___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Friday, January 15, 2016

DUNIA DI TAHUN 2016 (Bagian III)


EOWI mengatakan sesuatu apa adanya dan seobjektif mungkin. Untuk ucapan tahun baru 2016, EOWI memilih kalimat ucapan yang jujur, tidak munafik dan mengena: “Semoga Anda Berbahagia di Tahun 2016 yang Kurang Makmur”. Ini adalah sejalan dengan pandangan EOWI dan tidak munafik.
Pada bagian pertama dari seri pertama, dinyatakan beginilah dunia di tahun 2016 menurut EOWI:

1.      Harga minyak menjelang tahun 2016 besar kemungkinan sudah memasuki area target ramalan EOWI, yaitu di bawah $30 per bbl (tepatnya dibawah $30.28). Tahun 2016, harga minyak akan mengukuhkan lagi ramalan EOWI mengenai di sekitar angka $30an per bbl.
2.      Dan ini akan berdampak pada bangkrutnya perusahaan energi non-konvensional dan perusahaan minyak non-konvensional, yang selanjutnya menjalar ke pasar hutang mereka. Credit line untuk sektor ini akan putus dan junk bondnya akan terpuruk.
3.      Harga emas akan di bawah $1000 per oz dan menuju target EOWI $ 600 - $700
4.      Bubble pasar saham Cina yang sedang rebound, akan kembali ke tren bearish sebagai tren utamanya, yaitu turun.
5.      Dan turunnya (crash) pasar saham Cina ini akan memaksa bank sentral Cina untuk mendevaluasi yuan. Masuknya yuan ke dalam SDR, tidak serta merta membuat yuan punya garansi stabil.
6.      Dan devaluasi yuan ini akan memicu negara-negara emerging market untuk melakukan hal yang sama. Di saat US dollar sedang rally, devaluasi yuan akan mempercepat US dollar memasuki target EOWI Rp 17,000. Target ini peluangnya cukup besar untuk terjadi di tahun 2016.
7.      Krisis di Timur Tengah akan menjalar ke Timur Dekat dan Eropa. Kekacauan politik dunia secara umum akan meningkat. Serangan teror, kekerasan yang berbalasan semakin meningkat. Apakah ini akan memicu tumbangnya beberapa pemerintahan seperti yang terjadi pada periode 2009 – 2011 dimana Kaddafy ditumbangkan, dan kali ini menimpa Saudi Arabia, Kuwait, atau negara-negara Timur Tengahnya? Mungkin tidak pada tahun 2016.
Tahun 2016 ini perang masih tidak/belum terpolarisasi menjadi 2 kutub. Group Russia, group barat (USA), Iran, ISIS, saling baku hantam.
Tahun 2016, tekanan deflasi akan semakin kuat dan penurunan harga-harga bahan komoditi akan mengalami akselerasi. Appresiasi US dollar juga akan mengalami percepatan. Dan ketegangan geopolitik akan meningkat.
Bagian terakhir yaitu krisis Timur Tengah adalah bagian yang belum dibahas dan itu akan dibahas pada bagian terakhir ini.
Sebenarnya saya akan membuat koreksi sedikit, bahwa yang saya maksud dengan krisis Timur Tengah adalah krisis geopolitik dunia secara umum. Ini lebih sejalan dengan topik yang dijelaskan di Gejolak 2014 – 2020 mengenai trough war di masa Kondratieff winter.
Dalam Gejolak 2014 – 2020, disinggung mengenai beberapa potensi skenario trough war. Antara lain USA atau negara barat melawan “terorist” yang meliputi al Qaeda, ISIS yang keduanya pada awalnya adalah bentukan US yang kemudian membelot, malah melawan US.
Skenario lainnya adalah US dan sekutunya melawan Cina dan/atau Korea Utara. Dan skenario lainnya adalah US melawan Russia.
Yang sudah nampak jelas, tetapi EOWI luput mencantumkan dalam Gejolak 2014 – 2020 adalah Arab melawan Persia.
Dan satu lagi yang EOWI lupa, yaitu kembalinya Ursa Major (beruang besar) dan ini seharusnya menjadi point ke 8.
8.      Kembalinya Ursa Major – Beruang Besar ke pasar modal yang akan membawa indeks Dow ke level 5000 atau lebih rendah lagi dan IHSG ke level 1000, mungkin tidak di tahun 2016, tetapi bisa di tahun 2018.
Sebelum kita membahas kelanjutan Dunia di Tahun 2016, kita melihat perkembangan selama 3 minggu setelah EOWI mengangkat topik ini:
EOWI mengatakan:
Tahun 2016, tekanan deflasi akan semakin kuat dan penurunan harga-harga bahan komoditi akan mengalami akselerasi. Appresiasi US dollar juga akan mengalami percepatan. Dan ketegangan geopolitik akan meningkat.
Kita melihat di media massa:
  1. Harga minyak terus turun, WTI mencapai $30.5/bbl.
  2. Bursa saham Cina mengalami 2 kali (2 hari perdagangan) anjlok demikian parahnya sehingga perdagangan saham harus dihentikan dan pemerintah Cina berusaha menyuntikkan dana untuk mendongkrak kembali bursa Shanghai.
  3. Sejalan dengan anjloknya bursa Cina, yuan mengalami devaluasi.
Ketiga point di atas selaras dengan prediksi EOWI menjelang tahun baru. Seharusnya kejadian-kejadian seperti itu tidak membuat pembaca EOWI heran.
Dan berikutnya juga mencerminkan peningkatan ketegangan geopolitik.
  1. Saudi Arabia memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran.
  2. Cina mencoba landasan pesawat terbang di pulau hasil reklamasinya di laut Cina Selatan yang dipersengketakan antara Filipina, Vietnam, Cina, dan entah berapa negara lagi.
  3. Kamboja dan Vietnam memutuskan hubungan diplomatik
  4. Korea Utara melakukan percobaan bom hidrogen, dan menantang-nantang Amerika Serikat dan Korea Selatan.
  5. Dan yang baru saja terjadi adalah bom bunuh diri di Istambul yang mematikan 10 turis Jerman dan Jakarta mendapat serangan bom bunuh diri (pelakunya melakukan bunuh diri di bawah pohon di tempat parkir yang tidak ada orang, bukan di kerumunan massa)
Ketegangan politik dunia tahun 2016 ini akan meningkat secara signifikan. Perang dan permusuhan adalah prilaku yang irrasionil, oleh sebab itu perkembangan ke depannya sulit diprediksi secara detail.
Kami katakan irrasionil karena, misalnya satu orang bom bunuh diri di Istambul mampu membunuh 10 orang karena meledakkan dirinya di kerumunan orang, sedangkan di Jakarta pelaku bom bunuh dirinya meledakkan diri di bawah pohon (mau bunuh pohon?). Tidak rasionil bukan?
Di medan Suriah, jumlah kubu yang berperang bukan terpolarisasi menjadi dua, melainkan banyak. Hafez Assad awalnya dapat dukungan sedikit dari Russia. Lawannya ISIS dan kaum pemberontak Suriah. Setelah ISIS atau al Qaeda membom pesawat komersial Russia, maka Rusia menjadi lebih giat lagi membantu Hafez Assad. Di samping Russia, Iran juga berada di belakang Assad.
Lawannya, para pemberontak yang didukung dan danai Amerika Serikat, juga didanai Saudi Arabia. Di samping itu ada juga ISIS, yang ikut memusuhi Assad. Tetapi ISIS juga membuka front dengan Iraq yang didukung US.
Di sudut lain, ada Saudi Arabia yang berada di belakang al Qaeda dan ISIS dalam pendanaan dan juga pasokan para fanatik. Padahal Saudi adalah konconya US yang berseteru dengan ISIS dan al Qaeda.
Pada kemelut Timur Tengah itu juga melibatkan Turki yang notabene anggota NATO. Selama ini Turki main mata dengan ISIS. Tidak hanya itu, Turki juga menempur milisi-milisi Kurdi yang ada di Iraq padahal milisi-milisi ini didukung oleh Amerika Serikat.  
Bingung ‘kan?
Perang trough pada K-Winter sebelumnya, juga tidak jelas siapa lawan dan siapa kawan. Russia bukan kawan Jerman, tetapi membuat perjanjian damai sebelum Jerman menyerang Russia. Amerika entah kenapa memihak Inggris. Jerman yang membanggakan suku Aria, ternyata bersekutu dengan bangsa yang pendek, bermata sipit dan berkulit coklat, dan sama sekali bukan type yang diagung-agungkan bangsa Jerman.
Tahun 2016, menurut pandangan EOWI ketegangan geopolitik akan meningkat. Itu saja dan sampai disini ramalan EOWI mengenai tahun 2016.
Jaga kesehatan dan tabungan hasil jerih payah anda baik-baik. Semoga anda tidak termasuk orang yang bernasib sial di tahun 2016.
Sekian dulu,
Jakarta 15 Januari 2016


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

37 comments:

Sang Penanya said...

Nubuat agamanya jgn pindah kesini ya... dipost sebelumnya aja kl mau ceramah.

Anonymous said...

haha...ini yang gerah soal agama kenapa sih? seperti masuk ke rumah makan padang terus protes kenapa sih jualan sate padang kenapa gak jual rendang doank? menu blog sudah ditegaskan di awal : .....ilmu sejarah, agama, ekonomi, sosial dan politik....

semua bidang itu berhubungan satu sama lain dan dampaknya juga saling mempengaruhi satu sama lain. analisa permasalahan akan semakin akurat ketika bisa meletakkan berbagai ilmu terhadap sebuah masalah pada posisi yang tepat. manusia memiliki keterbatasan yaitu tidak tahu masa depan nah blog ini kenapa semakin hari analisanya semakin akurat karena menggunakan berbagai ilmu untuk memahami masalah (fakta) yang ada. kalau masalah ekonomi hanya dimengerti dari sudut pandang ekonomi saja maka akan mengalami kebuntuan untuk mengerti fakta, kerena itu perlu sudut pandang agama, geopolitik, sejarah dll.

kebenaran itu lebih aneh dari fiksi menurut G.K. Chesterton dan seringkali kebenaran memang tidak sederhana.

mungkin...mungkin saja yang pada gerah soal agama lebih suka fiksi dari pada fakta, lebih suka kebohongan daripada kebenaran. apalagi jika kebenaran ternyata menggambarkan fakta yang menakutkan dan tidak terelakkan. yah..semoga tidak demikian..

Anonymous said...

Apakah faham libertarian LF masih bisa dipertahankan melihat kekacauan seperti ini..?? I don't think so
Dalam diri manusia sudah terkandung yg namanya 'liability' yg tak terelakkan
Respek kepada Libertarian(saya jg termasuk didalamnya),tp yg saya pelajari kebebasan jg tidak dpt di terapkan melebihi ambang batas tertentu
Keseimbangan adalah kuncinya lihatlah apa yg sudah diajarkan di China ttg Yin-Yang

Anonymous said...

Saya kira wajar jika makin banyak orang yang stress ketika masa2 sulit...

Anonymous said...

Kalo harga komoditas turun, kenapa beras malah naik ya harganya dah gitu jelek lagi

Anonymous said...

om is mohon pencerahan.
maapkan pertanyaan awam saya.
yg dimksd ursa major di pasar modal itu apa.
makasi sblmnya.

Anonymous said...

Bung IS

Bgmn prediksi minyak stlh menyentuh 30? Apakah akan rebound atau malah nyungsep?

Warren B. Sedang membeli saham oil dalam jumlah yg besar.

Apakah minyak akan rebound??

Tak terbatas said...

Ya gerah la, emang agama cuman satu, kalo da ngmg agama semua ngeklaim yang paling benar mana ada yang nganggap agamanya salah, yg ada malah saling menjatuhkan dan perpecahan.

SARA itu bkn topik untuk diangkat ke publik. Agama adalah urusan pribadi dengan yg diatas, urusan pribadi jangan diumbar ke publik itu namanya curcol. Kalo mau curcol mah pas arisan aja ama ibu2..

Imam Semar said...

Ursa = beruang. Major = besar.

Harga minyak sdh di $29 untuk wti. Sdh oversold banget. Mungkin akan rebound. Tetapi harga masih akan tertekan sampai 2030

Pram said...

Kenapa di saat seperti ini BI justru menurunkan suku bunga nya? Menurut saya hal ini kurang tepat bagaimana menurut Pak IS ?

Pram said...

Dan BI malah menurunkan suku bunga nya.. Bagaimana menurut Pandangan EOWI?

Anonymous said...

Sang banteng masuk kandang gantian sang beruang bangun dari hibernasinya nyari mangsa

Aow aow atuuut

Imam Semar said...

BI menurunkan suku bunganya.......nggak heran. Bunga pinjaman saya juga sdh turun 0.5% bulan lalu.

Ngshort Rp lebih enak dan gurih๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜€๐Ÿ˜ฑ

Anonymous said...

Pak Is,teroris itu bukannya sengaja meledakkan diri di pohon,tp krn dia sdh terjepit,yg sy lihat sptnya dia terpojok dan tdk menduga adanya bbrp polisi intel(polisi berbaju sipil) yg siaga dan menembaki mereka

Anonymous said...

pak is, kalau utk kondisi di indonesia misal kan emas dunia jatuh dan usd naik. berarti akan tetap stabil atau bgmn ya utk harga emas di indonesia?

Lingga said...

Yang menarik bagi saya adalah kebangkrutan perusahaan2 minyak dan negara penghasil minyak. Ini memang sudah didepan mata. Menarik untuk menunggu bagaimana kira-kira langkah para pengambil kebijakan mengantisipasi hal ini.

Kalo poin yang lainnya, menurut saya masih bisa dihindari dengan langkah yang tepat.

Anonymous said...

Kok, aneh BI menurunkan suku bunga, rupiah malah menguat ? sekarang di 13.870,-

Anonymous said...

Om is bisa dijelaskan maksudnya nge short rupiah ??

Andy Wijaya Oei said...

Kl pinjaman back to back itu bunganya 2%-3% diatas deposito dollar atau rupiah ya? Kl diatas deposito rupiah berarti estimasi pelemahan rupiah minimum sekitar 10% baru impas.

Imam Semar said...

Nge short rupiah = jual semua rupiah = pinjam rupiah kemudian dijadiksn dollar.

Bunga pinjaman back to back bisa sampai 0.5% di atas deposito tertinggi. Jadi kalau kenaikan usd 8% sdh bisa untung, pake bank mandiri.

nina said...

Awal tahun kmrn saya cerita pelan2 usd rp minyak emas,temen2 gak ada yg percaya...padahal udah kejadian kecuali emas, terakhir cerita perhiasan diamond...ehh di delete dari group teman2... keluarga apalagi :( kalo beneran kejadian usd melonjak tahun ini bakal rame deh :( ..... emang sih waktu saya cerita usd ehhh ada yg beli yuan sihhh

Anonymous said...

gerah atau tidak gerah itu yang urusan pribadi, perasaan tidak perlu diumbar kemana-mana!

SARA bukan urusan publik? bisa jelaskan fakta kenapa ada hari batik nasional? apa semua orang indonesia baju daerahnya baju batik?

urusan agama urusan pribadi, bisa jelaskan fakta kenapa ada departemen agama? kenapa agama tertulis di ktp?

agama dan kepercayaan ada banyak supaya anda tahu mana yang benar dan mana yang salah. agama menjadi benar atau salah bukan berdasarkan klaim-klaim(an) tapi berdasarkan fakta yg bisa diselidiki.

mulailah belajar mencari kebenaran bukan menikmati kebohongan. saya mengikuti blog ini bukan karena blog ini mengklaim analisanya benar tapi karena analisanya berdasarkan fakta yang bisa di kroscek kemana-mana (kalau salah prediksi masih bisa ditoleransi tapi kalo bohong kan ketahuan). kalau suka kebohongan yah cukup baca media mainstream saja.

Anonymous said...

Siapa yang masih beli diamond?

Berdasarkan info pak IS di tulisan2 sebelumnya, skrg sdg digarap nanoteknologi yg bisa menciptakan batu lbh kerasa dan lebih jernih drpd diamond.

Pak IS, sy searching di mbah google tapi belum menemukan info spt itu.

Drmn pak IS mendapatkan info itu?

untuk saat ini saya pemandu sorak SGD saja. Safe heaven asia.

Ghaisan Nadhif said...

Bung Is, mohon sarannya,, karena saya masih awam soal investasi,,

saya ada sedikit sisa uang rencananya hendak saya alokasikan untuk menambah investasi reksadana saya,,
apakah saat ini tepat untuk menambah / membeli reksadana ???
trus lebih tepatnya yang tenor pendek, sedang atau panjang,,
mohon saran dan masukannya Bung Is,,

terimakasih,

Ghaisan Nadhif said...

Bung is, mohon sarannya,, karena saya masih awam dalam hal investasi,,

saya ada sedikit kelebihan dana, rencana akan saya investasiksn untuk menambah reksadana yang saya miliki,,
apakah saat ini tepat untuk membeli / menambah investasi reksadana ???
paling cocok yang tenor pendek, sedang atau panjang ???

mohon sarannya Bung Is,

terimakasih,

Anonymous said...

Bung IS, apa bisa dijelaskan jg.. ke depan akan lebih byk lagi negara2 yg jualan Bonds/Obligasinya krn tekanan defisit APBN mereka. Bgm Obligasi2 Indonesia bisa tetap bersaing melawan Obligasi2 dari negara2 kaya minyak kyk Saudi, Oman & Venezuela? Kira2 apa yg bikin pemodal tetap menarik menempatkan dananya di Obligasi Indonesia dalam kondisi seperti itu? Akankah Indonesia tetap dipandang mampu sebagai good boy dlm hal membayar hutang2nya?

Anonymous said...

Harga komoditas turun di pasar INTERNASIONAL, harga beras dll. naik di pasar DOMESTIK.

Harga minyak semakin menurun, sebagian perusahaan minyak akan bangkrut, barulah harga minyak akan rebound. Mungkin ada salah ketik bukan sampai 2030 tetapi 2020, karena tidak akan mampu bertahan sampai belasan tahun tetapi beberapa tahun saja sudah akan ada rebalancing.

Tak terbatas said...

Batik adalah budaya, budaya adalah karya seni bangsa tidak ada kaitannya di dalam sara.

Itulah negara hukum, setiap orang memiliki hak pribadi, departermen pemerintah untuk menjaga agar masing2 penduduknya tidak melanggar hak pribadi orang lain.jika tidak ada dep pem, jika hak pribadi anda dilanggar anda mau lapor kesiapa? Atau lgs main hakim sendiri?

Agama di ktp mmg tidak bermanfaat banyak, hanya menimbulkan hal2 sara kembali, di negara2 maju ktp tdk pernah mencantumkan agama itu urusan pribadi masing2..diberadakan di indo dengan alasan jika ditemukan meninggal di suatu tmpt bisa dimakamkan sesuai kepercayaannya, nikmati saja peraturan indo.

Ada perbadaan besar antara fakta dan keyakinan, fakta adalah mutlak. Jika agamamu adalah kebenaran bisa tunjukan bukti awal penciptaan dan kehidupan yang dijanjikan setelah kematian sesuai agamamu? Saya yakin semuanya hanya teori belaka tidak ada bukti kongkrit, karena itu agama tentang iman kepercayaan bukan termasuk sains yg bisa dibuktikan secara gamblang berdasarkan fakta.

Inti agama bukanlah kebenaran, tapi cinta kasih dan amal baik sesuai agama msg2. Tidak perlu merasa yang plg benar, krn yg menentykan benar atau tidak adalah sang kuasa nanti.

Saya yakin anda sedang dalam tahap merasa paling benar dan yg lain adalah kebohong, anda berada pd tahap fanatik, tenggang rasa anda mulai berkurang, mengkafirkan yg lain, tdk beda dgn fase yg dijalani org2 fpi yg mersa plg benar. Kika org2 tipe anda diperbanyak yg ada hanya pertikaian.

Anonymous said...

Short rupiah, long dollar solusi buat bikin negara ini cepat bangkrut. Cadev makin ambles. Awesome.

Ngutang lg lewat penerbitan bond. Rakyat yg bayar nantinya lewat intensif pajak.

Efek sembako naik dikarenakan beberapa sembako masih import dan nilai rupiah yg terdepresiasi dibandingkan negara pengimport, spekulasi kartel/ oligopoli, birokrat korup, pajak import.

New world order's (been) coming!

Aow aow

atmo joyo said...

Banyak Pejabat/Ekonom Terkesima Dengan Cadangan Devisa China USD 4 Triliun
Mereka Akan Lebih Terkesima Jika Melihat Cadangan Devisa Hangus Dalam Sekejap

- Suku Bunga Kredit Offshore Yuan Di Hongkong Naik, Ke 66,82%
finance.yahoo.com/news/offshore-yuan-rate-jumps-66-144000833.html

- China Mulai Kekurangan Physical Dollar
http://www.wsj.com/articles/chinese-consumers-race-to-buy-dollars-as-yuan-slides-1452611031

- Terutama Di Beijing, Shanghai and Shenzhen
http://news.mingpao.com/pns/dailynews/web_tc/article/20160109/s00002/1452275409186

- Orang Antri Di ATM Dollar Di China
https://twitter.com/george.../68613809258397696...

China Bubble Belum Meletus Dan Sanksi Iran Belum Dicabut Minyak Mampu ke USD 29/barrel
http://finance.detik.com/read/2016/01/16/074744/3119904/1034/harga-minyak-terjun-6-tembus-ke-bawah-us--29-barel

China Bubble Meletus Dan Sanksi Iran Dicabut Minyak Bisa Di Kisaran USD 10/barrel

Emas Bisa Tembus Dikisaran USD 400/Troy Ounce Jika China Bubble Meletus
http://www.ft.com/cms/s/0/bc715480-31f3-11e5-8873-775ba7c2ea3d.html#axzz3xWuoztzV

Anonymous said...

orang2 disini ibaratnya kek gini, punya matapencaharian di suatu perusahaan, bukannya promosi n jualan produk perusahaan tp beli produk perusahaan lain buat cari tambahan untung yg ga seberapa, akirnya perusahaanya bangkrut mata pencahariannyapun berhenti, mau pindah perushaan ga bisa soalnya syaratnya ribet, akhirnya ikutan bangkrut aset2 dijualin. Happy ending..

Perusahaan disini adalah negara anda tempat mencari nafkah sehari2.
Produk perusahaan adalah mata uang negara, jika mata uang negara ancur ekonomipun hancur.

Anonymous said...

Terima kasih om is atas penjelasan nya...

Imam Semar said...

Saya cuma mau bilang pelaku2 teror sekarang nggak mutu. Jadi nggak usah heran kalau saya bilang.....siapa takut?

Anonymous said...

Hati2 kalo bicara, nantang orang2 model nothing to lose, rugi sendiri ntar

Anonymous said...

Pak IS, sip nih : http://www.forbes.com/sites/jessecolombo/2014/01/23/why-southeast-asias-economy-is-a-giant-bubble-waiting-to-pop/#2715e4857a0b3ec57fb43d2e

christian said...

pak is, apa yang terjadi jika pemerintah china default ? akankah terjadi ? atau america yg default duluan?

Anonymous said...

@tak terbatas
"Ada perbadaan besar antara fakta dan keyakinan, fakta adalah mutlak. Jika agamamu adalah kebenaran bisa tunjukan bukti awal penciptaan dan kehidupan yang dijanjikan setelah kematian sesuai agamamu? Saya yakin semuanya hanya teori belaka tidak ada bukti kongkrit, karena itu agama tentang iman kepercayaan bukan termasuk sains yg bisa dibuktikan secara gamblang berdasarkan fakta."

mungkin yang anda ingin tanyakan adalah apakah alkitab bisa dipercaya? ukuran yang sama saya ajukan untuk kitab-kitab yang lain, apakah quran, weda dll juga bisa dipercaya? keterbatasan manusia untuk membuktikan fakta dalam alkitab tidak menjadikan alkitab benar atau salah. kalau ukurannya adalah kemampuan manusia maka manusia sudah menggantikan Tuhan.

agama tentang iman kepercayaan maksud anda orang yang beragama adalah orang yang sedang berkhayal, begitu? Kristus hidup, mati, disalibkan dan bangkit adalah fakta yang terjadi 2000an tahun yang lalu, tidak sulit untuk menyelidiki hal ini. ilmu pengetahuan alam (science) malah berani mengklaim "fakta" jutaan tahun yang lampau : teori penciptaan bumi, contoh teori ledakan besar (big bang) tanpa bukti empiris.


"Inti agama bukanlah kebenaran, tapi cinta kasih dan amal baik sesuai agama msg2. Tidak perlu merasa yang plg benar, krn yg menentykan benar atau tidak adalah sang kuasa nanti."

kalau inti agama bukanlah kebenaran maka kekristenan adalah agama yang paling menderita karena tanpa kebenaran kekristenan tidak ada artinya. manusia tidak bisa mengetahui apapun tentang Tuhan jika Tuhan tidak menyatakan dirinya kepada manusia. alkitab berisi segala sesuatu yang benar atau salah menurut Tuhan, manusia berusaha menjadi Tuhan ketika mulai mengubah apa yang salah menurut Tuhan menjadi benar dan apa yang benar menurut Tuhan menjadi salah.


"Saya yakin anda sedang dalam tahap merasa paling benar dan yg lain adalah kebohong, anda berada pd tahap fanatik, tenggang rasa anda mulai berkurang, mengkafirkan yg lain, tdk beda dgn fase yg dijalani org2 fpi yg mersa plg benar. Kika org2 tipe anda diperbanyak yg ada hanya pertikaian."

apakah saya merasa paling benar atau paling salah, menurut anda ada pengaruhnya pada kebenaran? kebenaran akan tetap benar entah apapun yang sedang saya rasakan, dan apakah ketika seseorang merasa benar lalu yang muncul hanya pertikaian...hehe... bagaimana dengan pak Is dan nubuat-nubuatnya? menurut anda pak Is sedang merasa paling benar?....waduh awas pertikaian. tolong anda bedakan antara diskusi yang baik dengan asal ngotot saja.

tidak perlu takut atau merasa terganggu dengan upaya penginjilan (pemberitaan kabar baik ) yang dilakukan oleh orang kristen karena kami tidak bermaksud untuk mengubah hidup anda, perubahan iman anda tidak berpengaruh pada keselamatan jiwa kami. kami percaya iman adalah anugerah dan satu-satunya alasan kenapa kami menginjili adalah :

"dan injil kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya (kiamat)" mat24:14

"...kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah (kiamat)...." 2pet3:12

kami menanti dan mempercepat datangnya hari kiamat dengan penginjilan karena ketika semua orang didunia sudah mendengar injil maka hari kiamat tiba. kapan tepatnya hari ketika semua orang sudah mendengar tentang Yesus? hanya Tuhan yang tahu.