___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Friday, January 22, 2016

Mail Box – Januari 2016



Saya melihat-lihat komentar-komentar pembaca dan juga email yang dikirimkan ke saya. Saya pikir, ada baiknya jika komentar dan pertanyaan ini saya sunting. Sebab ada kalanya sebuah pertanyaan sudah dijawab oleh komentar lainnya. Dan seandainya saya rasa masih kurang, maka akan saya tambahi sedikit.
Karena ketidak-adaan nama, maka agak menyulitkan EOWI untuk mengindentifikasi pemberi komentar/pertanyaan. Alangkah baiknya jika pembaca menjadi follower dan memberikan indentifikasinya (cukup nama cyber) sehingga kami atau pembaca lain bisa menanggapi dan sasarannya lebih tepat.
Kita mulai saja dengan pertanyaan dari .........(nah ‘kan susah menyebutkan sumber penanya)

Anonymous December 31, 2015 at 12:36 PM
Dear Pak Is, selamat tahun baru 2016.
Ini pertama kali nya saya ikutan nimbrung setelah beberapa lama tertarik dengan blog Bapak. Selama saya mengikuti blog ini Bapak selalu bilang tentang short dollar.
Maaf karena saya awam tentang ekonomi, namun yang saya baca ekonomi Amerika juga gak bagus bagus amat, apa ada kemungkinan justru dollar yang jeblok. Karena yang saya baca Bank Bank besar Amerika juga gak sehat.
Citigroup
Total Assets: $1,808,356,000,000
Total Exposure To Derivatives: $53,042,993,000,000
JPMorgan Chase
Total Assets: $2,417,121,000,000
Total Exposure To Derivatives: $51,352,846,000,000
Goldman Sachs
Total Assets: $880,607,000,000
Total Exposure To Derivatives: $51,148,095,000,000
Bank Of America
Total Assets: $2,154,342,000,000
Total Exposure To Derivatives: $45,243,755,000,000
Morgan Stanley
Total Assets: $834,113,000,000
Total Exposure To Derivatives: $31,054,323,000,000
Wells Fargo
Total Assets: $1,751,265,000,000
Total Exposure To Derivatives: $6,074,262,000,000
Kalau sempat tolong Bapak ulas tentang hal tersebut
Terima Kasih
Ternyata dari pembaca lain ada komentar yang bisa menjawab pertanyaan ini. Berikut adalah komentar dari.......
Anonymous January 1, 2016 at 9:03 PM
Ada analyst dari negara paman Sam bilang tahun yang akan datang hutang-hutang triliunan dollar yang tertumpuk (QE the FED, BoJ, ECB, BoE) selama beberapa tahun sejak krisis finansial global akan lenyap dalam sekejap dan US Dollar jadi langka sehingga terjadi deflasi. Tetapi bagaimana hutang-hutang yang menggunung bisa hilang ? Ngemplang ?
Tambahan dari EOWI
Untuk lebih menjelaskan uraian di atas, akan saya ajukan sebuah pertanyaan:
“Kalau bank-bank ini tertimpa musibah derivative yang menjadi liability, apakah liability itu menimpa banknya atau US dollar?”
Tentu saja banknya. Dan bank-bank ini akan membutuhkan dollar untuk memenuhi kewajibannya. Dan kebutuhan itu jumlahnya besar. Selanjutnya.....silahkan tarik sendiri kesimpulannya.
Mungkin anda belajar dari pengalaman bahwa setiap ada krisis moneter di Indonesia (1998), banyak bank yang kolaps dan rupiah jeblok.
Untuk kasus Indonesia, ada pertanyaan yang bisa menerangkannya:
“Apakah di US, investor asing menanamkan modalnya dengan yuan, euro,.....ataukah dengan mata uang lokal (US dollar)?”
“Bagaimana dengan Indonesia? Apakah investor asing membawa masuk dollar atau rupiah ke Indonesia?”
“Jika investor asing keluar..... (dari US atau dari Indonesia), apakah mereka membawa US dollar atau rupiah?”
Jadi....., ketika krisis terjadi di US, bank-bank membutuhkan dollar untuk memenuhi kewajibannya. Sedangkan kalau krisis itu terjadi di Indonesia, Brazil, Argentina atau tempat lainnya, bank sentral setempat membutuhkan US dollar untuk membayar investor yang mau membawa uangnya keluar.

Pertanyaan dari Pram
Pak IS, bagaimana cara menghitung sampai pak is mendapat target 17000-18000 per dollar? Terimakasih
Jawaban EOWI
Dari analisa teknikal saja.

Anonymous January 8, 2016 at 1:07 AM
Banyak org/situs yg memprediksi gold akan turun. Tetapi gold msh bertahan utk saat ini.
Katakanlah prediksi gold turun ke depan nya. Akan tetapi hal tersebut bila diiringi dgn melemahnya rupiah thd usd..bukannya sama saja?
Mnurut saya ada investasi mata uang lain yg relatif aman dan stabil dibanding usd yg lbh volatile. Sayangnya disini bung Is hanya pemandu sorak usd.
Bgmn dgn SGD? Dollar australi?
Ayuk bung Is...monggoh dibahas juga. Akan menjadi sangat menarik utk blog inj bila tdk hanya membahas usd..tapi juga kesempatan mata uang lain..
Ada rumor bahwa poundsterling akan nyungsep dan menjadi tdk menarik. Bgmn pendapat bung Is?
Jawaban EOWI
EOWI memilih investasi yang aman, mudah dan hasilnya maksimum. Tema investasi kali ini adalah deflasi, credit crunch, pengempisan kredit. Pada saat ini jumlah kredit yang terbesar adalah dalam US dollar. Jadi pada saat terjadi credit crunch, kontraksi kredit, maka penyusutan US dollar akan lebih besar dari pada yang lainnya. US dollar akan menjadi mata uang yang paling dibutuhkan dari pada mata uang lainnya. Oleh sebab itu akan mengalami appresiasi terhadap mata uang lainnya.
EOWI tidak memilih emas, karena pada krisis ini tidak terjadi gold crunch dan tidak terjadi inflasi. Kalau emas belum turun sesuai dengan target (di bawah $ 700 per oz), maka kata kuncinya adalah belum. Seperti halnya bursa saham US...., baru mulai (turun).
EOWI juga tidak merekomendasikan bitcoin dengan alasan yang sama. Lagi pula bitcoin adalah senjata yang untuk memusuhi pemerintah secara terang-terangan. Bitcoin adalah perwujudan dari pemberontakan kepada pemerintah. Oleh sebab itu pemerintahan di dunia akan berusaha membuat bitcoin illegal. EOWI tidak mau berhadapan dengan pemerintah secara frontal. Lebih baik memanfaatkan ketidak becusan pemerintah.

Asuransi (December 30, 2015 at 8:59 PM)
Secara year to date per Rabu (30/12), valuasi rupiah sudah terkoreksi 11,3% dari posisi Rp 12.388 menjadi Rp 13.788 per dollar AS. Berarti, investor yang menghimpun dollar AS sepanjang tahun 2015 setidaknya sudah memperoleh imbal hasil lebih dari 10%.
Imbal hasil tersebut lebih tinggi ketimbang return jejeran instrumen investasi lainnya. Bandingkan dengan Jakarta Composite Index (JCI) yang minus 12,12% ke level 4.593 pada periode sama.
Lalu rata-rata return obligasi pemerintah yang tercermin pada INDOBeX Government Total Return hanya tumbuh 3,3% ke level 180,37.
Sementara rata-rata return obligasi korporasi yang terlihat pada INDOBeX Corporate Total Return terangkat 9,88% ke level 196,53.
Harga emas antam Rabu (30/12) tercatat Rp 545.000 per gram. Angka tersebut naik 4,8% atau Rp 25.000 ketimbang posisi akhir tahun 2014 yang tercatat Rp 520.000. Sebaliknya, harga buyback tercatat Rp 469.000, turun Rp 3.000 dibandingkan akhir tahun lalu.
Source : http://investasi.kontan.co.id/news/2015-investor-dollar-as-raih-return-tertinggi
EOWI VS Hanif
EOWI : USD Cash
Hanif : instrumen investasi yang bakal mencetak return paling tinggi adalah efek saham. Ia memprediksi, JCI bakal bertengger di level 5.500 tahun depan.
Silakan yang lain komentarnya, gue ikutan EOWI aja.
Yang jadi masalah besar gue adalah, jualan asuransi gue turun terus mau dipajaki. Lempar parang
Tanggapan EOWI
JCI di level 5,500?........Taksiran EOWI di bawah 4,500.
Secara teknikal IHSG atau JCI akan menuju 1,000 pada krisis ini. Apakah itu tahun 2016 ini atau tahun 2018.....kami tidak tahu.

Blogger Aretha
Sebaiknya blog ini di isi oleh orang2 waras saja... yang lagi sterss janganlah menulis di sini, apapun agama anda , mau sok kristen, mau sok islam terserah...
Menjadi orang baik tak perlu menonjol kan agama., yang penting jaga kelakuan dan jangan mengganggu orang lain...
Marilah menambah ilmu (ekonomi) dengan berdiskusi yang berkenaan dengan ekonomi di blog yang menarik ini ..... Berminat diskusi soal agama? Mbok ya jangan di sini tho mas ....
Terima kasih.
Tanggapan EOWI
Terima kasih atas komentarnya.
Kalau anda membaca di bagian atas blog ini, tertulis:
Kalau anda merasa kurang nyaman dengan ilmu sejarah, agama, ekonomi, sosial dan politik yang diajarkan di sekolah, dan ingin mencari jawaban yang objektif, maka disinilah tempatnya. Blog ini membahas masalah makro ekonomi, politik dan investasi dari sisi pandangan orang waras dan yang berjiwa merdeka. Fokus Utama: Saham, Emas, Mata Uang, Bond, Perundang-Undangan, Ke(tidak)bijaksanaan Pemerintah, Politik, Ekonomi Makro
Disitu ada kata-kata sejarah, agama, sosial politik, perundang-undangan dan ketidak bijaksanaan pemerintah. Kesmuanya itu memperngaruhi pola hidup suatu masyarakat dan akhirnya bermuara ke ekonomi.
Tentang akhir-akhir ini EOWI sering menggunakan kata nubuat, adalah karena anjuran seorang pembaca Gejolak 2014 – 2020 untuk mengganti kata “prediksi” dengan “nubuat”. Setelah kami pikir-pikir...., kata “nubuat” lebih kelihatan “sexy”. Sejak itu kami menukar kata “prediksi” dengan “nubuat”.

Blogger Ghaisan Nadhif
Bung is, mohon sarannya, karena saya masih awam dalam hal investasi.
Saya ada sedikit kelebihan dana, rencana akan saya investasiksn untuk menambah reksadana yang saya miliki. Apakah saat ini tepat untuk membeli / menambah investasi reksadana ? Paling cocok yang tenor pendek, sedang atau panjang ?
Mohon sarannya Bung Is,
Tanggapan EOWI
Mas Ghaisan Nadhif,
Kami di EOWI hanya menceritakan apa yang kami pikirkan, rencana kami dan apa yang kami perbuat/akan perbuat. Kami tidak memberikan rekomendasi kepada pembaca, karena tanggung jawabnya besar untuk tindakan seperti itu.
Untuk pertanyaan anda, kami hanya bisa memberikan pandangan saja. Jangan anggap hal ini sebagai rekomendasi.
Menurut pandangan kami, harga saham akan turun. Oleh sebab itu saat ini kami di EOWI tidak punya asset yang berbentuk saham, unit link atau semua yang ada kaitannya dengan saham. Bahkan kami sedang berpikir dan mencari jalan dan merencanakan untuk melakukan short selling saham.
Secara teknikal, IHSG akan ke level di bawah 1,000. Apakah level ini akan tercapai... entahlah.
EOWI akan mempertimbangkan saham lagi setelah tahun 2018, mungkin setelah tahun 2020 kalau memang waktunya sudah tepat.

Anonymous January 15, 2016 at 11:37
Kalo harga komoditas turun, kenapa beras malah naik ya harganya dah gitu jelek lagi.
Tanggapan EOWI
Bukan harga beras (internasional) yang naik, tetapi nilai rupiah yang turun. Lagi pula, harga beras ‘kan dikontrol pemerintah. Tanyalah ke pemerintah. Hal yang sama berlaku dengan harga tarif listrik dan harga BBM.

Anonymous January 15, 2016 at 12:58 PM
Bung IS
Bgmn prediksi minyak stlh menyentuh 30? Apakah akan rebound atau malah nyungsep?
Warren B. Sedang membeli saham oil dalam jumlah yg besar.
Apakah minyak akan rebound?
Anonymous January 17, 2016 at 11:05 AM
Harga komoditas turun di pasar INTERNASIONAL, harga beras dll. naik di pasar DOMESTIK.
Harga minyak semakin menurun, sebagian perusahaan minyak akan bangkrut, barulah harga minyak akan rebound. Mungkin ada salah ketik bukan sampai 2030 tetapi 2020, karena tidak akan mampu bertahan sampai belasan tahun tetapi beberapa tahun saja sudah akan ada rebalancing.
GOLD FOR MONEY VALUES January 21, 2016 at 1:18 PM
AYO PAK IS.. SEKARANG MINYAK SUDAH 27$..
Anonymous January 17, 2016 at 9:49 AM
Bung IS, apa bisa dijelaskan jg.. ke depan akan lebih byk lagi negara2 yg jualan Bonds/Obligasinya krn tekanan defisit APBN mereka. Bgm Obligasi2 Indonesia bisa tetap bersaing melawan Obligasi2 dari negara2 kaya minyak kyk Saudi, Oman & Venezuela? Kira2 apa yg bikin pemodal tetap menarik menempatkan dananya di Obligasi Indonesia dalam kondisi seperti itu? Akankah Indonesia tetap dipandang mampu sebagai good boy dlm hal membayar hutang2nya?
Tanggapan EOWI
Harga minyak (juga harga bahan komoditi lainnya) akan rebound dan bergerak dalam kisaran $20 - $50 sampai tahun 2030 (bukan 2020). Harganya akan tetap tertekan.
Kalau Warren Buffet mulai mengambili saham minyak, entahlah. Dia punya team research yang kuat. Jadi punya sumberdaya untuk mencari barang murah. Sedangkan EOWI sampai saat ini belum sebegitu kuatnya.
Banyak negara yang bergantung pada komoditi seperti Indonesia akan mengeluarkan bond dan menumpuk berhutang. Pembeli bond selalu ada, tergantung pada harga yang ditawarkan. Yang resikonya besar, maka yieldnya akan tinggi. Negara-negara ini akan bersaing dengan yieldnya.
Persoalannya adalah apakah mereka bisa berhutang dan men-service hutangnya sampai secular commodity bull market mendatang (2030 – 2040) tiba? Itu pertanyaan lain. Dan itu merupakan topik untuk Geger 2025 – 2030 yang sedang kami pikirkan.
Catatan: entah kenapa EOWI mempunyai kecenderungan untuk meramalkan bencana.

Blogger christian
Pak IS, apa yang terjadi jika pemerintah china default ? akankah terjadi ? atau america yg default duluan?
Tanggapan EOWI
Pertama, yang default bukan pemerintah, tetapi bank. Dalam hal ini bank-bank komersial besar.
Kedua, yang didefault hutang dalam mata uang apa?
Jika bank sentral Cina tidak mampu membayar dana investor yang ingin hengkang dari Cina, maka yuan akan jatuh babak belur, karena investor meninggalkan yuan untuk lari ke luar dari Cina dengan US dollarnya, sedangkan bank sentral Cina susah payah mencari US dollar. Ini bisa terjadi, tetapi tidak pada krisis kali ini. Karena bank sentral Cina masih punya cadangan US dollar cukup banyak.
Jika bank-bank komersial bangkrut karena banyaknya NPL, kasihan nasabah lokal yang menyimpan uangnya di bank-bank itu. Ini akan memicu investor asing untuk keluar dari Cina. Dan .....mereka lari dengan US dollar.
Bagaimana kalau bank-bank besar US melakukan default, tidak bisa membayar tarikan dana nasabahnya?
Yang kasihan nasabahnya. Duitnya amblas. Kepercayaan pada bank turun, kepercayaan pada kredit juga turun. Kartu kredit, kartu debit mungkin tidak lagi dipercayai. Orang kembali ke jaman cash – duit kertas. Itu sebabnya EOWI menyukai paper cash, bukan cash equivalent.


Pertanyaan Hasan Halim
Halo Pak Imam,
Saya baru mengetahui blog EOWI anda dan benar2 sangat mantap pembahasan dan penjabaran Anda di blog.
Saya melihat portfolio sekarang adalah short rupiah, bagaimana cara short rupiah? Setahu saya tidak ada forex metatrader sejenis yang bisa short rupiah.
Mohon infonya.
Terima kasih.
Hasan
Tanggapan EOWI
Short rupiah artinya menjual rupiah, tidak menyimpan (banyak) rupiah dalam portofolio. Itu short pasif dan tanpa leverage.  Kalau mau dengan leverage, bisa pinjam rupiah (tentunya harus membayar bunga) dan menukarkannya dengan US dollar atau mata uang yang kita anggap akan naik harganya terhadap rupiah.

Email Adimas Aji
Apa kabar pak IS,
Tetangga tapi ga pernah ketemu hehehehe..
Anyway studi saya sudah selesai dapat master degree di Petroleum dengan pengorbanan waktu yang luar biasa untuk thesisnya. Sempat kena layoff di perusahaan lama bulan august kemarin, tp Allah memang Maha Baik, saya dapat oportunity join di Premier Oil di bagian produksi. Padahal kondisi oil price lagi seperti ini..ya tapi ga bisa bargaining jadi offering yang ada langsung saya accept.. hehehe..
Semoga ada waktu supaya bisa bincang2 dengan pak IS,ngobrol ngalor ngidul, he he he.. salam, Aji
Tanggapan EOWI
Mungkin pembaca heran kok ada orang yang tahu identitas IS. Sebabnya...., mudah saja. Amati orang-orang yang sering mengajak jalan doberman besar di......
Selamat atas pekerjaan yang baru dan lulusnya anda. Jadi pegawai yang manis sambil mengumpulkan skill. Kalau bisa fokus pada skill yang nantinya diperluka, on demand di tahun 2030 – 2040, secular commodity bull market yang akan datang sehingga bisa dijual mahal.
Untuk saya mungkin mau menerjuni bidang kecap atau susu sepertinya lebih baik bisnis kecap dan susu dari pada bisnis minyak





Sekian dulu, sampai lain kali.......


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

27 comments:

sarjono wiharjo said...

Krisis 20 tahunan segera terjadi...
apa yg seharusnya saya persiapkan...
terimakasih..

denmas said...

Menambahkan poin yg terakhir Bung IS.. barusan ada berita.. coba Pemerintah China tidak membatasi arus USD keluar, bisa2 jauh lebih tinggi lagi devisanya yg tergerus.. (sebegitu suramkah ekonomi China akhir2 ini??)

Uang Rp 9.400 Triliun 'Terbang' dari China Tahun Lalu.

Laporan dari Institute of International Finance, yang dilansir dari CNN, Jumat (22/1/2016).

Jumlah dana yang keluar dari China naik tinggi pada kuartal terakhir di 2015. Ini karena investor asing mengkhawatirkan soal pelemahan ekonomi dan penurunan pasar saham di negari tirai bambu ini. Apalagi perusahaan-perusahaan di China juga mulai kesulitan untuk membayar utang luar negerinya karena pelemahan nilai tukar yuan.

China diperkirakan masih akan mengalami capital outlflow atau arus dana keluar, karena kondisi makro ekonomi yang belum sehat, dan juga guncangan nilai tukar yuan.

Dalam laporan tersebut, ada dana US$ 200 miliar yang keluar dari China sepanjang Agustus 2015. Akibat langkah bank sentral China, yaitu People's Bank of China, yang secara mengejutkan melakukan devaluasi atau pelemahan nilai tukar yuan.

Seperti diketahui, China membatasi jumlah uang yang bisa dibawa individu ke luar negeri, yaitu US$ 50.000 per tahun. Kebijakan ini justru memicu banyaknya dana yang dibawa ke luar. Tak hanya itu, pemerintah China juga membatasi jumlah uang yang bisa ditarik warganya dari ATM di luar negeri.

Arus dana yang keluar selama tahun lalu ikut menekan nilai yuan, dan membuat bank sentral China harus terus menyuntikkan dana guna menstabilkan nilai yuan. Ratusan miliar dolar sudah disuntikan oleh China untuk mengintervensi pasar uang, agar nilai yuan stabil.

Sumber http://finance.detik.com/read/2016/01/22/080821/3124355/6/uang-rp-9400-triliun-terbang-dari-china-tahun-lalu?f991104topnews

Anonymous said...

ROUBINI: This Mother Of All Asset Bubbles Will Burst In 2016


http://www.businessinsider.co.id/roubini-the-mother-of-all-asset-bubbles-will-burst-in-2016-2014-12/?r=US&IR=T#.VqHLe0_erCM

Mengingat kan saja pada february 2013, artikelnya. Bagaimana Mas IS ?

Pram said...

Warren B. membeli perusahaan minyak karena perusahaan tsb merupakan spin off.
Dan perusahaan ini nilai intrinsik nya tinggi. Ini salah satu contoh dia yg disebut
"workouts" (Special Situation.

Carl Icahn juga sedang mengakuisisi Cheniere Energy (ticker:LNG)
dalam jumlah besar(kalau ini sy tidak tahu reason nya) krn perusahaan tsb jg
cash flow nya kurang baik. Mungkin Pak IS bisa bantu apa bagus nya sih cheniere ini?

Icahn jg sedang dlm proses akuisisi (atau sudah selesai) Freeport McMoran.

Pram said...

Menurut pak IS yg bekerja di bidang migas, kenapa pada 2008, perusahaan
spt Cheniere Energy (LNG) bisa survive, padahal dari track record laba yg dihasilkan,
perusahaan ini buruk.
PS: Sy bertanya ini krn pak is pernah membahas ttg Cheniere ini.

Hendra Arbi said...

Pak Is:
Bagaimana ketika bank2 besar yang tidak bisa membayar utang2 itu menyatakan bangkrut seperti yang terjadi pada Lehman Brother? apa dampaknya ke USD. Kalau menurut jawaban Bapak diatas, asumsi yang digunakan adalah bank2 tersebut berusaha memenuhi kewajibannya sehingga demand terhadap USD meningkat.

Hendra Arbi said...

Pak Is:
Bisa diberikan penjelasan bagaimana FED memback up uang yang mereka cetak. Saya sedikit bingung dengan penjelasan yang dijelaskan di beberapa web

Anonymous said...

Bisnis susu remas prospeknya gmn?

Aow aow

investasi said...

semua permasalahan ekonomi lambat laun akan membaik jika pemerintah menemukan solusi menerapkan kebijakan yang tepat

Anonymous said...

http://finance.detik.com/read/2016/01/25/093041/3126036/1034/perusahaan-minyak-mulai-tak-sanggup-bayar-utang?f9911023

Penghakiman dimulai

Anonymous said...

Yang dihakimi cuman amerika kayaknya, negara2 lain yang non migas malah menikmati manisnya penurunan harga minyak.

Sumber energi murah, ongkos produksi jd turub, listrik turun, suku bunga turun, beban energi semuanya turun, sehingga memacu daya beli masyarakat naik krn penurunan bbm, roda ekonomi makin bergerak positif ditambah dgn suku bunga turun.

Kalopun perushn2 minyak amerika default, tidak berdmpk bnyk seperti kejatuhan lehman brother karena peryshan minyak di amerika tergolong baru, belum menjatuh tonggak ekonomi amerika.

Kejatuhan lehman brotherpun tidak berdampak banyak pada ek indonesia. Woles aja lah

atmo joyo said...

Pemerintah China Mirip Pemerintahan Jokowi
- Overconfident
- Mudah Panik

Yang Harus Diwaspadai Capital Outflow Di China Saat Imlek

PBOC Mengintervensi Pasar Uang Selama Januari :
- USD 20 Milyar -> Selasa 5 Januari PBOC Intervensi
http://investasi.kontan.co.id/news/china-banjiri-pasar-dengan-dana-tunai-130-miliar-yuan
- USD 47 Milyar -> Menurut Data The Fed, China Menjual Surat Utang US
Menjual USD 12 Milyar Di Minggu Pertama 2016, USD 34,5 Milyar Tanggal 13 Januari
- USD 91 Milyar -> Operasi Pasar Terbuka
http://www.marketwatch.com/story/china-pboc-to-inject-91-billion-into-market-2016-01-19

Secara Kasat Mata Sudah Terkuras USD 158 Milyar Dalam 3 Minggu Pertama Di Januari 2016
Operasi Pasar Terbuka Secara Besar Besaran Akan Dilakukan PBOC Sampai Imlek


Tapi Entah Nanti Laporan Cadangan Devisa Dimanipulasi Jadi Berapa ?

Anonymous said...

"di level 5,500?........Taksiran EOWI di bawah 4,500."

Ihsg dr 4500 jd 1000 aset kekayaan pasar investasi indonesia turun 70%an, krisis mega dasyat tu. Yakin usd anda di krisis seperti itu masih berguna di indonesia? Saya rasa beras,air dan bahan makanan lain lebih bernilai daripada kertas saat itu, yg ada sistem barter atau perampokan paksa.


"Secara teknikal IHSG atau JCI akan menuju 1,000 pada krisis ini. Apakah itu tahun 2016 ini atau tahun 2018.....kami tidak tahu."

Teknikal??hahaha, teknikal itu studi analisis yang dipakai oleh trader profesional untuk membaca trend dalam periode tertentu, trader mempunyai variable waktu sangat jelas untuk menentukan kapan harus masuk dan kapan harus keluar, kapan harus take profit dan kapan harus segera jual rugi.

kalo anda bilang "secara teknikal.. 2016 ini atau 2018... kami tidak tahu" saya yakin anda sedang menghibur para pembaca sekalian, anda terdengar seperti seorang pelawak bagi yg berpengalaman..

Akhir Zaman said...

Kabar dari dunia otomotif, ford motor hengkang dari indo dan jepun. :D

Pram said...

@Anonymous atas saya,

Situ trader propesiyonal bukan yah?
klo bukan diam saja.

Anonymous said...

Kalo diliat dr omgonganya pro keknya bro, makanya dia ngomong,jgn disuruh diam ma, biar di sini sama2 tau mana yg pro mana yg bukan,peace

Anonymous said...

Lcgc tumbuh 5%, eropa kalah bersaing dgn jepang dlm otomotif. Biasa dlm dunia bisnis ada yg gugur ada yg menguasai pasar.

caca casriwan said...

katanya sih yang paling bagus invest properti, katanya lagi risikonya juga Zero Risk... ga tau deh tapi mungkin patut dicoba kali ya... saya dapat infonya dari http://citragardencitymalang.com/investasi-properti-liat-dulu-lokasi-lokasi-dan-lokasi/ sebelum milih katanya pula harus liat lokasi,lokasi dan lokasi... HhmmMmm...

Anonymous said...

Saya veteran juga di trading, pernah merasakan 1998 dan 2008, bener2 parah crashnya sampai udah ngga tau mau diapain lagi portfolio gw. Kalau sudah pernah merasakannya, baru nasehat Mas IS sangat berguna, posisi gw skrg, full U$D dan sisa saham nyangkut.

Anonymous said...

Veteran tidak nenjamin skill bos, saya trader juga, tidak ada istilah saham nyangkut bagi saya karena saya menggunakan auto cut loss, atau jual rugi, saya membatasi kerugian apabila ada kesalahan analisis teknikal..
jd 2008 saya tdk mengalami kerugian besar.

Crash 2008 tgl peak 1 jan 2008 bottom tgl 28 oktober 2008 terkoreksi 50% dr harga peak 2000an ke 1000an,kemudian recover tgl 1 april 2009 ihsg terakumulasi 100% dr harga 1000an ke 2000an.
Ekonomi riil tahun 2008 indonesia tidak mengalami dampak signifikan, ekonomi berjalan sepeerti biasa.

Kalo anda trader tp banyak punya saham nyangkut anda istilahnya nyangkuter bukan trader, trader hrs punya auto cutloss bos, kalo ga bisa displin mending jgn coba2 jd trader.

atmo joyo said...

Bursa China Anjlok 26 Januari 2016 :
Bursa Shanghai -> - 6,42% Anjlok Ke Posisi 2.749
Bursa Shenzen -> - 7,12% Anjlok Ke Posisi 1.714
Bursa CSI 300 -> - 6,02% Anjlok Ke Posisi 2.940
Bursa HSI -> - 2,48 % Anjlok Ke Posisi 18.860

Sudah Intervensi Pasar Uang USD 243 Milyar(1,6 Trillion Yuan) Bulan Ini
http://www.bloomberg.com/news/articles/2016-01-26/pboc-adds-most-cash-since-2013-in-reverse-repos-as-holidays-loom

Selasa 26 Januari USD 67 Milyar,
Tetap Rontok Bursa Bursa China
Tapi Offshore Yuan Terselamatkan Oleh Intervensi

Bedanya PBOC vs BI :
Kalau BI Hanya Intervensi Rupiah
Sedangkan PBOC Intervensi Yuan (Onshore, Offshore, Dollar Hongkong)
Dan Bursa Bursa (Shanghai, Shenzhen dll)
Makanya Cadangan Devisa Cepat Hangus

Plus Soros Sudah "Pasang Taruhan" Yuan Akan Terus Anjlok
http://www.valuewalk.com/2016/01/soros-china-warning/

christian said...

pak is kalo ihsg ke 1000, yuan mau digunting....pegang USD taroh dibank yakin bisa nariknya...:D taro di sdb bank yakin ngak digembok ama bank ? taro di rumah yakin ngak ada kerusuhan ? di forex ? yakin securitasnya ngak kena default...:D sama kayak di film big short ...mesti nanya dulu ke lehman brother pas mau short ...loe sanggup bayar ngak...:D

Anonymous said...

@ Bung Caca.. Citra Garden kalau ga salah lokasinya di tenggara kota malang, daerah yg relatif tertinggal karena kondisi sosial sekitaran & geografisnya yg relatif jauh dari pusat perekonomian kota & kampus2 (kondisi normal, di pagi hari, paling tidak butuh hampir 1 jam bermobil atau 45 menit bermotor sampai daerah kampus2/perkantoran), ke Batu jelas lebih jauh lagi. Jualannya (untuk sementara) akses ke jalan tol Malang - Pandaan, tapi itupun masih jauh sekitar 5 km dari gate awal (sekitar 10 - 15 menit bermobil di kondisi normal). Untuk angkutan umum juga sulit.

Anonymous said...

Gov activity itu penuh siasat dan rahasia, negara sebesar china tentu punya perhitungan disetiap langkahnya.

Yg overconfident dan mudah panik adalah, anda yg berpendapat layaknya serba tahu segalanya,dan mudah panik terkena masalah dgn lari ke usd yg dianggap plg aman padahal kenyataanya tidak.

atmo joyo said...

To Anonymous ....

Anda Nampaknya Pemuja Ekonomi China ....
Maka Saya Berikan Data Bersumber Pada Fakta Lapangan
Plus Comment Huang Weimin, Trader Terbaik Mainland Di 2015 Yang Pesimis Dengan Kondisi Ekonomi China

- 30 Desember 2015
PBOC Melarang Bank Asing Berdagang Forex Sejak , Kecuali Goldman Sachs, UOB
http://www.businessinsider.com/r-china-central-bank-temporarily-suspends-some-fx-business-of-several-foreign-banks-sources-2015-12?IR=T&r=US&IR=T

-31 Desember 2015
PBOC Melarang Cross-Border Yuan Business
https://sg.finance.yahoo.com/news/china-said-suspend-foreign-banks-055146163.html

- 12 Januari 2016
Suku Bunga Kredit Offshore Yuan Di Hongkong Naik Ke 66,82%
https://www.dailyfx.com/forex/fundamental/daily_briefing/session_briefing/daily_fundamentals/2016/01/12/Yuan-rates-spike-whats-going-on.html

- 26 Januari 2016
PBOC Melarang Pinjaman Dalam Bentuk Yuan Di Hongkong
http://www.bloomberg.com/news/articles/2016-01-27/pboc-said-to-ask-chinese-banks-to-suspend-offshore-yuan-lending

- China Mulai Kekurangan Physical Dollar, Kata Koran Ming Pao (Koran Paling Berpengaruh Di Hongkong)
http://news.mingpao.com/pns/dailynews/web_tc/article/20160109/s00002/1452275409186
http://www.wsj.com/articles/chinese-consumers-race-to-buy-dollars-as-yuan-slides-1452611031

Operasi Pasar Terbuka Secara Detail PBOC & Negara Negara Lain Bisa Dilihat Di :
http://www.centralbanking.com/tag/open-market-operations

"Trader Terbaik" Di Mainland, Huang Weimin, Memperoleh Gain Lebih Dari 6.200% di 2015, Berkata :
" Jual saham sekarang juga, sebelum semuanya terlambat. "
http://internasional.kontan.co.id/news/bursa-china-jeblok-investor-pesimistis

atmo joyo said...

Anonymous said...
Gov activity itu penuh siasat dan rahasia, negara sebesar china tentu punya perhitungan disetiap langkahnya.

To Anonymous ....

Operasi Pasar Terbuka Artinya Diumumkan Oleh PBOC Secara Terbuka
Operasi Pasar Terbuka Secara Detail PBOC & Bank Central Negara Lain Bisa Dilihat Di :
http://www.centralbanking.com/tag/open-market-operations

1. Pemerintah China Overconfident
- Perdana Menteri China Li Keqiang menganggap cadangan devisa Terlalu Besar
http://economy.okezone.com/read/2014/05/12/213/983750/china-panik-cadangan-devisanya-tembus-usd3-95-triliun
- Pemerintah China Menganggap Enteng Gejolak Pasar Pada Awal Tahun Lalu

2. Pemerintah China Panik :
- 30 Desember 2015
PBOC Melarang Bank Asing Berdagang Forex, Kecuali Goldman Sachs, UOB
http://www.businessinsider.com/r-china-central-bank-temporarily-suspends-some-fx-business-of-several-foreign-banks-sources-2015-12?IR=T&r=US&IR=T

-31 Desember 2015
PBOC Melarang Cross-Border Yuan Business
https://sg.finance.yahoo.com/news/china-said-suspend-foreign-banks-055146163.html

- 12 Januari 2016
Suku Bunga Kredit Offshore Yuan Di Hongkong Naik Ke 66,82%
https://www.dailyfx.com/forex/fundamental/daily_briefing/session_briefing/daily_fundamentals/2016/01/12/Yuan-rates-spike-whats-going-on.html

- 26 Januari 2016
PBOC Melarang Pinjaman Dalam Bentuk Yuan Di Hongkong
http://www.bloomberg.com/news/articles/2016-01-27/pboc-said-to-ask-chinese-banks-to-suspend-offshore-yuan-lending

- China Mulai Kekurangan Physical Dollar, Kata Koran Ming Pao (Koran Paling Berpengaruh Di Hongkong)
http://news.mingpao.com/pns/dailynews/web_tc/article/20160109/s00002/1452275409186
http://www.wsj.com/articles/chinese-consumers-race-to-buy-dollars-as-yuan-slides-1452611031

"Trader China", Huang Weimin, Memperoleh Gain Lebih Dari 6.200% di 2015, Berkata :
" Jual saham sekarang juga, sebelum semuanya terlambat. "
http://internasional.kontan.co.id/news/bursa-china-jeblok-investor-pesimistis

Papoyz said...

Keren