___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Sunday, March 14, 2010

MARKET UPDATE: MINGGU 14 MARET 2010

Kita mulai dengan yang mudah dulu yaitu emas dan US dollar.

Seperti yang dikatakan minggu lalu, bahwa bulan Maret sampai Agustus biasanya periode koreksi bagi emas. Dan hal itu nampak pada perdagangan hari Jumat kemarin tanggal 12 Maret 2010. Hari itu US dollar turun dan emas juga turun. Artinya arah perdagangan emas tidak lagi berlawanan dengan US dollar. Chart-1 menunjukkan chart emas jangka pendek.


Chart 1 (klik chart untuk memperbesar)

Harga emas masih dalam koridor bearish “A”. Walaupun selama hampir 1 bulan ada counter trend (koridor “B”), tetapi sejak membentur resistancenya 1½ minggu lalu, emas kembali melemah.

Secara jangka panjang emas masih dalam periode bullishnya (Chart-2). Secara Elliot Wave, koreksi yang terjadi saat ini bisa membawa emas ke level di bawah 680. Hal ini bisa terjadi dalam 12-16 bulan mendatang.

Counter-trend wave 4 US dollar ternyata masih belum selesai. Hari Jumat lalu US dollar mengalami koreksi dan akhirnya membentur supportnya. Minggu depan diharapkan US dollar akan kembali menapak w-5 rally dan targetnya adalah 82 – 84 pada indeks dollar.


Chart 2 (klik chart untuk memperbesar)



Chart 3 (klik chart untuk memperbesar)

Untuk saham, agak sulit mengatakan apakah bullish atau bearish. Alasannya sederhana saja. Sudah sejak lama, prediksi saya salah. Oleh sebab itu tidak ada salahnya membuat bullish skenario. Setelah saya perhatikan chart dari DJIA, akhirnya saya bisa melihat kemungkinan bulllish skenario (Chart-4). Perlu diingat bahwa Elliot Wave adalah teknik gatuk-gatuk. Saya kadang menyebut Elliot Wave dengan Idiot Wave untuk menunjukkan rasa skeptis saya. Bullsih skenario ini memungkinkan indeks DJIA naik sekitar 25% lagi, sebelum tercapainya P2. Zig-zag patren WXYXZ lebih nampak seimbang dibandingkan dengan interpretasi di minggu-minggu lalu. Oleh sebab itu saya akan mempertimbangkan untuk exit dari posisi short.

Chart 4 (klik chart untuk memperbesar)

Saya akan coba melihat kembali segala kemungkinan scenario untuk saham hari Senen depan. Moga-moga malamnya market update bisa diterbitkan. Paling tidak pada hari Selasanya.

Sekian dulu, saya sudah mengantuk.
Jakarta 14 Maret 2010


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

25 comments:

Anonymous said...

Kok Y Z acuannya bisa berubah-ubah Pak? Kemarin katanya gak akan naik 4x, 3x naik pun sudah sangat jarang. Jadi sekarang belum P3? Atau memang EW akan salah 61.8% dari seluruh analisanya? :)

Anonymous said...

Komen atas :

saya rasa pak IS sendiri rada bingung menentukan arah saham... tp kita ttp harus terima kasih, plg tidak beliau mencoba memberitakan kebenaran akan makro ekonomi dan jg disertai analisa yg masuk akal... memang market belakangan ini naik turun tidak jelas.. kalo menurut saya, apabila tidak ada trigger yg dasyhat seperti subprime mortagage, saham akan bullish... apalagi kalo FED masih belum benar2 ambil tindakan untuk exit stimulus..

Anonymous said...

Kalo begitu IDR/USD bs di bawah 9000 donk ?

Anonymous said...

Kalo begitu IDR/USD bisa di bawah 9000 Donk ?

phrom said...

Berarti yang tidak waras sekarang itu Imam Semar

Anonymous said...

wah berarti judulnya jadi ekonomi orang tidak waras?

Anonymous said...

FED kembali menahan interest rate.. well2 dollar2x.. kamu akan segera turun jadi 9000... gawat sekali ini....

rony said...

tapi bagusnya pak imam semar, berani mengakui kesalahan sendiri..

tetap kasih info ke nubie2 ini bos..setidaknya pandangan2 yg sedikit berbeda ala Orang Waras..

Anonymous said...

emas tidak akan turun terlalu dalam deh...ada yang lagi siap2 mau memborong kalo emas berani turun jauh...hehehe...

counder said...

Analisis Imam Semar atau siapapun yang punya kecenderungan bearish tidak ada gunanya. Sekarang pasar saham A.S sudah dimanipulasi PPT(Plunge Protection Team) yang dibiayai The Fed dengan uang "monopoli"-nya untuk mengambil posisi "long" disaat pasar saham kelihatan akan jatuh.

Michael Bolser, who belongs to an antitrust group
called GATA (the Gold Anti-Trust Action Committee), says that PPT
money is funneled through the Fed’s “primary dealers,” a group of
favored Wall Street brokerage firms and investment banks. The de-
vice used is a form of loan called a “repurchase agreement” or “repo,”
which is a contract for the sale and future repurchase of Treasury
securities. Bolser explains:
It may sound odd, but the Fed occasionally gives money
[“permanent” repos] to its primary dealers (a list of about thirty
financial houses, Merrill Lynch, Morgan Stanley, etc). They never
have to pay this free money back; thus the primary dealers will
pretty much do whatever the Fed asks if they want to stay in the
primary dealers “club.”
The exact mechanism of repo use to support the DOW is
simple. The primary dealers get repos in the morning issuance
. . . and then buy DOW index futures (a market that is far smaller
than the open DOW trading volume). These futures prices then
drive the DOW itself because the larger population of investors
think the “insider” futures buyers have access to special
information and are “ahead” of the market. Of course they
don’t have special information . . . only special money in the form
of repos.

Anonymous said...

lah sabar pak...bapak 3 kali benar sekali salah kan wajar aja...moso prediksi bisa bener terus....tapi overheating dah makin terasa pak.....kan masih ada Juni atau paling tidak akhir tahun baru the bear comming.....santai aja pak IS. lgan yah tinggal rubah toh jadi posisi long,,atau hit and run

Anonymous said...

Masalahnya udah leverage di short. kalau tunggu akhir tahun baru bear udah keburu broke modalnya!

Entah berapa banyak orang nih yang total loss bulan ini?

Anonymous said...

Masalahnya udah total leverage di short. Kalau tunggu akhir tahun baru bear udah keburu broke modalnya!

Entah berapa orang yang total loss bulan ini?

Anonymous said...

Market Sudah berbalik arah ke Bullish... Disiplin tidak bisa di toleransi..

Lucas said...

Setiap org mempunyai kebebasan untuk berpendapat dan setiap org juga memiliki kebebasan untuk mendukung atau menolak pendapat tersebut.

Internet (blogger) diciptakan hanya untuk org yg berpikiran bebas (liberal) dan independent

Anonymous said...

finally red candle for my birthday cake........mike

Lucas said...

Membaca dpt memperkaya informasi shg kita dpt re-check analisa kita, kadang kita dpt dibuat bingung dgn informasi yg terlalu banyak dan saling bertentangan tp mmg itulah CROWD

Bagi yg mengikuti comment sy mungkin ada dpt ikut merasakan kebingungan sy pada pertengahan hingga akir bln februari wkt itu sy watch 1110 dan 1080/85 SPX. Pada waktu itu persepsi sy berganti ganti dan sy memutuskan utk menunda masuk market.

Bila 1085 break maka persepsi bear valid (vica versa), akirnya pd awal maret konfirmasi terjadi, 1085 resist dan 1110 break up. Sy masuk market dan telah take profit minggu lalu.

Jd sy tdk sependapat dgn yg merasa rugi o/ postingan EOWI, sy justru bertrima kasih krn sy mendapat partner untuk berdiskusi shg sy dpt me-cek-recheck analisa sy

Anonymous said...

USD Index Mental di 79.48... hidup Pak ... Skrang short baru tepat ..

Anonymous said...

Pak Lucas, saya ingin sedikit menambahkan:
Yang menjadikan patokan banyak orang ambil posisi short itu,artikel pak IS pada awal Januari lalu yang pada intinya menyatakan kejatuhan global yang lebih dalam dibanding 2008 ex: IHSG di bawah 1000/ DJI di bawah 8000, emas menuju 700 dan ke level bawah masih mungkin...apalagi diberikan waktu di kuartal pertama sudah dimulai
Jadi sebagian besar persepsi yang timbul adalah meski nantinya harga yang dicapai tidak sesuai perkiraan mereka berkeyakinan bahwa short adalah yang terbaik karena tetap akan memperoleh gain.
Dan dari artikel tersebut dapat disimpulkan bahwa pak IS memiliki keyakinan yang sangat kuat kalau kuartal pertama ini very bearish!
Saya sendiri yg lebih banyak melihat dari sisi teknikal sempat ragu2 juga denga keinginan buy (pada saat N225 mencapai 10270, upbreak triangle, jumat kemarin nikkei di kisaran 10780)
Sekarang dengan pengubahan statement yang menyatakan bahwa ada skenario bullish, tidaklah mengherankan banyak dari kita merasa menyayangkan/kecewa. Seandainya artikel di awal Jaunari tidak seyakin itu, mungkin masih ok kalau sekarang skenario dirubah.

Untuk pak IS,
dengan hanya acuan trend channel(Chart 1), saya meragukan kalau emas turun sampai ke 680....
saya lebih melihat emas akan naik dulu ke min 1265 atau lebih baru koreksi turun bawah 1000. (dengan catatan: kita sama2 melihat pake teknikal Elliot). Dan bukan hanya Elliot, saya kira Semua Teknikal juga teori gatuk2an termasuk trend channel sendiri, Sesuai dengan konsepnya: "Technical Analysis is the ART of trading". Namanya aja seni pak, ya tergantung kita bagaimana menggambarnya agar dapat dijadikan pendekatan.

Matur Nuwun
Tyo

Anonymous said...

masing2 punya pendapat masing2. tetaplah fokus pada trading masing2. jangan menggantungkan pada guru atau apapun. jadilah trader sejati. good luck.....mike

Anonymous said...

Loh??? Koq jd Bisu ini Blogs ???? Mana eksprsinya .....

Anonymous said...

Sy agak kecewa dgn bpk.. Karena sepertinya kalo market bergerak sesuai arah prediksi bapak, langsung deh ada ulasan dalam 1-2hari.. kalo salah, langsung diam tanpa update 1 minggu atau lebih, jadi org jadi bingung... yg terakhir malah diem diem ampe akhirnya ngomong mea culpa but everything already too late...

Anonymous said...

tukang ndobol kok dipercaya

Anonymous said...

yang percaya artikel kayak ginian berarti yang nggak waras, menganggap si IS pakar padahal tukang ndobol co-trans sana-sini ,ngakunya gaji 9 digit lagi tapi kok masih sempat2nya bikin blog ???? oooo... mungkin sekertaris IS deh yang mbuatin, dia tinggal nyuruh maklum 9 digit euy ...emang si IS lebih hebat dari pakar2 ekonomi kita? jadikan aja dia menteri gantikan SM dasar dodol..

Anonymous said...

ah palingan si IS tuh orang stress pecatan BEJ atawa perusahaan sekuritas