___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Sunday, April 12, 2009

Review Saham: Raymond James Bank

Beberapa anggota Ekonomi Orang Waras dan Investasi (EOWI) baru saja memperoleh sertifikat sebagai CFA. Ini bukan kependekan dari Certified Financial Advisor tetapi Cute Fu@#ing Asshole (Orang yang menyebalkan, sok tahu dan keren). Ini karena di EOWI kami sering membuat istilah-istilah baru yang sangat mengena dan menyebalkan. Kami punya istilah kami yang baru, yaitu EBITDALBAGJ, yang akan kami gunakan dalam topik ini.

Beberapa minggu lalu Shitty group…, eh maksud saya Citigroup membukukan keuntungan. Demikian juga Well Fargo. Kedua berita ini membuat bursa saham bertahan pada posisi overbought yang cukup lama dan membuat frustrasi para bears. Persoalannya adalah bahwa pada jaman ini, kita harus mengenal istilah baru di dalam dunia finansial. Istilah yang biasa kita kenal di dalam ilmu finansial klasik adalah EBITDA yaitu Earning Before Interest, Tax, Depreciation and Amortization. Dalam ilmu finansial krisis yang baru ini EBITDA sudah tidak berlaku lagi karena ada kriteria valuasi saham yang baru, yaitu EBITDALBAGJ atau Earning Before Interest, Tax, Depreciation Amortization, Losses on Bad Assets, Garbage and Junks.

Minggu lalu Financial Accounting Standards Board (FASB) badan indenpen yang mengatur prinsip akuntansi melakukan vote untuk melunakan standarnya atas aturan pasar (mark to market). Ini memungkinkan laporan pendapatan dari bank bank besar memberikan gambaran lebih baik daripada kenyataan. Oleh sebab itu kami dari EOWI memperkenalkan cara valuasi baru yaitu EBITDALBAGJ. Harus disadari bahwa FASB dengan sengaja mengaburkan antara EBITDA dengan EBITDALBAGJ. Dalam EBITDA seharusnya asset-asset beracun dan sampah darus dibersihkan dulu. Dan pada kenyataannya FASB dengan sengaja membolehkan asset-asset beracun yang tidak liquid ini dimasukkan dalam pembukuan perusahaan dan diperlakukan sama dengan asset lain.

Kali ini EOWI akan membahas sebuah peluang yang ada kaitannya dengan EBITDALBAGJ, yaitu peluang short bank Raymond James Financial (RJF).


Raymond James Bank – Dilema EBITDALBAGJ
Sektor perbankan bermasalah banyak dilihat sebagai salah satu akar terjadinya global krisis ekonomi. Pemerintah Amerika berusaha untuk menstimulir penyembuhan ekonomi terutama menyarankan bank bank untuk mengaktifkan pinjaman. Kamis 9 April 2009 saham saham perbankan Wall Street sempat meraup keuntungan yang heboh membuat DOW Jones index naik 246 points ke 8083.4 (sekitar 3.1%). Wells Fargo (WFC) salah satu bank terbesar sempat membuat keuntungan terbanyak $3bn, keuntungan terbesar di sektor perbankan selama tiga bulan terakhir ini. Saham perbankan lain pun ikut menanjak antara lain JP Morgan chase (JPM) (19.4%), American Express (AXP) (19.8%) dan Citigroup (C) menaikan shitty stock seharga chocolate (12.6%) [link]

Wells Fargo dapat di kategorikan sebagai bank yang mempunyai management yang bertanggung jawab, namun Well Fargo belum (alias tidak) mempublikasikan trend kredit bermasalah yang dimilikinya. Kasus ini pernah terjadi di Wachovia’s dengan option ARM mortgages. Well Fargo secara misterius tidak terlalu banyak banyak melaporkan kerugian akibat kredit bermasalah padahal system perbankan masih memburuk selama kuartal ke I 2009. EOWI curiga bahwa banyak yang tidak dilaporkan. Jadi laporan pendapatan Wells Fargo yang sekarang dan yang akan datang mungkin bisa mematikan antusias pasar.

Wells mengharapkan revenue sebanyak $20bn untuk kuartal pertama, ini dapat diartikan bahwa kuartal berikutnya pertumbuahan revenue menjadi dua digit, 16%. Tekanan sekarang ada pada bank-bank lain untuk memberikan kinerja keuangan yang kuat. Dan tekanan yang akan datang, bahwa Wells harus membuktikan targetnya.


Chart-1 (klik Chart untuk memperbesar)



Chart-2 (klik Chart untuk memperbesar)

Raymond James Financial Inc. (RJF) mengalami keadaan yang sebaliknya sahamnya di downgraded oleh analis pasar, Friedman Billings Ramsey & Co, ini membuat projeksi keuntungan menurun [link]. Penurunan - drowngraded - nilai saham RJF karena kinerjanya dibawah kinerja pasar. Saham Raymond James melorot $1.44 (8%) ke $16.46 pada Kamis pagi sementara kebanyakan index pasar naik ke arah positif.

Chart 1 menunjukan tren dari RJF saham selama periode 2.5 tahun (1a), harga saham diatas kurva moving average- MA (50 hari) dan MA (200 hari), Oktober 08 kurva MA (50 dan 200 hari) menunjukan gap, harga saham RJF jauh dibawah MA kurva (lihat chart 1b). Sampai saat saham RJF menunjukan bearish tren dan beberapa dramatis lower high dan lower low. Awal April rally oleh pasar finansial & perbankan di Amerka tidak mengikut sertakan RJF. Bedasarkan laporan fundamental asset RJF tidak menunjukan sesuatu yang optimis.

Dalam laporan tahunan (10-K) RJBank dapat menggunakan $12 juta untuk mengkompensasi rugi (losses) dari ‘residential mortgages loans’. Jumlah $12 juta hanya fraksi dari $29 juta kompensasi ‘nonperforming residential mortgages’. Sedangkan jumlah seluruh RJBank residential mortgage loan adalah $2.8 milyar, dengan dana kompensasi kurang dari separo $29 juta, terlalu optimis kalau RJBank mempunyai skor kredit yang baik meminjamkan (ke mortgage borrowers). Pada saat ini Financial Accounting Standards Board (FASB) badan indenpen yang mengatur prinsip akuntansi melunakan standarnya atas aturan pasar (mark to market), ini memungkinkan laporan pendapatan dari bank bank besar memberikan gambaran lebih baik daripada kenyataan. Konsekuensinya kepercayaan para investor akan jatuh, investor akan melihat ke arah lebih detail dan mencari tahu kebenaran pernyataan finansialnya. Pelunakan aturan akuntansi pasar tidak akan merubah kualitas sebenarnya dari assets. Walaupun skor kredit dari RJB tidak memuaskan kemungkinan untuk kenaikan kompensasi pinjaman karena RJB termasuk kategori “hold-to-maturity" assets.

Di samping itu EOWI mengharapkan suatu skenario akan terjadi. Untuk bisa memulihkan liquiditas, kepercayaan pasar harus dipulihkan. Dan ini hanya bisa dilakukan jika ‘mark to market’ betul-betul dijalankan. Artinya CDO, CMO yang dipegang oleh bank dipasarkan dan dilihat berapa besar bid di pasar. Departemen Keuangan US melalui Public-Private Investment Program (PPIP) akan menekan emiten untuk benar-benar menerapkan ‘mark to market’ dari asset-asset (CMO = Collateralised Mortgage Obligation) yang dipegang RJBank dan bank bank lain, bukan ‘mark to model’ atau ‘mark to fantasy’. Kalau ini terjadi maka nilai CMO yang dipegang RJBank akan turun nilainya menjadi hanya 50%nya saja. Catatan, sampai saat ini RJBank termasuk bank yang paling sedikit memutihkan CMO dan asset-asset busuknya sehingga EBITDALBAGJ (EBITDA bayangan) cukup lumayan. Kalau dipaksa memutihkan asset-asset busuknya maka EBITDA yang akan muncul bukan EBITDALBAGJ, yang nominalnya akan jauh lebih kecil.

Laporan pendapatan RJBank akan dirilis dua minggu mendatang, laporan ini akan memberikan katalis negatif untuk saham RJF. Raymond James Bank akan sulit menghindari akselerasi dari kebutuhan akan kompensasi terhadap rugi hutang bermasalah (loan loss).

Berdasarkan skor kredit RJB, bola crystal EOWI menunjukan energi negatif pada akhir dari tahun fiskal - September 09, earningnya akan menurun $1.64 atau $1.50 seperti prediksi Friedman, Billings, Ramsey, nilai ini menjadi sah sah saja di mata EOWI. Energi positif untuk trader dan investor adalah Agustus 09 $15 RJF put (RJFTC) tidak lebih dari $3 per kontrak.


Dari Belfast EOWI melaporkan (11 April 2009).

Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

17 comments:

michael said...

wah pak IS,

koq ada yang bisa dapet gelar CFA ya?? apa yang terjadi?

Imam Semar said...

@Mike,

Blog ini isinya witty dan obnoxious. Jadi wajar kalau Imam Semar dapat gelar CFA - Ini bukan Certified Financial Advisor tetapi Cute F@#%! Asshole - Orang keren dan menyebalkan.

michael said...

pak IS,

after i check the RJF option put $15 for august it is not very liquid?

Anyway crystall ball pak IS meramalkan RJF akan turun 1,64 USD s/d September? Tapi kita beli option yang August? kindly pencerahannya pak...

thanks

Imam Semar said...

@Mike,
Saya baru ambil PUT Aug $17.5 di harga $2.90 - $2.80

Ini lebih liquid dari Put Aug $15.....

Thanks for your observation. Waktu EOWI bikin reviewnya market masih tutup, jadi pertimbangan liquidity belum ada.

michael said...

Hello Pak IS,

anyway saya masih bingung ni pak yg ramalan RJF akan turun $1,64 itu maksudnya harga RJF menjadi $1,64 or turun sebanyak $1,64?

Oh ya, any news with gold pak?

Please advice pak..

Anonymous said...

Hi Mike

saya kira $1.64 itu - projeksi pendapatan per saham -EPS, ref.: mark to 'fantasy' rule.

Pak IS
saya checked August put $15 2.6-2.8and August put $17.5, 3.40-3.60
mungkin langsung menanjak .. or i missed something?

thx - Astrid

Imam Semar said...

Sorry,

Tadi malam saya agak mengantuk. Sehingga salah lihat.

1. Earning RJF menurut Friedman, Billings, Ramsey adalah sekitar $1.5. Kita mengharapkan adanya undershoot sahamnya ke bawah $15 ketika financial statementnya di umumkan.

2. Ternyata yang saya ambil tadi malam adalah Aug PUT $15..., diakhir trading tadimalam ditutup diharga $2.50 per kontrak.

michael said...

Dear Bu Astrid,

kalau USD/IDR ada analisa ga bu?

Anonymous said...

@Mike

Darling, I am really not in forex yet.

Astrid

michael said...

Dear friends,

breaking news: UBS to cut huge numbers of headcounts..

Looks like RJF is going very down today..

Thinking of entering UBS put tonight, any suggestion?

@pak IS,
the end of market bear rally?

Imam Semar said...

@Michael,

Perkiraan saya akhir minggu ini adalah akhir bear market rally.

Sampai Jumat ini market kemungkinan akan volatile karena naked short covering dan sejenisnya.

Jadi secara bertahap masuk short.

Saya tidak yakin bahwa bottom yang lalu akan ditest. Data ekonomi membuat banyak fund manager sudah siap-siap buy on dip.

Imam Semar said...

RJF jebol malam ini...., sesuai dengan ramalan...., mark to fantasy...., ketika tersadar, fantasynya hilang dan realitanya hanya seupil....

Selamat untuk yang sudah ambil RJF put. Tunggu sampai RJF babak belur untuk ambil untung put nya...

Imam Semar said...

BTW RJF sudah di level $15.

michael said...

dear pak IS,

RJF sudah $15 apakah saatny lepas or tunggu earning nya lagi?

imam semar said...

@Mike,

saya pikir lebih baik tunggu sampai koreksi berakhir. Minggu depan setelah option expiry date, trader akan bepikir jernih dan koreksi mungkin dimulai.

Tanggal 22 April nanti akan ada pengumuman earning RJF...dan earning RJF mungkin hanya $0.50.

Hold RJF put.

Anonymous said...

@Pak IS @all

wtr .RJFTC, selamat udah tembus $15thanks for kata-kata yg penuh wisdom n $$$. semoga banyak pembaca yg menggunakan info yg akurat ini. Pak IS angkat topi buat blog ini. bravo! its real.

Saya belum menemukan blog yg give-away for free akurat info. thanks atas ke-generous-an nya. Appreciate good quality work!

Update pasar finansial mixed news 15/4, JP Morgan, Wells Fargo, B of America masih menunjukan kenaikan saham. Wells dan Goldman sudah merilis finansial statements, looked good utk kuarter 1! JP Morgan hari ini 16/04

Berita sudah menyebut low GDP di China dan paket stimulus. Mr. Semar what are the signs for gold n silver ...


Astrid

michael said...

@astrid

betul sekali EOWI emang kelas nya beda deh ama website2 and seminar2 yang lain..

analisa EOWI logis dan WARAS..itu yang saya suka..

EOWI for presidency hehhe =P