___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Monday, September 3, 2018

Potensi Short Squeeze Emas?


Sudah beberapa minggu ini saya mengamati perdagangan emas di bursa future. Ada beberapa keganjilan yang jarang sekali terjadi. Yaitu adanya posisi net-short dari Large Speculators. Untuk mengerti, saya akan jelaskan dulu beberapa hal tentang bursa berjangka.

Sejak tahun 2006, setiap minggu, Chicago Mercantile Exchange melaporkan Commitments of Trades bagi para pelaku pasar berjangka untuk emas. Para pelaku pasar dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu: Commercials, Large Speculators dan Small Speculators.

Commercials isinya adalah para pemain yang berhubungan dengan emas fisik. Mereka itu adalah para produsen emas, pemakai (pembuat perhiasan dan sejenisnya) dan Swap Dealers. Para produsen emas selalu fokus/berpikir untuk melindungi produksi emasnya dari kejatuhan harga. Oleh sebab itu posisi net nya selalu short. Dengan demikian, jika harga emas turun dikemudian hari, maka kerugian itu tertutupi dengan posisi short di bursa berjangka. Dengan demikian, emas yang akan di jualnya nanti sudah terlindung harganya dengan posisi short tersebut.

Para pemakai emas (pembuat perhiasan, pembuat barang elektronik dan sejenisnya) takut kalau harga emas naik pada saat mereka mau membeli bahan baku mereka, yaitu emas. Oleh sebab itu mereka cenderung untuk melakukan hedging dengan posisi long. Dan Swap Dealer ceritanya lain lagi, prilakunya mirip dengan produsen dan seringnya (tidak selalu) punya posisi short.

Di samping para Commercials, ada kelompok lain yang yaitu para spekulator, baik yang besar dan yang kecil. Dari namanya, mudah ditebak bahwa mereka bukan pemain di bidang emas fisik melainkan spekulator. Fund manager, hedge fund, dana pensiun dan spekulator retail, masuk dalam kategori ini. Spekulator besar didominasi oleh Managed Money. Dari namanya bisa diterka isinya apa.

Setiap hari perdagangan berjangka didominasi oleh Commercials dan besarnya sekitar 60%. Sedangkan sisanya, para spekulator 40%.

Commercials sering disebut smart money. Katanya sebabnya adalah:

1.    Mereka tahu fundamental dari pasar emas. Mereka punya data termasuk siklus bulanan.
2.    Mereka punya kapital yang cukup, baik cash atau jalur credit lines.
3.    Bursa tidak membatasi jumlah posisi kontrak.
4.  Bagi produsen, mereka punya produksi emas fisik. Dan bagi pengguna, mereka punya kebutuhan fisik emas. Kebutuhan mereka riil, bukan untuk spekulasi,

Berbeda dengan Commercial, dalam permainannya para spekulator tidak seleluasa Commercials. Fund manager misalnya dana emasnya terbatas pada dana yang dilokasikan pada emas. Tidak boleh mengambil dana yang dialokasikan untuk yang lain. Walaupun saat ini para sepekulator juga sudah mempunyai bekal pengetahuan tentang fudamental harga emas, siklusnya dan lain-lainnya seperti pengetahuan yang dimiliki oleh Commercials, tetapi untuk poin-poin lainnya, Commercials masih belum memilikinya. Dalam permainannya, Speculators berpotensi kalah nafas, jika harus melawan Commercial traders.

Commitments of Trades (COT)
Setiap minggu, Chicago Mercantile Exchange melaporkan Commitments of Trades bagi para pelaku pasar berjangka untuk emas. COT mencerminkan posisi Commercials dan Speculators di bursa berjangka.

Sudah beberapa minggu ini saya mengamati perdagangan emas di bursa future. Ada beberapa keganjilan yang jarang sekali terjadi. Yaitu adanya posisi net-short dari Large Speculator – Managed Money. Hal semacam ini baru terjadi 3x selama 12 tahun sejak 2006 catatan COT. Yaitu pada pertengahan tahun 2015 dan menjelang berakhirnya 2015 (lihat Chart di bawah). Pada kasus 2015 tidak dalam seperti yang sekarang terjadi.




Kalau chartnya di-zoom-in dan terfokus pada 6 bulan terakhir, nampak bahwa posisi short Managed Money terdalam dicapai minggu lalu dan saat ini nampak berbalik arah sejalan dengan merangkaknya harga emas ke atas.




Mau Rebound?
Apakah emas mau rebound?

Itu pertanyaan $200. Tetapi kondisi-kondisi untuk rebound dalam waktu dekat ini cukup banyak.

Pertama, emas sudah terkoreksi selama 4 – 5 bulan. Sudah cukup lama dan cukup oversold. Dan kubu bear, sudah sesak. Managed Money yang biasanya bullish, saat ini menjadi net-bearish.

Kedua, secara seasonal, antara bulan September – February adalah periode bullish. Para produsen perhiasan mulai membeli emas untuk perayaan Deepali pada bulan Desember dan tahun baru Cina apa bulan Februari.



Bulan September telah dimasuki dan seasonal bullish sudah dimulai. Para pengerajin emas sudah mulai belanja untuk persiapan menjelang 2 hari raya besar yaitu Deepali dan Tahun Baru Cina. Mereka akan meminta delivery fisik dari emas untuk dipakai dalam pembuatan perhiasan. Walaupun tidak selamanya membuat harga emas naik, tetapi secara rata-rata sejarahnya, harga emas akan naik pada bulan-bulan ini.

Managed Money akan mengalami short squeeze dan terpaksa harus melakukan short covering posisi mereka. Dan ini akan membuat harga emas akan melompat, setidaknya menanjak naik.

Posisi net-short Managed Money sudah menyusut sedikit, mungkin short covering sudah dimulai. Harga emas yang biasanya berkorelasi dengan dollar Australia, sudah beberapa minggu ini tidak lagi. Harga emas pun sedang berusaha menembus level $1200 saat ini. Pada saatnya nanti short-covering akan terpacu dan………

Kita lihat saja kelanjutannya – price actionnya dari September sampai Februari nanti.

Sekian dulu, jaga kesehatan anda dan tabungan anda baik-baik.


Jakarta 3 Seprtember 2018.


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

3 comments:

Anonymous said...

saatnya posisi Buy..emas..thanks Sir

venchen said...

1200 sempat tembus tgl 3 september, namun turun kembali.

Trend jadul, dollar naik, ngajak emas juga..

Pertanyaannya,
Brp target kenaikan usd dan gold, imam semar?

Lady Mia said...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.