___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Monday, January 14, 2008

MONITORING KRISIS EKONOMI - XIX

PASAR EMAS SHANGHAI MENGGILA
(Januari Minggu ke 2, 2008)


Topik kali ini:
PASAR & EKONOMI SELAYANG PANDANG
REVIEW PASAR SAHAM
REVIEW SEKTOR EMAS

PASAR & EKONOMI SELAYANG PANDANG
Seri Monitoring Krisis Ekonomi tidak terbit minggu lalu. Ternyata banyak penggemar situs Ekonomi Orang Waras dan Investasi merasa kehilangan. Hit situs ini naik dengan drastis. Dan selama 2 minggu ini banyak beberapa kejadian penting yang berkaitan dengan krisis ekonomi yang sedang kita monitor.

Harga emas melonjak dan sempat menembus $900/oz, walaupun cuma sebentar (lihat Chart-1). Bursa di Cina mulai memperdagangkan emas-future. Pada pembukaan perdagangan, harga emas berjangka untuk penyerahan bulan Juni hampir US$ 1000 padahal di COMEX US pada saat yang sama (11:30 waktu Singapore) harganya US$ 906.90. ( http://sg.news.yahoo.com/rtrs/20080109/tbs-china-gold-futures-21231dd.html ) Sangat aggressif. Nampaknya emas masih akan naik lagi karena pasar baru Cina ini. Dengan pemain yang sangat aggressive dan kemungkinan ada aliran dana dari pasar modal yang sudah bubble ke sektor emas maka emas bisa menjadi bubble. Kita lihat perkembangannya.


Chart 1 (Klik Chart untuk memperbesar)

Ben Bernanke dan Hank Paulson akhirnya mengakui bahwa ekonomi US mengalami perlambatan yang serius dan perlu stimulus. Bukan mustahil the Fed akan menurunkan suku bunganya sebesar 50 basis poin. Ketika Ben Bernanke memberikan pidato di hadapan the Women in Housing and Finance and Exchequer Club di Washington DC hari Kamis tanggal 10 Januari 2008 lalu, market merespon dengan memberikan tanda “Fuck You” (lihat Chart-2). Emas pun menggapai $900/oz seakan mengatakan: “Ambillah keputusan, aku mau terbang”. Nampaknya pasar sangat tidak menghargai Ben.


Chart 2 (Klik Chart untuk memperbesar)

Kejadian lain, Bank of America (BAC) akan membeli Countrywide (CFC). Saya pikir sudah saatnya keluar dari posisi short di CFC. Saya tidak tahu apakah CFC “too big to fail” atau “too big to bail”. Bukan tidak mungkin pemerintah US meminta BAC untuk membail out CFC karena “too big to bail”. Artinya..., bisa saja akhirnya CFC bangkrut bersama yang menolongnya. Saya enggan berspekulasi ke arah sana. Dalam 2 kali trading option sejak CFC di $34, akhirnya jatuh ke kisaran $6, bisa menghasilkan keuntungan 500%.

Ekonomi Singapore mengalami kontraksi. Pertumbuhan GDP Singapore untuk kwartal-4 diperkirakan 4.2% ternyata malah -3.2% (baca: minus 3.2%). Padahal kwartal-3 masih tumbuh 4.4% (http://biz.yahoo.com/ap/080102/singapore_economy.html?.v=1). Wow!!! Jadi mengalami pelambatan 7.6%. Eksport barang elektronik dan obat-obatan menurun. Tetapi, katanya, sektor konstruksi dan service masih kuat. Bahkan sektor konstruksi tumbuh 24%. Dan secara keseluruhan untuk tahun 2007 GDP Singapore tumbuh 7.5% (http://www.marketwatch.com/news/story/singapores-economy-contracts-32-q4/story.aspx?guid=%7B9DB2BFF3%2DB640%2D451F%2D8FCF%2D9AB7EB4D721F%7D&siteid=rss . (Komentar Imam Semar: “Tunggu 2-3 kwartal lagi, kedua sektor itu juga akan rontok. Singapore juga mengalami bubble di sektor real-estate”).

US sudah mengalami resesi, walaupun kata Ben Bernanke belum. Tingkat pengangguran di US selama 2007 mengalami peningkatan (Chart-3). Kalau mau dibilang resesi, silahkan. Kalau tidak mau, juga tidak apa-apa.


Chart 3 (Klik Chart untuk memperbesar)

Nah, bagaimana kelanjutan tingkat pengangguran ini. Sampai berapa puncaknya. Untuk itu anda akan saya kasih chart (Chart-4). Anda bisa melihat berapa tinggi tingkat pengangguran bersama dengan penyebab resesinya. Yang tertinggi selama 4 dekade ini adalah dimasa resesi tahun 1980an. Sebabnya adalah turunnya harga minyak dan rusaknya sektor perumahan di Texas (pusat minyak US). Sekarang ini ada rusaknya sektor real-estate, veteran dari Iraq dan Afganistan pulang, harga minyak tinggi dan out-sourcing. Kalau mau mengikuti resesi tahun 1990, maka tingkat pengangguran tertinggi adalah sedikit di bawah 8%. Tetapi jangan lupa, pada tahun-tahun mendatang banyak baby boomer di US memasuki masa pensiun sehingga nama mereka tidak bisa di masukkan dalam statistik pengangguran dimana datang. Apakah mereka disebut pengangguran atau pensiunan, dampaknya sama saja. Mereka tidak punya income lagi dan konsumsi mereka harus ditekan. Selanjutnya...., import barang dari Cina, Singapore dan lain-lain ke US juga turun.

Berita dalam negri: Pengusaha dan buruh pabrik tahu berdemonstrasi menuntut penurunan harga kedele. Pemerintah katanya akan menghapuskan bea masuk kedele dan mau membeli kedele dari luar negri supaya harganya tidak melonjak. Yang pertama tindakan bagus. Seharusnya semua bea masuk dihapuskan karena tidak jelas masuk kategori apa bea masuk itu, transaksi jual-beli, hibah atau palak? Mungkin masuk kategori palak.
Rencana pemerintah yang kedua adalah salah. Pemerintah tidak membeli kedele, karena uang itu, katanya uang pajak – uang pembayar pajak, uang kita. Ibaratnya kita memberi uang ke pemerintah (membayar pajak). Lalu uang itu dipakai membeli kedele (atau apa saja) yang kemudian dijual lebih murah dari harga pasar kepada kita dan disebut “pemerintah memberikan subsidi pada kedele”. Uang yang dipakai pemerintah 'kan uang kita. Untuk itu kita harus membayar dan menggaji pegawai pemerintah. Bagi orang yang bisa menghitung, lebih baik kita membeli sendiri di harga pasar internasional dan tidak usah membayar pajak serta membayar jasa pemerintah yang sekedar jadi tempat lewatnya duit kita. Kalau pemerintah mau berbuat baik kepada rakyat, sebaiknya menyuruh para pegawai negri yang banyak waktu nganggur atau para kader partai untuk menanam kedele, lalu menjualnya dengan harga murah. Itu lebih baik menurut pemikiran orang waras.


Chart 4 (Klik Chart untuk memperbesar)


REVIEW PASAR SAHAM
Berkali-kali indeks Dow Industrial mengalami koreksi triple-digit. Ini gejala bearish. Sekarang sedang mencoba menembus support 12500 (Chart-5). Walaupun pasar nampak sudah over-sold, mungkin masih bisa menembus resistance 12500 untuk menuju 12000. Pada pada index S&P 500, jumlah (persen) bull juga sudah mencapai titik terendah (Chart-6). Jadi punya potensi berbalik arah, walaupun sebenarnya dimasa bursa yang bearish kondisi persentage bull yang rendah adalah biasa. Disudut lain, Yen carry trader masih bearish dan tidak akan mau ikut mendongkrak pasar saham. Yen Jepang masih berpeluang menguat, walaupun mungkin dengan susah payah karena ada resistance di level 92 (lihat Chart-7). Kita lihat dalam 2 minggu ini saja lah. Untuk melakukan long saya masih akan menunggu sampai ada konfirmasi pembalikan arah. Saat ini saya masih mempertahankan posisi short untuk saham-saham transportasi dan konsumer sekunder.


Chart 5 (Klik Chart untuk memperbesar)


Chart 6


Chart 7 (Klik Chart untuk memperbesar)


PASAR EMAS DAN UANG SEJATI
Kalau anda melihat adanya kenaikan yang gila-gilaan di sektor emas, jangan heran. Karena pasar emas kedatangan orang gila. Kenapa saya sebut orang gila. Berikut ini adalah buktinya. Pasar emas berjangka di Shanghai baru dibuka, tanggal 9 Januari 2008 lalu. Pada pembukaan, harga emas untuk penyerahan bulan Juni melonjak sampai mendekati $1000/oz, seperti yang diceritakan pada awal artikel ini. Apakah tidak gila? Bagi yang biasa trading di sektor emas, bulan Maret sampai Oktober biasanya masa bearish, masa koreksi. Kalau para spekulator Cina berharap ada kenaikan dari $ 900/oz ke $ 1000/oz (bukan koreksi!), berarti kaidah-kaidah, tatanan, siklus tahunan (apapun namanya) untuk sektor emas diabaikan oleh pendatang dari Cina. Dengan adanya kedatangan pemain baru ini, bisa jadi pasar emas akan berubah polanya. Bullish sepanjang tahun. Itu harapan saya. Kita lihat saja....,

Ditinjau dari sudat TA, masa bullish selama 1 tahun bukan mustahil. Pada masa bullish tahun 2005-2006 (lihat Chart-8), harga emas naik dari bulan Juli 2005 sampai bulan Maret 2006 (9 bulan). Setelah itu selama 15 bulan emas mengalami masa konsolidasi. Biasanya masa bullish berikutnya sebanding dengan masa konsolidasi sebelumnya.

Di bulan Agustus 2007, harga emas mulai bangkit dari 15 bulan tidur. Kemudian kembali mengalami kondolidasi mini 1.5 bulan di bulan November-Desember sebelum melanjutkan rally yang eksplosif nya. Target berikutnya ialah menembus $1000/oz. Mungkin bisa mencapai $1200/oz.


Chart 8 (Klik Chart untuk memperbesar)

Perak akan membalap emas dalam waktu dekat ini. Selama 1 tahun emas selalu lebih unggul. Fenomena ini biasa. Perak biasanya akan lebih lambat start, tetapi setelah itu akan lari kencang. Chart-9 menunjukkan akan adanya pembalikan arah. Perak akan lebih unggul dari emas.


Chart 9 (Klik Chart untuk memperbesar)

Sampai disini dulu. Minggu depan mungkin Monitoring Krisis Ekonomi akan terlambat, karena saya akan ke Malaysia. Selamat menikmati rally emas. Jaga diri anda dan harta hasil jerih pajah anda baik-baik. Tulisan ini dimaksudkan sebagi pertukaran informasi, bukan sebagai anjuran berinvestasi. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian anda. Tetapi jika anda beruntung, kami juga tidak menolak sekiranya anda mau berbagi keuntungan anda.

Jika situs ini anda nilai baik, mengapa anda tidak beri tahu kepada teman, saudara atau pacar anak anda yang masih duduk di bangku kuliah supaya lebih terstimulasi intelektualnya.

Jakarta 14 Januari 2008.

No comments: