___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Tuesday, November 3, 2009

MARKET UPDATE: NOV 1, 2009


DOLLAR BULL KELUAR DARI KANDANGNYA
Kelihatannya dollar bull sudah keluar dari segitiga trend menurunnya (lihat Chart-1). Masih ada kemungkinan (tetapi tidak menjamin) bahwa dollar akan men-test supportnya di sekitar 75.5 pada indeks dollar dan membentuk double bottom. Kalau mengikuti Elliot Wave, ada kemungkinan dollar sudah menyelesaikan wave (2) dan memulai wave (3) jika trendnya adalah trend naik 5 wave. Atau bisa juga sedang memulai wave C jika trendnya adalah 3 corrective waves. Saya cenderung mempunyai opini yang pertama. Karena saya melihat adanya kredit kolaps dalam US dollar (Chart-2). Dengan kata lain, secara fundamental US dollar harus menguat bukan hanya sekedar koreksi.

Jika wave yang sekarang ini adalah C corrective wave maka targetnya sedikit di atas 90. Jika sekarang ini wave (3) maka targetnya antara 100 – 120. Target ini kalau diterjemahkan dalam rupiah adalah Rp 12,500 – Rp 16,000. Dan diperkirakan target ini akan tercapai di akhir 2010.


Chart 1 (Klik chart untuk memperbesar)

Konfirmasi penguatan US dollar didukung oleh RSI yang sudah berada di atas 50 dan oleh MACDnya yang telah membentuk golden crossing.

Penguatan US dollar akan memperoleh percepatan ketika nanti para hedge-fund melakukan short covering. Dollar bull berada pada level terendahnya yaitu 3% sebulan lalu. Artinya, sebulan lalu banyak hedge-fund yang melakukan short, karena selama ini persepsinya US dollar akan terpuruk. Padahal kalau kita lihat lagi, banyak mata uang lain yang kondisinya lebih buruk dari pada US dollar. Kita akan lihat saja sampai para hedge-fund ini bisa bertahan di posisi short US dollarnya. Wave (3) biasanya ditandai dengan gerakan yang brutal. Sampai saat ini masih belum saya lihat.

Chart 2 (Klik chart untuk memperbesar)

KOREKSI DI BURSA SAHAM
Penguatan US dollar biasanya dibarengi dengan koreksi di bursa saham. Seperti pada artikel sebelumnya, bahwa saya sedang menunggu primary wave 3 (sebut saja P3) yang menurun. Kalau dilihat dari pergerakan pasar minggu lalu yang volatile (Chart-3), nampaknya P3 sudah dimulai. Indeks volatility VIX juga melonjak tajam. Indeks S&P (SPX) sudah keluar dari pola trading segitiga mendakinya (increasing bearish wedge). Tetapi untuk meyakinkanya, saya baru akan berani mengatakan bahwa P3 sudah dimulai jika SPX sudah menembus supportnya di 1020 (Chart-4). Pada Chart-4 saya hanya ingin mengatakan bahwa ada kemungkinan SPX membuat head and shoulders sebelum koreksi berlanjut.


Chart 3 (Klik chart untuk memperbesar)


Chart 4 (Klik chart untuk memperbesar)

EMAS BERTAHAN
Emas minggu kedepan tekanan jual diharapkan melemah. Commercial player menurunkan posisi shortnya di commitment of trade (COT, Chart-5). Demikian juga dengan perak. Grafik perdagangan emas menunjukkan bahwa emas belum keluar dari koridor trading yang menanjak (Chart-6). Tetapi nasib baik ini tidak dialami oleh saham-saham emas HUI (Chart-7). Jika terjadi divergen seperti ini, kemungkinan emas akan terseret jatuh juga nantinya.


Chart 5 (Klik chart untuk memperbesar)



Chart 6 (Klik chart untuk memperbesar)


Chart 7 (Klik chart untuk memperbesar)


Sekian dulu....., sampai nanti. Jaga kesehatan, tabungan dan investasi anda baik-baik.


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

4 comments:

pensiun kaya said...

dollar semakin mantap keluar dari area downtrend, sementara indeks saham utama di dunia justru mulai menukik lagi ke bawah, tak terkecuali IHSG juga. apa ini pertanda bahwa para investor dan spekulan mulai eksodus memborong valuta ketimbang saham?

Mahendra said...

@is : serunya, harga emas justru malah makin naik :) Makin seru kan :)

Satyo said...

pak Is, dimana website yang menerangkan komplet mengenai elliot wave ya?
thanks

Imam Semar said...

@Satyo,
saya pikir di toko buku ada yang jual deh.....