___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Saturday, August 6, 2016

Dunia Bizzaro – Peluang Short Yen



Kita mungkin hidup di alam Bizzaro. Bumi Bizzaro di sebut htraE, yang tidak lain adalah Earth yang dieja terbalik. Di dunia Bizzaro, semuanya terbalik, termasuk aturan dan etikanya. Ini saya kutipkan dari Wikipedia:
society is ruled by the Bizarro Code which states "Us do opposite of all Earthly things! Us hate beauty! Us love ugliness! Is big crime to make anything perfect on Bizarro World!" In one episode, for example, a salesman is doing a brisk trade selling Bizarro bonds: "Guaranteed to lose money for you".
Ungkapan bahwa “kita ini hidup di dunia Bizzaro” bukan sekedar metafora, tetapi kenyataan. Misalnya suku bunga negatif. Sama bukan dengan ide cerita di salah satu episode Bizzaro? Apa tidak aneh, ada orang pinjam duit malah dibayar, malah minta bayaran. Tidak hanya itu, yang berhutang pada kondisi yang babak-belur karena hutangnya sudah bertumpuk banyak. Itulah yang terjadi di banyak negara. Bank-bank sentral menerapkan suku bunga negatif atau istilah kerennya NIRP (Negative Interest Rate Policy). Penghutangnya, negara juga sudah babak-belur dengan hutangnya yang menumpuk. Bond menjadi certificate of consfiscation, bisa lebih tepatnya certificate of guaranteed consfiscation. Karena ada peluang bahwa uang yang dipinjamkan itu hilang.
Mungkin tidak hilang, tetapi......cuma ada dalam catatan. Itu ide yang sedang dipertimbangkan, yaitu surat hutang tanpa jatuh tempo. Artinya, hutang pokok tidak akan dibayar selama-lamanya. Ide yang menarik......dari pada mengemplang lebih baik janji tidak membayar sampai selama-lamanya, itu lebih jujur. Itu dari sudut pemerintah, dari kubu swasta,...bank-bank besar Eropa mengalami kesulitan pada non-performing loan (NPL). Saham Deutsche Bank, bank terbesar Jerman anjlok banyak (biar gampang menjebutnya, saya gunakan kata banyak). Sepanjang tahun 2016 sudah anjlok 46%. Itu banyak bukan? Juga bank terbesar Itali, BMPS, sahamnya anjok 80% dalam tahun 2016 ini. Ada yang tidak beres? Kemungkinan besar ada. Tetapi di dunia Bizzaro, ketidak beresan adalah hal yang lumrah.
Di dunia Bizzaro, kejahatan dan kekerasan merupakan hal yang pandemi, menurut bahasa dunia waras adalah wabah kekerasan yang mendunia.  Tetapi di dunia Bizzaro kekerasan adalah biasa, damai adalah penyakit. Kita lihat saja. Ada orang dengan truk pendingin menabrak keramaian, kemudian supirnya keluar dan menembaki siapa saja sampai 84 orang korbannya yang mati. Itu di Nice, Perancis, tanggal 14 Juli 2016 pada perayaan hari nasional Prancis. Sebelumnya, 13 Juni 2016, seorang polisi dan istrinya, sekretaris polisi ditusuk sampai mati di Magnanville, dekat Paris, Prancis. Dan terakhir pastur digorok di Etienne du Rouvray, Normandy pada saat misa.
Di Amerika Serikat seorang pemembak jitu, menembaki polisi kulit putih, sampai 5 orang korbannya yang mati. Itu di Dallas, Texas, USA tanggal 8 Juli 2016. Sebelum itu, 11 - 12 Juni 2016, di Orlando Florida, pembrondongan di nitght club LGBT, menyebabkan 47 orang mati. Tanggal 11 – 12 Juni itu bukan berarti kejadiannya berlangsung selama 2 x 24 jam, melainkan terjadi di dekat pergantian hari yaitu sekitar tengah malam.
Di Inggris, bulan Juni 2016, anggota parlemen dibunuh. Di Jerman, ada orang mengamuk di kereta api, untungnya tidak ada yang mati.
Terorisme biasa di dunia Bizzaro. Bahkan villain (termasuk teroris) dianggap pahlawan. Pemakaman Santoso, di wilayah Poso disambut dengan spanduk, dihadiri oleh ribuan pelayat layaknya pahlawan. Us do opposite of all Earthly things!
Pembakar masjid Tolikara diundang ke Istana oleh presiden layaknya pahlawan. Itu hanya terjadi di dunia Bizzaro. Us do opposite of all Earthly things!
Di dunia Bizzaro, kelaparan terjadi di negara yang pendapatan perkapitanya tinggi, negara yang kaya seperti Saudi Arabia. Dan ini benar-benar terjadi baru-baru ini. Menurut berita ada 10 ribu mengalami kelaparan. Us do opposite of all Earthly things!
Di dunia Bizzaro, villains, orang-orang yang tidak sepatutnya di dunia nyata menjadi presiden seperti Donald Trump, Marie Le Pen, Hitler, Stalin, orang-orang yang suka mengobarkan permusuhan bisa maju dan menang menjadi presiden. Kita lihat Donald Trump, kemungkinan besar dia akan menang. Agama yang bisanya, di dunia waras mengajarkan perdamaian dan kesih sayang, tetapi di dunia Bizzaro, orang membunuh dengan meneriakkan Allahu akbar, halleluyah. Us do opposite of all Earthly things!
Di negara Bizzaro untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, maka rakyat yang berhasil sejahtera dipajaki sampai kalau bisa tidak sejahtera lagi. Asset-asset yang lupa dilaporkan di dalam laporan pajak akan dikejar. Amnesti pajak adalah sarana untuk mendata asset-asset yang belum dilaporkan. Us do opposite of all Earthly logics!
Begitulah sebagian gambaran dunia Bizzaro.
Mari kita lihat lebih lanjut siapa saja, mungkin disana ada peluang untuk membuat untung. Kita, di EOWI tidak perduli norma-norma Bizzaro. Norma EOWI adalah cari duit dan hidup merdeka.

Hutang Pemerintah dan Tingkat Suku Bunga
Sulit mengetahui bagaimana dan sejak kapan dimulainya transformasi dunia normal menjadi dunia Bizzaro. Mungkin sejak tahun 2000. Mungkin juga sejak tahun 1987. Mungkin juga sejak tahun 2008. Siapa perduli....., kenyataannya dunia sekarang telah menjadi dunia Bizzaro.
Sejak tahun 2008, transformasi nampaknya sudah lengkap. Ekonomi dunia Bizzaro stagnan. Memang dunia Bizzaro tantangan situasi pertumbuhan ekonomi yang stagnan. Bukan stagflation, bukan goldilocks, bukan juga inflation. Sebut saja namanya stagzzaro.
Untuk mencapai kondisi stagzzaro, maka harus dilakukan hal-hal yang diharapkan bisa menghilangkan kondisi tersebut. Us do opposite of all Earthly things! Banyak hal-hal yang telah diresepkan dan dilaksanakan untuk bisa keluar dari stagzzaro. Tetapi gagal (dalam dunia Bizzaro artinya berhasil). QE sudah berkali-kali dilakukan secara global, tetapi tidak bisa mengangkat ekonomi.
Kutipan dari Einstein yang di-bizzaro-kan: “Kewarasan-bizzaro adalah melakukan hal yang sama dan mengharapkan hasil yang berbeda.” Pahlawan-pahlawan Bizzaro seperti Ben-Bizzaro Bernake, Janet-Bizzaro Jellen, Haruhiko-Bizzaro Kuroda, menerapkan ketidak-bijakan Bizzaro NIRP dan ZIRP dengan harapan ekonomi bisa keluar dari stagzzaro. Akibat dari NIRP dan ZIRP pada suku bunga bank sentral, terasa merambat ke bond-bond pemerintah. (Catatan: ketidak-bijakan pemerintah di dunia Bizzaro adalah padanan dari kebijakan di dunia normal).
Tabel di bawah ini menunjukkan setidaknya 3 bond pemerintah dengan waktu jatuh tempo 10 tahun  yang punya yield yang negatif, yaitu Jerman, Swiss dan Jepang. Saat ini ada $11.7 trilliun bond pemerintah dengan yield negatif. Menarik.
Daftar negara pada tabel di atas, diurut sesuai dengan peringkat surat obligasinya. Jerman dan Swiss di urutan teratas karena peringkatnya paling tinggi, triple A. Menyusul Amerika Serikat, kemudian Prancis dan Inggris.
Dari tabel di atas, yang menarik untuk dicermati adalah suku bunga surat obligasi US yang 1.53%, di bandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya kecuali Portugal dan Yunani.
Selama hampir 7 tahun terakhir ini, US dollar mengalami rally panjang. Tetapi pada awal tahun 2016, terjadi koreksi counter trend, yang mengganggu perjalanan rally US dollar. Memang rally tidak ada yang bak garis lurus. Naik tiga langkah, kemudian turun satu langkan adalah biasa  selama fundamentalnya yang menjadi mesin pendorong masih mendukung. Demikian juga US dollar, koreksi akan selalu menginterupsi jalannya  rally.
Pertanyaannya apakah US dollar secara fundamental akan masih mengalami rally?
Investor dan spekulator akan selalu mencari untung. Mana yang lebih menguntungkan, membeli US bond atau surat obligasi negara-negara Eropa (yang investment quality tentunya) dan Jepang? Tentu saja lebih menguntungkan menginvestasikan dananya ke US bond dengan suku bunga yang lebih tinggi dan kualitas/peringkat yang tinggi pula.

Jepang, Negara Matahari Terbenam dan Hutangnya
Jepang memasuki era ekonomi stagnasi, matahari terbenam, deflasi sejak tahun 1990 (26 tahun lalu) yang sudah cukup lama, sekitar 1/3 umur manusia. Lebih tepatnya kondisi di Jepang disebut secular deflation, secular marginal growth, dan terserah apa lagi, pokoknya ada secular (yang punya konotasi untuk jangka waktu yang lama). Bahkan kalau mau bukan lagi kata secular yang digunakan tetapi perpetual (yang berarti terus menerus tanpa henti).
Nama negara matahari terbit, tidak dikenal oleh generasi muda, karena yang ada adalah kondisi suram dan gelap, alias matahari tenggelam dan tidak pernah terbit lagi. Dunia stagzzaro memang bernuansa gloom and doom. Coba lihat GDP jepang selama 26 tahun terakhir. Itu yang dinamakan stagzzaro.
GDP Jepang
Banyak ketidak-bijaksanaan QE yang telah dilakukan untuk membuat stagzzaro semakin intense. Jepang dikenal sebagai negara yang mempopulerkan bridge-to-nowhere dan bridge-from-nowhere. Jembatan di dunia normal adalah untuk menghubungkan 2 tempat agar manusia bisa. Tetapi di dunia Bizzaro tidak demikian. Jembatan bisa dibangun dari suatu tempat ke tembok buntu. Demikian juga bisa sebaliknya.
Bizzaro bridge from Nowhere

Bizzaro bridge to Nowhere

Belum lama ini Ben-Bizzaro Bernake, salah satu pahlawan dari negara Bizzaro US, meresepkan suatu formula yang untuk ekonomi stagzzaro Jepang kepada Shinzo- Bizzaro Abe, perdana menteri Jepang, yaitu agar negara ini menerbitkan perpetual bond (bond with no maturity date) atau surat obligasi tanpa tanggal jatuh tempo, kita singkat saja menjadi OTTJT. (Catatan: Ben Bernanke juga menganjurkan resep yang sama kepada Cina).
Kemudian counterpart Jenet Bizzaro Yellen dari Jepang yaitu Haruhiko-Bizzaro Kuroda, punya ide lain, yaitu perpetual bond dengan bunga negatif, yang disebut Bizzaro Bond, yaitu Obligasi Bizzaro Tanpa Tanggal Jatuh Tempo dengan Bunga Negatif, disingkat OBTTJTBN. Kadang disebut juga dengan Bond Pengbangkrutan Total, disingkat BPT.

Pertemuan dua Bizzaro – Bernanke dan Abe
Ide yang cemerlang bukan?. Kreditur disuruh memberikan hutangan kepada pemerintah yang tidak akan pernah dibayar oleh pemerintah, dan sebagai rasa terima kasih atas kebaikan pemerintah mau menerima pemberian itu, setiap bulan kreditur memberi hadiah berupa bunga (yang negatif itu). Seperti penjelasan di Wikipedia: Bizarro bonds: "Guaranteed to lose money for you". Dan untuk Bizzaro bonds tipe OBTTJTBN, bukan hanya 100% tidak kembali, tetapi 100% plus plus.
Dari pandangan orang waras, dengan hutang 250% dari GDP (besar sekali), demografi yang menua, populasi yang menyusut, pertumbuhan ekonomi yang mandeg, maka dijamin hutang itu tidak bisa dibayar. Hutang negara ini tidak termasuk kewajiban sosial, kewajiban negara terhadap pensiunan dan orang-orang tua yang sudah dijanjikan.

Solusi Terhadap Hutangnya
Hutang pemerintah Jepang mengalami percepatan sejak meletusnya bubble Nikkei dan bubble properti Jepang, dari sekitar 70% GDPnya di tahun 1990 sampai 250%. Bangi bangsa yang populasinya menua, untuk membayar hutang yang seperti ini merupakan tantangan (baca: sulit). Oleh sebab itu satu-satunya jalan adalah tidak membayarnya. Itu kata lain bagi kata “menerbitkan surat hutang tanpa jatuh tanggal tempo”. Kalau perlu dengan bunga negatif alias Bizzaro bonds tipe OBTTJTBN.
Hutang Pemerintah Jepang, % GDP
Persoalannya, menurut pandangan orang waras adalah, kalau pemerintah mengeluarkan Bizzaro bonds tipe OBTTJTBN, tidak akan ada yang beli. Itu menurut pandangan orang waras. Di dunia Bizzaro, bank sentral bisa berbuat apa saja, termasuk membeli Bizzaro bonds tipe OBTTJTBN. Sentral bank tidak akan kekurangan uang, karena mereka bisa mencetaknya dan mempunyai legalitas untuk mencetak uang. Tidak seperti orang awam, kalau mereka mencetak uang maka akan berhadapan dengan polisi. Hal ini tidak terjadi dengan bank sentral.
Ini adalah cara modern yang teranyar untuk mencetak uang.

Fundamental, Sejarah dan Nasib Yen
Kalau dilihat di awal dekade 1970an, yen jauh lebih rendah nilainya terhadap US dollar dibandingkan saat ini. Tahun 1970, kurs tukar yen adalah 360 per US dollar. Dan saat ini adalah sekitar 100 yen per US dollar. Ketika Jepang tumbuh menjadi mukjizat ekonomi, dan akhirnya mengokohkan sebagai ekonomi terbesar ke II dunia setelah Amerika serikat, yen mengalami periode penguatan yang cukup panjang. Bahkan penguatan yen terhadap US dollar masih berlanjut walaupun bubble-bubble di Jepang (bursa Nikkei dan properti) pecah dan Jepang memasuki era deflasi. Sampai krisis subprime US, nilai tukar yen bergerak pada kisaran ¥100 - ¥130 per US dollar. Kemudian yen menguat lagi sampai ke level ¥77 per US dollar di tahun 2012. Inilah bottomnya (lihat chart di bawah).
Nilai tukar yen terhadap US dollar
Secara fundamental, yakni demografi yang menua, suku bunga negatif, stimulasi ekonomi yang selama 26 tidak berhasil dan masih akan diteruskan, peringkat bond pemerintah yang di bawah bond US, bond Jerman and bond Swiss, yen sepatutnya akan terus melemah.

Catatan Trading EOWI
Bagian ini semata-mata merupakan catatan trading EOWI, bukan anjuran untuk berinvestasi. EOWI melihat ada kesempatan mencari untung di yen. Dan EOWI mungkin akan melangkah lebih lanjut. Akan tetapi....., sekali lagi, bagian ini bukan anjuran untuk berinvestasi bagi pembaca.
Sejak bottomnya tercapai, nampaknya yen mengalami pelemahan – lebih tepatnya US dollar mengalami penguatan. Penguatan ini sempai tertahan selama 5 bulan di level ¥100, sebelum akhirnya berhasil ditembus. Artinya level ¥100 ini sekarang menjadi support yang cukup kuat.
Pelemahan yen kembali tertahan ketika membentur resistance di level sekitar ¥120. Dan kemudian mengalami penguatan sampai level sekitar ¥100.
Dengan cara teranyar untuk mencetak uang, maka arah perjalanan yen secara fundamental semakin jelas....., yaitu nilainya akan turun. Tetapi yen yang sejak lama populer sebagai kendaraan carry trade, mulai awal tahun 2016 mengalami rally. Penguatannya sampai mencapai 19%. Carry trade balik kandang. Spekulator meminjam yen yang bunganya rendah untuk dispekulasikan ke asset-asset yang lain, seperti junk bond atau investment grade bond yang bunganya lebih tinggi, banyak yang balik kandang, mengembalikan pinjamannya dan istirahat untuk sementara.
Mungkin di awal tahun 2016, ada yen carry trader yang balik kandang yang membuat yen menguat. Penguatan yen ini mengaktifkan stop-loss atau trailing stop-loss yen carry traders lainnya, kemudian memicu yang lainnya lagi....., seperti reaksi berantai. Itulah scenario yang EOWI perkirakan mengenai rally yen yang dimulai di awal tahun 2016.
Yang namanya counter trend, secara definisi tidak berumur panjang, umurnya tidak sepanjang umur trend itu sendiri. Sedangkan support di level ¥100 cukup kuat, sehingga cukup bagus untuk dijadikan entry point untuk melakukan shorting secara aktif.
Tentu saja semua rencana harus mempunyai rencana untuk berjaga-jaga jika ternyata hipotesa di atas salah dan yen terus menguat. Stop-loss di level ¥95. Jadi ada kerugian antara 5% - 10% jika level stop-loss tertembus. Itu kerugian yang secara sadar dan terencana bisa diterima oleh investor (EOWI).
Bagi investor yang tidak terlalu canggih seperti kami di EOWI, sarana melakukan shorting adalah Ultra short yen ETF, YCS. Ini adalah cara shorting yen yang agak aggressive. YCS akan naik 2x penurunan kurs yen terhadap US dollar. Kalau yen-dollar dari 101 kembali ke posisi 120, maka akan memberikan keuntungan sekitar 38%.
Sekian dulu, sampai lain kali.


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

14 comments:

emas said...

komen pertama.....mantaps...

Imam Semar said...

Pagi-pagi gold sdh turun. Mungkin saatnya shorting emas...😊

Xellos said...

kalo sudah eluarkan bizzaro kenapa belum jadi Zimbabwe yah???

Anonymous said...

Apa tidak bahaya Mas ? Pada waktu crash Dow atau S&P, bakalan balik kandang Yen nya. Jadi dekat2 ke crash biasanya Yen menguat tajam.

Anonymous said...

Kalo usd bgmn pak is? Msh rekomen buy kah walaupun skrg idr cenderung menguat? Saya sedang punya banyak rupiah hasil jual properti, jd skrg galau mau disimpan dlm dolar atau deposito rupiah dulu, bila uangnya masih akan didiamkan setahun. Thanks utk tulisan2nya yg selalu berbobot...

Anonymous said...

Mas Imam, penasaran itu jembatan beneran ada atau photoshop ?

kalau beneran ada di mana tuh ... ?

:D

Imam Semar said...

Foto jembatan itu asli di Jepang. Di tempat lain juga ada.

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Bridge_to_nowhere

Ini yg di jepang http://www.dailykos.com/story/2009/2/24/701247/-

Di samping itu ada jembatan ditempat jin buang anak Hamada. 😊

Anonymous said...

BI mengumumkan bahwa cadangan devisa Indonesia di bulan Juli naik $1,6 miliar menjadi $111,4 miliar

Anonymous said...

Siap2, last warning :

https://www.youtube.com/watch?v=KbVHbEGerRA

PETRUK said...

LAST WARNING APAAN GOBLOK

DOLLAR AMERIKA UDAH NYUNGSEP MAMPUS KEOK SMA RUPIAH

TUH NUBUATNYA IMAM SEMAR DOLLAR 15000 PRET

Siap2, last warning :

https://www.youtube.com/watch?v=KbVHbEGerRA

IHSG BAKAL TEMBUS 10000

EMAS TEMBUS $2000

TUH NUBUAT GW

YG GA IKUTIN YH BEGO

Anonymous said...

Private 1988 Meeting → 2016 Crash

David StockmanDear Contra Corner Reader,

Due to one fatal flaw, the most popular investment of the 21st century could implode any day now.

I know because I was in the private meeting where its seeds were planted in 1988…

After serving as President Reagan's OMB director, I and three other men — legends in the world of finance — inadvertently helped create what has become the most popular investment vehicle of the 21st century.

You probably own this investment. If you do, you could soon learn a painful lesson. This popular investment has an Achilles’ heel. One that could set $1 trillion of ordinary investors’ money ablaze.

Because of my firsthand knowledge, I’m one of the only men warning you about this threat today. You need to be prepared. And you may not have much time left.

I’ve decided to put all of my findings on this new webpage — reserved for serious people like you only…

It’s free to read. You’ll receive time-sensitive warnings and strategies to protect yourself from this coming crash.

>>Click here now and spend a few minutes to read this critical information. <<

Regards,

David Stockman
Ronald Reagan’s former Budget Director and 20-year Wall Street veteran

Anonymous said...

Are we about to witness one of the largest stock market crashes in U.S. history? Swiss investor Marc Faber is the publisher of the “Gloom, Boom & Doom Report”, and he has been a regular guest on CNBC for years. And even though U.S. stocks have been setting new record high after new record high in recent weeks, he is warning that a massive stock market crash is in our very near future. According to Faber, we could “easily” see the S&P 500 plunge all the way down to 1,100. As I sit here writing this article, the S&P 500 is sitting at 2,181.74, so that would be a drop of cataclysmic proportions. The following is an excerpt from a CNBC article that discussed the remarks that Faber made on their network on Monday…

maleo said...

Bagaimana tanggapan Eowi tentang Trump.

trump mengatakan apabila di naik jadi presiden akan menggerakan sektor infrastrukturb di amerika.

Sementara amerika bukan penghasil besi. Besi dikuasai oleh australia dan china saat ini.

Apakah akan berpengaruh kepada harga besi dan komoditas yang lain ?

Anonymous said...

Apakah inu termasuk bizzaro jg dalam perpolitikan indonesia?

alginting.blogspot.co.id/2016/08/inilah-alasan-sebenarnya-mengapa-ahok.html?m=1