___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Tuesday, October 27, 2009

US$ BREAKS UP TREND MENURUNNYA

Kelihatannya US$ telah keluar dari bullish wedgenya yang menurun dan kelihatannya akan memulai trend mendaki. ETF dollar UUP pada perdagangan tadi malam waktu Indonesia, mencatat kenaikkan 0.70% dengan VOLUME YANG BESAR. Kemungkinan besar trading tadi malam adalah titik balik trend menurun US$. Jika UUP bisa melewati 23, atau indeks dollar mencapai 76.5, saya semakin yakin trend baru ini. Target saya adalah Rp 13,000 - Rp 15,000 atau 100 - 120 pada indeks dollar.


Klik chart untuk memperbesar)


Jika USD indeks bisa menembus 76.5 - 77, bukan tidak mungkin penguatan USD ini akan cepat, karena banyak yang melakukan short covering.

Emas juga turun cukup dalam tadi malam. Walaupun emas masih punya peluang naik lagi sampai 1150 untuk jangka waktu pendek ini, tetapi peluangnya kecil. Produser emas (commercial), siap membanjiri pasar dengan barang mereka. Committment of trade (COT) menunjukkan Commercial Trader semakin membanjir untuk menjual.



(Klik chart untuk memperbesar)


(Klik chart untuk memperbesar)


Good luck.........



Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

6 comments:

pensiun kaya said...

kalo dollar naik lagi dalam rupiah, maka para pebisnis online yang bayarannya pake dollar ketiban berkat, tapi niatku beli laptop jadi surut nih kalo dollar di atas 10 ribu :-)
salam

Mahendra said...

@is : saya kira, penguatan dollar tidak akan lama. USA akan segera melemahkan dollarnya lagi mengingat kepentingan export-nya yg harus dijaga.

Tapi analisa ini bisa saja salah :) Wallahu alam :)

farrah said...

hello mr imam semar,
saya punya saran, gimana kalau mr imam semar buat ulasan tentang gerakan fremasonry di dunia.

kan situ sering ulas soal agama juga, baik kristen maupun islam, jadi coba buat dong yang agak kontroversi dikit, yaitu agama yahudi, dari sejarah hingga keributan sekarang ini, pasti diskusi nya seru.

thanks, semoga requestku di kabul kan....

salam.

Pohon Bodhi said...

"Produser emas (commercial) siap membanjiri pasar dengan barang mereka"

Barang di sini mungkin = kontrak shortselling saja Pak, belum tentu = emas fisik.

Anyway, selama momentum permintaan delivery fisik tidak meningkat drastis, shortseller memang punya kemungkinan "menang" yg cukup besar.

Imam Semar said...

@P Bodhi,
Coba anda perhatikan bahwa Commercial selalu net sell (di COT chart merah bawah selalu lebih besar dari merah atas). Ini adalah kenyataan bahwa producer selalu menjual produknya (emas dan perak). Nah, pada saat harga masih punya potensi naik, producer/commercial tidak akan terburu-buru melepas barangnya. Tetapi kalau mereka pikir harga akan turun maka mereka kalau bisa menjual barangnya. Commercial adalah producer, mereka punya barang. Anda boleh berasumsi bahwa short selling ini hanya paper contrak. Tetapi yang pasti commercial punya banrang.

Imam Semar said...

@farrah,

Di EOWI, kami berusaha menghindari hal-hal yang kami tidak punya pengetahuan. Salah satunya adalah fremasonry.

Masalah moral dan agama yang kami tulis biasanya mengenai ajarannya itu sendiri, bukan mengenai gerakannya. EOWI membatasi diri untuk tidak membicarakan tentang missionary atau al-qaida. Tetapi terbatas pada ajaran agama Kristen dan Islam yang tertulis pada buku-buku referencenya (Bible, Quran, Hadith, Tripitaka, Bhagawatgita, Veda, Talmud, dsb).

Sayangnya jika EOWI membahas mengengai theologi Yahudi, tidak akan menarik karena pembaca tidak punya background barang sedikitpun, sehingga topiknya tidak akan pernah bisa dimengerti.

Salam,