___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Sunday, February 10, 2008

MONITORING KRISIS EKONOMI - XXII

(February Minggu ke II, 2008)

SHORT..... BABY, SHORT!! (SHORT TARGETS)


Topik kali ini:
EKONOMI
MARKET UPDATE
SHORT LIST


Mengelola situs investasi yang bertema trading memerlukan waktu yang cukup. Walaupun data dan analisanya sudah ada belum tentu bisa posting dan meng-update situs. Saya pikir saya bisa meng-update topik situs ini setiap minggu untuk bisa mempertahankan tema trading dari situs ini. Ternyata minggu lalu tidak bisa, dan arah pasar sudah berbalik tanpa ada kesempatan melakukan posting. Yang paling memakan waktu adalah menuliskan sehingga menghasilkan tulisan yang mempunyai alur cerita yang baik. Akhirnya untuk mempertahankan tema trading dari situs ini maka saya akan meng-update chart-chartnya saja. Dengan adanya chart “peta trading” yang sudah di-update kita bisa membaca apakah pasar sudah over-bought, over-sold. Dan arah serta probability naik/turun dari indeks dan emas selalu dimonitor. Saya akan letakkan chart-chart ini di bagian bawah dari laman ini.

Kali ini kita akan membahas saham-saham yang bisa di-short. Saya sendiri melakukan shorting melalui PUT Option, sehingga ada leverage dan bisa meraih keuntungan yang lebih besar. Kalau rugipun lebih besar. Dengan kata lain, kita bisa bermain-main dan berselancar di atas ombak volatilitas yang lebih besar. Lebih besar dari sahamnya itu sendiri.

Walaupun agak terlambat, tetapi tak apa. Nanti pada ronde berikutnya masih bisa masuk. Pada saat ini bagi yang berani, bisa mencoba untuk ikut bermain.


EKONOMI
Sikap masyarakat US sudah berubah. Dalam hal menggagal bayarkan hutangnya, biasanya, mereka yang pertama adalah kartu kredit, kemudian mobil dan untuk rumah, mereka akan berusaha mempertahankan mati-matian. Kali ini urutan itu berubah. Yang pertama adalah rumah. Makin banyak penghutang kredit perumahan meninggalkan rumah berserta hutangnya. Harga rumah di US semakin rusak. Saya jadi ingat kasus jebolnya real estate di Jepang. Pelan-pelan harganya turun sampai terpangkas dan tinggal 20% saja (Chart-1). Tentu saja sangat menyakitkan bagi pemegang kredit real estate. Dalam kasus Jepang ini, Bank Sentral Jepang menurunkan suku bunganya sampai mendekati 0%, tetapi tidak bisa membantu mempertahankan harga real estate dari deflasi. US akan mengalami hal yang serupa, dan terpaan badainya ke ekonomi akan lebih parah.


Chart 1

Sikap konsumer di US sudah berubah menjadi penghemat. Paket stimulus berupa rebat pajak di US sebesar $ 600 per pembayar pajak, tidak akan ada pengaruhnya untuk menstimulasi ekonomi. Dari survey menunjukkan bahwa 36% akan menggunakan uang itu untuk menutup hutangnya, 25% untuk di tabung dan sisanya 27% akan dibelanjakan (http://biz.yahoo.com/bw/080208/20080208005590.html?.v=1). Dan hal ini tidak akan membantu menstimulir ekonomi. Jumlah yang akan dibelanjakan itu (27% dari jumlah stimulus) hanya US$ 50 milyar dan kalau dibandingkan dengan GDP US yang $ 13.2 triliun, bisa diramalkan tidak ada pengaruhnya. Kalau konsumen sudah enggan membelanjakan uangnya artinya kredit (uang) yang beredar akan berkurang. Arahnya adalah resesi (depresi) deflasionari. Seperti Bank of Japan di Jepang, kali ini the Fed tidak akan bisa menahan tekanan deflasi dengan senjata utamanya Repo dan Suku bunga the Fed. Seperti kata Ludwig von Mises, guru mazhab ekonomi klasik Austria:

“There is no means of avoiding the final collapse of a boom brought about by credit (debt) expansion. The alternative is only whether the crisis should come sooner as the result of a voluntary abandonment of further credit (debt) expansion, or later as a final and total catastrophe of the currency system involved.”

Final Collapse ini adalah produk dari 60 tahun ekspansi kredit (uang) US dollar sejak dimulainya perjanjian Bretton Woods (1944). Pada perjanjinan ini US dollar ditetapkan sebagai mata uang cadangan pengganti emas bagi semua negara yang turut menandatanganinya. US keenakan memperoleh posisi istimewa karena dapat mencetak mata uang dunia. Watak tamak membuat ekspansi kredit tak terhindarkan. Saatnya kita akan tunggu hari perhitungan.

Ada beberapa kejadian moneter yang saya tunggu saat ini yang akan terjadi di tahun 2008. Pertama adalah gelombang ke dua tsunami dari subprime yang puncaknya saya perkirakan pada pertengahan tahun 2008 ini. Perpindahan dari teaser rate yang murah ke bunga mengambang yang lebih tinggi.

Berawal dari dislokasi di sektor subprime menghasilkan gempa dan tsumani subprime pada pertengahan tahun 2007 disusul gelombang ke duanya di bulan November 2007, kemudian berlanjut ke sektor berikutnya. Dislokasi dan gempa subprime membuat tatanan ekonomi mengalami stress berupa menurunan konsumsi. Oleh sebab itu gempa berikutnya akan melanda sektor-sektor yang berkaitan dengan konsumsi yaitu sektor properti komersial. Di samping itu riaknya menjalar di sektor transportasi, karena perlambatan ekonomi membuat volume pengiriman barang dan aktivitas transportasi menurun.

Euro kelihatannya akan mengalami tekanan (terhadap dollar). Poundsterling sudah kena dan telah mengalami koreksi ke level di bawah US $ 2 per ₤. Kontrarian indekatornya adalah sudah munculnya toko-toko di US yang menerima Euro, bahkan di pedalaman US (bukan kota-kota besar seperti New York, San Fransisco). Kalau orang awam sudah berpresepsi bahwa US$ jelek dan Euro bagus, maka sudah saatnya angin akan berbalik arah. Saya yakin bahwa Bank Sentral Eropa akan menurunkan suku bunganya tidak lama lagi dan ini akan membantu dollar untuk rally.

Indonesia, MIGAS mentargetkan produksi minyak 1.05 juta barrel per hari. Tahun lalu juga mereka mentargetkan hal yang sama dan tidak tercapai. Kalau kita mengharap hasil yang berbeda dengan melakukan hal yang sama, maka RSJ Grogol (Jakarta) atau RSJ Pakem (Jogya) atau RSJ Riau-11 Bandung tempatnya. Tidak ada yang berubah di sektor minyak dan gas; peraturan perminyakan, struktur perpajakannya, kultur feodal dan cara kerja. Jadi jangan harap target itu tercapai. Tidak banyak investor serius yang masuk. Kebanyakan pemain spekulator, mengambil konsesi untuk dijual kembali tanpa melakukan kegiatan eksplorasi dan produksi.

Pemerintah mau merevisi ABPN, karena setelah dihitung-hitung defisitnya meningkat. Pemerintah mau mengantisipasi imbas krisis dari US. Pajak mau dipergiat. Salah satu idenya ialah memajaki minyak yang harganya di atas ICP (Indonesian Crude Price – Standard harga minyak Indonesia). Harga minyak ringan yang mahal akan dikenakan pajak atas selisih harga dengan harga standard minyak Indonesia. Kalau minyaknya berat dan harganya di bawah harga standard, maka tidak dikenakan rabat. Aturan kok aneh. Saya lebih suka menyebutnya “kacauan” bukan “aturan”. Jangan heran tidak banyak investor serius mau masuk di sektor migas.

Diperkirakan defisit APBN tahun 2008 ini diperkirakan mencapai Rp 87.3 triliun (2% dari GDP). Meninkat dari Rp 73.3 triliun (1.7% dari GDP). Kesalahan utamanya ialah: kenapa APBN dirancang dengan defisit. Artinya semakin lama hutang negara semakin banyak dan dimasa depan anak-anak kita akan dipajaki lebih berat. Oleh sebab itu saya anjurkan anda untuk imigrasi ke negara lain saja. Kasihan anak turun kita. Katanya pertumbuhan ekonomi sekitar 6.5%. Tetapi kecepatan pertumbuhan uang M2 adalah sekitar 17%. Saya meragukan 6.5% berarti kita lebih makmur 6.5% dari tahun 2007. Atau kita lebih sengsara 10.5% dari tahun 2007 karena harga-harga akan naik kecuali rumput dipinggir jalan karena tidak dijual di pasar. Jangan heran kalau tahun 2008 angka kemiskinan akan bertambah. Angka pertumbuhan 6.5% itu artinya bukan kita tambah makmur. Tahun 2008 adalah tahun 10.5% lebih sengsara dari tahun 2007. Dan perayaan Imlek dengan ucapan selamat “Gong Xi Fa Cai”, semoga bertambah makmur, mungkin hanya impian.

Pendek kata, negara ini sudah salah urus. Kalau ekonomi sedang menurun seharusnya pajak harus dikendorkan. Eeeeeh, di republik ini, pajak makin digalakkan. Terbalik dengan kaidah pengelolaan ekonomi.


MARKET UPDATE
Emas kembali ke rel long term bull. Saya harap sampai Agustus nanti bull masih merajai arena pasar emas. Kadang-kadang diseling oleh istirahat sebentar untuk mengambil nafas (Chart-2). Untuk sektor emas ini menurut pendapat saya lebih baik menunggu akhir parabolic run yang secara internal dimotori oleh masuknya dana dari investor awam, pemain baru yang masih hijau dan menggebu-gebu. Biasanya pengantin baru selalu menggebu-gebu.



Chart 2

Peta trading emas menunjukkan posisi menunggu akhir parabolic run (Chart-3). Titik-titik pada chart menunjukkan data selama 5 hari trading terakhir. Titik yang terbesar menunjukkan data yang paling baru, sedang yang paling kecil menunjukkan data 5 hari lali. Data tanggal 8 February 2008 menunjukkan posisi harga emas di “menunggu parabolic run". Probability untuk naik hanya 15%. Walaupun peluangnya kecil, tetapi potensialnya besar. High risk dan high reward. Trading sangat tidak menguntungkan. Kecepatan trading kita bisa kalah cepat dengan pergerakan pasar.


Chart 3

Andaikata periode ini adalah periode koreksi, maka kita bisa melakukan trading dengan mengurangi holding. Pada periode koreksi gambaran resikonya adalah high risk-low reward dan trading sangat menguntungkan.

Untuk saham-saham emas (indeks HUI), hal yang hampir sama juga terjadi. HUI diharapkan bisa rally sampai pertengahan tahun seperti emas (Chart-4). Posisi trading adalah Hold-Long (Chart-5).



Chart 4


Chart 5

Sebaliknya terjadi pada pasar saham. Dow Industrial (Chart-6), kembali menunjukkan trend turun. Indeks yang lebih mencerminkan pasar secara luas, S&P 500 menunjukkan pada posisi Hold-Short. Minggu lalu S&P 500 memasuki daerah sell, yang saya gunakan untuk switch dari posisi long (Call Option) ke posisi short (Put Option). Oleh sebab itu saat ini adalah Hold-Put Option atau hold posisi short.


Chart 6

Chart 7

SAHAM-SAHAM YANG LAYAK DI-SHORT
Beberapa saham yang pernah dibahas di blog ini seperti ICO (International Coal), mengalami rally ke kisaran $7 dari $5 ketika dibahas. Tetapi saat ini akan tertahan resistancenya dan mungkin akan terkoreksi. Dengan adanya banjir di Cina yang membuat terhentinya beberapa tambang batu bara, maka pasokan batubara dunia/Cina agak tersendat. Jadi prospek batu bara lebih baik dari komoditi pertambangan lainnya.

Gammon Lake Resources (GRS) dan Gold Fied (GFI) mengalami tekanan kuat bersama dengan tekanan di pasar dan sektor emas pada minggu lalu. Nampaknya akan segera rebound.

Ada beberapa saham emas yang mempunyai kasus yang sama dengan ICO, GRS dan GFI, dalam arti harganya tertekan bukan karena fundamentalnya, seperti Seabridge (SA), Nova Gold (NG). Tetapi tidak akan kita bahas kali ini. Pembahasan kita akan terfokus pada saham-saham yang layak di-short.

Krisis ekonomi bagaikan gempa tektonik yang menimbulkan tsunami. Gelombang pertama datang dan disusul dengan gelombang-gelomang berikutnya yang disebut after shock atau gelombang susulan. Tidak hanya itu. Gempa tektonik juga membuat daerah disekitarnya menjadi lemah. Kekuatannya untuk menahan stress akan berkurang. Oleh sebab itu gempa tektonik berikutnya bisa terjadi di tempat lain.

Kita tahu bahwa gempa ekonomi pertama adalah kredit subprime dipertengahan tahun 2007. Gelombang susulannya pada bulan November 2007. Saya perkirakan gelombang ke 3 akan terjadi di pertengahan 2008.

Gempa di sektor kredit subprime akan memperlemah sektor-sektor lain, misalnya sektor transportasi, sektor asuransi, sektor konsumsi, sektor otomotif, dan lain lain. Pukulan demi pukulan akan saling susul menyusul ke arah ekonomi US dan dunia. Kita akan bermain disini. Sektor yang nampaknya masih bagus tetapi sudah lemah akan kita short.

Saham/sektor yang akan di-short memiliki (salah satu atau beberapa) kriteria:
- fundamental dan cash-flownya lebih buruk dari presepsi
- akan terkena langsung oleh pengaruh krisis ekonomi
- managementnya tidak transparan dan melepas sahamnya

Lowes Companies Inc (LOW)
Saya beberapa kali melakukan shorting dengan put option untuk saham LOW ini, sejak di harga $30. Minggu lalu adalah saat yang bagus untuk masuk di put/short lagi.

Bisnis LOW akan mengalami tekanan langsung dari rusaknya sektor real estate di US. Sektor usahanya adalah perlengkapan rumah. Jadi jelas bisnisnya akan terkena pukulan langsung dari melemahnya sektor real estate. Pada kwartal-kwartal mendatang, laporan keuangan LOW bisa dipastikan memburuk. Saya suka melakukan trading LOW dan bermain diantara support dan resistancenya. Jadi tidak ada patokan untuk entry level. Put yang saya sukai adalah yang jatuh tempo pada Januari 2009 karena memberikan waktu yang cukup panjang seandainya irama trading berubah.

TCF Financial (TCB)
Management termasuk management yang optimis. Dicurigai banyak menyimpan barang busuk, hutang subprime yang belum muncul di pembukuannya. Cepat atau lambat TCF akan memutihkan barang busuk itu. Pada saat itu TCF Financial Bank akan menghadapi terpaan badai pada cash-flownya. Apalagi pada pertengahan tahun 2009 ini.

TCF melakukan ekspansi besar-besaran di sekitar tahun 2001-2006. Uup....., saat tumbuhnya subprime kredit. Besar peluangnya TCF terpapar racun subprime. Disamping memberikan jasa perbankan tradisional (normal), TCF juga memberikan jasa perbankan yang lebih canggih, seperti lease dan pinjaman untuk hedging. Dari $15 milyar assetnya, lebih dari 30% terparkir di kredit perumahan, 15% di real estate komersial, disusul lagi dengan kredit-kredit lainnya yang ada kaitannya dengan sektor perumahan dan mencapai lebih dari 70% dari asset TCF. Saat ini “belum” banyak kreditnya yang digagal-bayarkan oleh debiturnya. Sehingga neraca keuangannya merefleksikan optimisme dimasa depan. Saya yakin pada gelombang ke 3 tsumani pertama (sektor perumahan/real estate hunian) dimana perpindahan teaser rate ke bunga mengambang memuncak, dan gelombang pertama tsunami ke 2 (sektor real estate komersial), banyak terjadi gagal bayar. Dan akhirnya bukan tidak mungkin nasib TCF menjadi seperti Countrywide (CFC). Sahamnya jatuh sampai di sekitar $10.

Saya suka melakukan trading TCB dan bermain diantara support dan resistancenya. Jadi tidak ada patokan untuk entry level. Put yang jatuh tempo pada Januari 2009 lebih disukai.

American Axle & Manufacturing (AXL)
Kalau kelas menengah sedang punya uang, apa yang mereka lakukan? Yuup..! Beli mobil atau ganti mobil. Yang lebih fancy. Kalau di US typenya truk serba guna atau SUV peneguk bensin. Kalau beisnis sedang lesu, permintaan atas barang seperti ini juga akan menurun drastis. Kali ini kita akan membicarakan saham yang memenuhi kriteria semacam ini.

American Axle & Manufacturing (AXL) memproduksi komponen otomotif untuk dipasok ke General Motors, Chrysler, Ford, Volvo, and Harley-Davidson. Pasar utamanya berkaitan dengan pasar dalam negri US. Jadi tidak menggapai emerging market seperti Cina, Brazil atau Russia. Produknya terutama ada kaitannya dengan kendaraan SUV dan kendaraan besar-non komersial yang sangat populer di US sejak tahun 1999. Harga minyak tinggi dan resesi didepan mata, tentunya permintaan terhadap SUV juga turun.

Harga saham AXL saat ini sekitar 40 -50 kali free-cash flow rata-ratanya (antara tahun 1999-2007). Mahal, apalagi pada saat memasuki resesi. Neraca keuangan AXL juga tidak bagus. AXL punya hutang $850 juta. Disamping itu ada $ 684 juta liability bagi mereka yang pensiun (atau dipensiunkan) yang merupakan uang pensiun dan jaminan kesehatan pensiunannya. Dana ini tidak dalam bentuk cash, tetapi dalam bentuk saham/bond yang akan mengalami kesulitan untuk mencairkannya di masa bear market.

AXL juga punya kewajiban jaminan kesehatan atas karyawan (dan eks-karyawan) sebesar $410 juta yang dananya tidak dialokasikan. Keadaan diperparah oleh meningkatnya biaya kesehatan di US (dan di dunia). Kewajiban-kewajiban ini diambil dari cash flownya rata-rata $23 juta pertahun.

Secara keseluruhan AXL tidak bagus. Perkiraan saya, kemungkinan saham AXL bisa jatuh ke level $ 8-15. Saya suka melakukan trading AXL dan bermain diantara support dan resistancenya. Jadi tidak ada patokan untuk entry level. Put yang jatuh tempo pada Januari 2009 lebih disukai. Hati-hati pada bulan Februari ini harga saham AXL bisa terdongkrak naik jika terjadi kesepakatan antara pekerjanya mengenai benefit dan uang pesangon karyawannya yang di PHK. Andaikata ini terjadi, saya akan masuk di put option yang lebih banyak lagi.

Kita berhenti dulu sampai disini. Akan kita lanjutkan besok dengan:

MBIA Inc (MBI)
Simon Property Group (SPG)
Transportation Sector Fund (IYT)
Consumer Discretionary Sector Fund (XLY)
Financial Sector Fund (XLF)

2 comments:

Lady Mia said...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Lady Mia said...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.