___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Friday, March 5, 2010

Market Update: Maret 10, 2010

Supir saya sakit demam berdarah dan terpaksa dirumah-sakitkan. Akibatnya sudah seminggu saya menyetir sendiri. Menyetir mobil di Jakarta cukup melelahkan dan memberi stress berat. Sepeda motor sliweran seperti kecoa. Ini membuat tekanan darah saya kemarin malam naik ke level 160/90 setelah 2 jam istirahat di rumah. Jantung masih terpacu 90 - 100 kali per menit. Ini tidak seperti biasanya.

Kejadian lain; 6 bulan lagi perusahaan tempat saya bekerja mau dijual. Kenapa dijual? Karena holding companynya perlu cash dan sulit memperoleh kredit. Suatu kenyataan bahwa kredit masih belum lancar.
Calon pembelinya kelihatannya akan melepas banyak karyawan yang ada sekarang. Efficiensi katanya (tanda ekonomi belum membaik, pemilik yang baru tidak mau ekspansi, tetapi malah effisiensi). Oleh sebab itu saya harus mulai mencari pekerjaan mulai dari sekarang. Akibatnya sore hari dan hari Sabtu-Minggu saya pakai untuk job hunting. Waktu agak sempit untuk mengamati pasar.

Kami minta maaf atas kekosongan EOWI selama minggu ini.

Dari beberapa posting kami menyimpulkan bahwa ada semacam keraguan atas koreksi primer P3 dan koreksi di sektor emas. Kami belum melihat adanya perubahan apa-apa. Artinya, pola kejatuhan saham dan logam mulia masih belum berubah. Yang terjadi saat ini adalah counter-trend. Untuk saham, indeks Dow, S&P nampak sudah kelelahan. Sedang emas masih punya tenaga untuk naik lebih tinggi lagi.

US dollar terhadap Euro masih menunjukkan keperkasaannya, tetapi indeks dollar agak sideways. Terhadap rupiah, US dollar masih bottoming.



EMAS: MARET – AGUSTUS BUKAN PERIODE RALLY

Kita mulai saja dengan emas yang kelihatannya seru. Saya pikir judul di atas cukup jelas. Bahwa rally emas biasanya pada bulan Agustus-Februari; sedang Maret sampai Juli/Agustus adalah masa koreksi. Alasannya sederhana sekali. Pada akhir dan awal tahun banyak sekali festival bagi bangsa India dan Cina di dunia. India terutama, sangat mengagungkan emas untuk upacara-upacaranya. Sehingga mulai bulan Agustus/September pengerajin emas mulai belanja bahan baku untuk membuat perhiasan. Dan ini berlangsung sampai akhir tahun.

Gossipnya Soros bullish terhadap emas. Saya tidak yakin dia akan beli sekarang. Dia akan menunggu waktu yang tepat. Soros melakukan trading bukan seperti pemuda umur 20an melakukan hubungan sex. Maunya cepat-cepat. Soros akan punya strategi, sebab dengan dananya yang besar, akan mudah sekali membuat GLD terbang tetapi tidak bisa bertahan lama. Dengan demikian bisa jadi dia akan beli di bulan bearish Mei-September nanti. Gossipnya Soros masuk di ETF GLD. Data volume trading GLD tidak mendukung dengan adanya lonjakan volume. Malah volume bulan November 2009 lebih tinggi dari saat ini.


Pola perdagangan GLD dan emas secara umum, membentuk koridor trend menurun (Chart-1) dan volumenya juga menurun. Rally seperti ini tidak akan bisa bertahan. Perhatikan rally bulan November 2009. Katakanlah dimulai dari level yang sama dengan rally yang dimulai sebulan lalu (Feb 5, 2010). Rally bulan Nov 2009, volumenya naik sedangkan rally bulan Feb 2010 tidak, malah turun. Dalam kondisi seperti ini, maka peluangnya bahwa rally saat ini paling top GLD akan sampai 114 – 115.



Chart 1

Pembaca EOWI yang budiman, periode bearish yang dimaksud oleh kami pada artikel-artikel sebelumnya akan berlangsung selama beberapa bulan, 12 – 18 bulan. Saham atau emas pada masa bearishnya, tidak turun secara garis lurus. Kadang harus naik dulu. Tetapi pada saat turun selalu membentuk “lower low”, seperti yang kita lihat di Chart-1. Kita harus sabar. Selama masih membentuk “lower high” bukan “higher-high”, maka trend menurun masih sahih.

Sampai nanti malam untuk sektor lainnya. Insya Allah. Moga-moga saya masih punya tenaga.



Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

8 comments:

Anonymous said...

masih menunggu dollar menguat atas IDR

Luqman said...

Moga2 bisa cepet nemuin supir baru Mas Imam. And lancar job hunting-nya!

Makasih udah mengenalkan ekonomi yang masuk akal =)

engineer said...

Setuju Om IS,,sabar menunggu...
hehe....
Btw,smg cepet dpt sopir baru n jaga kesehatan....

Anonymous said...

baiklah kalau beg-beg-begitu dollar akan saya koleksi terussssss.
btw klo butuh sopir sy bersedia kok biar bs lbh dekat dgn Bung IS, hehehe biar infonya uptodate.

Anonymous said...

Bung IS, Justru itu kita butuh "Viagraaa" dari Bung IS, supaya bisa bertahan lama.

Anonymous said...

menyimak update terakhir dr bung is.. berarti kalo dow sudah diatas 10650 dan s&p sudah naik diatas 1150 berarti sudah membentuk higher high curve dong ya.. yg artinya trend bearish dipertanyakan ? alias masuk ke bullish ? wah bentar lagi dow balik nih ke 10650... berita buruk buat pemegang usd, dan baik buat pemegang saham...

Anonymous said...

hehehe...kita sulit menebak kemana arah pasar. semuanya diatur oleh kelompok elit yang menguasai ekonomi di planet ini...kalo ada yang punya kenalan sama mereka, minta donk bocorannya dikit donk. hehehe....

Anonymous said...

mas is kerja di mana? apakah masih perlu kerja kantoran sementara penghasilan dari bursa sudah jauh mencukupi?