___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Thursday, December 17, 2009

SERI: MENYONGSONG KRISIS KREDIT 2010 - 2012 (?)

Saya agak kaget melihat Gambar Ben Bernanke di majalah Time dan dinobatkan sebagai "Person of the Year". Ini adalah pertanda BURUK untuk ekonomi. Tema yang sedang populer dan kemudian tampil di muka majalah, bisa dijadikan tanda "titik balik". Kalau Ben Bernanke sebagai orang yang paling berkuasa di sektor ekonomi dan moneter tampil di halaman muka (dan menjadi topik/laporan utama majalah) maka itu menjadi tanda akan adanya bencana dan keterpurukan ekonomi, kredit dan keuangan.



Masih ingatkah anda ketika EOWI menampilkan laporan majalah the Economist mengenai keterpurukan US dollar (the Economist edisi Desember 2007). Tahun 2008, US dollar membuat rally spetakuler. Untuk kasus yang lebih kecil probilitynya minggu lalu, ketika Sri Mulyani mengatakan akan adanya banjir dollar, EOWI punya firasat bahwa penguatan dollar tidak akan lama lagi.



Artikel berseri ini akan kami mulai dengan sebuat fenomena yang disebut "fenomena halaman muka majalah".


Sampai akhir minggu.



Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

8 comments:

Anonymous said...

Mohon sedikit petunjuk dr EOWI, bagaimana dengan IHSG? apakah ada chances untuk ke 2800-3000, sebelum Big Crash? bagus cut loss or hold? Terima kasih atas sarannya.

Kurniawan said...

Pak Imam,

Apakah kurs usd/rupiah bisa naik ke rp 10ribuan ?

Apakah akan terjadi crash lagi di stock market seperti akhir 2008 karena trader beralih ke cash /usd ?

Imam Semar said...

@Anony:
Posisi mana yang lebih baik:
1. Potensi rugi lebih besar dari untung

2. Tidak Rugi

@Kurniawan

Wah, anda sering tidak baca EOWI. Kami meramalkan bukan hanya ke Rp 10,000 an tetap antara Rp 13,000 - Rp17,000. Kalau terjadi panik bisa ke Rp 20,000

Pohon Bodhi said...

Salut atas timing market Pak IS.
Jahe memang makin tua makin pedas. :)

Anonymous said...

Pak Iman,

Posisi saya di IHSG rugi 50%, saran pak iman bgs saya cut loss skrang/hold?

Anonymous said...

@anany,

pertanyaan yg sangat sulit untuk dijawab.

mike

Anonymous said...

udah gak sabar nunggu artikel fenomena sampul depan nya Pak EOWI.

Anonymous said...

Pak iman,

Posisi saya di IHSG rugi besar, Mohon saran & petunjuknya pak iman. TQ