___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Tuesday, September 7, 2010

Market Update: 7 September 2010

Ternyata Bursa New York minggu lalu mengikuti jalur Alt 2 (Chart-1) pada Market Update minggu lalu. Pada hari Jumat tanggal 3 September 2010 lalu, S&P 500 ditutup pada level 1104.51, cukup ideal untuk wave-2 (2/3 dari wave 1). Walaupun demikian tidak tertutup untuk naik sekali lagi menentuh Fib 0.791 (sqrt 0.625). Peluang untuk naik ke level yang lebih tinggi dari level itu kecil.


Chart 1


Wave 3 ini diharapkan akan membawa S&P 500 secara langsung dan cepat ke level yang idealnya 980 – 950. Dan bukan tidak mungkin ke 905 (fib 2.66 w-1). Saya cenderung untuk mengatakan 905 karena akan lebih mudah untuk mencapai target ideal Minor wave 5 yang juga Intermediate wave 1 (S&P 500 = 790). Kita lihat saja perkembangannya nanti.

Setelah M5 (Minor Wave 5), akan dilanjutkan dengan bear market counter rally Intermediate wave 2 yang kemungkinan bisa agak kompleks, tetapi bisa juga sederhana. Kemungkinan targetnya adalah 1050an. Crash yang sebenarnya, baru akan terjadi setelah wave I2 selesai.


Chart 2

Perdagangan Internasional Melesu
Nampaknya perdagangan internasional mulai mengalami kelesuan lagi. Baltic Dry Indeks, yang merupakan indeks ongkos pengapalan bulk, menampakkan gejala melesu dengan adanya lower high dan lower low (Chart-3). Saat ini hanya mencapai level 2005.




Chart 3


Harga minyakpun sudah setahun lebih hanya bergerak pada kisaran $70 - $85 per barrel. Konsumsi minyak bisa dijadikan sebagai indikator kegiatan manusia, tidak menampakkan aktifitas yang meningkat. Demikian juga tembaga yang juga merupakan indikator kegiatan ekonomi, nampak kurang bersemangat. Harganya bergerak pada kirasan trend mendatar. Jadi secara umum, aktifitas ekonomi global tidaklah marak.



Chart 4



Chart 5


Kreditpun di US masih mengkerut, sehingga US dollar dalam beberapa minggu lagi diharapkan akan menguat. Dalam EW, indeks US dollar sudah memulai minor wave 3, dan sedang menyelesaikan minuette wave 2. Kalau w-2 ini selesai maka rally akan berlanjut. Target ideal minor wave 3 adalah 103.


Chart 6


Bull Market Di Sektor Otomotif India?
Walaupun secara global ekonomi tidak marak, tetapi secara lokal, di beberapa negara menunjukkan adanya kehidupan. India, Taiwan dan Jepang masuk dalam radar perhatian saya. Kemungkinan ada “trade of the decade” yang bisa dimainkan di ketiga negara ini. Saya akan mengumpulkan data-data untuk artikel EOWI yang akan datang mengenai peluang-peluang di negara ini. Seperti pada tahun 2003, saya mulai mencanangkan trade of the decade untuk emas bahan komoditi dan perak. (Catatan: bull market di sektor emas masih belum selesai, tetapi akan ada koreksi sebelum rally kembali).

Beberapa hari lalu saya membaca mengenai India. Pertama adalah tentang pertumbuhan ekonominya yang 8.8%. Angka ini adalah wow, mengagumkan!!! (link) Dan pertumbuhan penjualan kendaraan bermotor juga cukup tinggi, 10 - 15%. Wow juga!!. (link)
Pertumbuhan penjualan mobil bisa terhambat jika prasaranya tidak menunjang. Dan ada berita yang cukup menarik. Menteri transportasi India baru-baru ini mencanangkan suatu program bahwa India akan membangun jalan sepanjang 20 km per hari!!!! (link). Untuk jangka panjang, akan menguntungkan bagi industri otomotif. India yang mempunyai jaringan jalan raya ke 3 terbesar di dunia, akan memperluas jaringannya dan dengan penduduk terbesar ke 2 di dunia, pertumbuhan kelas menengah, semuanya akan menunjang argumen bullish untuk sektor otomotif India.



Chart 7

Walaupun demikian, EOWI tidak menganjurkan untuk meluruk dan memborong saham Tata Motor (TTM). Saya lebih suka buy on weakness. Kumpulkan ketika terjadi koreksi besar-besaran.

Untuk Taiwan, saya hanya melihat bahwa tingkat mengangguran menurun. Hal ini bisa diartikan bahwa konsumsi akan meningkat. Ini akan menjadi dasar bagi pertumbuhan ekonomi yang asli, bukan pertumbuhan ekonomi yang ditunjang kredit. Saya masih belum memperoleh saham/sektor apa yang bisa dijadikan objek investasi.

Jepang mungkin pada fasa terakhir dari secular bear marketnya yang sudah berlangsung selama 21 tahun.. Yang saya maksud dengan fasa akhir disini bisa berarti 1 tahun atau 3 tahun. Akan tetapi saya mengharapkan pada dekade ini pasar Jepang akan berbalik arah. Gejala ini saya perhatikan ketika saya menonton National Geography. Baju-baju anak-anak mudanya tidak berwarna-warna, melainkan hanya biru tua, abu-abu atau hitam. Gloomy color. Biasanya gejala seperti ini muncul di akhir bear market.

Lagi pula investment manager saya di Singapura, sebulan lalu mengatakan bahwa investasinya dan investasi rekan-rekannya di Jepang sudah nol. Dengan kata lain Jepang sudah ditinggalkan oleh fund manager asing. Jika mereka masuk kembali ke Jepang, bisa ditebak, bursa saham Jepang akan marak.

Untuk Jepang, saya menyukai sektor robotik. Alasannya ialah: dengan demografi yang menua, Jepang harus bisa kompetitif. Misalnya, saat ini produksi tv flat screen sebesar 1 juta unit per bulannya, bisa ditangani oleh 15-20 orang saja. Robot-robot yang melakukannya, sedangkan orang-orangnya hanya mengawasi di ruang kontrol.

Beberapa waktu lalu, di National Geography juga ditayangkan berita dokumenter mengenai robot yang bisa membantu orang-orang tua untuk berjalan, mengangkat barang-barang yang berat, dan sebagainya. Lagi-lagi tentang robot yang membantu kehidupan orang yang sudah lemah secara fisik. Teknologi robot akan membuat opini mereka yang ketakutan terhadap demografi menua obsolete. Kita lihat saja.

Sekian dulu, cerita tentang India, Taiwan dan Jepang akan kita lanjutkan di lain waktu.

Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

33 comments:

Anonymous said...

lagi lagi fear..udh brp banyak rekan2 disini yg hilang kesempatan akibat anjuran fear mu IS?
berapa banyak pembacamu yg tekor karena beli $
berapa banyak pembaca yg dirugikan karena tabungannya dihantam inflasi akibat anjuranmu yg menyuruh melepas emas dan hati2 menyimpan properti?

kau hanya punya 5 sampai 8 kesempatan lagi untuk bermain sirkus sebelum pembaca setiamu mulai sadar karena rotinya tidak ada dan kesempatan mereka hilang karena kebanyakan nonton sirkus loe

Anonymous said...

oh ya,1 lagi,apa anda kira barometer harga minyak kemarin yg mencapai 147$/barel itu akibat meningkatnya aktivitas ekonomi?,memang benar itu ada kaitannya,tp itu juga terjadi karena aksi spekulan
anda harus paham akan hal itu,jangan selalu mencari cari cara utk selalu memuntahkan fear

terus terang saja,sejak dow jatuh ke 6000an,sy sudah hitung pake statistik bahwa itu adalah bottom untuk resesi kali ini,yg memang kemungkinan ada market shock lanjutan,tp tetap saja bottomnya sudah dilalui
jadi mnrt saya sangat kecil harapan dow nanti bisa 2000 atau 4000

Anonymous said...

statistik apa yg anonim ini pake? ajarin dong.

Anonymous said...

BDI sekarang sepertinya hanya sedikit lebih tinggi dari titik low 2008, tapi harga komoditi sekarang sudah kembali ke level saat BDI 10.000 2 tahun lalu.

Mana yang salah ya Pak?

Anonymous said...

suatu negara dan peradaban tidak akan berjaya bila kebanyakan diisi oleh orang2 spt IS ini,yakinlah

Anonymous said...

coba kalian lihat arsip blog ini dari 2009,dalam 1 bulan bisa ada 4-8 tulisan IS
dari 2009 sampe skrg yg diteriakkin short mulu,short saham,short emas,beli US $
nyatanya?,sudah 1 tahun Saham terus melejit,sudah 1 tahun emas merangkak terus naik,sudah 1 tahun $ terus melemah
kalau salah 1x itu biasa,salah 2x itu wajar,kalau seorang yg mengaku pakar salahnya sampai 50x dalam setahun,itu namanya main sirkus...salah,latihan sirkus namanya
walau tak menutup kemungkinan IS bisa benar nantinya,tp kalian disini cobalah berpikir rasional

sy akui si IS pandai menulis,dan membuat pembaca bergairah,tp bukan tulisan yg orang cari disini,melainkan uang

sy sudah masuk kepasar dari 2009 yg lalu dan sudah menikmati recovery ekonomi global,untung saya tidak menjadikan blog ini barometer,walaupun blog ini bagus juga utk menambah ilmu maupun masukan

Anonymous said...

Wajarlah kalo si semar main sirkus. Dia kan monyet sirkus :D

Anonymous said...

Kalau Si IS ini Monyet Sirkus. Bearti Anda ini lebih Goblog daripada Monyet. Abis anda bisanya maki maki terus. Hik hik hik

Anonymous said...

Hajarrrrr .. minggir yg ngak ada modal yg cumanya bs ngeshort .. recovery on the run ... Ekonomi bener2 mantap di tahun 2012 (chinese fortune) ... Semar loe dengar .. semar itu tokong wayang golek jek ...

Anonymous said...

hari ini s$p 500 ditutup 1121 hahahaha

Mana 3 of 3 Bos??? said...

sabar, sabar, bulan depan kalau SP drop di bawah 1100 lagi, semar akan keluarkan 3 of 2 of 1 of 2 of 3 lagi.

kurniawan said...

Bung IS sepertinya bear market masih jauh tuh...

Index saham di asia kebanyakan pada naek, ihsg apalagi habis lebaran kenceng banget naeknya hampir 3.8% siang ini. Harga emas dah "new high record" lagi nih...

Anonymous said...

iiiihhh takuttttt ...

mampus lar dgn USD ku ... hiks .. hiks .. hiks ...

wkakaka .. IS didengar ...

Anonymous said...

koq jd lari ke india & jepang ?? Dow ngak bisa di prediksi lagi ya ?? jgn terlalu keras memprediksi pasar bung .. IHSG yg jelas2 kasih untung .. ngapain jauh2 .. wa rasa loe cuma hobby prediksi aja, ngak beli punya, kalo salah ya disclamer, kalo benar ya minta traktir .. halah ..

Anonymous said...

ekonomi banyangan akibat bubble udah meletus,sekarang adalah wajar real ekonomi dunia,harga minyak pun juga begitu

Anonymous said...

GOBLOG TENAN SI SEMAR INI...MANA PENDUKUNGNYA AYO KOAR2...PALING2 NI ORANG MENCOBA MEMBANGUN KARAKTER DENGAN CERITA2 SEOLAH2 DIA UDAH PENGALAMAN DAN BERUMUR...INGAT KASUS MINERVA DI KOREA YANG DIIKUTI PREDIKSINYA OLEH JUTAAN KOREAN TERNYATA SI MINERVA TU PENGANGGURAN LULUSAN SMA...KALI AJA SAMA DGN SEMAR MENDEM INI ...KALAU NGGAK NGAPAIN PAKE NYEBUT GAJI 9 DIGIT ..MORON..

Anonymous said...

http://angguntrader.blogspot.com/ bagusan blog ini x .. xixixi

EOWI .. Cerita panjang lebar .. ngak ada profitnya ...

Anonymous said...

@anony September 8, 2010 10:22 AM

Dow ke 4000/2000 ?? ya ntar kiamat 2012 .. hahaha

Anonymous said...

bull lagi bull lagi...popularitas IS kian anjlok...
IS bagaikan Salesman unggul,yg bisa menjual kulkas pd orang eskimo

Anonymous said...

Horeeeee .. IS Salah lagiiii ... hore ... walayat benarrr .. capede ...

DOW 10.716
SPX 1137
Gold 1282 ...

Mau Bullish mau Bearish mau Crash Just Follow The Trend & Disiplin Cut Los .. Bukan Nge SHort ..

Anonymous said...

weleh2 bisanya nyorakin dan serapah, kalo gak suka ya ga usah mampir ke blog ini om.... kalo masih baca juga berarti sampean masih kangen sama tulisan2nya IS... sampean yang ngritik kasih la masukan yang logis dan ilmiah... patahkan argumen IS secara ilmiah, kalau ada diskusikan lebih enak.

Anonymous said...

lagi-lagi fear....(http://www.leap2020.eu/English_r25.html)
GEAB N°47 is available! The Global systemic crisis – Spring 2011: Welcome to the United States of Austerity / Towards a very serious breakdown of the world economic and financial system

Horny Greenspan said...

Buy aja baby, buy!!!!!!!

Anonymous said...

@ anony September 21, 2010 12:50 AM

Ya kan si semar idiot taunya cuma nge-short doang gan, kalo long kan dia nggak tau caranya :D

Anonymous said...

udah saatnya posting artikel baru om Semar.

Banyak tuh yg udah gak sabar ingin melecehkan analisa om Semar.

tapi jangan masukkan ke hati, anggap aja buat pahala, bisa meringankan stress orang-orang.

:D

Blue said...

I believe we've had a " decade of investment insanity," which makes sense if you think about how the bubble morphed into the real estate bubble and now potential bubbles in fixed-income, commodities, gold and emerging markets

Anonymous said...

3 of 3 dolar SAYONARA..

SP kalau close di atas 1150, Head & Shoulder SAYONARA..

Bull Market Bos!

smid said...

bukan bull market..tp Bubble..get ready for it..

Anonymous said...

Bubble sudah Pecah kemarin om .. Recovery On The Run .. DOW 10.846 .. Short lagi ??? hahaha ... cape de

Anonymous said...

BOS MACAM MANA NIH....IHSG UDAH MENTOK...ANALISIS BELUM KELUAR...ANDA BERTAPA ...SEMEDI ....ATAU NGUMPET?

Anonymous said...

wkakakaka, tunngu dow di bawah ce ban dulu baru prediksi lagi ... hahaha ... cape de ... dow di atas ceban ngak bisa diprediksi ... belajar doa aja dulu tuh yg di atas ... kekekeke

Horny Greenspan said...

I miss 3 of 3
when will you come again?

Lucas said...

bulan okt adl bulan yg menentukan if UP it should go to 1200 if not it will be 900

be careful for your acc next month