___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Sunday, August 31, 2008

SEPTEMBER BULANNYA BEAR

Banyak trader pasar modal tidak memperhatikan siklus tahunan dari bursa saham. Oktober biasanya dikenal sebagai bulan terkutuk, jink month. Ini disebabkan karena beberapa market crash terjadi pada bulan Oktober. Tetapi tidak banyak yang tahu bahwa September adalah bulan Bear. Statistik mengatakan bahwa pada bulan September pasar punya peluang yang tinggi untuk terkoreksi secara dalam. Chart-1 di bawah ini menunjukkan statistik tahunan dari data trading di bursa NY. Terlihat bahwa ungkapan di kalangan trader: “Sell in May and go away”, secara statistik banyak benarnya. Antara May – September pasar modal tidak bergerak kemana-mana dan cenderung bearish. Lebih-lebih di bulan September.


Chart 1

Minggu lalu EOWI telah mengetengahkan 3 posisi short. Artikel minggu lalu bukanlah suatu kebetulan, tetapi salah satu tujuannya adalah dalam rangka menyambut bulan bear-September. Tetapi EOWI ingin memperingatkan bahwa statistik adalah masa lampau (sebagai suatu hikmah/pelajaran), dan bukan masa yang akan datang. Sehingga ada kemungkinan prilaku trader dan investor berubah dan terjadi penyimpangan dari statistik. Harus diingat bahwa statistik di atas adalah angka rata-rata. Jadi, bisa lebih tinggi dan bisa lebih rendah.

Anda boleh tidak percaya pada statistik seperti Mark Twain atau tidak percaya pada siklus ekonomi karena manusia bisa belajar dari pengalaman. Sayangnya argumen yang terakhir ini tidak telalu bisa diharapkan. Bertahun-tahun Indonesia (juga bangsa-bangsa lain) melakukan pemilihan umum memilih presiden dan anggota parlemen dengan harapan hidup yang lebih makmur. Kenyataannya dari tahun ke tahun sama saja, kalau bukan lebih buruk. Mereka pikir bahwa presiden, mentri-mentrinya berserta anggota DPR akan mencari minyak dan mengolahnya, menanam padi dan pangan, memelihara ayam sampai bertelur, kemudian hasilnya dibagikan kepada para pemilihnya atau dijual dengan harga murah. Rakyat melihat bukan ini yang terjadi. Orang-orang yang dipilihnya hanya ngobrol, debat, bikin undang-undang, tanpa menghasilkan setetes minyak atau sebutir padi. Lucunya tiap lima tahun mereka melakukan pemilihan lagi. Walaupun bukan selalu orang yang sama. Jadi siklus terjadi karena massa manusia tidak bisa belajar dari pengalaman, apa lagi berpikir kedepan. Sama juga dengan siklus di bursa saham.

Indeks Dow Industrial nampak sudah pola trading segitiga yang menyempit (Chart-2). Kemungkinan minggu depan koreksi dimulai.


Chart 2


Reco Baru, Short MBI
EOWI pernah meninggung MBIA Inc. atau MBI di dua artikel seri Monitoring Krisis Ekonimi yaitu seri ke XXIII dan XXV. Untuk mempersingkat bahasan, pembaca dianjurkan untuk melihat kembali kedua artikel tersebut.

Sektor bisnis MBIA adalah penjamin/asuransi bond seperti yang telah dijelaskan. MBI terpapar oleh CDO yang diasuransikan pada MBI. Dengan adanya potensi gagal bayar surat-surat hutang beracun ini , maka kapital MBI beresiko tergerus oleh kewajiban-kewajiban bisnisnya. Beberapa waktu beberapa institusi rating/penilai, menurunkan rating MBI dan tidak lagi AAA. Hal ini akan mengurangi wilayah pasar MBI. MBI tidak lagi bisa menerima bisnis asuransi hutang AAA karena rating MBI tidak lagi AAA. Jadi dimasa depan pemasukkan MBI akan merurun di samping liabilinya yang beresiko untuk terwujud. Nilai saham MBI tidak lebih dari $5. Jadi seandainya ada rally sampai mencapai jauh di atas $5, maka bisa dianggap sebagai kesempatan untuk melakukan short. Hal ini pernah dibahas di Monitoring Krisis Ekonomi XXIII [link]

Baru-baru ini MBI rally lagi dan hampir mendekati $17 (Chart-3). Sebabnya rally adalah adanya berita bahwa FGIC (Financial Guaranty Insurance Company), perusahaan asuransi bond lainnya, melakukan transaksi re-asuransi dengan MBI. Persoalannya ialah, yang diterima oleh MBI hanya $741 juta sebagai premi tanggungan sebesar $184 milyar bond kota praja (municipal bond). Mungkin anda berpendapat bahwa pemerintah tidak bisa bangkrut atau gagal bayar. Anda salah. Beberapa county di US seperti Jefferson County, Alabama terancam bangkrut. [link]. Mungkin dalam minggu-minggu ini. Belum lagi sebelumnya, Vallejo County dan beberapa county di daerah Bay, Caifornia bisa menyusul dikemudian hari [link1 dan link2]. Kebangkrutan ini akan membawa serta hutang-hutangnya-gagal bayar- dan harus ditanggung asuransi penjaminnya seperti MBI dan FGIC.


Chart 3

Ada beberapa hal yang menarik untuk reco short MBI yang baru ini. Transaksi MBI dengan FGIC belum tentu mulus. FGIC mempunyai eksposure muni-bond Jefferson County. Kalau Jefferson County dibankrutkan dalam minggu-minggu ke depan, bisa jadi transaksi dengan MBI gagal.

Hal lain ialah, ada kemungkian transaksi ini tidak terlalu menguntungkan. Karena sebenarnya Warren Buffet melalui Berkshire Hathaway juga ikut tendar ini, tetapi gagal karena premi yang diminta lebih tinggi. EOWI hanya menjadikan Buffet sebagai patokan apakah suatu transaksi itu bagus atau tidak.

Yang paling di tunggu oleh EOWI adalah pemutihan kerugian-kerugian di sektor asuansi CDO yang kira-kira jumlahnya $125 milyar. Sampai saat ini belum cukup banyak dilakukan, sehingga kami berharap kuartal 3 dan 4 2008 ini diumumkannya.

Memang ada tantangan dalam shorting ini. MBI baru terkena liability kalau bond-bond dan CDO yang diasuransikan kepadanya mengalami gagal bayar. Artinya, umur MBI sebenarnya masih panjang. Tetapi ibaratnya seperti pohon tumbuh di karang, hidup susah matipun tidak. Oleh sebab itu kemungkinan saham MBI ini akan rally, lalu turun lagi begitu seterusnya untuk jangka waktu yang cukup lama.

Kami bisa cerita panjang mengenai MBI ini, tetapi arahnya sama. Karena itu sampai saat ini kami buat patokan, kalau MBI rally di atas $15, kita akan short dan kalau turun sampai di bawah $10, maka secara bertahap short dikurangi – ambil untung. Rekomendasi sekarang, bagi yang aggressive adalah $15 put Jan 2009, MBIMC. Jumat lalu ditutup pada $3.80. Kalau pada koreksi mendatang MBI turun ke $7, maka nilai interinsik adalah $8. Jadi potensi keuntungan adalah nilai interinsik plus premi-waktu (time premium) yang tersisa atau lebih dari 100%. Kami sengaja mengambil expiry date Januari 2009 dengan harapan bahwa nilai premi-waktunya tidak cepat tererosi selama 2 bulan menunggu koreksi. Sehingga kalau arah pasar tidak seperti yang diperkirakan, premi-waktu tidak tererosi terlalu banyak. Jangan ambil MBIMC di atas $4.50.

Bagi yang mau bermain jangka panjang, bisa ambil YBUMC $15 put Jan 2010. Pada penutupan Jumat lalu ada di $5.60.

Sebagai catatan akhir, kalau kita lihat saham FRE dan FNM. Ketika diumumkan bahwa pemerintah US akan menolong Freddie Mac dan Fannie Mae, kedua saham ini rally kemana-mana. Tetapi beberapa minggu kemudian kembali ke asalnya. Kami tidak mengatakan MBI akan sama dengan Freddie dan Fannie, tetapi peluang untuk berpola sama, sangat besar.

Sampai disini dulu......., selamat berpuasa bagi yang puasa.

Jakarta 30 Agustus 2008
Disclaimer: Isi tulisan ini adalah untuk tujuan pendidikan, tukar-menukar informasi dan hiburan, bukan anjuran berinvestasi. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian dikarenakan oleh penggunaan informasi, data dan analisa di tulisan ini. Tetapi kalau anda beruntung, kami juga mau menerima hadiah dari anda.

No comments: