___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Tuesday, November 17, 2015

Pembantaian Massal


Serangan terorist menghantam Paris minggu lalu. Angka korban meninggal 129 orang dan luka-luka 352 orang.
Serangan terorist  di Paris rasanya patut untuk topik EOWI minggu ini. Katanya.... setelah Paris, menyusul London akan dijadikan target. EOWI merasa bahwa ini kesempatan untuk bertamasya ke Eropa, terutama London menikmati tahun baru disana. Dan saya  akan mengirimkan anak saya untuk liburan tahun baru di Inggris.
Serangan terorist tidak selalu negatif. Mungkin menyedihkan bagi korban dan keluarganya. Tetapi suatu kesempatan bagi yang lain. Misalnya, sebulan setelah serangan bom Bali I tahun 2002, saya sekeluarga bisa memperoleh liburan murah di Bali selama 3 minggu. Menurut berita, turisme di Bali belum pulih dalam waktu 6 bulan setelah kejadian pemboman.
Itu komentar yang berkaitan dengan hiburan dan finansial. Istilahnya: “Buy when blood in the street.” Secara harfiah bisa diartikan, pesanlah tiket pesawat dan book hotel pada saat darah berceceran di jalan.
Di sisi lain president Prancis Hollande membuat pernyataan “merciless” war against terrorists. Kemudian mengerahkan 1000 tentara tambahan untuk berpatroli di Paris dan sekitarnya sehingga levelnya menjadi 5000 tentara patroli di ibukota Prancis ini. Secara teori, Paris sudah diisolasi secara ketat dan tidak ada yang bisa lolos, keluar dari Paris. Tetapi….., menurut berita, seorang terorist bisa menyelinap ke Brussel.
Berbicara tentang penyataan “merciless” war against terrorists, itu bukan hal yang baru bagi terorist. Mereka tahu kekejaman di Guantanamo atau penjara Abu Ghraib. Bahkan Peter Russels pelawak Canada secara khusus membuat guyonan mengenai karakter terorist (Arab). Guyonannya begini.
Bush (Peter Russel menirukan gayanya Bush) berbicara kepada orang Arab:  We are going to attack you
Si Arab menjawab: “No problem…come.”
Nampaknya si Arab itu tidak mengerti. Maka Bush mengulangi pernyataannya: “We are going to come to your country with guns and attack you. Do you understand?
Nampaknya si Arab itu tidak mengerti juga dan menyahut: “Yalah…, come…come no problem
Maka Bush menegaskan pernyataannya lagi: “We are going to come to your country with guns and kill you. Kill you, do you get it now?
Sejenak si Arab memelototkan matanya: “You kill me????? No way!!! Fμ©k you……. I kill me, along with yoooouuuuuu!!!
Untuk lelucon itu saya bersama anak saya terbahak-bahak. Susah melawan orang yang niatnya memang mau mati.
Susah melawan orang yang niatnya memang mau mati. Sudah 14 tahun perang melawan teror dideklarasikan. Kata “merciless” memang baru diucapkan, tetapi sudah dipraktekan selama 14 tahun itu. Dipraktekan di Guantanamo atau penjara Abu Ghraib atau di tempat lain. Tidak ada yang baru dalam prakteknya. Ketika serangan teror terjadi, pola reaksinya juga tidak berubah.  Jumlah korban yang jatuh meningkat, nada suara juga meningkat dan bendera turun sampai setengah tiang.  Bunga-bunga dicabut dan dipindahkan di tempat kejadian.
Penduduk sipil yang sebenarnya cuma menjalani hidup sehari-hari dan tidak perduli atas segala macam perang sering menjadi korban. Tetapi nasib pembunuhnya dan otak pembunuhannya berbeda-beda. Nasib terorist di Paris ini…, kita tahu…mati. Pelaku 9/11, juga mati. Bom Bali…., mati. Yang mereka lakukan relatif kecil.
Pembunuhan massal My Lai yang dilakukan oleh tentara Amerika ketika perang Vietnam menghabiskan nyawa lebih dari 350 orang Vietnam, laki-laki, prempuan dan anak-anak. Pemimpin yang melakukan pembunuhan massal ini Lt. William Calley hanya memperoleh 3½ tahun tahanan rumah dan sekarang mungkin masih hidup (mungkin bahagia juga) di Atlanta Georgia, USA, meninggalkan keluarga para korban menjalani hidup lebih berat.
Sejarah kita mundurkan 78 tahun silam, ketika tentara Imperial Jepang masuk ke Nanking (ejaan sekarang Nanjing) pada tanggal 13 Desember 1937 dalam kaitannya dengan Perang Cina-Jepang II, kemudian selama 6 minggu terjadi pesta adu ketangkasan menggunakan pedang samurai. Sekitar 300,000 penduduk Nanking dan tentara yang sudah dilucuti dijadikan sasaran tebas samurai yang dilakukan oleh tentara Jepang. Alasannya……, just for fun…mungkin. 

 Memuakkan dan membuat mual
Di tahun itu surat kabar the Osaka Mainichi Shimbun memuat berita mengenai pertandingan antara dua (2) perwira Jepang Toshiaki Mukai dan Tsuyoshi Noda, siapa yang pertama bisa membunuh 100 orang dengan pedang samurai mereka. Pertandingan ini dimulai ketika mereka dalam perjalanan ke Nanking. Mungkin ini tidak bisa disamakan dengan kejadian May Lai, karena mungkin saja korban kedua perwira Jepang ini terbatas pada tentara – serdadu tempur Cina yang tertangkap.



 Contest Just for fun???? For whom??
Tetapi kontes ini berlanjut ketika Jepang memasuki Nanjing tanggal 13 Desember 1937. Targetnya adalah siapa yang paling cepat memenggal 150 kepala. Pada kontes 100 kepala sebelumnya the Tokyo Nichi-Nichi Shimbun (December 13, 1937) memberitakan skor 106 kepala untuk Mukai dan 105 kepala bagi Noda.

Dua juara kontes memancung pada pembantaian Nanking, 106 kepala bagi Mukai dan 105 bagi Noda
Kemudian…, 3 tahun setelah pembantaian Nanking, di tahun 1940 polisi rahasia Soviet NKVD membantai sekitar 22,000 orang Poland di hutan Katyn, yang katanya mau menghilangkan orang-orang Polandia yang terdidik yang bisa menghasut untuk melawan pendudukan Soviet di Polandia.
Roda sejarah maju 4 tahun, sebelum Perang Dunia II berakhir tahun 1944, polisi Jerman Waffen SS (sayap bersenjata Nazi) membunuhi sekitar 650 orang laki-laki, prempuan dan anak-anak di desa Oradour-sur-Glane Prancis yang diduduki Nazi ….., tanpa sebab…... mungkin menganggap orang Polandia (dan juga Yahudi) bukan manusia, melainkan setengah-manusia, sub-human. Jumlah anak-anak yang dibantai sekitar 200 orang.
Kembali ke 6 dekade lalu, sejarah kelam dicoretkan oleh kapten Westerling. Belanda yang menugaskan Westerling untuk menindas pasukan gerilya Republik (Indonesia) di Sulawesi dengan segala cara.  Mungkin ini diartikan oleh Westerling sebagai license to kill. Setidaknya sejarawan Indonesia menganggap Westerling menggunakan tugasnya dengan license to kill dan menuduh Westerling telah melenyapkan 40,000 nyawa rakyat Sulawesi Selatan sepanjang tahun 1946 - 1947. Westerling sendiri membantah angka 40,000. Katanya hanya sekitar 1,500 saja.
Hallo……, itu 1,500 nyawa yang mungkin orang-orang sipil. Terlepas dari itu semua, Westerling bisa menyelinap keluar Indonesia ke Belanda dan hidup bahagia di provinsi Friesland, Belanda. Ia belajar menyanyi dan mencoba debutnya sebagai penyanyi tenor di kota Breda tahun 1958, tetapi gagal. Di akhir hidupnya ia mengelola toko buku antik di Amsterdam. Westerling tidak pernah dihukum, kasusnya tidak pernah diusut.
Cerita tadi adalah mengenai pembunuhan oleh orang-orang bersenjata terhadap orang-orang sipil yang tidak bersenjata dan berbeda ras/bangsa. Itu namanya pembantaian. Pekerjaan yang gampang. Tetapi pembunuhan yang gampang bukan saja oleh gerombolan pasukan yang secara persenjataan unggul terhadap orang-orang sipil. Gerombolan mayoritas, akan gampang sekali melakukan pembunuhan terhadap kelompok minoritas.
Roda sejarah kita putar 4.4 abad, tepatnya tahun 1572. Ada lagi pembantaian hari St. Bartholomew. Sekelompok orang Katholik di Paris melakukan kekerasan dan pengerusakan. Sasarannya adalah Huguenots yang beragama Protestan Calvinist Prancis. Kejadian ini berakhir dengan 3,000 orang mati. Tetapi tidak berakhir sampai di Paris, pembantaian menjalar sampai ke seluruh Prancis dan body count menurut ceritanya mencapai 70,000 mayat.  

Lukisan dinding (fresco) yang menggambarkan pembunuhan massal di hari St. Bertolomew, Paris
Selanjutnya……, kejadian ini membuat hati Paus Gregory XIII berbunga-bunga. Ia membuatkan 3 lukisan tembok di ruangan Sala Regia (Ruang Raja, Ruang Bangsawan) di Vatican untuk memperingati hari yang besar itu. Mungkin dengan berubahnya nilai-nilai kemanusiaan, sekarang ruang ini ditutup untuk umum.
Apa yang menyebabkan pembantaian di hari St. Bartholomew…., kebencian dan fanatisme agama yang meledak…… mungkin.
Bagi banyak yang berumur 30 tahunan ke atas, peristiwa pembantaian di Ambon pada hari raya Iedul Fitri 19 Januari 1999 sulit dilupakan. Di saat umat Islam merayakan Iedul Fitri yang seharusnya hari yang damai, tiba-tiba memperoleh serangan dari (sekelompok) umat Kristen (yang fanatik) di Ambon. Pembantaian berlangsung selama 2 minggu tanpa banyak perlawanan dan menyisakan, menurut sumber-sumber, sekitar 2000 mayat dan banyak diantaranya dimutilasi. Adanya yang dimutilasi benar, sedang angka 2000, tidak pernah ada angka yang resmi. Seandainya ada mungkin sudah dikecil-kecilkan.
Kekejaman yang berat sebelah ini surut dengan kedatangan Laskar Jihad dari Jawa. Pembantaian Ambon yang berlanjut dengan bentrok sektarian Maluku, dalam arti kedua kubu relatif berimbang dan kobaran apinya berlanjut sampai beberapa tahun. Andaikata Laskar Jihad tidak pernah tiba di Maluku, nasib umat muslim Maluku mungkin seperti Huguenots di Prancis pada episode pembantaian di hari St. Bartholomew.
Tragis memang..... tentara dan polisi tidak ikut membantai, tetapi selama 2 minggu terjadi pembiaran. Terlepas dari itu semua, pembantaian Ambon masih menyisakan pertanyaan. Apa yang menjadi pemicunya. Kebencian dan fanatisme agama mungkin….
Prilaku kejam mungkin bagian dari penciptaan manusia. Menurut Quran pembunuhan bukanlah hal yang baru. Sudah terjadi sebelum Adam ciptakan.
[Q2:30] Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah (Adam) di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mengagungkan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".
Dari dialog di atas, malaikat sudah tahu/melihat bahwa pemimpin/penguasa (khalifah) suka membuat kerusakan dan pertumpahan darah.  Secara implisit dinyatakan bahwa Adam mungkin pemimpin/penguasa/khalifah yang berbeda. Tetapi hal ini tidak eksplisit dalam arti di”iya”kan atau disangkal oleh Allah. Apalagi keturunannya. Tidak ada jaminan karakter pemimpin/penguasa berbeda dengan apa yang diketahui dan  digambarkan oleh para malaikat.
Kejadian dalam bulan ini di Paris atau jatuhnya pesawat penumpang Russia akibat sabotase bom adalah bagian kecil dari reaksi perbuatan dan prilaku para penguasa Russia, Amerika dan negara-negara maju di Eropa. Afganistan, Yaman, Somalia, Syria, Irak diacak-acak. Tentu saja hal ini menimbulkan kemarahan kelompok yang merasa diacak-acak yang kemudian amarah itu meledak dan yang dijadikan sasarannya adalah penduduk sipil. Jangan tanya kenapa rakyat sipil yang dijadikan sasaran. Namanya juga meluapkan amarah. Siapa saja bisa kena.

Dalam laman Gejolak 2014 – 2020, dibahas mengenai peperangan di masa Kondratieff winter. Saat ini perang di Timur Tengah sudah menjalar ke Syria dan Yaman. Yang di Paris hanyalah  serangan sporadis, bukan medan pertempuran. Hal ini tidak berarti bahwa apa yang terjadi di Paris berhenti sampai disini........., kita lihat saja kelanjutannya.
Harga minyak mendekati level $40 per BBL. Saudi sebagai salah satu produsen minyak terbesar, mungkin harus memompa produksinya terus untuk membiayai perangnya dengan Yaman. Rusia juga harus menggenjot produksi minyaknya untuk keterlibatannya di Syria. Bersiaplah untuk harga minyak di level $30 per BBL dalam waktu dekat ini. Emaspun akan menembus level 5.5 tahun terendahnya.

Sekian dulu. Jaga kesehatan, tabungan dan investasi anda baik-baik. Sampai minggu depan, insya Allah.




Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

63 comments:

Anonymous said...

Semua pada ribut,china adem ayem aja mengambil kesempatan membangun ekonomi prediksi sy china akan jadi negara superpower menggantikan AS,soal prediksi IS yg ngmg kalau nasib china sama aja kayak jepang nantinya..sorry china itu beda..luas negara,sumber daya alam,jumlah penduduk berkali kali lipat dr jepang
Mungkin yg akan seperti jepang itu adalah korsel

Anonymous said...

Disturbing pic pak is. Please consider removing it

Imam Semar said...

Korea mulai menngikuti Jepang pada dekada ini. Cina pada dekade akan datang.

Itu nubuat EOWI.

Imam Semar said...

Foto2 di atas memang sangat disturbing..., saya hanya ingin membandingkan kekejaman masa lalu dan masa sekarang.

Anonymous said...

Yang jadi pertanyaan bagaimana mungkin membunuh dengan mengatas namakan tuhan? Eropa setelah 95% atheis malah semakin humanis dibandingkan abad pertengahan kalau begitu untuk apa beragama? Agama sumber konflik yang paling keji dan ultra hipokrit tidak sesuai yang digembar gemborkannya

Anonymous said...

gimana dengan teori bahwa salah satu solusi dari semua masalah ekonomi yang sudah mentok ini adalah perang? jadi teori konspirasi gitu, pak IS pandangannya gimana, stuju ga?

Anonymous said...

Knp kecenderungannya muslim minoritas sering buat ulah,lihat di myanmar,filipina,thailand,rusia(cechnya),china(xinjiang),cenderung ingin buat khalifah negara islam dan separatisme(lihat pakistan),skrg mulai merembet ke eropa

Ada ungkapan yg lg trend saat ini yg diunggah oleh angelina jolie yg menyebutkan bahwa teroris tdk mgrti islam,pertanyaannya isis tidk mengerti ato tll mengerti?

Anonymous said...

Pak IS tampaknya seru juga kalau kapan2 dibahas ttg freeport. http://finance.detik.com/read/2015/11/18/153537/3074412/1034/kata-rizal-ramli-dolar-as-bisa-rp-2000-kalau-ri-ambil-alih-tambang-freeport

denmas said...

Saya mendukung bagian NKRI diberikan lebih besar (dan dikontrol/pergunakan secara waras).. Kondisi ekonomi indonesia paling kuat ya zamannya Soeharto.. posisi politik indonesia terkuat (luar negeri) ya zamannya Soekarno.. tapi lihat saja, berapa byk hutang yg ditimbun di zaman kedua pemimpin itu.. berapa banyak kemiskinan yg terjadi di zaman itu.. Pondasi/warisan "mental budaya" macam apa yg mereka berdua tinggalkan buat bangsa ini??.. zaman Soeharto yg sekuat itu pun masih ada cerita kelaparan di papua dkk.. kayaknya RR cuma mimpi kalau RI bisa makmur (secara bangsa) bila ambil alih freeport (SDM Penguasa/pengelolanya memang seolah ditakdirkan selalu "bermental menyedihkan").. jgn2 nanti yg ada malah episode "Blood Diamond" ala Papua.. akhirnya Papua bakal lepas diikuti daerah2 lain.. siapkah NKRI "diobok2" kekuatan luar & dalam??

Anonymous said...

Jihad itu bukan sekedar defense,tp jg dipake buat offense,contohnya saat Muhammad,umar hingga mehmed(ottoman) menginvasi,menaklukan,islamisasi kerajaan lain dengan dalih jihad dan Tuhan

Agama jg bisa dipake buat membunuh orang,bahkan dipake oleh pemimpin agama atau pendiri tsb sebagai dalih

jono said...

Apa hubungannya sama penguasaan seluruh tambang freeport dng naiknya rupiah ke level 2000an per dollar???

kata rizal ramli freeport memiliki cadangan emas 16000 ton, dng cadangan segitu rupiah bs naik ke 2000an per dollar??

aku ga ngerti gmna logikanya si rizal ramli

negara lain mati2an devaluasi mata uang biar kompetitif dng negara lain, indonesia mlh melakukan sebaliknya

mungkin krn malu berat diledekin abis sma negara tetangga rupiah kebanyakan nol, dibilang mata uang sampah, akhirnya segala cara ditempuh bwt jaga image rupiah

misalkan 16000 ton emas itu dijual lalu dapat dollar trus dollar ditukar rupiah

berarti bs sih rupiah menguat drastis, tp harga emas bkl rontok abis

gmna analisa pak is?

Bob Marley said...

Cuma mau cari pembenaran, tak ada asap kalau tak ada api Guantanamo ada karna orang gila agama menabrakan pesawat ke WTC menunding Vietnam bangsa sendiri dibantai dengan alasan PKI toh untuk itu sarwo edi dipuja puja malah mo dijadikan pahlawan..cobalah baca invasi islam ke india ato afghanistan bangsa budha yang di genocide timurlang si gila dari persia..Btw amerika memvendung komunisme lebih dari bangsa apapun.

Heru said...

@Bob Marley Negara kapitalis seperti US lama2 jg dibawa ke arah sosialis sama pemimpinnya. Lihat Obama terlalu berpihak sama 'wong cilik' dan imigran.

=========

@Pak IS
Pada masa deflationary bagaimana cara mengetahui bila akan segera berakhir dan memasuki masa inflationary shg kita bisa masuk lebih awal? dan kira2 apakah masa itu akan lama? kira2 berapa rentang waktunya?

Apa mungkin bila US lebih memilih untuk 'koma' seperti Jepang ketimbang krisis? bila iya apa implikasinya thdp dunia, Indonesia?

Juga sy dengar, China bsk2 ambruknya lebih dahsyat karena pemerintah mereka selama ini terlalu 'memaksakan' menggenjot ekonominya? Oyah bagaimana dengan berita dimasukkannya RMB sbg world reserve currency? apakah akan berimbas pada rally USD?

Thanks sebelumnya Pak IS atas pencerahannya.

Sam said...

temans pembaca, aku kok merasa banyak berita/informasi penting yg sengaja disortir atau dihindari oleh media2 ya terutama media mainstream. Media seperti ajang copy paste dari 1 sumber, ketika 1 sumber itu memilih untuk tidak memberitakan suatu berita maka berhenti sampai disitu.

bung is apa berita2 ttg NWO itu benar atau hanya teori konspirasi? Thx.

Anonymous said...

Salam Damai Sejahtera.

Kembali saya datang untuk memberikan pencerahan apa yang yang akan terjadi sebenarnya terkait dengan Akhir Zaman.


Kita adalah generasi akhir zaman. Generasi yang akan menyaksikan KEDATANGAN MESIAS.


Sebelumnya saya pernah menganjurkan dan mendoakan pak IS agar menemukan siapa Tuhan yang sebenarnya.Cukup berdoa dalam hati dengan berkata; " Tuhan, siapakah Engkau sebenarnya?" Maka DIA yang mengasihi semua umat manusia yang rindu mengetahui siapkah Tuhan yang sebenarnya akan menampakkan diri-Nya lewat mimpi atau juga menjamah secara langsung hati Anda sehingga Saudara/i melihat terang dan damai sejahtera yang dari TUHAN.

Kalau seorang mantan teroris (mantan ISIS) hatinya bergejolak untuk mencari kedamaian dan bertanya-tanya siapakah Tuhan yang sebenarnya, lalu Tuhan sendiri menghampirinya, kemudian mantan ISIS yang suka memperkosa dan memenggal orang yang menurut pemahaman mereka itu adalah orang-orang kafir yang pantas dibunuh agar masuk sorga. Padahal itu sorga yang dimaksud adalah sorganya setan.


Saudara/i inilah pesan yang saya maksud untuk yang akan dunia saksikan:

MENJELANG KEDATANGAN MESSIAS (YEHOSHUA HAMASHIACH=YESUS KRISTUS=ISA ALMASIH) MAKA ADA BEBERAPA MATERAI YANG AKAN DIBUKA:

1, Materai 1,2,3,4,5 terkait dengan peperangan, kejatuhan ekonomi dunia dan terjadinya chaos => kemungkinan ini akan segera terjadi dalam waktu dekat ini
TIDAK LAMA LAGI, DALAM HITUNGAN BULAN KEDEPAN

2. Materai 6 terkait dengan GEMPA BUMI DASYAT, GELAP GULITA DAN TERJADI BADAI METEOR MENERJANG BUMI INI
Sesaat kemudian Messias akan muncul di langit dengan segala Keemuliaan-Nya dan semua manusia di muka bumi akan menyaksikan DIA yang datang di atas awan-awan.

Tanda kedatangan TUHAN sedang kita kaitkan dengan keberadaan Planet-7X yang masih misterius sedang dilacak oleh seorang ahli astronomi bernama Gill Broussard seorang keturunan Yahudi Messianik. Kenapa dia disebut Messianik, dia seorang yang percaya Messias itu adalah Yesus Kristus.

link video di youtube: Planet-7X Possibility Timeline

Untuk mengkonfirmasi kebenaran akan adanya Planet-7X yang misterius ini,


Pada perayaan Hanukkah (feast of light) = Pesta Cahaya menurut Kepercayaan Yahudi

========== ***** 09 Desember 2015 ***** ================

Planet-7X ini akan muncul dan terlihat dengan mata telanjang (naked eye) sebesar planet Jupiter dan seterang planet Venus di labgit saat malam.


Jika ini terbukti benar, maka hari KEDATANGAN TUHAN AKAN SEGERA TERJADI.


Berjaga-jaga & Berdolah senantiasa!

TUHAN sangat mengasihi semua orang terlepas kita sebelumnya punya pemahaman yang berbeda tentang siapakah Tuhan yang sebenarnya???

Keputusan di hati Saudara/i, bukan di tangan loh yah.


Salam Akhir Zaman.

TUHAN MEMBERKATI.

Anonymous said...

Saya sangat tertarik akan pengetahuan, opini dan pandangan pak IS mengenai prediksi oil price jangka waktu short term dan long term.
Apakah pak IS berkenan membahasnya dlm 1 artikel khusus?
Terima kasih.
Salam bahagia dan sukses buat semua..

Reader said...

Mengapa disebut "Freeport"?

Ada yang tahu sejarahnya Pak? :D

Anonymous said...

Selalu suka dg bahasan EOWI yg empiris dan tidak mainstream....

Anonymous said...

Brace yourself EOWI... komen orang2 aneh bakal segera menyerbu....

Anonymous said...

Salam dari saya hamba-Nya.

INI BUKAN PESAN PENYESATAN, SEBALIKNYA INI PESAN PENCERAHAN BAGI ORANG YANG MERINDUKAN TERANG ITU ADA DALAM DIRINYA

Memberitakan Pesan-pesan terakhir bagi umat-Nya yang percaya
dan bagi semua manusia yang masih merindukan dan mencari tahu terlepas Sdr/i punya kepercayaan yang berbeda-beda, selagi ada waktu yang tersisa ini carilah siapa TUHAN itu sebenarnya!

Tuhan yang disembah Abraham, Ishak dan Yakub (orang-orang Yahudi)adalah TUHAN yang sama dari dulu, saat ini dan yang akan datang dan sampai pada kehidupan kekal.
Bahkan sampai saat ini masih banyak orang Yahudi belum mengenal siapakah itu Messias
yang sesungguhnya.
.
.
.
.
.

Inilah pesan saya terakhir tentang

WAKTU KEDATANGAN MESSIAS (YEHOSHUA HAMASHIACH = YESUS KRISTUS = ISA ALMASIH)

Pada waktu Kedatangan-Nya, semua manusia yang ada di muka bumi ini akan melihat dan akan tercengang melihat Kemuliaan MESSIAS muncul di awan-awan.

Waktunya sudah sangat dekat... Tidak lagi dalam hitungan tahun-tahun lagi.

SUDAH SANGAT DEKAT.


Perlu Sdr renungkan:
Setan dan roh-roh jahat yang merasuki manusia-manusia menjadi seseorang menjadi pembunuh yang kejam, pemerkosa, perampok dan mengkafir-kafirkan manusia yang lain yang tidak sepaham seperti: terrosist-ISIS-NAZI-Pemimpin bengis, mereka melakukan itu karena mereka tidak mengenal dan tidak mengetahui siapa itu TUHAN yang sebenarnya.

Jika mereka mengetahuinya, tentu mereka akan bertobat dan tidak melakukan itu.

Seorang mantan Atheis berkata; " Orang yang membunuh manusia lain yang tidak sepaham dan seiman dengannya dan berharap mendapatkan "sorga", adalah kumpulan orang-orang yang sedang merendahkan "tuhan" mereka sendiri, karena mereka tidak mengenal siapa Tuhan yang sebenarnya yang mereka sembah."

Oleh karena ini Sdr/i :

Carilah TUHAN selagi DIA berkenan untuk menyatakan diri-Nya kepada Saudara/i terlepas apapun agama dan kepercayaan Sdr sehingga Sdr/i mendapat kehidupan yang damai dan kekal dalam Kerajaan-Nya


Salam,
Hamba-Nya

(Seorang hamba tidak punya kuasa apapun, semuanya karena kemurahan-Nya dan kasih karunia-Nya jadi tidak ada yang hamba sombongkan di dunia ini)




Anonymous said...

aduh pusing, blog ekonomi ini, bahasannya yah ekonomi.

Kevin said...

Betul juga itu si Bob, kenapa pembantaian golongan komunis (katanya) oleh berbagai laskar Muslim tahun 1965an tidak disebut?
Atau bagaimana dengan penindasan kaum Ahmadiyah oleh mayoritas Muslim Indonesia saat ini?

Semua hal yang berlebihan hingga tingkat extreme tentunya tidak baik,
Minum segelas wine setiap hari bermanfaat utk kesehatan, tapi minum wine satu barrel tiap hari bisa mabuk kepayang.
Gula dan garam dengan tingkat moderation dibutuhkan dan bisa ditolerir tubuh, tapi kalau berlebihan bisa bikin diabetes dan hypertension.

Kata org jaman baheula : in medio stat veritas .... the truth lies somewhere in the middle.
Kebenaran adanya di tengah antara 2 extremes,

Dalam hal kepercayaan, agama,belief. Akar permasalahnnya kata seorang atheis :

The whole problem with the world is that fool and fanatic are always so certain of themselves, and wise people are so full of doubt.

para fanatik extreme yang suka membantai orang lain itu terlalu percaya diri bahwa agama/kepercayaannyalah yang paling benar di dunia ini,shg dengan mengatasnamakan agamanya menjadi pembenaran untuk menghilangkan nyawa orang2 dengan kepercayaan berbeda.

sedangkan wise people, selalu ragu2 dimana letak kebenarannya, karena masih sibuk mencari2 ..just somewhere in the middle between two extremes

Jadi kuncinya.. in moderation..a moderate drinker..or be a moderate believer


btw, tidak salah ingat Pak IS dulu pernah cerita sdg renovasi rumah di Cinere, ada punya informasi kontraktor atau tukang2 yang bisa dipercaya utk daerah Limo ? Baru beli rumah daerah sana, ternyata kondisi rangka atap gentengnya kurang baik, jadi perlu keluar uang lagi utk renovasi. Dan seingat saya dulu ada kolam pemancingan sekitar tanjakan ke arah Puri, tapi sekarang sptnya jadi kering di musim hujan , apakah kondisi air tanah di Cinere sudah surut karena semakin padat pemukiman?

Anonymous said...

ISIS itu sengaja diciptakan dengan memanfaatkan fanaticism, begitu juga Alqaeda (ini diakui oleh petinggi US) untuk agenda2 tertentu
Yg perlu dilakukan adalah mengucurkan budget dan informasi pada organisasi2 tsb..

Karena.. ISIS terlalu jelas mengirim pesan : "kami adalah Penjahat. Anda harus melawan kami"... Trait utama Common enemy
Common enemy diperlukan untuk mengalihkan perhatian dari suatu hal. Dan Common enemy memang biasanya diciptakan...

Anonymous said...

Tolong dong ini blog ttg ekonomi jgn comment ttg agama.

Anonymous said...

Ateisme adalah kepercayaan dengan dasar kekosongan, hidup dengan cara kosong dan menuju kekosongan ( from nothing, with nothing and to nothing). Apa ini masuk akal? Ya, masuk akal bagi orang yang penuh dengan kejahatan karena orang seperti ini tidak perlu bertanggungjawab atas apapun terhadap penentu moralitas yaitu Tuhan. Jadi seorang ateis hanya benar bagi dirinya sendiri. Hitler adalah contoh seorang ateis sejati. Ateis tidak mengenal yang namanya moralitas.

Anonymous said...

Roubini Sees "Mother of All Asset Bubbles", But Claims Bubble Will Not Burst Until 2016

How big can the current asset bubble get? Stocks, bonds (especially junk bonds), and equities are all in huge bubbles.

I know full well that calling the end is problematic. Economist Nouriel Roubini thinks he knows.

Roubini says we are in the "mother of all asset bubbles" but it's going to get even bigger, not popping until 2016.

UNTUK MENGINGAT KEMBALI, silahkan dibaca lagi. Kira2, dolar bisa 50 ribu ngga yah ?

Read more at http://globaleconomicanalysis.blogspot.com/2014/12/roubini-sees-mother-of-all-asset.html#wt1m01kqyBlHuHfW.99

Anonymous said...

Agama samawi (Yahudi Kristen Islam) itu sendirilah yang menjadi akar dari segala kekacauan di muka bumi ini. Semakin anda mempelajari kitab-2x agama tersebut, maka anda akan semakin bodoh keji dan brengsek. Coba pikir pakai akal sehat di satu sisi kaum samawi mengklaim kitab-2xnya langsung turun dari "Tuhannya" sehingga menjadi standart moral yang tertinggi sudah lengkap dan sudah jelas mudah dimengerti dan diamalkan jadi sudah tidak perlu di perdebatkan lagi fix sudah sempurna. Kaum samawi mengklaim bahwa "Tuhannya" adalah sosok supranatural yang maha pengasih maha penyayang dan seterusnya entahlah sampai ada 100 nama yang maha bla-2x silahkan cari sendiri. Namun di satu sisi kitab-2x yang katanya "Asli" langsung dari tuhan tersebut sangat vulgar dan terang-2xan menganjurkan & memerintahkan segala kekejian Genosida rasisme dsb (sekali lagi silahkan cari sendiri sumbernya sangat buaaaanyaak sekali). Entah sudah berapa juta nyawa melayang sia-2x hanya untuk memperdebatkan siapa yang paling benar. Bukan saja lintas agama bahkan dalam agamanya sendiri saja bunuh-2xan (Kristen vs Katolik, Suni vs Syiah vs Ahmadiyah) Jadi bagaimana mungkin allah yang katanya maha penyayang itu justru memerintahkan hal yang kontradiksi dengan yang di gembar-gemborkan? Namanya pembunuhan ya pembunuhan nyawa hilang itu fakta! Dan yang paling menjijikan kaum itu mengatas namakan Tuhan untuk melakukan kekejian itu! Yang salah oknumnya atau ajaran agamanya? (Oknum koq banyak?) Terbukti kalau ajaran tersebut yang brengsek! Sudah di tulis sendiri sama tuhannya bukan? Itulah bukti & faktanya. Mau bukti yang lebih kongkrit lagi? Selama beberapa milenium orang eropa terbelenggu kebodohan & masa kegelapan yang paling suram dan ironisnya itu terjadi pada masa keemasan dimana religius agama begitu dominan menguasai semua sendi. Sampai-2x Tiket pengampunan ke Sorga pun di jual! Sehingga muncul sempalan kristen protestan & yang paling fenomenal ya peristiwa santo bartolomeus itu pembantaian orang kristen oleh katolik di perancis. Kemajuan sains pun terbelenggu Galileo galilei sampai di penjara karena dianggap sesat & Fakta membuktikan siapa yang benar! Jika mas IS membandingkan kekejian Nazi Jepang atau barbarnya bangsa Viking di bandingkan teroris Islam semacam ISIS al qaeda & taliban tentu saja ada perbedaan besar! Nazi membantai Yahudi Jepang Membantai Cina berlandaskan motivasi politik & dendam masa lalu mereka memang keji membantai lawannya namun tidak pernah membawa atribut agama damai. Dewa Matahari jepang Dewa Odin atau Zeus sama sekali tidak pernah di gambarkan sebagai dewa yang maha pengasih & penyayang Dewa-2x kaum Kafir itu digambarkan sosok yang tegas yang tidak akan segan menghukum siapapun yang berani membangkang! Hal ini sama sekali bertolak belakang dengan Tuhan allah kaum samawi yang maha pengasih & penyayang namun justru menurunkan kitab yang sangat keji. Beruntung sekarang setelah 95% orang eropa menjadi atheis mereka justru semakin humanis menampung imigran. Apa jadinya jika kaum imigran tersebut datang pd waktu zaman Paus Urbanus atau pada zaman Hitler lalu demo minta diberi ke istimewaan dan mau menerapkan hukum agamanya. Nasibnya mungkin lebih tragis dari orang yahudi yang di jerman. Saran saya bertobatlah jauhi kitab-2x tersebut yang justru akan menghilangkan sifat manusiawi & akal sehatmu!

IS said...

Operasi Bendera Palsu atau False Flag Operation, adalah “serangan” operasi intelijen rahasia tingkat tinggi, untuk “mengkambing-hitamkan” terhadap suatu kasus dengan tujuan agar opini masyarakat mempercayai apa yang telah mereka (pemerintah) lakukan dan apa yang telah mereka katakan.
“False Flag Terrorism” atau “Terorisme Bendera Palsu” didefinisikan sebagai pemerintah yang menyerang rakyatnya sendiri, kemudian menyalahkan orang lain untuk membenarkan menuju ke arah peperangan melawan orang-orang yang telah dituduh salah tersebut. Atau seperti Wikipedia mendefinisikan:
Operasi Bendera Palsu atau False Flag Operation adalah operasi rahasia yang dilakukan oleh pemerintah, perusahaan atau organisasi, yang dirancang untuk muncul seolah-olah hal itu sedang dilakukan oleh entitas lain.Inilah pengalihan terhadap opini publik, bahwa masyarakat digiring kepada apa yang disebut sebagai “False Flag’, agar masyarakat dunia langsung percaya bahwa para penembak itu adalah ISIS, organisasi cikal bakal yang dibuat AS-Israel(CIA dan Mossad) untuk memecah belah umat beragama.

Anonymous said...

@anonim November 22, 2015 at 9:14 PM

ateis=akal sehat, akal sehat apanya? dasarnya tidak ada, tidak ada moralitas, menuju ke mana setelah mati? menguap dan hilang?

Yang paling masuk akal itu adalah percaya Tuhan. dimulai dengan klaim positif yaitu ADA sedangkan ateis dimulai dari klaim negatif yaitu TIDAK ADA. mana yang lebih masuk akal memulai dari sesuatu yang ada atau yang tidak ada. bahkan penelitian ilmu pengetahuan dimulai dari sesuatu yang ada bukan yang tidak ada. hal yang sia-sia untuk meneliti sesuatu yang tidak ada.

semua masalah penderitaan dan kejahatan yang anda ungkapkan diatas pelakunya adalah manusia yang memiliki kehendak bebas. setiap orang dengan kehendak bebasnya mampu untuk berbuat jahat, tidak terkecuali anda. anda tidak bisa mengungkapkan kejahatan seolah-olah anda steril dari kondisi tersebut, memangnya anda tuhan? apalagi kalau anda mengklaim ateis. dengan dasar apa anda menentukan sesuatu itu baik atau buruk? ateis tidak punya dasar untuk moralitas.

manusia yang berhak untuk mengungkapkan penderitaan adalah manusia teis karena ada dasar untuk moralitas yaitu Tuhan. penderitaan dimulai ketika manusia mulai menggunakan kehendak bebasnya untuk menentukan mana yang benar dan salah (menolak otoritas Tuhan sebagai penentu moralitas yaitu kejadian dosa adam dan hawa)dan inilah yang diterapkan oleh ateisme, dimana setiap orang menjadi penentu moralitas bagi dirinya sendiri yang hasilnya adalah kekacauan. untuk hidup tertib perlu ada standar moralitas yang absolut yaitu Tuhan.

Anonymous said...

Kalau dalam kristen,tinggalkan saja perjanjian lama,fokus aja di perjanjian baru

Anonymous said...

http://finance.detik.com/read/2015/11/23/065208/3077572/1034/perusahaan-minyak-dunia-siap-siap-gagal-bayar-utang?f991104topnews

Anonymous said...

Dear Pak Imam Semar,

DI detik.com sudah muncul berita perusahaan minyak akan gagal bayar.

http://finance.detik.com/read/2015/11/23/065208/3077572/1034/perusahaan-minyak-dunia-siap-siap-gagal-bayar-utang

akan terjadi krisis keuangan lagi dengan penyebab fracking oil.
Dengan efek yang lebih besar karena value yang gagal bayar lebih besar dibanding subprime morgage.

Imam Semar said...

Kisah di Detik.com sudah dicover di EOWI bulan Agustus

Pasar High Yield Bond US Terpapar Resiko US$ 1 Trilliun
Implikasi dari jatuhnya harga minyak di level $30 per bbl, adalah rentanya pasar bond. Ada sekitar US$ 1 trilliun high yield bond yang berkaitan dengan fracking (teknologi yang dipakai di shale oil dan shale gas). Lapangan-lapangan minyak/gas shale, yang ongkos produksinya mencapai $60/bbl, akan mengalami gagal bayar terhadap hutang-hutangnya. Dampaknya baru akan terasa di tahun depan. Kita akan lihat tahun depan. Bayangkan jika krisis sub-prime ditimbulkan oleh hutang sebesar $600 milyar berdampak seperti yang anda lihat di tahun 2008, sekarang bagaimana krisis yang diakibatkan oleh US$ 1 trilliun fµcking freaking fracking (3F) credit. Tentunya dampaknya 1,5 - 2 kali lebih besar.

Read more: http://ekonomiorangwarasdaninvestasi.blogspot.com/2015_08_01_archive.html#ixzz3sHjpATkH

Anonymous said...

ha ha ha, sampe nangis ketawa tiap baca 3F shale, baru aja saudara gw di phk ama perusahaan minyak di Australia, katanya banyak juga yg di phk

Anonymous said...

Ini masih dari hamba-Nya.

Tertuju kepada pak IS dan Sdr/i yang memberikan perhatian tentang pesan saya ini,

Free-will, tidak ada unsur paksaan apalagi upaya penyesatan.

Tulisan saya terkait dengan apa yang akan terjadi pada kondisi ekonomi dan hal-hal apa yang akan terjadi menjelang akhir zaman terkait dengan Kedatangan Messias.

Saya hendak menambahkan bahwa kejatuhan ekonomi dunia akan terjadi bukan hanya pada pasar keuangan, bond, stock market, bubble assets dll...

TIDAK ADA INVESTASI YANG AMAN MENJELANG HARI KEDATANAN MESSIAS.
YANG AMAN ADALAH APAKAH ANDA SUDAH MENEMUKAN SIAPA TUHAN YANG SEBENARNYA LALU ANDA BERTOBAT DAN SUNGGUH-SUNGGUH MENEGASIHI DIA.
BAGI YANG SUDAH MENEMUKAN TUHAN, APAKAH HATI ANDA & SAYA SUDAH BENAR-BENAR MENGASIHI DAN MENGUDUSKAN DIRI KITA SETIAP SAAT MENJELANG KEDATANGAN TUHAN NANTI.


Inilah pesan yang perlu kita ketahui bersama:

Terkait dengan Planet-7X masih misterius sedang diteliti oleh Gill P. Broussard, seorang Yahudi Messianik dan seorang ahli astronomi independent. Menurut pemahaman kami dari nubuatan Alkitab baik dari kitab kepercayaan Yahudi dan Nasrani Palnet-7X ini terkait dengan TIMELINE dan diprediksikan akan terlihat secara kasat mata(tanpa bantuan teleskop) tepat pada hari HANUKKAH kepercayaan Yahudi disebut juga sebagai FEAST OF LIGHT.

Pada bulan Maret 2016 menjelang hari PASSOVER (Paskah), Planet-7X ini akan memotong orbit bumi dan sesaat kemudian terjadi badai meteor. Penggenapan dari Nubuatan kitab Wahyu materai ke-6 dibuka dan MESSIAS akan muncul di awan-awan.

Pak IS dan rekan-rekan bisa banyangkan apa dampaknya bagi umat manusia?

Akan terjadi kepanikan dan rasa takut yang LUAAARRR BIASA sehingga EKONOMI PASTI RUNTUH melihat kejadian itu.

Sebelumnya banyak dari denominasi Nasrani dan tidak sedikit juga dari kepercayaan Yahudi memberikan perhatikan pada peristiwa BLOOD MOON yang sudah terjadi 28 Sep 2015 (akan terjadi Rapture atau penampakan MESSIAS menurut Rabbi-Rabbi Yahudi), nyatanya belum terjadi pada saat itu, akan tetapi seperti yang tertulis di dalam Alkitab bahwa peristiwa bulan darah itu adalah sebagai tanda sebelum hari Kedatangan MESSIAS.

Inilah yang sedang saya sampaikan dan pak IS mungkin tidak menyingdung dan mungkin tidak memahami akan hal itu.

Apa yang sedang pak IS prediksikan sebenarnya hampir sama dengan nubuatan yang sedang kami percayaai berdasarkan landasan Firman Tuhan.
Hanya saja, pak IS memprediksi keadaan yang akan terjadi berdasarkan studi kasus dan data-data terkait dengan ekonomi dan pasar keuangan serta sejarah yang selalu berulang dengan trend yang sama.

Saya hanya melengkapi pemahaman dari segi Nubuatan yang kami percayaai dan pada akhirnya kita semua umat manusia akan menyaksikan hal ini terlepasa kepercayaan kita masing-masing.

Sekali lagi saya pesankan dengan segala kerendahan hati saya sebagai hamba tidak punya kuasa apapun dan segala sesuatu berasal dari DIA yang berdaulat atas seluruh alam semesta.

DIA AKAN DATANG SEGERA.

Carilah TUHAN yang sebenarnya selagi DIA berkenan kepada Sdr/i.

TUHAN itu bukan hanya mengasihi orang-orang Yahudi dan Nasrani, bagi semua orang yang merindukan dan hendak menemukan terang di dalam hatinya tentu TUHAN juga akan menjamah hati orang-orang demikian.

Salam,
Hamba-Nya.

Anonymous said...

Dear pak Imam Semar

Menghadapi slogan "Brace for Impact", apa saja langkah2 yg bijak yg bisa persiapkan?

Apakah hanya dgn mengepul USD saja? Atau ada cara lain?
"Cash is the King" slogan berikutnya.
Tahun 2016 rumornya (2017-2018 pembukaan total data nasabah di bbrp negara) akan segera mulai pengetatan pajak yg akan d link kan dgn NPWP sbg salah satu kebijakan pemerintah.

Perubahan nilai signifikan di rek bank akan mendapat panggilan cinta dr mr. Tax.

Situasi skrg ibarat film Dono Indro Kasino...

Maju kena...mundur kena...


Salam sukses


Akhir Zaman said...

@atas ane: Tampaknya kamu sedang bicara soal ilmu eschatology dari sudut kristian. Bagi para kaum muslimin, silahkan bisa mempelajari ilmu eskatologi / ilmu tentang akhir zaman di www.imranhosein.org

Reader said...

Bumi itu datar (flat earth), bukan globe.

NASA tidak pernah keluar dari orbit bumi, dan semua "foto" galaxy hanya rekayasa komputer.

Anda perlu memikirkan kembali berbagai "pengetahuan" anda tentang alam semesta bro.

Bumi akan kiamat anytime kalau Tuhan menginginkan demikian, jadi gak perlu pakai nubuat2-an sih.

Anonymous said...

@Reader,

Anda masih hidup dalam abad kegelapan, maka gelaplah semua
pemikiran Anda.

Galileo dihukum oleh pihak gereja Roma karena tidak sepaham dengan pemikiran mereka saat itu yang berkata bahwa bumi adalah pusat tata surya.

Anda jangan mudah sekali menerima teori-teori konspirasi hanya untuk mencari sensasi.

Jika bumi ini datar, bisa tidak Anda jelaskan penomena terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan.

Jika NASA tidak pernah keluar dari orbit bumi, memang itu masuk akal, bukan berarti teleskop atau satelit yang mereka gunakan tidak bisa memetakan alam semesta dan mengambil foto alam semesta dan planet-planet yang ada.


Anda sepertinya baru keluar dari hutan belantara yang belum mendalami ilmu astronomi,
tiba-tiba Anda berlagak seperti rarjan yang sebagian orang tdk memahami apa yang diomongkan karena pemahaman yang masih dangkal.


Ambil saja positifnya apa yang disampaikan oleh Pesan Akhir Zaman.
Mari kita perbaiki cara kita hidup, benar dan kudus dihadapan Tuhan dan berbuat baik bagi sesama.

Memang kita sudah berada pada waktu Kedatangan Tuhan ke-dua kali.

Terima kasih


Reader said...

Kecepatan bumi mengelilingi dirinya sendiri (katulistiwa) : 1670 km/jam
Kecepatan bumi mengelilingi matahari : 107.000 km/jam
Kecepatan matahari dan planet2 mengelilingi galaxy milky way : 800.000 km/jam

Anda setiap saat bergerak dengan kecepatan seperti ini dan tidak merasakan apapun juga??

Yang sedang hidup di zaman kegelapan itu siapa ya?

Sebelum abad 16 pun astronomer bisa memprediksi jadwal gerhana secara akurat, bukan hanya di era heliosentric.

Bahkan Albert Einstein tidak berani mengatakan bumi mengelilingi matahari, dia hanya mengatakan posisi itu relatif. Anda (anonymous) malah begitu bersemangatnya membela heliosentric seolah-olah Anda lebih tahu. Tapi tidak apa, free will tidak bisa dilarang sih.

Copernicus : Freemason
Galileo : Freemason
Newton : Freemason
Darwin : Freemason - zionis
Einstein : Zionis

Anonymous said...

@yang bilang bumi itu datar

coba jelaskan kenapa kapal kalau di laut bisa tidak terlihat ketika melewati garis horizon. katanya datar?

bumi berotasi dengan kecepatan super tinggi tapi kita tidak terasa karena juga ukurannya yang sangat besar. pernah naik pesawat? pesawat ketika di angkasa melaju dengan kecepatan super tinggi tapi kok kita di atas tidak berasa.

Anonymous said...

Pernah naik pesawat bro reader? Pas terbang dgn kecepatan yg bs mencapai 1000km/jam, rasanya gimana bro? Jgn bicara fisika bro ga nyampai ilmumu. Datar darimananya, jelas2 gerhana bulan atau matahari,bagian gelapnya terttup bayangan berbentuk lingkaran, lingkaran bentuk 3 dimensinya ya bulat, ada2 saja

Anonymous said...

setiap ada kekerasan pasti ada pembenaran suatu kelompok berkepentingan. Biasanya kelompok yang berkenpentingan ini akan bertahan selama mungkin.

Dari contoh yang diberikan bang semar , untuk melakukan kekerasan dibutuhkan institusi yang melakukan entah itu legal maupun ilegal baik halus maupun kasar. Pembaca silahkan menerka-nerka sendiri

Reader said...

Ada ratusan file di youtube utk kita pelajari mengenai "flat earth." Sebagian bagus, sebagian tidak.

contoh saja : https://www.youtube.com/watch?v=P5LzJrVKmBk

Yg penting Anda ada waktu utk memikirkannya. Jangan langsung ambil kesimpulan ini topik bodoh.

Gak ada yang aneh kok dengan kenyataan bahwa manusia sejak abad ke 20 sudah gampang dimanipulasi. Tv yang kita tonton modelnya seragam, buku2 yang dibaca anak sekolahan sd kuliah juga seragam. Sangat sedikit ilmuan baru muncul sejak pertengahan abad 20. Semua pelajar cuma copy-paste mengikuti buku dan petunjuk sekolah.

Peace :D

Anonymous said...

@Reader

Sy tdk menentang teori yg anda bilang ttg bumi itu datar. tp tlg diberikan penjelasan alternatif dong bagaimana kok kapal di laut menghilang di horizon?

Lagipula terus apa signifikansinya bwt kita di blog ekonomi ini kalo emang bumi datar ato bulat????

Anonymous said...

Bro reader pernah kepantai ga, trus pernah liat sunset? Kalo bumi itu datar berarti matahari tenggelamnya masuk ke bumi donk?? Trus pas terbit kok diarah sebaliknya?

Aya2 wae ni, semua informasi ditelan mentah2, padahal bukti bisa dilihat jelas mana yang benar bumi itu bulat atau datar lol


Reader said...

Kapal "menghilang" di horizon karena perspektif bro. Limit jarak pandang kita. Coba aja pakai teropong / teleskop, kapal yg hilang itu akan muncul lagi. Sampai akhirnya benar-benar gak terlihat karena gangguan visual dari berbagai partikel di udara (udara tidak bersih sempurna).

Sifat umum orang adalah mau gampangnya aja. Ada yg gak jelas mau dijelasin orang sampai jelas. Diminta pelajari sendiri gak mau. Seolah-olah orang lain berhutang penjelasan kepada kita.

Sementara close dulu bro. Out of topic tidak baik utk blog IS ini.

:)

Anonymous said...

@ Reader.

Reader oh reader... kenapa kamu masih mudah percaya dengan teori-teori yang ngawur seperti itu... kita sudah hidup di era tehnologi modern namun kamu masih berpola pikir abad kegelapan.

Berpikirlah lebih bijak dan logic agar terang menghampiri dirimu.

Memang benar yang Anda bilang;"tidak ada yang aneh koq manusia sampai abad 20 masih mudah dimanipulasi".

Namun yang lebih aneh, yah... kamu @Reader. iyah... kamu @Reader.

Aneh banget loh. hehehehehehehe


(Ini ada ilustrasi yang akan mematahkan pola pikir orang yang bilang bumi ini flat:
Anda tahu kan ada Samudra Pasific dan Samudra Atlantik.,


Orang dari Indonesia bila pergi ke Amerika Serikat naik kapal dari Jepang menuju Samudra Pasifik lalu sampai ke Amerika Serikat.
Orang Indonesia juga bisa pergi ke Amerika berlayar lewat Samudra Atlantik dan sampai ke tujuan yang sama yaitu Amerika.
Samudra Pasifik ada di sebelah Timur
Samudra Atlantik ada di sebelah Barat
Indonesia ada di tengah-tengah.

Coba Anda renungkan: Jika bumi ini datar, bisa ngak orang Indonesia pergi ke Amerika lewat Samudra Pasifik?

Kalau jawabannya bisa, berarti kapalnya nyemplung dulu ke tepi jurang bumi karena bumi datar.


Be smart thinking yah Bro!

Anonymous said...

Ini khan blog utk ekonomi orang waras ya...tolong pak IS komentar yg gak waras jgn diapprove

Anonymous said...

Rabu pkl 18.18wib index dollar tembus 100.xx
Bloomberg

Asuransi said...

Dollar index udah tembus 100.60 ya
http://www.bloomberg.com/quote/DXY:CUR

Anonymous said...

@reader apa kamu ini mau bela islam dgn konsep bumi datarmu itu?

Anonymous said...

@reader tidak semua konten di internet kamu serap dan kamu percayai,kamu sudah uji dan buktikan blm?,isis itu modelnya ya begini nih...

Asuransi said...

Analis: Harga Minyak Mentah Bakal Melonjak di Atas 100 Dollar AS

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/11/26/095200026/Analis.Harga.Minyak.Mentah.Bakal.Melonjak.di.Atas.100.Dollar.AS

Gimana tuh pak IS? ada comment? :D

Anonymous said...

Spt prediksi pak IS.. index dollar akan naik tajam dan sdh terbukti bbrp hr ini shg Euro anjlok..
Yg jadi pertanyaan.. kenapa penguatan index dollar ini sptnya tdk berdampak ke rupiah.....
Mhn pencerahannya...
#kunto subroto

Lol said...

Sampai skrg yang digadang2 rontok ternyata bukan rupiah, tp prediksi2 orang2 sotoy, lol

Reader said...

sharing doang:
Inilah peta bumi yg sebenarnya.

https://www.digitalcommonwealth.org/search/commonwealth:7h149v85z

Anonymous said...

Mas IS, katanya fracking ada yang murah.
Apa betul ?

Anonymous said...

USD index udah 100.08 tapi rupiah tetap strong di 13700an, any comment?

Anonymous said...

Bro pernah ke pelabuhan ga? Pernah lihat kapal besar mau berlabuh? Dari kejauhan kenapa keliatan layarnya atau cerobongnya dulu baru badan kapalnya? Kok bukan keliatan kapal uk kecil dari kejauhan trus lamaw membesar? Logika dipake, jaman satelit da keluar angkasa masih percaya bumi itu datar lol

Dito said...

Tolong pak imam bahas tentang PT CSI (Cakrabuana Sukses Indonesia) yang menwarkan investasi dengan bunga 5% per bulan

Abe Ltoru said...

Salam Kebebasan....

Saya tidak tahu "peringatan" untuk berkomentar secara sopan dan waras juga pernyataan Moderator punya absolut power bermakna satire atau....

"A Single Death is a Tragedy; a Million Deaths is a Statistic" - Stalin

Stalin tentu sangat paham makna tersebut dan sang pejuang "kemanusiaan" tersebut benar-benar mengaplikasikannya secara nyata dan bukan hanya retorika. Tapi setidaknya kita tahu ia seorang Tiran dan meskipun buku-buku mengenai korban Komunis di era Stalin tidak serutin buku-buku kenangan akan kamp konsentrasi (yang setiap tahun selalu muncul yang baru dan mendapat rating bagus) namun hantu yang diciptakan dibawah kepemimpinannya tidak kalah aduhai ramainya dan tragisnya dibandingkan sang penakluk yang takluk - Hitler ...

Bila kekejaman si Komunis dan si Fascist tidak perlu diragukan lagi , bagaimana pula dengan si pejuang "DEMOKRASI" , barisan para pemenang ? Yang selalu menanti tragedi untuk memperoleh tahta tak terbantahkan ? Apakah President Wilson yang membutuhkan korban warga negara US di kapal Lusitania yang kemudian membuka jalan untuk deklarasi perang melawan Jerman , lebih baik dibandingkan si kalah di kubu Jerman. Apakah si Perancis yang selalu terlibat perang besar sejak Napoleon juga lebih baik dibandingkan para penjahat perang ? Apakah para pemuka perjanjian Versailes yang mencekik leher Jerman untuk membayar ganti rugi perang tidak sama kejam atau bahkan lebih kejam dari Hitler ? karena sangat mungkin Hitler dengan Nazi-nya tidak akan berkibar andai si Perancis mau mendengarkan nasihat Keynes (well , kita harus fair , keynes benar dalam hal ini hehe) pada akhirnya semua berawal dari tragedi dan berakhir pada statistik, ribuan , jutaan...hanya angka

Al Qaeda hasil asuhan di Afghanistan menjadi penumbang twin tower 9/11 , Iraq pun porak poranda , si kawan jadi lawan , si anak menuntaskan apa yang dimulai si bapak , Saddam mati , Lybia digoyang ....atas nama Demokrasi ... dan kita lihat indahnya Iraq dan Lybia sekarang ... Diktator , tiran , autocrat , penjahat kemanusiaan yang disematkan pada Saddam maupun Gaddafi juga Assad , sulit dibantah namun tidak ada satupun alasan bagi suatu negara manapun untuk datang , menginvansi dan menghancur leburkan negeri orang lain.

Suatu hal yang pasti, para pemimpin , para penguasa tidak pernah menyia-nyiakan tragedi meskipun itu berakhir dengan malapetaka yang lebih besar ...atau STATISTIK. They want a big war , World War if possible. QE , NIRP sudah tidak mempan menjaga posisi Petrodollar dan rekan-rekan baratnya yang semakin emoh untuk beranak pinak (juga si jepang yang 20 tahun dalam stagnansi) dan apalagi jawabannya kalau bukan Perang aka Broken window fallacy menurut istilah Hazlitt.

"War is a racket. It always has been... " - Smedley Butler

Salam ,

e

Asuransi said...

Indahnya deflasi :D Harga daging murah meriah.. Hihihihi...

Krisis Parah, Wanita Yunani Jual Diri Demi Uang Rp29 Ribu
http://international.sindonews.com/read/1065353/41/krisis-parah-wanita-yunani-jual-diri-demi-uang-rp29-ribu-1448766048


Mana nih Om IS belum ada update artikel lagi?. Dollar Index udah 100.260 & Timur tengah udah panas.