___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Sunday, October 12, 2008

PANIK BURSA 2008

Dalam 15 bulan terakhir, orang Amerika telah kehilangan $2 triliun uang tabungan dan pensiun mereka. Dan kalau dibagi rata kesemua rakyat US, termasuk anak-anak dan bayi, angka ini ekivalen dengan $8000 per orang. Apa tidak panik? Dan ini belum apa-apa. Mereka masih punya potensi kehilangan $1 - $1.2 lagi. “Doh” kata Homer Simpson di film kartun.

Biasanya anda mendengar nada di EOWI negatif terhadap saham. Kali ini agak berbeda. EOWI masih bearish terhadap ekonomi, tetapi terhadap banyak saham, kami bullish. Di EOWI kami berusaha objektif, bukan fanatik. Dengan akal sehat berusaha melihat keadaan, mengambil kesimpulan dan membuat rencana yang sensibel. Dalam agama Islam hal itu disebut iman dan amal-saleh, yaitu mencari konfirmasi dan berusaha secara effektif/berhasil-guna.

Selama 1 bulan terakhir ini terjadi panik bursa dunia. Alasannya, - kami tidak perduli. EOWI tidak menganalisa emosi pasar kalau tidak ada nilai praktisnya. Kami suka kepanikan. Karena dalam pada saat orang bertindak dengan emosi dan perasaan, maka disitulah muncul peluang emas. (Bukan peluang rupiah atau peluang perak atau peluang BUMI).

Ada kejadian yang menarik sebelum panik bursa 2008 ini. Hampir semua bursa dunia menerapkan larangan short selling. Diharapkan larangan ini bisa meredam tekanan jual di bursa. Tetapi apa yang terjadi malah sebaliknya yaitu panik bursa. Selanjutnya panik bursa dunia membuat banyak bursa saham seperti di Iceland, Russia, Brazil, Jakarta, dan sederet lagi tutup karena investor/spekulan panik mau melepas posisi longnya. Jual..., jual, jual... Indeks saham berguguran di atas 5% per harinya. Kami menerima banyak Yahoo Messenger yang isinya menawarkan saham BUMI di pasar negosiasi, karena pasar resmi ditutup. Para pejabat dan management bursa berpikir bahwa mereka bisa menstop kepanikan. Kita lihat saja. Larangan short selling malah direnspon dengan crash bursa. Bagaimana dengan penutupan bursa? Kami yakin tidak akan menghalangi arah dari bear market.

Panik bursa kali ini, dalam hal volatilitasnya, dalamnya koreksi dan kecepatan koreksi, tidak disangka oleh banyak investor, termasuk kami di EOWI. Sangat ganas. Mungkin melebihi panik bursa 1987 di US. DI EOWI, kita selalu defensif. Dua minggu lalu kita sudah meliquidasi secara bertahap posisi short, dan minggu lalu mulai membangun posisi long secara bertahap. Posisi long yang telah kami masuki akan di-average down. Jika anda mengikuti cara kami trading, sebaiknya anda sering-sering melihat Trading Alert dari EOWI.

Volatility indeks menunjukkan rekor yang pernah EOWI lihat. Terakhir menunjukkan level 70!!! (Chart-1). Hal ini selaras dengan Indeks Bull Percentage yang semuanya di bawah 5%. Bahkan banyak yang di bawah 1%. Ketakutan, jerih, merasa kapok. Itulah yang melanda pelaku pasar.

Chart 1 (klik untuk memperbesar)


PANIK BURSA ALA INDONESIA
Kepanikan membuat Presiden RI memerintahkan BUMN melakukan hal yang tolol, buy-back. Pada saat krisis liquiditas, tindakan buy-back adalah menghambur-hamburkan modal kerja yang sangat berharga. Kami di EOWI berpendapat bahwa laissez faire adalah jalan yang terbaik dan tereffisien. Kalau saham BUMI mau kembali ke Rp 35, biarkan saja.

Bagi kami EOWI, panik bursa kali ini sudah diramalkan sejak tahun April 2003 dalam forum pertemuan Klub Saham Dot Com (KSC) di Kuningan Jakarta. Tahun 2005 kami juga mengingatkan bahwa krisis akan dimulai pada tahun 2007. Dan model yang kami ajukan adalah model tahun 1929. Kalau saat ini banyak analis lokal membandingkan krisis kali ini dengan krisis 1998. Mereka salah, sama sekali salah. Mereka harus membandingkannya dengan krisis 1929-1930. Kasus itu yang kami ajukan pada pertemuan anggota KSC dulu. Harga saham BUMI resources waktu itu masih di Rp 35. Dan 5 tahun kemudian menjadi Rp 8500 sebelum terjun bebas. Banyangkan naik dari Rp 35 ke Rp 8500. Apakah kinerja pertumbuhan BUMI mencapai 200% per tahun? Sehingga ada justifikasi kenaikan sahamnya dari Rp35 ke Rp 8500?

Panik bursa di Indonesia dimotori oleh BUMI dan group Bakri. Isu yang beredar adalah bahwa salah satu atau salah dua anak perusahaan Bakrie gagal bayar sebesar $1.43 milyar.

Besarnya BUMI dan Bakri group selama ini karena hutang, leverage. Isunya adalah sebagian hutang ini jangka pendek dan dijamin dengan saham group Bakri. Selama harga saham naik, para kreditur masih tenang dan mau memperpanjang kreditnya jika jatuh tempo. Tetapi ketika harga saham turun, para kreditur akan meminta tambahan agunan. Kalau tidak bisa maka kreditur akan mencairkan agunannya agar supaya tidak terjadi kerugian yang lebih parah. Maka terjadilah: sell Bakri... sell... sell....

Cerita gosipnya (gossip = kalau digosok semakin sip) Danatama, sekuritas (broker saham) groupnya Bakri mencoba menahan laju penurunan saham-saham saudara-saudaranya dengan menampung banjir bandang selling Bakri. Karena tidak kuat maka gosipnya gagal bayar. Semuanya itu masih tersembunyi dibalik rapat tertutup Bapepam.

Bagi kami Bakri adalah bubble. Kalau bukan bubble, maka BUMI sudah sering bagi-bagi dividen!! Buat EOWI saham riil adalah saham yang membagikan dividen. Kalau tidak berarti kertas – promisory wall paper. Jadi selama ini yang diperdagangkan adalah kertas saja (catatan elektronik untuk lebih tepatnya). Bisa juga disebut perdagangan janji. Orang membeli janji, bukan saham. Dan janji tinggal janji kalau tidak ada agunannya. Ashes to ashes, dust to dust, paper to paper, promises to promises, Rp 35 to Rp 35.

Yang saya takutkan adalah akibat tindakan penyelamatan bubble Bakri, kalau tindakan penyelamatan terjadi. Analoginya adalah kasus AIG. Hank Paulson mentri keuangan US, padanannya Ical Bakri. Kenapa AIG diselamatkan sedang Lehman Brothers tidak? Dugaannya – gosipnya – Goldman Sachs punya banyak bisnis dengan AIG. Kalau AIG bangkrut dan menggagal bayarkan kewajibannya terhadap Goldman Sachs (GS), maka akan menjadi ancaman bagi kelangsungan hidup GS. Paulson sebagai ex-CEO dari GS punya tabungan pensiun sebesar $ 700 juta dalam bentuk stock dan stock option. Kalau GS lebur maka duit pensiun Hank Paulson juga lebur.

Kecintaan pemerintah RI Reformasi sekarang ini dapat dipastikan lebih besar dari pada kecintaan pemerintah RI ORBA terhadap perusahaan konglomerat tahun 1998. Konglomerat tidak ada hubungan keluarga dengan RI ORBA. Kalau dulu ada BLBI, sekarang seandainya terjadi krisis maka juga akan ada aksi penyelamatan. Artinya inflasi.

Para pejabat mengatakan bahwa krisis liquiditas ini tidak mempengaruhi perekonomian Indonesia. Bukan kah hal yang sama juga dikatakan menjelang semua krisis? Komentar EOWI: orang bilang ekonomi makro Indonesia bagus, tetapi ekonomi riil Indonesia masih terpuruk. Selain riil itu apa? Maya? Hayal? Jadi ekonomi makro adalah ekonomi para hantu!! Hayal! Kalau ekonomi makro adalah hayal, maka akan hilang ketika kesadaran kembali pulih. Lagi pula, siapa yang tahu bahwa Iceland terhantam, Eropa babak belur....?

Di bawah ini adalah perkembangan kredit di Indonesia. Kredit di sektor bubble, properti, pertambangan dan pertanian/perkebunan totalnya mencapai Rp 140 triliun (Chart-2). Dalam Chart ini semua dalam milyar rupiah. Dibanding dengan sektor Industri (apapun namanya) yang mendekati Rp 240 triliun, ke tiga sektor itu masih kecil. Yang kami takutkan ialah sektor industri itu termasuk agro-industri, industri pertambangan, industri perumahan dan bangunan. Sehingga sektor industri juga sudah masuk fase bubble. Kalau dilihat pertumbuhan sektor Industri juga naik secara parabolik dari tahun 2006 – 2008 bersama sektor bubble pertanian/perkebunan, pertambangan dan properti. Kami di EOWI akan waspada. Kata Pink Floyd:
“......mother,.. why should I trust the government”.

Kata EOWI: “Emaskan tabungan anda. Uang yang aman adalah uang yang tidak pakai tanda tangan pejabat”. Kami bukan menakut-nakuti, ini sekedar peringatan. Kenapa anda menggantungkan nasib anda pada negara dan politikus? Beli emas. Ini sudah menjawab beberapa email yang datang kepada kami menanyakan harus berbuat apa sekarang. Uang anda di bank bisa dijamin. Tetapi nilai uang anda tidak bisa dijamin selama masih ada tanda tangan pejabat disitu.


Chart 2 (klik untuk memperbesar)


PANIK IRASIONAL
Tekanan jual di bursa saham dunia mencapai tahap irrasional. Pasar sangat bearish. Secara praktis tidak ada bull tersisa. Tabel di bawah menunjukkan berapa persen investor bullish yang tersisa. Sektor Energi, Dow Indistrial dan finansial menyisakan 0.0001% saja. Kita akan kita akan lihat bahwa kondisi yang demikian ini menyisakan banyak peluang. Tetapi harus diingat bahwa periode ini adalah periode bearish – bear market. Ada ungkapan bursa:

Bears make money, Bulls make money and Pigs get slaughtered

Jangan bertindak bodoh. Tetap berpegang pada capital preservation dan hati-hati. EOWI memperkirakan bahwa indeks masih akan terkoreksi terus dalam periode 1-2 tahun ke depan, walau pemerintah dunia secara serempak berusaha sekuat tenaga untuk mencegah terjadinya krisis.



Chart dibawah ini menunjukkan interpretasi Elliot Wave kami mengenai koreksi yang telah terjadi. Insha Allah kita sudah selesai wave 3 yang sangat brutal dan volatile. Kalau perkiraan kami benar, berikutnya adalah counter rally Idiot wave 4. Ini bisa membawa indeks Dow ke dekat 10500. Kemudian tekanan jual kembali muncul dengan Idiot wave 5. Dan ini kan membawa indeks Dow ke 6660. Angka sial – triple six? Atau 4333 untuk Fib retracement 2.62.


Chart 3 (klik untuk memperbesar)

Kalau dilihat betapa bearishnya bursa saat ini, membuat kami yakin bahwa peluang untuk mencapai target Fib retracement 0.62 (Dow di 10500) cukup besar. Peluangnya 75%.

Catatan: Pembaca harap maklum kalau EOWI memplesetkan kata Elliot Wave menjadi Idiot Wave, karena setengahnya EOWI kurang mempercayai teori Elliot Wave ini. Menurut kami Elliot Wave dan angka Fibonacci sahih bukan karena teorinya yang sahih, tetapi karena banyak pelaku pasar yang percaya akan kesahihannya dan menggunakannya sehingga prilaku mereka didikte oleh Elliot Wave. Dengan kata lain Idiot wave adalah self-fullfilling prophesy.


RECO BARU
Panikl akan menelorkan kesempatan. Itu kaidah yang dianut EOWI. Secara irrasional orang membeli saham pada saat bubble. Dan secara irrasionalorang menjual saham ketika panik. Funadmental sudah tidak diperdulikan lagi.

Sudah menjadi opini kami bahwa injeksi liquiditas dan action plan TARP (Trouble Asset Repurchase Program – program $700 milyar Paulson & Bernanke) tidak akan menahan kejatuhan sektor finansial US. Lihat saja Fannie Mae dan Freddie Mac. Saham-saham mereka terdilusi. Pemerintah US akan berusaha mencegah terulangnya kasus Lehman Brothers.

Sementara ini kita lihat beberapa peluang long. National Oilwell Vargo (NOV) salah satu peluang yeng keluar dari kepanikan. GE baru saja melaporkan adanya kenaikan 31% y.o.y di sektor energi dan infrastrukturnya. EOWI berharap secara keseluruhan kinerja sektor ini juga sebaik sayapnya GE. Itu sebabnya minggu lalu EOWI merekomendasi MUR, FCX dan CNQ. Kedua sektor ini sebenarnya menjadi favorit EOWI saat ini, seperti ABB (infrastruktur). Tapi kami tidak bisa melihat semua, karena menjadi tidak fokus.

EOWI berani berspekulasi di MUR, NOV, FCX dan CNQ, bahwa saham-saham ini akan rebound pada saat investor tersadar dari cengkraman irrasionalitas dan kembali memikirkan fundamental. NOV turun dari $90 beberapa bulan lalu ke $23.45. Cukup dalam. Sebagai pemain di konstruksi drilling rig, NOV memperoleh banyak keuntungan yang besar selama 5 tahun terakhir. NOV masih punya backlog order $10.8 milyar sebagai projek dimasa datang. Hutang netto nya tidak ada. Ditambah lagi order baru untuk masa mendatang sebesar $2.2 milyar. Tambahan lagi, harga besi yang menurun membuat keuntungan semakin kinclong. Karena semua order menggunakan harga besi yang bubble.

Ketika para investor mulai melakukan perhitungan fundamental, pasti mereka akan kembali mengkoleksi NOV.

Rekomendasi: beli Nov call $25, Jan 2009 (NOVAE) di sekitar $5.

Catatan: untuk posisi option lain EOWI akan melakukan average down. Kalau anda tertari, sering-sering melongok Trading Alert EOWI.

Sekian dulu, jaga kesehatan anda dan tabungan anda........,

10 Oktober 2008.


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

8 comments:

abecede2009 said...

bung EOWI yg ngaku2 waras :D sekarang pegang saham apa di bei ?

Blue said...

Mas IS, gudang saya sudah penuh dengan emas tetapi melihat gerakan harga emas saya kecewa, sepertinya ada yang bermain di harga emas. Setiap kali naik pasti diguyur. Seharusnya sekarang sudah parabolic run. Apakah benar ada yang bermain ? Siapakah mereka dan apa kepentingannya? Apakah bank-bank sentral atau IMF yang memiliki cadangan emas sangat banyak ? apakah ada data berapa banyak cadangan mereka ? Sampai kapan mereka kuat ? Apakah parabolic run akan terjadi ? Berapa persen kemungkinan tidak jadi ? Saya check di alexa.com juga tidak tampak tanda-tanda panic buying. Level 0.1 belum tertembus. Terima kasih lagi.

Rafdian Rasyid said...

Om... apakah pernah buat artikel di EOWI, apa kelebihan investasi emas? tnx (rafdian)

Kris Budi S Halim said...

Kalau analisa idiosync wave saya rada beda pak ..
boleh kan? kemungkinan masih ada sentimen positif dengan PilPres AS (sangat mungkin Obama menang) dan berjalannya program talangan $700Milyar itu.

"Idiot" Wave juga diterapkan pada jangka waktu. Nah diitung dari crash tahun 2008 lalu (sekitar lebaran juga) ketika muncul isu SPM sampai crash kedua (wave 3) butuh waktu sekitar 1 tahun. Jadi fibo retrace 0.62nya butuh sekitar 7 bulan lagi untuk sampai ke wave 5. Puncak retracementnya mungkin sekitar 3-4 bulan ke depan. Pas laporan keuangan muncul dan paper loss dibukukan jadi real loss.

Disclaimer ON.

Imam Semar said...

Tante Kris Halim,

Menurut anda...., dengan kata lain, kalau Idiot Wave digabung dengan Idiosync maka wave 4 berakhir 3-4 bulan mendatang dengan asumsi fib ret 0.62. Tapi kalau fib ret 0.50 maka sekitar 2-3bulan.

Menurut perkiraan kami dengan methode SWAG (scientific wild ass guess), rally ini bisa berlangsung sekitar 3 bulanan (mostlikely case). Kami pikir kita sejalan. Moga-moga demikian.

Sampai pemilihan presiden US, kemungkinan masih rally. -Buy on rumor -. Tetapi setelah tahu siapa pemenangnya - sell on fact/news. Ini satu faktor.

Faktor lain, biasanya awal tahun bursa positif karena banyak fund manager yang mengganti portfolio. Feb-Mar biasanya akhir dari rally. Dan May - Sell in May and go away. Ini mungkin awal dari ABC correction baru.


Begitu kira-kira.

Imam Semar said...

Oom Raf,

Kalau tidak ada rintangan akan kita bahas minggu depan. Karena sudah banyak nih yang menanyakan kenapa emas masih diam saja.

johnson said...

Mpu Imam Semar tolong dong ulasan emasnya jgn kelamaan uda ga tahan nich nunggu pencerahannya.
Trus satu lagi mengenai ANTM tolong dong di ulas jg kapan sebaiknya cut loss, cos i'm like a pig right now.
Thanks.

Pustaka Pohon Bodhi said...

Pola trading emas 3 bulan terakhir.. Buy di siang hari (waktu Asia) dan Sell di malam hari (Siang waktu New York, sebelum jam 11)... Most of the time, it works.. :) Hehe..