___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Wednesday, November 25, 2009

SEORANG IBU MINTA BANTUAN

Saya mendapat sebuah email dari seorang ibu rumah tangga yang pembaca EOWI (Ekonomi Orang Waras dan Investasi). Karena minggu ini saya sedang kekurangan energi untuk meneruskan cerita minggu lalu, maka saya akan gunakan sebagai bahan untuk topik minggu ini di EOWI. Nama dan identitas beliau sudah dihapus, sehingga, beliau tidak akan pernah bisa dihubungi secara langsung, kecuali kalau beliau dengan suka rela menampilkan sendiri identitas beliau.

Pada dasarnya beliau ini minta bantuan informasi. Kalau sekiranya pembaca EOWI bisa menolong, alangkah senangnya ibu ini.

Inilah emailnya:

Salam,
Pak Is yang dilindungi Allah SWT karena menyuarakan kebenaran,

Saya MH, ibu rumah tangga, yang sudah lama terkontaminasi dengan Mahzab Investasi Emas Bpk..setelah sekian lama bersusah payah menularkan Virus Investasi Emas kepada suami, akhirnya suami saya pun setuju untuk memindahkan tabungan secara bertahap ke dalam bentuk emas.....tapi ternyata memang tidak mudah keluar dari sistem...

Pertama untuk membeli emas di antam yang kata seseorang blogger, terletak di dekat terminal bis pulogadung sehingga banyak preman yang dengan mata nanar memelototi satu per satu mobil yang lalu lalang-- agak membuat saya ngeri..

Kedua, membeli di salah satu toko mas di lt.1 Melawai Plaza, harganya Rp.100.000 diatas antam.

Saya ingin bertanya.. apakah ada cara yang aman dan terpecaya.. lewat bank syariah atau semacamnya untuk mendapatkan emas tersebut?bagaimana metode pembelian bapak? saya yakin alternatif membeli lewat internet tidak menjanjikan keamanan, dan bagaimana mengecek keasliannya? karena banyak emas batangan yang dipalsukan atau diturunkan kadarnya (emas muda)?

Mohon maaf karena pertanyaan saya terlalu bersifat teknis. Mohon penjelasan dari Bpk.

Wassalam


Inti pertanyaan beliau ini sebagai berikut:


Dimana bisa membeli emas yang

a. aman (kalau perlu bisa transaksi di rumah atau di bank tempat safe deposit box!)

b. spread jual/beli yang bagus

c. bisa menjual lagi ditempat yang sama

d. bisa memastikan barangnya asli (pakai sertifikat?)

Kalau pembaca punya pengalaman yang bagus, tidak ada salahnya berbagi dengan ibu MH ini.


Catatan EOWI:
Biasanya orang awam (investor awam) datang terakhir. Mungkin suami ibu M ini melihat emas naik terus dalam beberapa bulan ini dan berubah pikiran untuk mengikuti anjuran istrinya. Biasanya perubahan opini masyarakat awam ini terjadi di puncak harga, dengan kata lain koreksi sudah dekat. Oleh sebab itu saya menganjurkan untuk berhati-hati. "buy on the dip", bukan "buy at the peak". Saya yakin bahwa puncak kali ini hanyalah puncak untuk periode 2009 saja, bukan untuk dekade 2000-2020. Artinya puncak harga emas di dekade 2000-2020 masih lebih tinggi lagi. Tetapi sebagai seorang trader, kenapa tidak beli di level yang lebih rendah?


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

20 comments:

Anonymous said...

coba baca web ini >>> http://www.logammulia.com/ dan http://www.logammulia.com/news.php?id=19
moga-moga membantu.
ini kok belum pd turun yak pasar saham dan komoditi, lama bener ? gw bakar menyan dah biar cepat turunnya...hehehe

hime said...

saya klo beli emas dari dulu juga di antam... aman2 aja koq..emg c sdikit2 tiap bulan

ato di cikini tuh, di menteng prada.. aman juga (pas beli di cikini dapetnya justru lebih murah daripada antam..sedikittt c, dan ada sertifikatnya jg koq)

Imam Semar said...

@hime,

mungkin bisa dikasih no telp tokonya atau alamatnya....

boyin said...

coba disini alamatnya
TOKO EMAS IBU KOTA Jl. Cikini Kramat No. 1 PD. Pasar Cikini, Jakarta Pusat 10330 Telp : (021) 31931621

Shofiya Herbal said...

wah, coba ibu datang ke pegadaian syariah terdekat, sekarang ada produk baru /layanan baru. Namanya MULIA - (Murabahah Logam Mulia untuk Investasi Abadi), Pegadaian melayani Pembelian (juga penjualan tentunya) Logam Mulia, mulai dari 5gr,10, 25, 100 dan 1kg. bisa cash, bisa juga dicicil. Tp krn peminatnya yg mbludak, biasanya hrs antri, masuk daftar tungu. bisa 1 sampai 3 minggu (kalo lg padat), tp harga yg berlaku harga saat itu. kalo nyicil, minimal dp 1/3 nya. hrg cukup murah kok. sy jg lagi nunggu brg nich ;) selamat berburu emas.

Anonymous said...

Silahkan coba alamat http://islamhariini.wordpress.com/

dengan kantor pusat di
MASTER WAKALA NUSANTARA

al Wakil: As'ad Nugroho

Jl. H. Saidi IV No. 51A
Cipete Selatan

Jakarta Selatan - Indonesia

021 759 00412 atau
0818 08872081
085719607321

christian said...

beli aja di toko emas ibukota....liat website di www.goldgram.co.id untuk harga beli dan jual
Dan harga dia sedikit lebih murah daripada beli di PT Antam (yang kalau mau masuk udah kayak mau masuk ke benteng...)
Sedikit saran kalau mau beli ngak usah bawa uang tunai ...bawa aja laptop dan click bca via mobile banking atau bawa buku tabungan , disitu ada bank bca. Jangan bawa tunai. Kalau udah bolak balik beli udah sama sama percaya transfer aja dulu, kesana tinggal pick up barang. Mau jual juga bisa, spread harga beli dan jual ngak kayak antam yang jauh banget. Tapi saran mas semar betul sekarang lagi high banget masa mau beli sih....

akhmad yani said...

Silahkan mbuka geraidinar.com di situsnya jual beli dinar berupa emas 22 karat 4,25 gram.

Biaya kirim ditanggung pembeli. Bisa juga ditabung via m-dinar.com.

Lebih jelasnya monggo buka =
http://www.geraidinar.com/index.php?option=com_content&view=article&id=201:menabung-dinar-menjadi-semakin-mudah-dengan-m-dinar-saving-account&catid=1:latest-news&Itemid=50

dan

http://www.geraidinar.com/index.php?option=com_content&view=article&id=311:waktunya-dinar-mendorong-investasi-sektor-riil-yang-adil&catid=1:latest-news&Itemid=50

Semoga bermanfaat bagi kita semua

Anonymous said...

pak saya ingin beli emas tapi saat2 sekarang apa tepat,soalnya dengar2 kabar tahun depan harga malah tinggi sekali ,sebenarnya agustus yg lalu kami udah akan beli tapi istri mencegah kr msh bisa rendah,padahal dana ini rencana utk biaya sekolah anak kami . Kemudian kalau kami beli maret-agustus th depan apa koreksinya bisa lebih murah dari sekarang?

Anonymous said...

oh ya kalau nunggu koreksi dalam waktu dekat ini kira2 bisa terkoreksi disekitaran berapa ya mas semar,kami tunggu jawabnya.

A. Faishal Fahmy said...

Ada grup Komunitas Dinar & Emas (KDE) di Facebook yang cukup aktif posting message tentang Dinar emas dan emas lantakan. Gabung saja dan tunggu konfirmasi dari Admin-nya. Kalau sudah jadi member, silakan baca sepuasnya semua isi kotak diskusi.

Bunuh rasa cemas (fear) dan rakus (greed) kita dalam berinvestasi ! Caranya, belilah emas lantakan secara bertahap (sedikit demi sedikit) dan teratur (tiap bulan). Jangan bernafsu ingin menikmati selisih kenaikan harga emas di periode bullish seperti ini dengan cara membeli emas dalam jumlah banyak. Bila emas tiba-tiba anjlok, Anda bisa terbengong tidak habis percaya.

A. Faishal Fahmy said...

Kalau mau nyicil emas lantakan. Coba banding-bandingkan harga total cicilan yang harus Anda bayar antara Pegadaian Syariah dan Bank Mega Syariah. Kedua institusi ini bersaing ketat dalam memperebutkan pangsa pasar gadai emas. Jangan ambil keputusan sebelum cek di kedua institusi tersebut. Bila tidak, Anda bisa menyesal bila ternyata ada yang menetapkan margin yang lebih rendah.

Donny Kurnia said...

Saat ini Dinar dan Dirham telah beredar dan bisa digunakan di berbagai transaksi. http://islamhariini.wordpress.com dan http://wakalanusantara.com/ memiliki informasi dimana saja Ibu bisa mendapatkan dinar dan dirham dengan harga yang sama dengan harga emas hari ini. Tidak perlu ragu keasliannya. Ibu bisa coba beli satu dinar dulu.

Kelebihan dinar ketimbang emas batangan adalah dinar merupakan satuan, sehingga bisa digunakan untuk transaksi. Sudah banyak cerita, penjualan mobil seharga 25 dinar, laptop sekian dinar, dsb. Jika ibu menyimpan dalam bentuk emas batangan, tidak bisa langsung digunakan, mesti diuangkan dulu, sehingga berpotensi ada kerugian akibat mesti diuangkan sebelum digunakan.

Semoga membantu.

Kevin said...

beberapa kali saya tanya Antam pulogadung stok yang tersedia seringnya hanya yang 1gr 5gr 10gr dan 1kg, kalau beli yg gramnya kecil rugi di biaya cetak jadi pergramnya lebih mahal. kalau yang 1kg kegedean susah pula jualnya. Malas berhubungan dengan Antam saya lebih suka beli di Toko Mas Melawai lt.1 Toko Mas International 0217393457 kalau saya bandingkan harganya lebih murah dari tokomas Kaliem dilantai yg sama juga lebih murah dari Antam. Saya lebih suka yg 100gram krn jual beli lebih gampang.

Anonymous said...

LM fee jual beli berapa ya selisihnya ?
Thx

Anonymous said...

Seperti posting Shofiya, Emas Antam dapat diperoleh di pegadaian syariah dan pegadaian sendiri dapat ditemukan disetiap kecamatan (at least di kota saya di sumatera)

Harga emas antam yang dijual di pegadaian mengikuti kurs emas yang dapat ditemukan diwebsite logam mulia(http://www.logammulia.com/news.php?id=9)

Sebagaimana bisnis, pegadaian mengenakan fee 3% untuk pembelian tunai atau kredit 1 bulan. Sedangkan biaya pengikatan sebesar Rp.50.000,-

Hitungan memang sedikit lebih mahal tapi resiko jauh lebih kecil dibanding beli di pulo gadung. Anda bisa memilih pegadaian yang terdekat yang kawasannya relatif aman.

Salam
(Maaf mod, anonim neh, tapi saya pembaca setia EOWI sejak setahun yl)

Yernadi said...

Dahulu saya juga mengincar beli emas batangan di ANTAM saja. Setelah terbentur jarak dan ketersediaan barang yang saya inginkan, maka saya mencari alternatif lain. Yakni dengan Dinar Emas atau mencari emas batangan di toko emas di daerah saya, Depok. Ternyata ... beli Emas batangan di Toko Agung di Margo City jauh lebih murah, dekat, nyaman, aman dan tidak ribet. Soal keasliannya tidak usah diragukan lagi, karena toko ini hanya menjual dan membeli Emas yang ada Sertifikat ANTAMnya. Sudah gitu lebih murah lagi harga belinya dibandingkan dengan ANTAM bisa beda 3000 samapi 5000 ribu per gram emasnya. Begitupun dengan harga jual kalau kita mau menjual ke sana, dia hanya memotong 5 ribu per gram dengan harga yang paling update. Kalau Di ANTAM harga belinya tidak mau/jarang turun (meski haga emas lagi turun) sedang kalau kita mau jual mereka hargai Murah sekali. Semoga bisa menambah Informasi.

Anonymous said...

Coba wakala nusantara. Cari saja wakala yang dekat dg tempat kerja / rumah. Bisa diantar & COD kok.

yudo ekanata said...

Coba cari tahu/belajar pada kenalan yg tahu cara membedakan emas asli/palsu.

Kalo tidak ada kenalan, belilah di antam, setidaknya agar yakin/paham/belajar bagaimana bentuk/ukuran emas lantakan asli.

Jika sudah paham/kenal antara emas asli/palsu, pembelian berikutnya bisa di toko2 emas favorit ato lembaga2 lain yg menawarkan spread/selisih harga jual-beli yg kompetitif. Bulan lalu, toko emas favorit saya memberikan spread Rp 200ribu/100gram.

Anonymous said...

entah apa motif pak IS memuat email tsb, tapi kok di benak saya jadi terpikir istilah fresh meat dan euphoria ;)
Mudah2an kita bisa mengambil hikmah dari semua ini :)