prajurit merah dan hitam mengelilingi putih.

Imam Semar said...

@Mike,

HOTT dan RJF dalam artikel EOWI beberapa lalu direco untuk short.

neo said...

buy call option faz jun 5 call strike price $5 at 1.65

what do u think ?

Imam Semar said...

Ada yang tertarik main SMALL CAP BEAR 3X(TZA)???

Imam Semar said...

Neo,

June Option gampang terkena erosi time-premium. Jadi anda harus yakin bahwa pada bulan Juni minggu ke III, optionnya sudah 'in the money'. Kalau tidak option anda hangus.

michael said...

Pak IS,

sebaiknya masuk ke Option FAZ seperti FAYAA atau langsung beli Fund nya??

Btw pak IS sudah masuk TAZ? thanks..

Imam Semar said...

@Mike,

Saya tidak melihat banyak upside dari option di leverage ETF dibandingkan dengan ETF nya sendiri. Karena premium volatilitynya cukup tinggi. Tetapi...., apa salahnya coba. Nanti malam saya baru masuk short SRS, TAF, dan beberapa lagi. Saya juga akan mempertimbangkan put optionnya. Just for fun.

Yang sekarang masih ada adalah short HOTT dan RJF yang tidak pernah saya liquidasi karena belum kena stop loss.

Imam Semar said...

By the way...., untuk perbandaran, nanti malam saya baru bisa retrieve the data. Apakah bandar sudah jualan atau masih koleksi.

Malam sebelumnya bandar masih koleksi, tetapi jumlahnya sudah turun. Mungkin tadi malam jumlah yang koleksi sudah semakin susut jadi kebantai oleh retail traders - pasukan bodrex.

Anonymous said...

alert! news:

...Wednesday,..percentage of S&P 500 issues trading above their 20-day moving averages plunged to 43%..

demand index of the number of stocks closing above the volatility envelopes surrounding their short term moving averages, was only 11, while Supply (an index of stocks closing below their volatility envelopes) was 210..

downside momentum for NASDAQ, NYSE Ase stocks!
..

Astrid
..

Imam Semar said...

Walaupun bandar (pemain institusi) masih net buyer, tetapi sudah kalah dengan pasukan bodrex retail. Tidak lama lagi mereka juga akan menjadi net seller.

Waktunya ngeshort.

Tetapi jangan lupa, bandar masih net seller. Pasang stop loss.

Anonymous said...

mas IS,
kalo prospek saham2 minyak kira2 gmn untuk 1 minggu kedepan? apa harga minyak mentok di $60 dan akan mulai jatuh ke bawah $50 lagi?

Anonymous said...

@Bro

kelihatannya gold futures ikutan struggle.. ngak keluar dari $920=930 any ideas..? probability malah ke $875 in May?

oil $BQI 9%profit :-P stay vigilant, high risks.

Astrid

Imam Semar said...

Akhirnya saya putuskan masuk di FAYAA (Call $5 Jan 2010, di harga $2.85), yang punya leverage 4X dari XLF.

Juga masuk 50% (dari target investasi) di SRS.

Posisi medan pibu tanggal 14 May 09:
Institusi buyer sudah berkurang, walaupun institusi masih net buyer.

Reatil lebih dominan menekan pasar membantu bear institution investor.

Good luck...

Imam Semar said...

HOTT sudah kepala $8...., $3 to go.

Saya pikir koreksi yang akan datang sifatnya across the board. Komoditi, emas, semua kena. Pada saatnya nanti kita akan ambil Call Option untuk GDX Jan 10.

Anonymous said...

[b] bagus opininya [/b]

Anonymous said...

Mas Is

Boleh tau SRS masuk option kapan dan di harga brp?

Hendri

imam semar said...

@Hendri,

Kebetulan saya tidak main option SRS, jadi tidak menganalisanya. Saya hanya masuk di sahamnya.

Saya hanya melihat bahwa volatilitas menurun, sehingga premiumnya cenderung menurun. Itu yang akan mengurangi keuntungan. Perhitungan untung-rugi nya hampir sama dengan ETFnya. Sedangkan ETF SRS bisa dihold agak lama kalau market sideways. Itu sebabnya saya tidak ambil option SRS.

Anonymous said...

Just FYI: be wise...

Harga stock option sangat dipengaruhi o/ underlying stock nya
CALL option lebih murah kalau harga underlying stocknya turun, PUT option lebih murah kalau harga underlying stocknya naik

so check technical analysis utk ngecheck harga stock option - bisa koreksi 10-20%.

good luck buat yg lagi mad about options!
Astrid

Anonymous said...

stock option $GDX Jan10 ranges between $5.2-6.30 in last days, depending on the underlying stock price. Well gold price seems getting higher but any more corrections before it shoots up? wicked innit?!

crude oil di bloomberg suggested up to $75 this year, saya tunggu bahasan commodities oil di EOWI