___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Monday, February 15, 2010

PANGGILAN SHORT DIMULAI

Market Update, Analisa Teknikal

Perhatian: Kami di Ekonomi Orang Waras dan Investasi (EOWI) melihat bahwa mulai minggu ini dan minggu depan bursa saham akan mengalami tekanan jual yang berat dan akan keanjlogan cukup dalam. Oleh sebab itu bagi yang mau melakukan short yang aggressive, saat ini adalah waktunya. – Sebelum anda memutuskan untuk melakukan short, silahkan baca disclosure di bagian bawah artikel ini.


Wave 3 of 3 of 3
Saya perkirakan saat ini kita berada pada wave 3 of 3 of 3. Dan rock and roll akan dimulai. Chart-1 menunjukkan EW dari indeks Dow. Kemungkinan besar wave [ii] sudah selesai. Besarnya wave [ii] sekitar 50% dari w-[i], Fibonacci retracement 50%, sempurna. Itu yang membuat saya punya keyakinan yang cukup besar bahwa w-[ii] sudah selesai dan sekarang sedang berada pada w-[iii].

Pada level yang lebih rendah lagi, w-(ii) juga nampak sudah selesai dengan Fibonacci retracement 61.8% yang sempurna. W-(iii) mungkin baru akan dimulai hari Selasa nanti.

Posisi wave 3 of 3 of 3 mungkin bisa brutal, targetnya bisa ke 9100an. Oleh sebab itu, saat ini bisa melakukan shorting yang aggressive, dengan bear fund 3X misalnya.


Chart 1 (klik chart untuk memperbesar)


Sektor Real Estate Komersial
Secara fundamental sudah dibahas sebelumnya mengenai sektor real-estate di US. Rebound dari Maret 2009 tidak mempunyai dasar fundamental sama sekali. Oleh sebab itu, cepat atau lambat sektor ini akan jatuh kembali.

Saat ini trend naiknya (bear market rally) sudah selesai (Chart-2). Dan trend menurun P3 sudah dimulai. Perkiraan kami struktur EW sudah sampai pada w 3 of 3. Jadi sudah cukup aman untuk melakukan short. Pelabelan EW akan ditinjau kembali jika IYR naik menembus level 47.5. Trend turun juga terlihat pada chart yang dizoom-in 3 bulan (Chart-3). Harga saham turun di dalam koridor menurun.


Chart 2 (klik chart untuk memperbesar)


Chart 3 (klik chart untuk memperbesar)


Aggressive short bisa dilakukan dengan SRS (2X) atau DRV (3X). Pasang stop loss di IYR = 45.5.


Short Bursa Cina
Bursa Cina juga sudah memasuki masa bearishnya kembali (Chart-4). Indeks bursa saham SSEC sudah keluar dari trading wedgenya dan mencium DMA-200. Saya pikir ini adalah kiss good bye untuk DMA 200.

Untuk mengeshort bursa Cina bisa dilakukan dengan FXP (2X) atau CZI (3X). Pasang stop loss di SSEC = 3040 – 3050.


Chart 4 (klik chart untuk memperbesar)


Untuk melengkapi market update kali ini, saya tambahkan chart yield 30-yr US T Bond dibawah (Chart-5). Nampak yeild 30-yr US TB mengalami kenaikan. Ini tidak bagus bagi sektor real estate. Suku bunga hipotik akan mengikuti yield 30-yr US TB. Jadi sektor real-estate mempunyai trend bearish.


Chart 5 (klik chart untuk memperbesar)


Sekian dulu. Jaga tabungan dan investasi anda baik-baik. Lain kali akan saya carikan option untuk dimainkan. Tetapi kalau tertarik bisa dilihat-lihat saham O untuk di-short dengan mengambil option yang expiry datenya 6 bulan. O adalah saham yang bergerak dibidang real-estate.


Jakarta 13 Februari 2010.

Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

7 comments:

Anonymous said...

Pak IS,

TYX naik akan menyeret mortgage naik. tapi kalo dilihat selama maret 2009 TYX naik diikuti dengan bursa saham.
seharusnya kita mengharap TYX turun sehingga bursa saham ikut turun? mohon pencerahannya.

thanks
kimi

Lucas said...

kelihatannya market masih rebound... sabar menunggu Sell at the top

komandan said...

wah, technically Ane ngeliatnya kemungkinannya lebih besar rebound dulu u/ minggu ini bos IS..
cmiiw :)

Anonymous said...

Hitungan pak IS meleset ...

Singgah said...

Saya pikir selama $USD masih diatas 79.50 belum bisa dibilang meleset...

Kurniawan said...

USD index menguat, sebetulnya karena euro melemah, bukan karena USD yg menguat. Kurs rupiah masih stabil kok antara rp 9300 - 9400.

Anonymous said...

Rupiah Rp9265 nih.. Gold udah senggol 1120, Dow udah kembali ke 10250.

Apakah prediksi 3 of 3 of 3 di minggu ini masih lanjut Pak IS?