___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Friday, October 2, 2015

(No.55) - PENIPU, PENIPU ULUNG, POLITIKUS DAN CUT ZAHARA FONNA


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

***  @@ ***

Pembaca yang budiman, PENIPU, PENIPU ULUNG, POLITIKUS DAN CUT ZAHARA FONNA no 55 merupakan kelanjutan posting yang lalu. Geger 2007-2009  mengulas drama ke(tidak)bijakan ekonomi terjadi di Amerika Serikat, berikut kelanjutan dari saat krisis tersebut mengulas drama ekonomi yang terjadi di tanah air. Selamat menikmati keep calm and carry on reading...


***  @@ ***

(No.55) - PENIPU, PENIPU ULUNG, POLITIKUS DAN CUT ZAHARA FONNA

 

Geger 2007 - 2009

 Sifat pembohong bukan monopoli politikus Amerika Serikat saja, karena sebenarnya gen pembohong sudah ada pada homopoliticus dari mana pun asalnya. Kita lihat di Indonesia. Kata wakil presiden Yusuf Kalla pada tanggal 19 September 2008 dikutip oleh Kompas[1]:
Wapres mengatakan, imbas terhadap bangkrutnya perusahaan-perusahaan raksasa dunia seperti Lehman Brothers juga tidak merugikan Indonesia, kecuali perusahaan-perusahaan Indonesia yang mendapat pinjaman kredit sehingga keuntungan perusahaannya akan terganggu. "Jadi, tidak ada dana Indonesia yang hilang dari sana,"  lanjut Wapres Kalla.
Dan ini berita di Kompas seminggu kemudian, berupa keluhan nasabah Citibank yang membeli produk Lehman[2]:
Saya investasi di produk itu sebesar 50.000 dollar AS pada bulan Juli 2007 lalu,” kata Vincent Lingga, Selasa (23/9) di Jakarta. Dia memperkirakan jumlah nasabah yang membeli produk Lehman Brothers jumlahnya mencapai puluhan orang.
Vincent mempertanyakan lemahnya pengawasan dari Bank Indonesia (BI) serta Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) terhadap surat berharga yang diterbitkan perusahaan sekuritas asing di Indonesia.

Setelah itu banyak berita mengenai orang-orang yang mengalami kerugian akibat runtuhnya Lehman. Belum tahu berapa yang kena kasus AIG. Kami tidak tahu apakah pak Kalla malu atau tidak.

Tidak hanya itu, tidak berapa lama setelah pernyataan wakil presiden itu, Bank Century, sebuah bank ukuran sedang, mengalami kolaps dan penyelamatan Rp 6,7 trilliunnya menimbulkan banyak kontroversi. Tidak disadari dan tidak diberitakan di media massa bahwa kasus bank Century hampir membuat LPS, Lembaga Penjamin Simpanan kolaps. Seandainya ada 2 bank sebesar Century yang kolaps dan harus diselamatkan, maka LPS akan ikut terseret. Seluruh modalnya yang pada waktu itu berjumlah 14 trillium akan amblas. Yang menarik dari modal LPS ialah dua tahun sebelumnya hanya bermodal Rp 7 trilliun, setengah dari ketika akan menyelamatkan bank Century tahun 2009. 

 Modal LPS yang tiba-tiba meningkat dua kali lipat pada saat akan menyelamatkan bank Century menimbulkan pertanyaan....., mungkin lebih tepatnya kekaguman bukan pertanyaan. Betapa hebatnya LPS membukukan keuntungan sehingga pertumbuhan modalnya bisa secepat itu, 100% dalam 2 tahun saja.

Geger 2007 – 2009 mengalami metamorfosa menjadi resesi ekonomi 2007-2009 terpanjang dan terburuk di Amerika Serikat yang pernah terjadi setelah Perang Dunia II. Dan ini mengimbas ke dunia. Negara Eslandia tersungkur, di Inggris krisis masih berlanjut, Yunani terjerembab. Krisis kredit juga menghantam Dubai, tepatnya hotel Al Burj, gedung tertinggi pada jamannya, yang kemudian terpaksa diselamatkan oleh Abu Dabi, karena tidak mampu membayar hutangnya. Apakah gonjang-ganjing ekonomi dunia akan usai?

Selama Geger 2007 – 2009, selain banyak perusahaan besar yang kolaps, harga saham di Amerika Serikat dan di bursa-bursa dunia jatuh pada periode 2007 – 2009, sebagian karena likwidasi paksa terutama bagi investor yang menggunakan leverage. Ketika pintu kredit ditutup, katrol leverage hilang dan terjadi likwidasi paksa. 

Indeks harga saham Dow Industrial yang merupakan gabungan 30 saham industri yang diperdagangkan di pasar saham New York, merosot dari 14.164 pada bulan Oktober 2007 ke 6.547 pada bulan Maret 2009 (-54%). Sedangkan indeks S&P500 yang mencerminkan secara lebih luas saham-saham yang diperdagangkan di pasar New York merosot dari 1.562 pada bulan Oktober 2007 ke 683 pada bulan Maret 2009 (-56%). 

Saham dunia juga turut merosot. Indeks Wilshire  Global, yang mecerminkan saham-saham yang diperdagangkan di dunia, merosot dari interday high 15.939 di awal Oktober 2007 ke interday low 6.772 di bulan Maret 2009. Secara grafik, kemerosotan harga-harga saham, komoditi sampai ke emas bisa dilihat di bagian selanjutnya.

Pemilik uang, investor dan spekulator melarikan uangnya ke instrumen investasi yang aman yaitu cash atau yang mirip dengan cash yaitu surat obligasi pemerintah (Amerika Serikat) jangka pendek. Suku bunga obligasi pemerintah US jangka pendek (2 tahun) juga melorot sampai hanya 0.65 %. Investor tidak keberatan dengan bunga yang sangat kecil asalkan aman. Harus diingat bahwa bunga itu masih harus dipotong dengan biaya broker.

Kredit mengalami kebekuan, tidak ada yang mau memberikan kredit. Dan kebekuan ini merupakan awal dari kontraksi kredit dan kontraksi pasokan uang M3.

Harga minyak, emas, perak dan komoditi juga anjlok salah satunya akibat dari likwidasi paksa karena hilangnya kredit. Tidak ada yang naik, kecuali dollar Amerika. Dengan kata lain, tidak ada tempat berlindung kecuali dollar Amerika dan instrumen yang setara yaitu bond pemerintah Amerika jangka pendek. Ini semua adalah gejala panik depressi deflasi.


Pada post selanjutnya akan dibahas perilaku komoditi, sosial demografi dan teori siklus, bagaimana kita bisa menggunakannya untuk memprediksi trend kedepan?........

 [1]    Wapres: Kasus Lehman Tidak Rugikan Indonesia, Kompas.Com, Jumat, 19 September 2008, http://www.kompas.com/read/xml/2008/09/19/14412391/wapres.kasus.lehman.tidak.rugikan.indonesia

[2]   Investor Indonesia Dirugikan Lehman, Kompas.Com, Rabu, 24 September 2008, http://www.kompas.com/read/xml/2008/09/24/0745115/investor.indonesia.dirugikan.lehman


28 comments:

Pengobatan Kista secara Herbal tanpa Operasi said...

memang ya ekonomi sekarang ini sedang masuk level yang tidak baik alias di bawah, haduhhh mirirsssssssss bacanya juga --__--

Anonymous said...

Media sekarang juga bisa di sebut salah satu penipu ulung , berita bisa dipesan utk menaikan figur seseorang , untuk kepentingan pencitraan,menutupi yang keropos menjadi kinclong

Anonymous said...

Apa yang terjadi nanti thn depan ya. 2016

Anonymous said...

Pak is kalau kebijakan the fed tappering off dan kenaikan suku bunga bersinergi..bisa disimulasikan ga pak is...skenarionya bakal kaya apa..terutama dg rupiah...dan utang LN negara ini...apakah paket kebijakan yg dibuat ini efektif?.....

Anonymous said...

Bang IS,rupiah naik drastis trhadap usd kmaren. Kalau saya perkirakan bisa mncapai 14.300n atau lebih. Bagaimana mnurut Bang IS?
Apakah mungkin akan ada koreksi dan kesempatan untuk short rupiah lagi?
Karena jika dilihat jangka panjangnya masih turun tajam

RUDY MAS WU said...

Bung IS . Usd mencapai 14.200 saat ini. Ihsg menguat, dana asing banyak masuk. Apakah usd ga jadi pulang kampung?
Salam

denmas said...

Rupiah berjaya atas semua mata uang.. menguat tajam sekali, hal yg kurang normal/berdasar, pdhl kondisi ekonomi cdrg menuju lampu merah tp bisa menguat, smakin kronis.. adakah strategi ambil untung investor asing? kira2 bertahan brp lama bung IS, mereka goreng menggoreng ini?

Anonymous said...

Untuk jangka seminggu ke depan yang pegang usd level atas harap berhati hati lindungi profit anda bukan tidak mungkin ke level 13750 13950 ( disc)

Anonymous said...

Mas IS, ditunggu loe artikel terbarunya mengenai rupiah yg menguat tajam. Ada apa ini. Here.. Saya lebih percaya mas is keseleo lidah dibandingin berita2 diluar

Ihwan Rizani said...

USD melemah, harga emas dan minyak terus naik, asing mulai banyak lagi yang masuk IHSG, gimana ini Pak IS? butuh pencerahan

Sang Penanya said...

Wah, pemerintah Amerika berulah nih.. rupanya mereka ga tega USD menguat terlalu tajam. Bisa2 ga bisa ekspor barang mereka.

USD melemah terhadap semua mata uang, untung masih pegang Euro. Masih bisa ngeshort sebentar.... huehue

Eskatologi said...

Santai saja bro, tidak perlu pada bingung, simak perkembangan terus. Intinya tetap menerapkan batasan resiko. :D

Anonymous said...

wah.. di investing.com sdh 13940. Gimana ini pak Is?

Anonymous said...

Help.. Mas IS, jangan biarkan kita ter-ombang ambing.. Kasih comment nya dong :p

Anonymous said...

udah sy lepas punya saya hahaha

RUDY MAS WU said...

Saatnya borong usd ... kalau naik ya aman.. ga naik ya sabar aja... kalau turun ya uda nasib bro mungkin ga rezeki... salam usd lover

Imam Semar said...

Strong supportnya di 13800. Secara fundamental dollar masih harus menguat. Cadangan devisa BI turun dari $115 milyar bulan Feb 2015 ke $101 milyar Sept 2015, bukan hal yang bagus. Saya tetap pegang posisi dollar, dan load some more. Baru mikir kalau mulai menyentuh 13000 - 13500. Itu stop loss saya.

Spekulator besar kemarin-kemarin ini menggoyang short seller emerging market currency. Tidak hanya rupiah yang menguat tajam, tetapi juga ringgit dan beberapa emerging market. Bahkan ringgit kemarin menguat lebih dari 3%. Pasti banyak short seller yg dapat telpon margin call.

newbie said...

Waspadai fomc nanti malem,pengalaman saya selalu berkolerasi negatif dengan nfp,sedangkan nfp kmarin market merespon pelemahan usd,ane tadi subuh udah buy usdcad dan sell audusd semoga
Nunggu bung is komentar :D

Anonymous said...

waktu kemarin USD ngedrop besar2an, apa pak IS cut loss?

ditunggu analisanya pak IS soal paket2 kebijakan ekonomi kita nih

thanks ^^

Arkad said...

Timming BI tepat sih, pas dengan keluarnya data US dan berita dari IMF, rupiah langsung meroket seperti janji pemerintah untuk bulan Oktober, cuma terlalu seronok mainnya, chart nya jadi rusak

Imam Semar said...

@Arkad,

Chartnya masih belum rusak..., lihat Dollar Update. Ternyata kembali pada trend 15% pertahunnya.

Perfect.

yudi susanto said...

Jakarta - RUU Pengampunan Nasional yang diusulkan bisa mengampuni para pengemplang pajak, termasuk koruptor bila mengembalikan duitnya di luar negeri, diprediksi bisa mendatangkan pemasukan negara hingga ribuan triliun. Syaratnya, aturan itu harus bisa merangsang pihak-pihak yang dibidik.

"Kalau skenario pesimis, di atas kertas kurang lebih Rp 3.000 triliun, optimisnya Rp 7.000 triliun," kata anggota Badan Legislasi, Hendrawan Supratikno dalam diskusi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (8/10/2015).

Pak imam, mau tanya jika uang yang beredar M2 sekitar kurang lebih 4000 Triliun, dari mana datanya 7000 Triliun lagi??? uang apa itu ???

Arkad said...

Ah iya, bener juga bung IS... hehehe...

Yang kayak gini nih yang bikin mikir perlu peluru cadangan

Anonymous said...

Apa tanggapan pak IS ttg prediksi kiyosaki 2016 ttg ekonomi AS yg kolaps? Thanks.

Anonymous said...

Pak IS FOMC minutes bilang tak akan ada rate hike

dollar langsung melemah dibawah 13500

apakah pak IS akan cut loss?

Anonymous said...

USD sudah 13,500 padahal saya liad ekonomi secara real masi belum terlalu baik.. ada apa yah kira2??

Anonymous said...

sudah di angka 13,500 hari ini.. kira2 jual atau beli lebih banyak lg yah??

Anonymous said...

Apa tanggapan pak IS ttg prediksi kiyosaki 2016 ttg ekonomi AS yg kolaps? Thanks.