___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Tuesday, June 21, 2016

BREXIT: Kemerdekaan Bagi Inggris



Pasar modal agak menggila pada hari Rabu dan Kamis tanggal  15 - 16 Juni 2016 lalu. Emas melonjak lebih dari +30 poin (2.6%) mencapai $1318 per oz untuk kemudian jatuh kembali di bawah $1300. Tidak hanya emas, tetapi juga US dollar yang indeksnya melonjak menembus level 95, untuk kemudian jatuh lagi. Demikian juga saham di pasar US, mengalami gejala yang sama. Semuanya jatuh kembali pada jam 09.30, waktu Timur US.
Ketika harga emas melonjak menembus $1300 dan berlanjut kemudian sampai ke $1318, seorang pembaca EOWI yang mungkin punya emas banyak, melakukan posting, gembira karena emas naik menembus $1300. Mungkin dia kecewa ketika emas turun lagi dan pagi-pagi dilihatnya sudah ada di $1278 lagi.
Di EOWI, kami tidak gembira ketika index US dollar menembus level 95. Cuma heran saja, kok rallynya kencang banget.
Tetapi setelah jam 09.30 waktu Timur US, ternyata arah berbalik. Emas, US dollar dan saham US nyungsep. Selidik punya slidik ...eh..., ternyata ada seorang anggota parlemen Inggris ditembak, ditusuk dan akhirnya mati di rumah sakit. Namanya Jo Cox, dari partai Buruh yang kebanyakan pro Remain, yang berseberangan dengan Brexit.
Rakyat Inggris minggu depan, tepatnya tanggal 23 Juni 2016 akan melakukan referendum untuk memilih keluar (kubu Brexit) atau tetap (kubu Remain) dari Uni Eropa. Kalau Brexit menang, bagi EOWI bukanlah suatu yang mengherankan. Dimasa Kondratieff winter, perubahan wilayah, perpecahan wilayah sering terjadi. Pada Kondratieff winter sebelumnya Imperium Inggris Raya pecah menjadi India, Pakistan, Malaysia,.....dan sederet lagi. Indonesia nyempal dari Kerajaan Belanda.
Kepercayaan akan pecahnya suatu negara besar dimasa Kondratieff winter adalah kepercayaan EOWI saja. Walaupun dalam menceritakannya dibumbui oleh teori ini dan itu. Akan tetapi seperti semua teori mengandung asumsi dan prejudis. Apakah EU akan pecah, yang dimulai dari keluarnya Inggris, kemudian disusul oleh yang lain, hanya Tuhan yang tahu. EOWI hanya punya kepercayaan. Mungkin benar seperti ramalan harga minyak yang jatuh di bawah $30 per bbl. Tetapi mungkin juga salah. Demikian juga dengan emas, kepercayaan EOWI akhirnya akan tembus ke bawah $700 per oz. Itu juga kepercayaan yang didasari oleh asumsi dan prejudis yang dalam mengungkapkannya dibumbui dengan data-data sejarah. Tetapi selama masih ada asumsi, ASSUME bahasa Inggrisnya, artinya putting ASS before ME. Oleh sebab itu, kalau anda percaya sebaliknya, silahkan tidak ada yang melarang.
Uni Eropa merupakan bentuk suatu eksperimen yang didasari atas “besar indentik dengan keagungan, kemakmuran dan kejayaan”. Diciptakannya suatu super-state yang disebut European Union (EU) atau Uni Eropa, yang gabungan 28 negara adalah untuk mengejar keagungan yang diimpikan oleh Hitler, Alexnder the Great, Napoleon, Otto von Bismark dan sederet lagi. Itu para pemimpin dan pemimpinya. Rakyatnya pun dijejali mimpi yang sama, kemakmuran dan keagungan bersama di dalam super-state.
Banyak super-state, empire, runtuh karena beratnya sendiri. Yaitu jika yang impikan tidak terwujud. Dimasa subur dan makmur, dimasa keagungan, orang bisa hidup berdampingan, melupakan semua perbedaan. Tetapi ketika hidup semakin sulit, lain cerita. Dan super-state dengan sosialisme pemerintahan terpusat merupakan kombinasi yang bagus untuk perpecahan. Sosialisme pemerintahan terpusat membuat problem ekonomi di Yunani masih bercokol dari tahun 2008. Sudah 8 tahun ekonomi Yunani masih tidak kemana-mana kontraksi -3.6% di tahun 2013 dan tumbuh 0.7% di tahun 2014 dengan tingkat pengangguran 25.6% (2015). Bisa dibandingkan dengan Eslandia, yang bukan anggota Uni Eropa dan menuntaskan krisis ekonominya di tahun 2008 tanpa quantitative easing, bisa tumbuh 3.9% di tahun 2013 dan 1.8% di tahun 2014 dengan tingkat pengangguran 4.3% (2015).
EU belum bisa keluar dari krisis yang dimulai sejak tahun 2008. Tingkat pengangguran rata-rata hampir mencapai 10%. Di Spanyol mencapai 22.9%, di Itali 12% di Prancis 10.5%. Parahnya lagi adalah tingkat pengangguran kaum mudanya: 52% untuk Yunani, Spanyol 45%, Prancis 23.5%, Itali 37%. Dan rata-rata EU adalah 19.4%. Itu sumber ketidak puasan.
Hasil survey menunjukkan bahwa di negara-negara yang ekonominya masih bermasalah, tidak menyukai EU. Seperti Yunani hanya 27% saja yang mempunyai pandangan positif mengenai EU, pro-EU, sedangkan 71% tidak menyukai struktur EU. Prancis perbandingan antara yang anti:pro adalah 61:38. Dan Inggris 48:41 untuk keunggulan anti, seperti yang ditunjukkan pada chart berikut.
Mungkin pembaca bertanya, bagaimana sih ....kerja EU? Berikut ini adalah video yang bercerita sedikit tentang EU. 

Ketidakpuasan rakyat Inggris kepada EU bisa dimengerti, karena Inggris sudah tidak bebas lagi. Untuk membuat policy (apakah itu kebijakan atau ketidak-bijakan), mereka harus kompromi EU dengan anggota-anggota EU lainnya. Akibatnya banyak policy pemerintah yang tumpul. Hal itu membuat Inggris membuat rakyat Inggis tidak puas. Video berikut ini setidaknya bisa melukiskan pandangan kubu yang tidak puas, alias kubu Brexit.

Di samping ketidak puasan, ada juga ketakutan terhadap masa depan. Tidak banyak manusia yang berani menerima tantangan masa depan yang masih tidak diketahuinya. Ini dimanivestasikan, pada perasaan yang secara alamiah manusia takut gelap, takut mati, karena gelap dan mati identik dengan ketidak tahuan tentang apa diseberang sana. Jadi orang cenderung memilih status quo dan..... jangan heran, ketika referendun pemisahan Scotland dan Quebec belum lama ini, jajak pendapat pada awalnya kubu pro pemisahan unggul sedikit. Tetapi ketika referendun dilakukan, mereka kalah, status quo menang. Scotland tetap menjadi bagian United Kingdom (dalam bahasa Indonesia yang salah kaprah: Inggris) dan Quebec tetap bersama Canada.
Kemungkinan UK alias Inggris akan tetap bersama EU, apa lagi jajak pendapat terakhir tanggal 20 Juni 2016 menunjukkan keunggulan kubu Remain secara telak. Kecuali ada fenomena Black Swan saja yang membuat Brexit unggul pada waktu referendum dan Inggris keluar dari EU.
Fenomena Black Swan digambarkan sebagai fenomena yang peluang untuk terjadinya kecil tetapi berdampak besar. Andaikata Black Swan terjadi, yakni Inggris keluar dari EU, maka akan memicu Scotland keluar dari Inggris, Quebec keluar dari Canada, Catalonia keluar dari Spanyol......Dan mungkin akhir dari Uni Eropa. Ketika Inggris Keluar, Yunani yang tingkat penganggurannya sampai sekarang masih tinggi mungkin juga ingin keluar, jika melihat Inngris bisa secara bebas menata negaranya kembali. Menyusul Spanyol dan Itali serta Prancis. Dan ujung-ujungnya akan berekor pada perubahan tatanan ekonomi Eropa. Akan banyak perundingan-perundingan mengenai melakukan bisnis, mata uang, asset, tarif, dan banyak lagi di antara pecahan-pecahan negara dan union ini.
Jika fenomena Black Swan ini terjadi, awalnya mungkin sakit. Tetapi akhirnya akan sembuh lebih cepat. Walaupun demikian, investor tidak suka perubahan yang hasil jangka panjangnya  belum pasti. Ini bisa terlihat dari suku bunga bond Jerman, dan beberapa negara Uni Eropa yang negatif. Investor lari ke bond-bond yang aman.
 Apapun yang terjadi di tanggal 23 Juni 2016 nanti, dunia tidak akan kiamat. Jadi tenang-tenang saja.....
Sekian dulu, sampai nanti dan selamat buka puasa.......untuk yang puasa.
 


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

11 comments:

Anonymous said...

Salam Pak IS , mau tanya soal berita dibawah ini. maksudnya gimana ya pak ?
Wall Street cash or Elizabeth Warren: Hillary's choice
http://www.cnbc.com/2016/06/20/wall-street-cash-or-elizabeth-warren-hillarys-choice.html

Wassalam

Anonymous said...

Quote Om is "seorang pembaca EOWI yang mungkin punya emas banyak"

Nahh.. itu om IS udah bakar menyan.. keluarlah PETRUK :D

Anonymous said...

Oom IS, saya mau posting tabel krisi 2008, dalam bentuk gambar. bagaimana caranya ?
Sekedar mengingatkan . . . .

Imam Semar said...

Kirim aja ke Imam_Semar@yahoo.com nanti saya post....

kripik singkong said...

mungkin masih banyak yang tidak tahu atau menyepelekan fenomena Bitcoin/Cryptocurrency hanya sebagai hype belaka market capnya masih jauh jika dibandingkan wallstreet namun bagaimanapun juga market cap sebesar $15 milyar bukanlah jumlah yang kecil. bagi pecinta teori konspirasi bukanlah hal yang mustahil jika kelak cryptocurrency menggantikan era uang fiat. dan secara teknis cryptocurrency adalah senjata penghancur massal yang sebenarnya. senjata pemusnah massal yang ramah lingkungan tidak menimbulkan radiasi namun efektif untuk menghancurkan tatanan suatu negara dalam satu klik dan satu malam saja prediksi saya dalam beberapa dekade kedepan uang fiat akan punah.cryptocurrency sangat cocok untuk memusnahkan credit beracun (mengempiskan 70% uang beredar diseluruh dunia secara aman & tanpa jejak)

PETRUK ALWAYS RIGHT said...

CUMAN STUPID PEOPLE YG GA BELI GOLD AND PROPERTY

GOLD WALOPUN NGEDROP PASTI NAIK LAGI, BKL TEMBUS $1300

PROPERTY TIAP TAHUN PASTI NAIK HARGANYA, JAMINAN PASTI HARI TUA

DUKUN IMAM SEMAR MSH PD DIDENGERIN AJA, GA KAPOK APA SM NUBUATAN DOLLAR NYUNGSEP DIA KEMAREN?

HELOOOOO

Anonymous said...

Bung IS...

Opini 2016-2020 nya diselesaikan dulu..menggantung lama.

Anonymous said...

https://ig.ft.com/sites/brexit-polling/

kumbayamylord said...

Black Swan? Pak IS baca Nassim Nicholas Taleb juga ya? Dulu saya kesasar ke blog ini karena surfing artikel2 yg nyambung dg Black Swan lho...

kumbayamylord said...

Properti emang kagak ada matinya, tapi properti yg gimana dulu? Buat apa harga naik kalau gk ada yg beli?

PETRUK ALWAYS RIGHT said...

BUY GOLD & PROPERTY

TERUTAMA GOLD

UDAH IKUTIN SARAN GW

DIJAMIN HEPI