___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Monday, October 6, 2008

RETURN OF THE JEDI – SHORT SELLERS

Beberapa minggu ini bursa saham sangat volatile. Ada larangan short-selling di saham-saham sektor finansial. Pemerintah US, empire strikes back. Tetapi para Jedi knight – short seller tidak kurang akal. Medan pertempuran berpindah di sektor komoditi.

Larangan short selling sudah membuat bursa Jakarta latah. Ini beritanya dari Detik Finance:

Jakarta - Kondisi pasar keuangan yang tidak menentu membuat Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan perdagangan saham secara short selling.

Demikian pengumuman dari BEI yang dikutip detikFinance, Selasa (30/9/2008). Penghentian itu akan berlaku mulai tanggal 6 Oktober 2008 saat bursa saham dibuka kembali setelah libur panjang lebaran.

Mengingat kondisi pasar global dan regional yang masih tidak stabil dengan ketidakpastian yang tinggi, maka BEI memutuskan untuk bulan Oktober 2008 tidak menerbitkan daftar saham yang dapat ditransaksikan dengan pembiayaan penyelesaian transaksi efek oleh perusahaan efek bagi nasabah yang mengakibatkan posisi short.

Komentar EOWI: Larangan itu tidak akan membuat harga saham luput dari kejatuhan, tetapi hanya memperlambat saja. Istilahnya memperpanjang penderitaan. Suatu saat, mental investor tolol yang masih bertahan, sudah patah, maka mereka akan melepas saham-sahamnya. Saham busuk, bubble kok, buat apa disimpan.

Di kubu EOWI, minggu lalu para tetua mengistruksikan agar para ksatria Jedi lebih konservatif dan membukukan keuntungannya. Dan untuk sementara berada dipinggir arena sambil melihat kesempatan baru.

Berikut ini score-card portfolio EOWI. Tidak buruk, selama Agustus-September ini menghasilkan coan (keuntungan) 37%. Kemungkinan ksatria Jedi di EOWI akan mengganti jurus kungfunya dari short selling menjadi short-term bull. Alasannya pasar sudah sangat oversold dan adanya angin gempuran Bush-Paulson-Bernanke dan cheerleader di Bloomberg, CNN dan CNBC yang kemungkinan cukup keras. Kongress telah memberikan tenaga dan kesaktian baru, $700 milyar program pemulihan ekonomi. Mereka akan menggempur para Jedi – short sellers dengan jurus banjir liquiditas. Oleh sebab itu ksatria Jedi – short sellers harus bisa menggunakan angin pukulan Paulson untuk kepentingannya sendiri.

Banyakkah $700 milyar itu? Tentu saja banyak. Bayangkan kita membelanjakan $ 1000,000.00 ($ 1 juta) setiap hari dari mulai Jesus lahir sampai sekarang!! Tetapi secara fundamental $700 milyar tidak ada pengaruhnya terhadap pasar. Jumlah $700 milyar itu tercipta dari kehampaan (bahkan bukan angin). Apakah kehampaan bisa menciptakan kemakmuran? Perguruan Major Ursa (Big Bear) masih akan mendominasi pasar. Musuhnya Ben Bernanke dan Hank Paulson sudah mengeluarkan senjatanya POMO, TOMO, TDWP, TAF, TSLF, SuperSIV, TARP. Apa artinya $700 milyar dan senjata-senjata itu bagi ekonomi? ISM Index jatuh dari 49 ke 43.5, level terendah sejak Oktober 2001 – lama juga tuh. Sampai tahun 20011, jurus beruang mabuk masih diperlukan.

Kekuatan $700 milyar tidak cukup kuat untuk menahan resesi. Apalagi kalau arahnya bukan untuk ekonomi tetapi menyelamatkan pasar. Pasar CDS (Credit Default Swap) ada $45 trilliun. Lagi pula proposal Paulson yang tadinya 3 lembar sekarang menjadi 451 lembar berisi hal-hal yang sangaat aneeeeh. Kita akan bahas lain kali (Insha Allah).

Saham-saham pilihan portfoli EOWI seperti pada tabel, secara fundamental jelek, sehingga bisa dipastikan akan mengalami koreksi. Hanya saja, waktunya. Seperti PNC dan RJF, suatu saat akan jatuh. Sebenarnya Jumat malam waktu Indonesia, RJF jatuh 10% (3 Oktober). Hanya sayangnya EOWI sudah meliquidasi pada hari sebelumnya (2 Oktober). Tidak apa. Saham-saham ini masih dalam pantauan EOWI. Kita menunggu saat yang baik untuk membuat posisi short yaitu setelah rally kecil yang akan datang.

Score-Card Portfolio EOWI (Klik untuk memperbesar)



EOWI mengharapkan akan ada rally kecil untuk menghilangkan stress di pasar akibat tekanan jual selama 1.5 bulan ini. Hal ini mungkin bisa berjalan sampai 3 bulan. Oleh sebab itu jangan kemana-mana.

NON-CONFIRMATION BATAL!!
Sejak bulan July 2008 lalu, EOWI agak cemas dengan prilaku pasar. Secara fundamental seharusnya mr. Bear masih akan menguasai pasar, paling tidak sampai 1-2 tahun lagi. Tetapi ada yang membuat saya cemas, yaitu adanya gejala yang dalam teori Dow disebut non-confirmation. Gejala ini ditunjukkan oleh sektor transportasi (indeks TRANS). Chart-1 pada indeks transportasi, Tran, menunjukkan adanya higher-lows sampai bulan September 2008 lalu dan juga higher-highs sampai bulan July 08. Padahal indeks Dow Industrial selalu membuat lower-highs dan lower-lows. Ini berarti pasar memberikan signal agar kita berhati-hati karena angin bisa berbalik dan mr. Bear digantikan oleh mr. Bull. Oleh sebab itu minggu ini EOWI menganjurkan untuk meliquidasi posisi short. Agak terlalu pagi. Tetapi tidak apa. Jika pasar memberikan signal seperti non-confirmation, kita sebaiknya lebih mengarah pada capital preservation, bukan mengejar risky potential profit. Tetapi pada hari Jumat 3 Oktober 08 ini, akhirnya indeks Tran membuat lower-low baru di 4135.55 (sebelumnya 4140.29, lihat Chart-1) yang membuat kami lega. Non-Confirmation batal!!! Artinya jurus short-selling masih diperlukan. Tetapi tidak sekarang. Sekarang belum waktunya mengeluarkan jurus short-selling.


Chart 1 (klik untuk memperbesar)


SEKTOR KOMODITAS SANGAT OVERSOLD
Para ksatria Jedi – short sellers – berpindah arena, karena empire strike back di medan finansial. Sektor komoditi dihajar habis. Ini membuat EOWI seperti ksatria kesiangan. Memang EOWI main short sejenak bersama para Jedi, melakukan short ACI (Arch Coal), tetapi kurang puas. Karena tidak menyangka koreksi akan sedemikian dalamnya. Kita lihat juga nanti bahwa hawa ketakutan menyelimuti investor energi dan para cheer-leaders “peak-oil”.

Pada umumnya pasar sudah sangat oversold dan punya potensi rebound. Indeks volatility VIX mencatat rekor tertinggi (level 50 poin) selama 5 tahun terakhir ini (Chart-2) . Ini karena kami hanya punya chart dengan data hanya sampai 5 tahun terakhir ini saja. Pada bear market yang lalu VIX pernah mencapai 55 sebanyak 2 kali. Jadi level 50 adalah jarang. VIX yang tinggi menunjukkan perasaan/emosi takut para investor. Saat ini sudah mencapai level yang tinggi. Bisa saja level 50 ini bukan puncaknya, tetapi probabilitynya kecil. Kita lihat saja dihari-hari mendatang. Yang kita tunggu adalah puncak VIX ini yang menunjukkan rasa takut investor. Begitu rasa takut ini menyurut, maka pasar akan rally. Jadi saat ini pasar punya potensi besar untuk berbalik arah. Index VIX ini cukup bagus untuk mendeteksi saat berbalik arah. Nanti akan kami tunjukkan.


Chart 2 (Klik untuk memperbesar)

DI banyak sektor yang sudah sangat oversold. Apalagi sektor energi dan pertambangan. Bullish percentage indeks menunjukkan, jumlah investor yang bullish hanya tersisa 2.5% saja (chart-3 dan 4). Wow..., bagaimana tingginya level ketakutan yang menyelimuti perasaan para investor energi. Ini adalah mereka yang menjadi cheer leader “peak-oil”, gloomdoom energy. Indeks Oil Services (OIH) (Chart-4) juga sudah sangat oversold. Sedangkan untuk sektor pertambangan, kita gunakan pasar Toronto dengan indeks BPTSE. Bursa Toronto didominasi oleh sektor pertambangan. Jumlah investor yang bullish hanya 12% saja (Chart-4). Yang menarik ialah adanya korelasi antara OIH, BPENER dan BPTSE. Pada saat OIL menunjukkan low, maka BPENER, BPTSE juga menunjukkan low.


Chart 3 (Klik untuk memperbesar)



Chart 4 (Klik untuk memperbesar)

Pada indeks S&P500 (Chart-5), indeks sudah menyentuh long term supportnya dari tahun 2002. Adanya beberapa support yang menghadang, peluang untuk jatuh lebih dalam dari 1% - 3% akan semakin kecil. Dengan kata lain, peluang untuk jatuh 1% - 3% masih ada. Lebih dalam dari itu, peluangnya kecil.


Chart 5 (Klik untuk memperbesar)


RECO BARU
Kita akan bermain di komoditi dan minyak, karena sektor ini sudah terbanting dan sangat bearish seperti yang telah dijelaskan di atas. Yang penting saat ini ialah bagaimana kita bermain. Strategi pertama ialah membagi dana yang akan dimainkan menjadi 3 atau 4. Bagian pertama akan masuk saat ini. Bagian ke dua, kalau S&P 500 terkoreksi 2%. Dan yang terakhir ketika S&P 500 sudah menunjukkan adanya trend reversal. Strategi ini yang kurang kami sukai. Karena pasar masih ada peluang untuk terkoreksi sebelum rally short squeeze menjelang minggu ke 3 bulan Oktober 2008 ini. Dengan berakhirnya option pada tanggal 17 Oktober ‘08 ini, short squeeze bisa terjadi untuk menghanguskan put option dan bagi mereka yang menjual put option telanjang (naked)

Strategi lain ialah menunggu sampai adanya trend reversal. Inipun sebenarnya pasih ada resiko kalau reversalnya palsu. Jadi harus keluar kembali.

Murphy Oil (MUR)
Harga minyak sudah oversold dan nampaknya $90 adalah support yang kuat (Chart-6). Level harga minya $90 pernah ditest bulan September lalu, tetapi kemudian rebound ke level mendekati $110. Peluangnya saat ini ialah rebound kembali untuk menghilangkan stress pasar. Minimal ke $100.


Chart 6 (Klik untuk memperbesar)

Kami mengharap bahwa saham Murphy Oil yang sudah terkoreksi hampir 50% selama kurang dari 3.5 bulan ini akan rebound juga (Chart-7). Yang kami suka dengan Murphy Oil (MUR) adalah, saat ini harganya memasuki support yang nampaknya cukup kuat. Sehingga lebih memudahkan untuk rebound. Di samping itu Put/Call interest ratio di strike price $60 untuk expire date 17 Oktober 08, mencapai 3.6. Terlalu banyak Put di $60. Kalau melihat posisi seperti ini, banyak pelaku pasar yang ingin saham MUR naik sampai lebih tinggi dari $60 pada tanggal 17 Oktober 08 supaya put option itu hangus.


Chart 7 (Klik untuk memperbesar)

Memang masih ada kemungkinan turun ke Fib retracement 1.00 di $44.6. Pasar penuh dengan gerakan random, oleh sebab itu kalau daerah support $53 bisa ditembus maka lebih baik mundur kembali untuk mengevaluasi keadaan. Atau untuk masuk arena, kita tunggu sampai ada signal trend reversal.


Chart 8 (Klik untuk memperbesar)

Secara fundamental, dengan harga minyak mentah sekarang ini, MUR sulit ditentukan. Earningnya pasti turun. Model pembukuannya mengandung unsur investasi pengembangan lapangan yang dikeluarkan pada tahun lalu. Jadi untuk memperoleh perkiraan yang akurat, perlu membedah pembukuan tahun lalu. Ini kami tidak punya waktu. Cara-cara indexing dan factoring yang sering kami gunakan sebagai “quick-look”, tidak akan baik hasilnya. Walaupun demikian pengembangan lapangan minyak laut dalam yang dilakukan Murphy diharapkan bisa menjadi sentimen positif dimasa datang.

Kami berusaha mencari short term call option di $55, dengan masa berlaku 3-4 bulan ternyata sulit. Untuk strike price $55, yang ada call Apr 09, strike price $55 ($9.0 – $9.6). Itu yang bisa dimainkan. Kami tekankan lagi, sebaiknya tunggu sampai ada signal trend reversal.

Canadian Natural Resources (CNQ)
Dalam hal trading kasusnya sama dengan Murphy Oil. Yang kami suka dengan CNQ adalah bahwa CNQ punya banyak cash. Hal ini sangat diperlukan pada masa deflationary recession seperti sekarang ini. Sisi buruknya ialah, CNQ banyak punya project di sand-oil, atau tar-sand yang biaya operasinya relatif tinggi dibandingkan jenis sumber minyak lain.

Saham CNQ jatuh ke $60. Supportnya ada di $55 (Chart-9). Kita bisa tunggu sampai jatuh ke sekitar $55. Atau dananya dibagi dua, untuk masuk saat ini dan nanti jika jatuh ke $55. Option yang bisa dimainkan ialah Jan 09 Call $60, CNQAL, di $9.00. Harga bid-offer Jumat lalu di $8.90 - $9.50. Kami tekankan lagi, sebaiknya tunggu sampai ada signal trend reversal.


Chart 9 (Klik untuk memperbesar)


Freeport McMoRan (FCX)
Freeport tidak luput dari terpaan badai short seller (Chart-10). Pemogokan dan keributan di Peru membuat FCX dan perusahaan pertambangan tembaga yang punya operasi di Peru terbanting. Harga tembaga memang jatuh. Tetapi sejak tahun 2006 lalu tembaga sudah sideway dan harga saat ini belum menembus supportnya yang dibentuk tahun 2006.

Perkiraan kami PER dari FCX adalah 7.8 (di harga $45). Free cashnya pun tinggi ($4.29/share). Hanya sayangnya sentimen buruk dari Peru bisa membuat FCX tertekan. Kami cenderung memantau FCX dulu sampai ada angin balik baru masuk call option. Mungkin FCX bisa jatuh ke $40. Tergantung sampai seberapa jauh jatuhnya FCX. Tetapi saat ini kami melihat call option $45 Jan 08, FCXAI, yang enak dimainkan. Pada hari jumat lalu bid-offernya ada di $8.10 - $8.30.


Chart 10 (Klik untuk memperbesar)


Sekian dulu……, jaga kesehatan dan investasi anda baik-baik. Mau kasih komentar....silahkan.

Jakarta 5 Oktober 2008




Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

10 comments:

Investasi Selebritis said...

larangan short selling memang hanyalah solusi jangka pendek.

Giy said...

Pak IS, apa hebatnya jurus kungfu short-term bull? apakah lebih hebat dari short selling!. Bukankah itu sifatnya cuma sementara?

Bukankah dengan ketakutan para investor pada sektor energi pada jangka panjang akan membuat harga emas melejit. Hingga menghancurkan nilai dolar!

Imam Semar said...

Dalam dunia persilatan saham, seorang pendekar harus bisa memainkan jurus lembu sekilan dan jurus cakar beruang. Kita tahu dalam 1-3 tahun mendatang, jurus cakar beruang akan tetap berperan. Apakah itu disektor financial, retail, komoditi,....dsb. Sekali-sekali jurus cakar beruang mengeluarkan gerakan yang menguras tenaga sehingga habis. Disini kembali lembu sekilan berperan mengisi kevakuman tenaga dalam.

Dollar bukan sendirian dalam hal cetak-mencetak. Sebenarnya rupiah, euro punya laju pencetakan yang lebih tinggi. Tetapi karena persepsi maka US dollar jatuh. Para spekulan memanfaatkan hal ini yaitu melakukan investasi dengan leverage yang tinggi. Modal $10, pinjam $90 dan main (invest)$100. "Main disini tidak terbatas pada saham, tetapi juga minyak, komoditi, emas, dsb. Hedge fund memperoleh keuntungan lewat 2 pintu: pinjam $ dan mengembalikannya lebih murah; serta keuntungan dari bursa. Selama trend tetap, i.e. dollar menurun, keadaan nyaman-nyaman saja. Tetapi pada saat $ meningkat kebutuhannya dan harganya naik, maka rebalancing dan deleveraging mulai terjadi.

Saat ini, ketimpangan ini mulai re-balancing dan deleveraging. Akibatnya semua hedge fund meliquidasi holding nya, termasuk di emas.

EOWI belum menurunkan artikel ttg emas, karena deleveraging masih berlangsung. Pada saat proses ini mengecil, maka emas akan terbang.

Kira-kira begitu. Biarkan pasar mengaturnya. Kita hanya berselancar di atasnya.

Imam Semar said...

Ada pepatah di dunia saham:
Bulls make money, bears make money, pigs get slaughtered.

Artinya kalau tidak pandai-pandai di bursa, bisa kena sembelih....

RevShark said...

Karena ceroboh, hari ini kena floating loss yang buanyaaaakkkk sekali dan kena max buy pula jadi tidak bisa beli lagi.

Maaf mengeluh di sini, but I'm feeling like one of the pigs right now.

fr3dy77 said...

Pak IS, saat ini harga emas melonjak tinggi. Ada saran di posisi berapa sebaiknya emas dilepas?

Kalau boleh share, pak IS bermain saham dimana (websitenya gitu)? Saya sedang mencari online trading buat saham dan komodity yang aman.

Imam Semar said...

@Ferdy77
Menurut pakem strategy EOWI, emas fisik bukan untuk ditradingkan, melainkan untuk tabungan yang tahan thd krisis.

Saya sedang mempertimbangkan option Gold. Tapi masih perlu pemikiran.

Kami menggunakan OptionXpress.com sebagai broker.

Giy said...

Setuju Pak IS, saat massa 'angker' seperti ini mending jangan menyimpan uang tunai.

Apalagi saham busuk sektor keuangan!

orangwarasaja said...

Bung IS,
saya suka sekali dengan tulisan bung IS di ekonomi orang waras ini. dan sudah saya ikuti sejak pertama kali blog ini buka (sebelumnya saya ikutin klubsaham)

Bung, sekarang kita sudah dapat "timbun" emas fisik ya ?
karena kecenderungannya kok aku melihat resesi ini bakalan lama ya ?

mohon advisenya

Thank you

Imam Semar said...

@orangwarassaja,
Kecenderungan kami adalah capital preservation melalui uang tanpa tanda-tangan pejabat pemerintah manapun. Andaikata kami pegang uang, maka uang itu adalah uang dari negara yang tingkat tabungannya tinggi. Singapur $ dan Swiss F. Dalam jangka panjang mereka lebih bisa bertahan. Pada saat injeksi liquiditas mulai bekerja, kita akan melihat nilai uang (dgn tanda tangan pejabat) akan nyungsep.