___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Thursday, June 23, 2016

Teman EOWI (Bukan Teman Ahok) dan Brexit



Seorang pembaca EOWI, sebut saja namanya Hendri, merasa besar urgensinya untuk mengirimkan sebuah tabel kepada EOWI untuk diunggah ke EOWI. Katanya ia mau mengingatkan pembaca EOWI yang lain tentang krisis 2008. Mungkin krisis yang akan datang ini setidaknya sama dengan krisis 2008. Tumben ada pembaca yang mau bersusah payah mengirimkan datanya untuk berbagi dengan pembaca lainnya. Mungkin oom Hendri ini merasa waktunya sudah dekat. Mungkin dia pikir Brexit adalah pencetus krisis berikutnya dan Brexit tinggal sehari lagi. Entahlah.

Brexit, bisa menjadi pemicu pecahnya bubble-bubble yang terbentuk dari tahun 2008 sampai saat ini akibat quantitative easing (QE). Besarnya melebihi bubble 2008, dan kalau pecah dampaknya akan mengibas, mungkin kata yang lebih tepat adalah menghantam Indonesia. Jadi oom Hendri ini mengirimkan tabel berikut ini untuk bisa dijadikan bahan renungan bagi pembaca EOWI yang setia.
Nah di bawah ada nama Irwan Napitupulu. Saya tidak tahu siapa dia. Tetapi itu bukan masalah. EOWI tidak perduli dengan copy right, tetapi lebih perduli pada right to copy. Anda bisa baca EOWI punya Sopan Santun Mengcopy
Tentang sopan-santun mensitir, copy, menjiplak,.......kami tidak punya aturan tentang mengcopy sama sekali. Silahkan mengcopy, bagian atau seluruh artikel yang ada dan tidak perlu repot-repot  minta ijin EOWI. Bahkan kalau mau menjiplak artikel EOWI untuk dijadikan sekripsi, silahkan......, asal tidak ketahuan dosen dan bu/pak guru. Kami di EOWI tidak perduli......, dan/atau tidak bertanggung jawab atas nasib sial anda jika ketahuan dosen dan guru anda bahwa sekripsi anda adalah jiplakan dari EOWI. Bagi EOWI yang terpenting adalah bertabliq - menyampaikan informasi, pemikiran dan kebenaran. Itu saja. Dan bagi kami informasi, pemikiran dan kebenaran adalah milik setiap orang alias milik umum dan tidak dimonopoli oleh seseorang dibalik nama "copy-right" atau hak-hak intelektual. Bagi kami hak-hak intelektual itu tidak ada
Di tabel itu terlihat bahwa dari semua asset hanya US dollar yang memberikan gain positif. Bahkan saham-saham blue chips seperti Astra, Semen Cibinong, United Tractor, terbabat lebih 70%. Emaspun terbabat 31%. Jadi...., berhati-hati lah.
Tabel di atas masih kurang. Bond pemerintah RI, sekalipun dalam US dollar juga terbanting 50%. Tidak ada yang aman selain US dollar.
Bagaimana dengan property? Coba saja jual rumah anda di harga pasar. Belum tentu laku dalam 1-2 tahun. Pada saat likwiditas membeku, hanya US dollar yang akan berjaya.
Mungkin rekan Hendri ingin memperingatkan bahwa Brexit sudah dekat dan bisa menjadi pemicu pecahnya bubble kredit dunia. Dan kredit bubble ini besar. Pertama bank sentral Jepang sejak 1990 yaitu 26 tahun lalu membuat kredit murah untuk menstimulasi ekonomi. Sayangnya ekonomi Jepang tetap berjalan tidak memuaskan yang ada adalah Yen carry trade. Kemudian ketika Tech Bubble meletus di US, the Fed juga mengikuti prilaku bank sentral Jepang. Ini membuat kebakaran di sektor komoditi dan property US mungkin bisa dikatakanbukan hanya US tapi dunia. Tapi ketika subprime bubble meletus, tidak lagi hanya sentral bank Jepang, tetapi sentral bank Eropa, the Fed dan Cina melakukan stimulasi ekonomi. Boleh dikata global sifatnya.
Apakah manusia tidak bisa belajar dari pengalaman? Mungkin pertanyaannya yang lebih tepat adalah: manusia macam apa yang tidak bisa belajar dari pengalaman?
Bank sentral Jepang melakukannya sudah 26 tahun. Dan tidak berhasil. Ini sama saja mengobati kanker dengan aspirin. Selama 26 tahun dicobakan tetapi tidak ada hasilnya. Kematian pasien berlanjut selama bertahun-tahun.
Bubble kali ini lebih besar dari bubble yang pecah di tahun 2008. Oleh sebab itu mungkin rekan Hendri merasa perlu mengingatkan. Di samping itu pada tahun 2008, Indonesia belum mengalami defisit pembayaran seperti sekarang, sehingga sekarang rupiah akan lebih rentan.
Pada referendum Brexit di Inggris yang akan dilakukan pada tanggal 23 Juni 2016, pilihannya ada dua, yaitu: Remain (tetap bergabung dengan EU) dan Leave (keluar dari EU)
Untuk jangka panjang Leave lebih baik karena Inggris akan memperoleh kedaulatannya sepenuhnya. Nelayan-nelayan Inggris tidak lagi dibatasi area operasinya dan quota tengkapannya. Inggris juga tidak perlu kompromi untuk menolak pengungsi. Inggris juga lebih bebas dalam menentukan standard produk manufakturingnya.
Sisi negatifnya adalah perdagangan dengan EU akan tersendat, karena akan ada aturan-aturan baru. Tetapi itu sifatnya sementara.
Bagi EU, kehilangan Inggris, yang merupakan anggota dengan ekonomi terbesar kedua setelah Jerman adalah kehilangan yang besar. Kehilangan Inggris bisa menjadi pemicu reaksi domino keluarnya anggota-anggota lain yang ekonominya berjalan tidak memuaskan. Mereka ingin punya kedaulatan kenuh atas keputusan-keputusan (policy) ekonominya. Setidaknya nasib mereka tidak didasari oleh kompromi dengan bangsa-bangsa lain (anggota EU). Dan bisa dibaca kemana akhirnya, yaitu EU tamat riwayatnya.
Sampai saat ini peluang antara Remain dan Leave masih berimbang. Partai buruh yang menjadi sponsor Remain menakut-nakuti rakyatnya dengan hilangnya beberapa program sosial, seperti jaminan kesehatan, perpustakaan umum,......dan lain-lain. Sedangkan tema kubu Leave yang banyak didukung oleh partai konservatif adalah ambil kembali kedaulatan Inggris, baik dalam bidang ekonomi, politik perpajakan ataupun perdagangan. Di bidang politik, rakyat Inggris tidak lagi diwakili oleh orang-orang yang duduk di parlemen EU, yang tidak dipilih itu.
Jika kubu Remain menang, tidak banyak perubahan, karena ini adalah status quo. Sedangkan jika kubu Leave menang...., ceritanya lain. Tatanan ekonomi, perdagangan, politik akan mengalami pergeseran yang mempunyai masa penyesuaian. Dan masa penyesuaian itulah yang membuat investor kecut.
Opini EOWI, British pound dan euro akan jatuh, demikian juga saham-saham Eropa. Emas dan US dollar akan menjadi pelarian kapital. Dengan melonjaknya US dollar, ekspor US akan terpukul. US akan mengalami resesi. Bursa US pun akan terpukul. Mungkin dampak kemenangan Leave akan merambat kemana-mana dan bak jarum yang membuat kredit bubble pecah. Sebelum bank-bank sentral dunia bisa bertindak, bubble kredit sudah pecah. Dan yang ditakutkan pembaca EOWI Hendri terjadi.
Itu opini EOWI yang dasarnya tentu banyak asumsi (harus diingat bahwa assume = putting ass before u and me), prejudis dan mungkin bias.
Ada video yang bagus (karena sangat membakar semangat) dari kubu Leave. Bagi pembaca yang punya semangat patriotis pasti bisa menikmatinya. 

Untuk lengkapnya anda juga bisa menikmati debat secara keseluruhan........,

Sekian dulu, sampai lain kali. Nikmati saja hidup.


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

18 comments:

Monster Trader said...

Ramalan Baba VANGA Eropa akan sunyi senyap di 2016 ... diawali dengan BREXIT ?

Anto said...

1. Mengenai harga saham yg ditampilkan, penurunan tsb sepertinya tidak akan terjadi,
karena sekarang emiten kan kinerjanya bagus, dan malah kans nya akan tumbuh.

2. Ttg Brexit, saya harap UK remain di EU saja deh

3. Kalau memang krisis ekonomi wajar kalau USD nilainy meningkat. karena kan USD
is like financial valium in financial crisis.

Imam Semar said...

Pesan dari Dinnara di London:

[8:19:39 AM] Dinnara: Black Friday
[8:22:18 AM] Dinnara: Kabarnya city traders pada nginap di Kantor antisipasi black Friday. Brexit or bremains katanya tetap sell off

Imam Semar said...

Dari Skype

Imam Semar said...

Pasar Forex..., swingnya gila-gilaan.
Bisa ada yang kena seperti investment firm Leucadia National Corp. harus kena infus dana ketika frank swiss dilepas pegnya thd Euro di Januari 2015.

Anonymous said...

Bila brexit menang...
Bisa jadi usd meroket..
Bila usd meroket...emas siap2 turun.

Itu skenario LN...

Bung Is..
Bila brexit terjadi dan rentetan akibat nya mengikuti..apakah indonesia ikut ambil bagian di dalam nya? Mengingat Tax amnesty akan tiba tdk lama lagi dan negara ketambahan kas masuk?

Kapan bung Is memberikan opini Tax Amnesty dlm bentuk tulisan?
Kami tunggu..

Salam sukses...

Imam Semar said...

Brexit Leave Menang!!!!!....

GOLD FOR MONEY VALUES said...

Bung is .. apakah klo EU bubar.. utang mereka dikemplang...??

Anonymous said...

Hamba-Nya datang kembali sekedar mengingatkan.

Hamba-Nya bukanlah seorang nabi atau ahli tapsir.
HambaNya adalah orang yang hendak bertobat sungguh-sungguh dan masih dalam pemurnian untuk bertobat karena waktu-Nya sudah dekat...dekat...dekat sekali.

Memang ada kesalahan dalam pemahaman kami (bukan ramalan yah sobat-sobat).
Dari hamba-hamba-Nya yang memiliki kerinduan untuk mengetahui kapan waktu-Nya tiba atau Kedatangan Yehoshua Hamashiach (Yesus Kristus) untuk menjemput orang yang percaya dan hidup kudus kepada-Nya.

Saudara/i masih ingat kesalahan pemahaman kami bahwa Kedatangan-Nya akan terjadi di awal tahun Jubilee pada September 2015 tepatnya 28 September 2015.
Namun apa yang kami prediksikan tidak terjadi...
apakah kami salah dengan pemahaman itu? iya kami salah prediksi, tentu kami juga tidak akan menyerah untuk tetap mempelajari dan memahami kapan waktunya tiba.. karena kami tetap percaya bahwa kedatangan-Nya sudah dekat namun kami masih belum sempurna dalam memahami pesan atau clue yang ditulis dalam Firman pada Kitab Suci.

Namun, ada yang janggal ketika kami menyadari ternyata pada tahun 2016 ini bangsa Yahudi (Kepercayaan Yahudi) menggeser satu bulan setiap hari perayaan yang biasa mereka lakukan karena ada perbedaan penentuan bulan, sehingga pada tahun 2016 ini ada 13 bulan (Ingat! dalam satu tahun hanya ada 13 bulan).

Nah dari clue ini, kami semakin yakin bahwa Kedatangan-Nya akan terjadi pada Hari Perayaan Tuhan yang telah ditentukan bagi umat Israel dari zaman Musa sampai saat ini, bukan pada perayaan yang ditentukan oleh kepercayaan Yahudi yang mundur satu bulan.


Akhir tahun Jubilee akan berakhir pada bulan September 2016 dan kami yakin dan percaya dunia akan mengalami GONCANGAN DAN TURBELENSI EKONOMI HEBAT YANG BELUM PERNAH TERJADI SEBELUMNYA MENJELANG KEDATANGAN TUHAN YESUS KRISTUS PADA HARI PONDOK DAUN 15 TSIRI ((((( SEPTEMBER 2016 ))))), sementara masa penghakiman dunia dimulai pada anak-anak Yakub (bangsa Israel) akan terjadi pada hari perayaan yang mereka geser pada bulan Oktober 2016. Disitu akan terjadi ratapan dan tangisan bangsa Israel yang masih tertinggal di dunia ini.


MARI BERTOBAT SELAGI ADA WAKTU YANG TERSISA INI.

Tuhan kiranya menyentuh hati saudara/i untuk mengenal siapa TUHAN yang sebenarnya.

God Bless you all.

Salam,

irfan p.w said...

Wah... Saran pak is tabungan rupiahku sebaiknya di belanjain APA biar nggak nyesel kalau rupiah nyungsep.

pengamat pasar said...

Wah bener bung Is, leave menang, gbp jatuh, euro jatuh, bursa saham eropa jatuh, gold naik, usd naik. Benar 100% tebakannya.
Next, kita tunggu, apakah benar USA akan resesi krn melonjaknya usd dan menyebabkan bursa saham usa jg jatuh...
Keep writing, bung Is! Saya tunggu pola head n shoulder di grafik bulanan ihsg betul2 terjadi, sehingga bs borong saham2 bagus dgn harga super murah..
Kita nantikan jg, akan ke berapa usd-idr di akh thn ini.. apakah di atas 15000?

pengamat pasar said...

Irwan ariston napitupulu adalah tokoh terkenal di dunia saham indonesia. Praktisi dan juga pengajar. Sepertinya suka main forex jg...

Anonymous said...

Sundul pertanyaan diatas, kalau EU bubar gmn dengan hutang2nya?,prediksi bung is apakah EU akan bubar dlm wkt dekat ini?

Ghaisan Nadhif said...

sedikit pengetahuan bagi kita tentang Tuhan, Nabi Isa as (yesus kristus) dan hari kiamat,,

https://www.youtube.com/watch?v=unRsuYHfBAg
https://www.youtube.com/watch?v=_rbsw9kPDvo
https://www.youtube.com/watch?v=CttX_t5ZiEU
https://www.youtube.com/watch?v=aK47QD-NcwI
https://www.youtube.com/watch?v=FU1ACjm8dEE

Anonymous said...

This threat even extends to the United States. CNN just published an article that lists four ways the U.S. could be significantly affected by all of this…

1. Fears that the EU may be falling apart
2. Volatile markets slow down the engine of U.S. growth
3. Brexit triggers a strong dollar, which hurts U.S. trade
4. Brexit forces the Fed to rewrite its rate hike playbook

Anonymous said...

Apakah brexit akan dijadikan alasan bagi the feds untuk QE4?

PETRUK ALWAYS RIGHT said...

DENGERIN SARAN GW

BELI GOLD

AKHIR TAHUN 2016 BS TEMBUS $1400

JNG KETIPU SI IMAM SEMAR MULU

KLO PD DENGERIN SARAN GW DR KEMAREN2 UDH PD HEPI SEKARANG

Anonymous said...

Hamba-Nya,

Saya bukanlah siapa-siapa, bkn jg tukang sihir atau tkg ramal.
Saya hanya melengkapi apa yg ditelaah oleh pak IS
dan tdk ada maksud menggurui Beliau.

We are in seal#3.
[Dari nubuatan akhir zaman, umat manusia berada saat ini pada pembukaan materai ke-3].
Saya mengutib ayat Alkitab terkait dgn "runtuhnya sistem perekonomian dan keuangan global" di Wahyu 6:6 ....:'' secupak gandum/beras sedinar (mata uang Iraq zaman dulu = keping berlapis emas), dan tiga cupak (mungkin sama dgn 3 takar/ liter) jelai sedinar. Tetapi jgnlah rusakkan minyak dan anggur itu."

Nah, pemahaman kami pada ayat di atas, pada akhir zaman atau menjelang Kedatangan Yesus Kristus akan terjadi kesusahan ekonomi di seluruh dunia, sehingga semua org akan kesulitan dlm membeli kebutuhan sehari-hari yg paling esensial yaitu kebutuhan makanan dan minuman. Kebutuhan sekunder dan tersier tdk dipedulikan lg...

Saya memperkirakan tiba saatnya uang yg dipakai sbg alat tukar bukan lg uang kertas (termasuk uang Dollar), tapi berupa uang atau koin emas yg nilainya masih relevan dgn "keringat org mencari atau menempa logam trsbut".

Memang suatu saat akan terjadi hyperinflasi atau "ketidakpercayaan orang pada uang kertas" karna nilainya sudah tergerus zaman atau bubble~bubble.

Mas Petruk ada benarnya juga dan ada salahnya juga.
Karna begini, dlm keadaan chaos yg dicari org adlh persediaan makanan (stok gandum/ beras) bukan batangan emas karna emas tdk dpt dimakan.
Suatu ketika saat ada pemerintahan satu dunia 'New World Order' maka pemerintah mengontrol ketat pangan dan memberlakukan uang koin emas ("dinar").

Itu terjadi dlm masa kesusahan besar 3,5 tahun setelah Yesus Kristus datang di awan- awan.


Terpujilah nama Tuhan.

Maranatha. DIA akan datang segera.


Salam,