___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Monday, March 8, 2010

Market Update: 7 Maret 2010

Sebelum hari Jumat 5 Maret 2010, selama hampir dua minggu bursa saham tidak beranjak banyak. Dan pada hari Jumat 5 Maret 2010, bursa melonjak tajam 1.17%. Pertanyaannya, kemanakah berikutnya?

Secara Elliott Wave (EW), saat ini saham sedang berada pada posisi P3 (primary wave-3) dan untuk level wave yang lebih rendah – minor wave, sedang menyelesaikan wave (2). Bila minor wave (2) selesai maka koreksi (3) of 3 akan berlanjut.

Saya agak mengalami kesulitan mem-plot chart dengan selang waktu 1-2 jam. Yang bisa saya lakukan hanya chart hariannya saja (Chart-1). Pada Chart-1 ini terlihat primary 2, minor wave (1) yang sudah selesai dan minor wave (2) yang sedang berlangsung.


Chart 1 (klik chart untuk memperbesar)

Pada level wave yang lebih rendah lagi, wave 5 kecil sedang berlangsung dan kemungkinan sudah berada pada posisi akhir. Pada tulisan sebelumnya kami berpendapat bahwa level 10300 – 10500 merupakan pagar penghalang yang cukup kuat. Tetapi pagar ini tertembus pada hari Jumat 5 Maret 2010 minggu lalu. Pada hari itu rasio advance:decline cukup bagus, lebih dari 5:1. Pasar nampaknya masih punya nafas untuk melanjutkan rally. Dilain pihak, volume perdagangan masih rendah, tidak sampai ke level 800 ribu. Investor masih banyak yang diluar arena.

Di bawah ini adalah chart yang sama dengan Chart-1 yang saya ambil dari situ tetangga. Bedanya hanya pada interval waktunya saja, yaitu 60 menit. Kita lihat di Chart-2 ini Advance:Decline ratio melonjak ke 5. Walaupun saya tidak terlalu setuju dengan pelabelan Ew nya, tetapi secara garis besar masih bisa diterima. Harga indeks Dow berada pada koridor naik dan saat ini membentur resistance di atasnya. Idealnya bagi indeks Dow untuk menyelesaikan wave 5 kecil akan naik lagi untuk sesaat kemudian turun dengan cepat ke level 10300.


Chart 2 (klik chart untuk memperbesar)

Untuk indeks S&P, berlaku hal yang sama (lihat Chart-3 di bawah). Tetapi S&P tidak perlu lagi melanjutkan rally sedikit.


Chart 3 (klik chart untuk memperbesar)

Saya pikir kita harus mempunyai skenario yang bullish. Artinya, bagaimana kalau pasar terus melanjutkan rally? Jika pasar terus rally dan akhirnya menembus apa yang sebelumnya kita sebut P2, maka semua pe-label-an EW harus diubah. Sebaiknya sebagai trader, kita harus mundur teratur untuk mengevaluasi situasi lagi.

Beberapa waktu lalu EOWI mengatakan bahwa US dollar akan mengalami koreksi. Berikut ini adalah interpretasi EOWI tentang EW US dollar (Chart-4). Saat ini US dollar indeks sedang berada pada masa-masa akhir dari W-4 kecil atau awal dari W-5 kecil. Kemungkinan USD indeks masih akan rally sampai sedikit di bawah 83 yang merupakan akhir dari W-5 kecil dan W-1 (biru). Kemudian akan mengalami koreksi ke level 78 – 79 sebagai target counter trend W-2 (biru), sebelum melanjutkan kembali rally W-3 biru.



Chart 4 (klik chart untuk memperbesar)

Sekian dulu market update yang singkat ini. Sampai nanti. Kami akan update dalam beberapa hari mendatang untuk melaporkan mengenai P3. Apakah pe-label-an saat ini masih sahih atau perlu dirubah total.
Jakarta 7 Maret 2010.



Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

15 comments:

Farraha said...

kayaknya saya perlu atur strategi ulang nih, makasih pak IS, ditunggu laporan berikut nya.

Anonymous said...

Waduh, posisi short yg kemarin bagusnya gimana Pak? Equity saya udah hampir habis tuh. Naik dikit lagi saya bisa broke.

Anonymous said...

insya Allah hari ini big red candle....

Sari said...

Saya mah udah cut loooossssss

Anonymous said...

perang urat saraf antara kelompok bullish dengan bearish ? siapa yang menang ? hehehe...

Imam Semar said...

Memang perang urat syaraf.....

target koreksi Dow = 10300.

Anonymous said...

Sepertinya Kubu Bear yg Menang ... Recovery ....

Anonymous said...

Volume dow kecil,banyak yang belum partisipasi..Dow kalo gak terbang ke angkasa, bakal terjun ke jurang terdalam...

Anonymous said...

bukan bermaksud meragukan teknikal anda pak IS..hanya mencoba berdiskusi saja. Pada waktu anda gambar grafik Elliot indeks USD yg menerangkan in sudah wave ke 5..saya setuju. Tapi yang menjadi pertanyaan
1. Kenapa perhitungannya 1 ,2 ,3 lagi..(kalau memang menyambung elliot yg lama), harusnya kan abc??
2. Untuk yang no 2 dapat disamakan dengan koreksi abc di elliot wave terakhir (uptrend), seharusnya cukup dalam...
3. Untuk Wave 3 (naik) yang anda gambar, posisi puncaknya kurang naik sepertinya (harusnya pada saat anda menggambar triangle/konsoladi pattern)..dari situ anda bisa liat bahwa wave 3 sendiri membentuk elliot wave kecil sempurna

Untuk Emas sendiri sekarang adalah ke wave 5, jadi arahnya min ke 1265 atau lebih ...baru kemudian kemungkinan dia turun ke <1000

catatan: Semua ini dengan asumsi bahwa kita berdua melihat sesuai dengan teori Elliot wave..
Kalau saya pribadi dr pengalaman teknikal..Elliot itu bisa digunakan..Hanya saja kelemahannya adalah entry positionnya

Mohon dimaklumi sekali lagi Pak IS ini hanya tukar pendapat saja, tanpa ada maksud laen...

Matur Nuwun
Tyo

Anonymous said...

@Anonymous March 9, 2010 11:42 AM

Sedikit lg kalo bisa bertahan, Jumat jg da koreksi ... :)

thurad said...

Paling-paling imam semar kayak Irving Fisher nih. Bedanya kalau Irving Fisher sukanya long, imam semar sukanya short.

Anonymous said...

s&p sudah diatas 1150 nih... sepertinya time buat skenario bull market...

Anonymous said...

bearish sudah gagal, saatnya bullish...

Singgah said...

Bearish belum bisa dikatakan gagal selama DOW masih main disekitar fibo 50% retacement of 14.279 - 6440. Apabila bisa close dan stay dibawah 10.360 maka bearish dinyatakan confirm, dan jika menjauh dr fibo 50% keatas maka target selanjutnya yg akan diuji 12.314 maka kita tinggal hitung fundamental apakah memungkinkan mengarah kesana...

Anonymous said...

saya pikir Dow Jones sudah konfirm naik..utk koreksi 10300 mungkin ada, tapi hendaknya kita prefer beli mengingat trend sudah berbealik arah...
Tyo